Cara Menemukan Steam ID Asli Milik Anda (atau Orang Lain): Panduan Lengkap

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Games
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menemukan Steam ID Asli Milik Anda (atau Orang Lain): Panduan Lengkap
Cara Menemukan Steam ID Asli Milik Anda (atau Orang Lain): Panduan Lengkap

Terkadang saya sendiri juga lupa bagaimana mencari atau menemukan Steam ID saya sendiri, terutama saat diburu waktu. Hehe Contohnya, saat sedang mendaftar untuk kompetisi balap online, penyelenggara acara biasanya meminta Steam ID asli, bukan custom ID untuk keperluan kompetisi.

Steam adalah salah satu platform game online terbesar di dunia, dengan jutaan pengguna dari seluruh dunia. Jika Anda seorang gamer, kemungkinan besar Anda memiliki akun Steam, dan Anda mungkin memiliki banyak akun untuk berbagai game.

Namun, penting untuk mengetahui SteamID original Anda, karena data ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk memulihkan akun Anda jika kata sandi hilang atau dicuri, atau untuk terhubung dengan pemain lain secara online.

Apa itu Steam ID?

Steam ID adalah pengidentifikasi unik yang ditetapkan untuk setiap akun Steam. Ini digunakan untuk mengidentifikasi akun individu dan dapat digunakan untuk menemukan profil pemain dan melihat statistik mereka, serta untuk terhubung dengan pemain lain. Steam ID terdiri dari serangkaian angka, yang mungkin sulit untuk diingat.

Steam ID asli:

  • Dimulai dengan angka 7
  • Biasanya Memiliki 16 (atau lebih) kombinasi angka

Mengapa Penting untuk Mengetahui Steam ID Asli Anda?

Mengetahui Steam ID asli Anda sangat penting karena dapat digunakan untuk memulihkan akun Anda jika kata sandi hilang, lupa, atau dicuri, atau jika Anda perlu mentransfer akun Anda ke orang lain. Selain itu, Steam ID juga dapat digunakan untuk terhubung dengan pemain lain dan mencari teman di platform Steam.

Cara Menemukan Steam ID Asli Anda

Ada beberapa cara berbeda untuk menemukan Steam ID asli Anda. Ini termasuk menggunakan situs web Steam, menggunakan aplikasi Steam di PC, dan menggunakan bantuan pihak ketiga.

Cara 1: Menggunakan Situs Web Steam

Cara termudah untuk menemukan Steam ID Anda adalah dengan menggunakan situs web Steam, cukup ikuti langkah demi langkah di bawah ini.

  1. Buka situs web Steam https://store.steampowered.com/login
  2. Cukup masuk ke akun steam Anda dan buka halaman profil Anda.
  3. Ada 2 kondisi yang harus Anda ketahui:
    • Jika Anda tidak menggunakan custom URL untuk steam ID Anda, Steam ID Anda tercantum di URL, setelah bagian "profil/". Misalnya, jika URL profil Anda adalah "https://steamcommunity.com/profiles/987654321" Steam ID Anda adalah "987654321"
    • Jika Anda menggunakan custom URL, Anda perlu mengklik dan membuka halaman "Edit Profil". Di bawah kotak CUSTOM URL, bersihkan atau hapus URL khusus Anda, setelah itu, Anda akan melihat Steam ID asli Anda pada catatan kecil di bawah kotak seperti ini "Your profile will be available at: https://steamcommunity.com/profiles/987654321/", tulisan angka setelah "profil/" adalah Steam ID Anda.

Cara 2: Menggunakan Klien Steam

Anda juga dapat menemukan Steam ID Anda dengan menggunakan aplikasi klien Steam di PC Anda.

  1. Buka aplikasi Steam di PC dan masuk ke akun Anda seperti biasa.
  2. Kemudian, klik tulisan username Anda di bagian menu hingga muncul menu baru, kemudian pilih "Settings".
  3. Klik "Edit Profile" dan temukan Steam ID Anda di Kotak CUSTOM URL. Jika Anda menggunakan URL khusus (custom), hapus terlebih dahulu dan lihat tulisan di bawah kolom tersebut, ada tulisan kecil yang bertuliskan "Your profile will be available at: https://steamcommunity.com/profiles/987654321/", nomor setelah " profiles/" adalah Steam ID Anda (987654321).

Cara 3: Menggunakan Alat Pihak Ketiga

Cara lain untuk menemukan Steam ID Anda adalah dengan menggunakan alat pihak ketiga, seperti situs web bernama "SteamIDfinder", atau situs web lain yang memiliki layanan yang sama (untuk menemukan Steam ID asli). Untuk menemukan SteamID Anda, cukup buka situs web dan masukkan nama pengguna Steam atau URL profil Anda. Alat tersebut kemudian akan menghasilkan Steam ID asli Anda.

  1. Buka Mesin Pencari seperti Google, lalu ketik: "Steam ID Finder". Pilih dan buka salah satu situs web di halaman 1.
  2. Letakkan URL profil Steam Anda atau lengkapi URL profil di kotak dan tekan Enter (atau yang serupa dengan tombol itu).
  3. Situs web akan membantu Anda menemukan Steam ID asli Anda.

Mengetahui Steam ID asli Anda penting untuk berbagai tujuan, termasuk memulihkan akun Anda jika kata sandi hilang atau dicuri, atau terhubung dengan pemain lain di platform Steam. Ada beberapa metode berbeda untuk menemukan Steam ID Anda, termasuk menggunakan situs web Steam, klien Steam, dan alat pihak ketiga. 

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Semoga anda dapat dengan mudah menemukan Steam ID asli Anda.

Cara Menemukan Steam ID orang lain

Jika Anda mencari Steam ID orang lain, ada beberapa metode yang bisa Anda coba. Berikut beberapa langkah untuk membantu Anda menemukan Steam ID seseorang:

  • Cari dari profil Steam mereka: Cara termudah untuk menemukan Steam ID seseorang adalah dengan mencari profil Steam mereka. Jika Anda sudah memiliki nama pengguna atau URL profil mereka, Anda dapat mencari profil mereka dengan membuka halaman komunitas Steam dan mengeklik bilah pencarian. Kemudian, ketikkan nama pengguna atau URL profil mereka dan tekan pencarian. Jika profil mereka bersifat publik, Anda akan dapat melihat profil mereka, termasuk Steam ID mereka.
  • Periksa detail game mereka: Jika Anda memainkan game dengan seseorang di Steam, Anda juga dapat melihat Steam ID mereka di daftar pemain game. Cukup buka menu gim, pilih daftar pemain, dan temukan pemain yang Anda cari. Steam ID mereka akan dicantumkan di sebelah nama pengguna mereka.
  • Tanya langsung orang tersebut: Jika Anda mengetahui orang yang Anda cari dan memiliki cara untuk menghubunginya, Anda cukup meminta Steam ID mereka. Ini adalah cara tercepat dan termudah untuk menemukan Steam ID seseorang, dan juga cara paling akurat untuk mendapatkan informasi ini.
  • Gunakan alat pencari Steam ID: Ada juga sejumlah situs web dan alat pihak ketiga yang memungkinkan Anda mencari Steam ID seseorang dengan memasukkan nama pengguna atau URL profil mereka. Beberapa situs web ini gratis untuk digunakan, sementara yang lain mungkin memerlukan biaya.

Dengan menggunakan metode ini, Anda seharusnya dapat menemukan Steam ID seseorang dengan mudah. Ingat, penting untuk selalu menghormati privasi orang lain dan hanya menggunakan informasi ini untuk tujuan baik.

Bagaimana jika saya lupa Steam ID saya?

Jika Anda lupa Steam ID Anda, Anda dapat menggunakan metode yang diuraikan dalam panduan ini untuk menemukannya kembali. Jika Anda tidak dapat menemukan Steam ID Anda, Anda dapat menghubungi dukungan Steam untuk mendapatkan bantuan. Jika Anda akhirnya menemukan Steam ID Anda, jangan lupa untuk menyimpan atau menuliskannya di catatan Anda agar lebih mudah ditemukan.

Apakah Steam ID saya sama dengan nama pengguna Steam saya?

Tidak, Steam ID Anda adalah pengidentifikasi unik yang ditetapkan ke akun Anda, sedangkan nama pengguna Steam Anda adalah nama yang Anda gunakan untuk masuk ke akun Anda dan untuk terhubung dengan pemain lain. Anda mungkin telah mengubah SteamID Anda dengan ID kustom pribadi Anda, tetapi sering kali orang atau entitas lain masih meminta Steam ID asli yang dimulai dengan nomor tersebut.

Bisakah saya mengubah Steam ID?

Tidak, Steam ID Anda ditetapkan ke akun Anda dan tidak dapat diubah. Kecuali anda membuat akun lain maka anda akan memiliki lebih dari satu steam id. Tapi itu tidak disarankan karena banyak steam ID bisa menyebabkan beberapa masalah.

Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki banyak Steam ID?

Jika Anda memiliki beberapa Steam ID, Anda mungkin perlu menghubungi dukungan Steam untuk menggabungkannya menjadi satu akun atau untuk menentukan mana yang merupakan ID asli Anda. Penting untuk melacak ID Steam Anda, karena memiliki banyak ID dapat menyebabkan kebingungan dan juga dapat mengakibatkan hilangnya akses ke game dan informasi akun tertentu.

Bisakah saya menemukan Steam ID saya di kuitansi atau riwayat pembelian saya?

Tidak, Steam ID Anda tidak terdaftar di kuitansi atau riwayat pembelian. Untuk menemukan Steam ID Anda, Anda dapat menggunakan metode yang diuraikan dalam panduan diatas atau menghubungi customer service Steam untuk mendapatkan bantuan.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!