Beranda
Assetto Corsa
Automotive
Games
Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Assetto Corsa
Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Assetto Corsa

Sekarang Indonesia mempunyai sirkuit kebanggaan yang baru, Sirkuit Mandalika. Kebanggaan ini juga merambah dunia balap simulator, salah satunya datang dari Liano Projects yang membuat dan membagikan trek sirkuit Mandalika untuk Assetto Corsa secara gratis.

Untuk dapat mencicipi keindahan sirkuit Mandalika di game Assetto Corsa kita hanya perlu download file Mandalika Street Circuit di website Race Department. Setelah file selesai di download kita hanya perlu memasang atau install file sirkuit tersebut di game Assetto Corsa, disarankan menggunakan Content Manager.

Sangat disarankan menggunakan Content Manager

Jika anda baru dengan game Assetto Corsa, saya sarankan untuk segera menggunakan aplikasi Content Manager untuk Assetto Corsa. Dengan aplikasi ini anda akan lebih mudah untuk mengatur segala konten yang ada di dalam game.

Jika aplikasi CM (Content Manager) sudah terpasang, maka anda tidak perlu lagi membuka aplikasi Assetto Corsa jika ingin bermain game. Anda hanya perlu membuka aplikasi CM dan bisa langsung memilih mobil, memilih trek, memilih jenis balapan dan bisa langsung mulai balapan tanpa harus masuk ke tahap intro game.

Silahkan download dan Install aplikasi Content Manager dari halaman website berikut ini: https://assettocorsa.club/content-manager.html

Untuk memperlancar dan mempermudah penggunaan aplikasi CM ini kedepannya, silahkan lihat juga tutorial mengenai Content Manager ini di YouTube atau di website lainnya.

Download Sirkuit Mandalika untuk Assetto Corsa di Race Department

Liano Projects, selaku developer dari trek ini mengatakan bahwa hanya ada satu sumber untuk konten atau file sirkuit Mandalika ini, yaitu hanya di Race Department. Tutorial lengkapnya untuk cara install sirkuit Mandalika di game Assetto Corsa silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  • Download file Mandalika Street Circuit Dari website Race Department ini: https://www.racedepartment.com/downloads/mandalika.53657/
  • Buka Aplikasi Content Manager (jika belum mempunyai aplikasi Content Manager silahkan install terlebih dahulu, caranya sudah disebutkan di awal pembahasan)
  • Tarik dan lepas (drag-and-drop) atau pindahkan file sirkuit ke halaman utama Content Manager. Atau klik tombol Menu (ikon 3 garis) kemudian pilih "Install from a file"... Cari dan pilih file sirkuit yang ingin di install kemudian klik tombol "Open".
  • Klik tombol Menu (ikon 3 garis) dan lihat ke bagian bawah menu dibawah sub "Downloads". Jika langkahnya benar, akan muncul nama file sirkuit yang ingin kita install. Selanjutnya silahkan klik tombol "Install". Tunggu hingga proses instalasi selesai dan muncul notifikasi "Successfully installed.".
  • Silahkan cari sirkuit Mandalika di daftar sirkuit yang ada. Jika bisa dipilih berarti proses instalasi berhasil dan bisa langsung di coba (test drive).

Bentuk trek aneh dan tidak jelas?

Jika saat membuka trek ini tampilannya tidak jelas atau banyak yang error, pastikan anda sudah menggunakan CSP (Custom Shaders Patch) dengan versti terbaru di Content Manager. 

Umumnya, sirkuit atau file yang dibuat oleh pihak ketiga atau diluar Kunos (pemilik Assetto Corsa) harus menggunakan CSP agar file nya bisa dibuka dan dijalankan di game Assetto Corsa. Silahkan  download dan pasang CSP di Assetto Corsa.

Untuk melihat pengaturannya silahkan buka bagian "Settings" dan buka pengaturan "Custom Shaders Patch". Disana anda bisa memilih versi yang di install. Saya saat ini menggunakan CSP versi 0.1.78 dan bisa membuka file sirkuit Mandalika dengan stabil di Assetto Corsa.

Sirkuit Mandalika Terbaik di Assetto Corsa

Menurut saya pribadi, setelah merasakan balapan di beberapa sirkuit Mandalika, trek Mandalika buatan Liano Projects ini adalah trek terbaik menurut saya. Setelah mencoba beberapa developer yang sama - sama membuat trek sirkuit Mandalika, sirkuit buatan Liano Projects ini yang terbaik saat ini.

Perubahan elevasi sangat terasa dan yang paling terlihat adalah bagian detail sirkuit, mulai dari desain run-off, bahkan gedung baru pun yang dibangun diatas bukit juga sudah ada di sirkuit Mandalika versi terbaru ini.

Semoga tulisan mengenai Sirkuit Mandalika untuk Assetto Corsa ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Terima kasih.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!