Kronologi Kasus Penipuan Logan Paul Hasil Investigasi Coffeezilla

Logan Paul kembali lagi membuat gaduh dunia maya, kali ini dia diduga melakukan penipuan berencana (scam) berkedok jualan koin kripto berna...
Kronologi Kasus Penipuan Logan Paul Hasil Investigasi Coffeezilla

Logan Paul kembali lagi membuat gaduh dunia maya, kali ini dia diduga melakukan penipuan berencana (scam) berkedok jualan koin kripto bernama Zoo Token, dari proyek yang diberi nama Cryptozoo. Dugaan ini muncul setelah YouTuber bernama CoffeeZilla merilis video series hasil dari investigasinya yang berhasil menarik banyak penonton.

Saat tulisan ini dibuat video pertama investigasi CoffeeZilla mengenai penipuan Logan Paul telah ditonton 7.5 juta kali di YouTube. Video kedua telah ditonton sebanyak 4.3 juta kali, dan video ketiga telah ditonton sebanyak 6.1 juta kali di YouTube. 

Logan Paul diduga berkomplot dengan beberapa orang rekannya untuk membuat proyek koin kripto dan menjualnya kepada para fans logan paul, namun setelah koin meluncur dipasaran banyak sekali masalah hingga akhirnya nilai Zoo Token terjun bebas dan para investor (pembeli koin Zoo token) ditinggal tanpa kabar.

Hingga pada akhirnya munculah 3 buah video dari YouTuber bernama CoffeeZilla yang menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Setelah melakukan investigasi selama satu tahun, CoffeeZilla menjelaskan apa saja yang sebenarnya terjadi, terutama dibelakang layar bagaimana proses pembuatan Cryptozoo dan kenapa Logan Paul harus bertanggungjawab.

Kronologi ini disusun berdasarkan video investigasi yang dibuat oleh CoffeeZilla (channel YouTube) dan beberapa sumber lainnya. Saya sangat menyarankan anda untuk menonto ketiga video investigasi CoffeeZilla tentang penipuan yang dilakukan oleh Logan Paul ini. Semua link video ada di bagian akhir tulisan ini.

Baca juga: Pencuri! Influencer Ini Ikut Lomba Pakai Video Orang Lain

Awal Mula Dibuatnya Proyek Cryptozoo

Maret 2021: Proyek Cryptozoo mulai dibahas dan direncanakan oleh orang - orang dibawah ini didalam sebuah chat group.

  • Logan Paul (Founder) 
  • Jeff Leving (Logan's Manager)
  • Eddie Ibanez (Lead Developer)
  • Jake "The Crypto King" (Advisor)

Awalnya mereka berencana membuat sebuat proyek yang bisnisnya secara keseluruhan akan langsung dijual ke investor besar. Namun pada akhirnya mereka memutuskan untuk melanjutkan proyek itu sendiri tanpa menjual bisnisnya.

Mereka memutuskan untuk membuat proyek bernama Cryptozoo dan membuat koin kripto bernama ZOO token. Walaupun rencananya sedikit berubah, namun tujuannya tetap sama, yaitu mereka ingin menghasilkan uang sebanyak - banyaknya dari proyek tersebut.

Logan Paul disini sebagai pemimpin proyek dan memberikan ide - ide tentang apa saja yang ada di dalam cryptozoo. Jeff Leving tidak jauh seperti Logan namun lebih mengurusi detail.

Eddie Ibanez bertanggung jawab untuk membuat proyek dan menjadi koordinator untuk para developer yang membuat aplikasi/game cryptozoo ini. Sedangkan Jake bertugas sebagai pemberi masukan karena dia dianggap berpengalaman tentang bisnis di dunia kripto.  

Mengakali pasar dengan launching token diam - diam

11 Juni 2021: Setelah koin ZOO siap dipublikasikan, Logan paul dan kolega mencari cara bagaimana agar mereka bisa mengambil keuntungan lebih dulu sebelum masyarakat luas ikut membeli koin mereka.

Setelah berdiskusi dan berpikir keras bagaimana caranya agar mereka bisa melakukan pre-sale namun tidak melanggar humum, akhirnya Logan Paul dan kolega memutuskan umtuk melakukan launching token ZOO namun secara diam - diam. 

Tujuannya agar mereka bisa membeli lebih dulu token - token tersebut sebelum diketahui banyak orang karena harganya pasti masih sangat murah.

Tindakan ini sudah menunjukan bahwa semua yang terlibat didalam proyek ini memang mempunyai niat untuk menang sendiri. rinditech. Bahkan mereka harus bersusah payah mencari cara agar bisa mengakali hukum dengan cara - cara licik diatas.

Dengan cara launching diam - diam ini mereka bisa mendapatkan stok koin yang sangat banyak dan pastinya nila koin tersebut akan naik saat Logan Paul umumkan secara terbuka. Hal ini menunjukan bahwa mereka tidak ingin melanggar hukum tetap tidak masalah jika merugikan orang lain.

Baca juga: Hati - hati banyak penipu saat kita komplain di Twitter

Terjadi Permusuhan Internal

11 Juni 2021: Masih diwaktu launching diam - diam, Saat Logan Paul dan kolega melakukan launching diam - diam dan mulai membeli token mereka sendiri berkali - kali secara diam - diam, ada pihak yang tidak mengikuti rencana awal dan membuat mereka saling tuduh.

Inilah rencana awal uang yang digunakan untuk proses jual - beli diam - diam. Mereka akan terus melakukan jual - beli hingga nilai koin yang mereka beli terus bertambah harganya.

  1. Dani (Asisten Logan Paul) $ 20k 
  2. Jeff $ 100k
  3. Logan $ 100k
  4. Eddie $ 100k
  5. Jake (tidak dituliskan didalam daftar)

Saat proses jual - beli tersebut mereka menemukan ada pihak yang sengaja membeli token lebih dari yang disepakati yang mengakibatkan mereka kehilangan potensi keuntungan yang sangat besar. Tentu saja tidak ada yang mengaku.

Setelah investigasi Coffeezilla barulah diketahui orang itu adalah Jake "The Crypto King". Jake diketahui membeli koin tersebut senilai $ 200k (2x lebih banyak dari koin yang Logan beli). Dia membeli token - token tersebut dengan akun yang berbeda - beda.

Pada titik ini, dari awalnya hanya 5 akun yang berkomplot untuk membeli stok koin ZOO di harga murah, jadi ada sekitar 30 akun (wallet) yang melakukan transaksi koin ZOO, dan banyak dari akun tersebut tidak dikenal. 

Namun masalah ini tidak menjadi halangan bagi Logan Paul untuk melanjutkan proyek dan tetap mempubilkasikannya kepada seluruh penggemarnya. Tentu saja harus diumumkan, karena mereka butuh lebih banyak pembeli agar nilai koin ZOO terus bergerak naik.

Baca juga: Telepon dari Greater Jakarta Apakah Penipuan?

Mulai Gencar Dipromosikan oleh Logan Paul

18 Agustus 2021: Untuk pertama kalinya, Logan Paul secara terbuka mengumumkan Proyek Cryptozoo ini di dalam podcastnya bernama IMPAULSIVE, dan sejak saat itu dia tidak henti - hentinya mempromosikan proyek ini. Logan terlihat sangat bersemangat dan meyakini bahwa proyek yang dia buat ini akan sukses besar.

Mungkin hal ini juga yang menjadikan Logan Paul menjadi sasaran utama dari kegagalan proyek Cryptozoo ini, Selain mengatakan bahwa ini adalah proyek yang dia kembangkan secara pribadi, Logan juga terlihat gencar mempromosikan Cryptozoo jauh sebelum proyek ini resmi diluncurkan.

For the last six months I've been working on my own NFT project, We have a massive team behind it and probably out of pocket like a million (dollar) just because we believe its gonna work -Logan Paul

"Enam bulan terakhir ini saya sedang mengerjakan proyek NFT milik saya sendiri, kami memiliki team yang sangat besar untuk mengerjakan proyek ini dan diperkirakan menelan dana sekitar 1 juta dolar karena kita percaya proyek ini akan berhasil." -Logan Paul

Itulah kata - kata yang sering dia ucapkan di setiap podcast atau di setiap kesempatan dia mendapatkan panggung untuk bicara.

Baca juga: List/Daftar Website Undian Palsu

Masyarakat umum mulai tertarik dan membeli koin ZOO 

18 Agustus 2021: Setelah Logan mempromosikan Cryptozoo di podcast nya, investro umum atau masyarakat luas mulai melirik koin ZOO dan mulai berinvestasi didalamnya. Banyak dari para investor cryptozoo juga mengetahui pertama kali proyek ini dari konten podcast Impaulsive diatas. 

Hal ini menunjukan juga bahwa Logan Paul sangat lihai dalam mempromosikan proyek ini walaupun pada akhirnya jauh dari kenyataan.

Sejak pengumuman pertama itu, Logan Paul tidak henti - hentinya melakukan promosi proyek Cryptozoo yang dia klaim akan menjadi sebuah game yang dapat menghasilkan uang. Logan Paul terus mempromosikan proyek ini di beberapa kesempatan, termasuk di dalam prodcast milik orang lain.

Bukan proyek NFT biasa, tetapi ini sebuah game -Logan Paul

Logan Paul juga menyebutkan bahwa proyek Cryptozoo ini bukan proyek NFT pada umumnya, Logan mengatakan bahwa proyek ini akan berbentuk aplikasi permainan namun tetap bisa menghasilkan uang.

Telur virtual Cryptozoo mulai dijual

1 September 2021: Cryptozoo resmi menjual telur virtual yang bisa dibeli dengan koin ZOO dan Etherium. Perlu diingat, telur digital ini baru bisa dibeli, belum bisa dimainkan, tetapi publik sudah sangat tertarik dan membeli dengan volume yang sangat besar.

Transaksi penjualan telur digital cryptozoo saat itu bisa mencapai lebih dari 20 juta dolar per hari. Hal itu membuat nilai koin cryptozoo meningkat dengan pesat dan market cap terus naik hingga mencapai $ 2.000.000.000.00 (dua miliar dolar).

Manajer Logan Paul tahu Eddie Ibanez Orang yang Bermasalah

Oktober 2021: Satu bulan sebelum peluncuran secara terbuka Cryptozoo, Adam Robb, seorang investigator yang kebetulan sedang menyelidiki Eddie Ibanez /Eduardo Ibanez memberitahu manajer Logan Paul bahwa Eddie Ibanez sedang dia selidiki dan dia menemukan beberapa kejanggalan yang bisa saja membahayakan proyek Logan Paul

Adam menjelaskan bahwa dia telah menyelidiki Eddie Ibanez dan dia menemukan fakta bahwa Eddie tidak pernah bekerja untuk team NFL yang pernah menjuarai Super Bowl dan Eddie juga tidak pernah bersekolah di MIT yang berarti dia juga tidak pernah bekerja untuk CIA, tidak seperti yang sering Eddie sombongkan selama ini.

Namun nampaknya Manager Logan paul punya pendapatnya sendiri dan melanjutkan kerjasama di proyek Cryptozoo ini. Manager Logan Paul meyakini bahwa Eddie Ibanez masih bisa dipercaya karena dia mempunyai kenalan orang - orang kaya.

Logan Paul membuat koin baru yang identik

1 November 2021: Karena perselisihan saat launching diam - diam, Logan Paul membuat koin baru namun identik dengan koin ZOO yang pertama. Rindi tech.  Jumlah koin yang dibuat lalu dibagikan ke pemilik koin ZOO sebelumnya dengan jumlah yang sama sehingga para pembeli koin original mendapat nominal yang sama di koin yang baru.

Namun ada beberapa wallet (rekening) yang kepemilikannya dibekukan oleh Logan Paul, termasuk beberapa wallet milik Jake. Wallet - wallet tersebut oleh Logan Paul dianggap mencurigakan.

Jake pun tidak tinggal diam, Jake mengadu kepada seluruh tim Cryptozoo yang pada akhirnya beberapa akun (wallet) miliknya kembali diaktifkan.

Game tidak pernah berfungsi dan tidak ada jaminan bisa diuangkan

3 November 2021: Gejala kegagalan mulai terlihat. Para investor sudah mulai ada yang panik, karena semua yang dijanjikan oleh Logan Paul belum juga terlihat realisasinya. Termasuk "fun game earn money" yang sering dia gembar - gemborkan.

Konsepnya, para investor membeli koin kripto ZOO dan dengan koin tersebut mereka bisa membeli sebuah telur virtual yang bisa digabung dan ditetaskan menjadi berbagai macam gambar hewan (NFT). Gambar - gambar itu bisa dikoleksi atau bisa juga dijual kembali untuk ditukar menjadi koin ZOO.

Namun, sampai saat tulisan ini dibuat, game tersebut selalu bermasalah dan berdasarkan investigasi CoffeeZilla, aplikasi tersebut selalu dalam keadaan "diperbaiki" dan tidak bisa digunakan oleh para investor (pembeli koin kripto ZOO).

Seorang investor (pemilik koin ZOO) bernama Rob (Helicopter Bob) menjelaskan bahwa game yang dijanjikan tidak pernah benar - benar bisa dimainkan, dia mengeluarkan uang sebanyak $7000 untuk untuk membeli telur digital di Cryptozoo.

Rob mengatakan bahwa game tersebut tidak pernah bisa dimainkan, dan Rob mengatakan bahwa permainan menetaskan telur tersebut juga tidak pernah dituliskan secara jelas didalam kontrak pembelian.

Game tersebut pada satu waktu pernah bekerja namun terlalu banyak bug (error) kemudian dinonaktifkan kembali -Cryptozoo Mods

Harga koin kripto ZOO mulai turun drastis

4 November 2021: Setelah mengetahui bahwa game yang dijanjikan banyak memiliki masalah dan tidak kunjung diperbaiki, para investor cryptozoo mulai panik dan sebagian dari mereka mulai menjual koin yang mereka miliki.

Dalam kurun waktu 24 jam, harga koin ZOO turun 63%. Dan setelah itu harga koin ZOO terus menurun.

Beberapa mungkin masih bisa mendapatkan keuntungan dari menjual koin tersebut, namun kebanyakan dari mereka tidak sempat menjualnya di harga saat mereka beli dan bahkan hanya tinggal recehan jika di konversi ke mata uang dollar.

Dari kurun waktu ini pula disinyalir Jake "The Crypto King" menjual seluruh koin ZOO yang dia pegang. Berdasarkan investigasi Coffeezilla, Jake meraih keuntungan sekitar $ 6.000.000.00 (enam juga dolar) dari hasil menjual koin ZOO yang dia miliki.

Logan Paul mulai menghindari Pembahasan Cryptozoo

November 2021: Setelah harga koin ZOO berkurang secara drastis, Logan Paul mulai menghindar dari para investor yang masih memegang koin ZOO. Logan sudah tidak lagi mempromosikan proyek Cryptozoo ini dan tidak pernah lagi menyebutkan apapun yang berkaitan dengan proyek ini.

Di beberapa kesempatan Logan dan tim nya mengatakan bahwa mereka sedang membuat proyek yang sangat besar namun tidak disebutkan apakah itu tentang Cryptozoo atau hal lain. Ternyata beberapa waktu kemudian itu bukan proyek cryptozoo, melainkan proyek lain bernama 99 originals

Logan Paul terus diam dan menghindari pembahasan tentang Criptozoo secara terang - terangan sampai CoffeeZilla merilis video investigasinya tentang penipuan yang Logan lakukan. Berarti, lebih dari 1 tahun Logan bungkam dan terus menghindari pembahasan tentang Cryptozoo.

Berpisah dengan Eddie Ibanez dan Tim Developer kabur

2022: Sebelum video investigasi CoffeeZilla keluar, diketahui bahwa pada periode ini Logan Paul telah memutus hubungan dengan Eddie Ibanez yang bertanggungjawab sebagai koordinator developer.

Dari video Coffezilla, diketahui juga pada periode ini pula seluruh tim developer Cryptozoo pergi meninggalkan proyek dan membawa kode program cryptozoo sebagai jaminan, karena mereka belum mendapatkan bayaran seperti yang dijanjikan sebelumnya.

Tim developer dijanjikan oleh Eddie Ibanez uang bayaran sebesar 1 juta dolar dan 5% saham Cryptozoo.

Logan Paul merilis proyek baru bernama 99 Originals

20 April 2022: Logan Paul merilis proyek NFT baru bernama 99 Originals, yup!. Bukannya memperbaiki masalah di Cryptozoo, Logan malah memperkenalkan proyek baru.

99 Originals adalah proyek milik Logan Paul yang menjual 99 foto hasil jepretannya sendiri yang dirilis dan dijual dalam bentuk NFT.

Tentu saja hal ini membuat para investor Cryptozoo semakin meradang, marah dan mulai menuduh logan sebagai scammer (penipu). Para YouTuber pun mulai membahas tentang kegagalan Cryptozoo ini.

Logan Paul melakukan klarifikasi (sebelum video investigasi CoffeeZilla dirilis)

2022: Setelah video - video yang menuduh Logan Paul penipu muncul ke permukaan, barulah dia mulai merespon dan kembali membahas cryptozoo.

Dari respond yang dia berikan, Logan Paul terlihat ingin menunjukan bahwa dia juga sebenarnya adalah termasuk orang yang dirugikan. Logan beralasan bahwa dia juga kehilangan uang di proyek Cryptozoo.

Logan menambahkan bahwa dia dan tim nya sedang melakukan perbaikan terhadap proyek tersebut dan mengatakan bahwa dia masih memiliki keyakinan terhadap proyek Cryptozoo ini akan berhasil.

Namun, seperti yang kita tahu "perbaikan" itu sampai sekarang belum terlihat dan sepertinya itu hanya kata - kata pemanis saja agar dia tidak dianggap sebagai penipu.

Logan Paul merekrut tim developer baru

2022: Setelah tim developer awal pergi, Logan mendatangkan tim developer baru untuk memperbaiki Cryptozoo. Pada tahap ini sepertinya terlihat masalah akan segera selesai namun hal itu tidak menjadi kenyataan karena tim baru ini juga menghadapi masalah yang sama seperti tim developer sebelumnya, yaitu masalah pembayaran.

Tim developer baru mengundurkan diri

2022: Dengan alasan yang hampir sama yaitu pembayaran (dalam hal ini dibayar namun selalu telat), tim developer baru, mengundurkan diri. Mereka sepetinya tidak tahan akan perlakukan tim Logan Paul yang selalu menahan pembayaran.

Sepertinya tim Logan Paul harus mengevaluasi bagaimana mereka mengelola keuangan, saya yakin bukannya mereka tidak ada uang tetapi mereka meremehkan kewajiban mereka untuk membayar tepat waktu.

Video Investigasi Coffezilla Tentang Penipuan Logal Paul Dirilis

Desember 2022: YouTuber CoffeeZilla merilis 3 video investigasi tentang penipuan Logan Paul di Cryptozoo. Coffeezilla mengatakan bahwa 3 video ini adalah hasil investigasi selama satu tahun terhadap proyek Cryptozoo milik Logan Paul.

Daftar 3 Video Investigasi Coffeezilla tentang penipuan Logan Paul.

  1. Investigating Logan Paul's Biggest Scam (Video YouTube)
  2. The Biggest Fraud in Logan Paul's Scam (Video YouTube)
  3. Ending Logan Paul's Biggest Scam (Video YouTube)

Ketiga video ini akhirnya mendapat perhatian banyak orang, video pertamanya yang berjudul Investigating Logal Paul's Biggest Scam sampai tulisan ini dibuat telah ditonton sebanyak 7.5 juta kali di YouTube.

Silahkan di tonton karena isinya sangat detail dan ditunjukan juga kenapa Logan Paul harus bertanggungjawab atas semua kerugian yang dialami para investor.

Pada video pertama menunjukan dimana Logan Paul sangat aktif mempromosikan proyek Cryptozoo dan menjanjikan berbagai macam hal yang akan ada didalam proyek Cryptozoo ini. Rindi tech. Sampai pada akhirnya dia bungkam, tidak pernah lagi membahas tentang Cryptozoo dan meninggalkan banyak investor bertanya - tanya.

Pada video kedua Coffeezilla membahas lebih ke siapa saja orang - orang dibalik proyek Cryptozoo ini. Dan disana terungkap bahwa tim dibelakang Cryptozoo adalah orang - orang yang telah berpengalaman dalam hal penipuan.

Pada video ketiga Coffezilla mengungkapkan bagaimana Logan Paul dan kolega merencanakan penipuan dan melaksanakan launching diam - diam agar mereka mendapatkan keuntungan sebanyak - banyaknya dan tidak memperdulikan akan ada orang lain yang dirugikan.

Semoga tulisan mengenai kronologi kasus penipuan Logan Paul ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pendapat tentang kasus ini silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Accessories,6,Adobe,5,Android,35,Apple,32,Apps,15,Artificial Intelligent,1,ASUS,16,Automotive,31,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,8,Corel,12,Crime,31,Design,9,Facebook,25,Finance,56,Formula 1,20,Formula E,3,Games,58,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,74,Microsoft,25,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,274,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,55,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,3,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,300,Toko Online,52,Tutorial,340,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,14,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,22,
ltr
item
Rindi Tech: Kronologi Kasus Penipuan Logan Paul Hasil Investigasi Coffeezilla
Kronologi Kasus Penipuan Logan Paul Hasil Investigasi Coffeezilla
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP-O-XTNjufIHRffEKWP_7fVEZxwF4fzyddvBCpLWHwx0vkDhIUOMPtbzZckQZ31XqAv8Q7mMtCgwZB5cFIParfGnrTFXTMImwc4iBivMeK4w33UyRpT4DO7K0CQ4QJSAYEG5PG40RId9osp8wcgLziD08aXglasvVCLldxtKf127gc7U-YOEGludH-Q/w640-h356/Kronologi%20Kasus%20Penipuan%20Logan%20Paul%20Hasil%20Investigasi%20Coffeezilla%201_.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhP-O-XTNjufIHRffEKWP_7fVEZxwF4fzyddvBCpLWHwx0vkDhIUOMPtbzZckQZ31XqAv8Q7mMtCgwZB5cFIParfGnrTFXTMImwc4iBivMeK4w33UyRpT4DO7K0CQ4QJSAYEG5PG40RId9osp8wcgLziD08aXglasvVCLldxtKf127gc7U-YOEGludH-Q/s72-w640-c-h356/Kronologi%20Kasus%20Penipuan%20Logan%20Paul%20Hasil%20Investigasi%20Coffeezilla%201_.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2023/01/kronologi-kasus-penipuan-logan-paul.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2023/01/kronologi-kasus-penipuan-logan-paul.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content