Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Apps
Instagram
Tutorial
Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi
Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi

Berikut ini adalah cara mudah posting Instagram dari PC Komputer tanpa aplikasi pihak ketiga atau software tambahan. Dengan cara ini kita tetap dapat melakukan update status atau upload foto atau video di Instagram walaupun tidak ada HP atau smartphone.

Cara upload video di instagram atau upload foto di instagram ini tidak menggunakan aplikasi tambahan lain seperti emulator atau sejenisnya, disini kita hanya menggunakan fasilitas yang ada di browser yang biasa kita gunakan untuk membuka berbagai macam website itu.

Selain Melakukan upload atau posting instagram dari PC atau komputer, dengan cara ini anda juga dapat melakukan akses seperti explore /scrolling. Anda juga dapat memberikan like (love) atau memberikan komentar di postingan pengguna lain. Seperti anda membuka aplikasi Instagram di HP atau smartphone.

Jangan terkecoh kode - kode!

Didalam tutorial atau cara dibawah ini nantinya anda akan melihat banyak baris pemrograman atau semacamnya. Jangan terkecoh dan jangan terpengaruh dengan kode - kode tersebut karena kita tidak akan menyentuh satupun dari kode - kode tersebut ya.. Abaikan saja!

Langkah yang akan kita lakukan ini sebenarnya ditujukan untuk para programmer atau developer yang ingin melakukan pengujian aplikasinya di browser. Dan kita akan manfaatkan fasilitas tersebut agar kita bisa posting instagram dari PC atau lewat laptop tanpa aplikasi tambahan, dengan cara yang aman!.

Sebelum memulai, pastikan anda telah menyiapkan file foto atau video yang ingin di upload. Simpan di dalam folder yang mudah dicari agar proses upload dapat dilakukan dengan cepat seperti anda melakukan upload di smartphone!

aca juga: Cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop

Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi

  1. Buka browser yang sering anda gunakan di komputer (disarankan untuk menggunakan Chrome)
  2. Buka alamat website Instagram (https://www.instagram.com)
  3. klik kanan pada mouse didalam halaman hingga muncul menu navigasi
  4. Pilih >Inspect (Ctrl+Shift+I) hingga muncul halaman Inspect element di sebelah kanan /bawah (tergantung pengaturan awal)
    Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi
  5. Ganti ke tampilan Mobile dengan >klik simbol mobile dengan keterangan Toggle device toolbar. Ukuran halaman instagram akan berubah menjadi ukuran mobile (smartphone)
  6. Anda bisa rubah ukuran layar berdasarkan type smartphone atau tablet seperti iPhone, Google Pixel, Samsung, dll. (jika tidak ingin merubah ukuran layar yang digunakan, silahkan lewati langkah ini)
  7. Klik tulisan >Login untuk masuk ke akun instagram anda kemudian pilih metode login menggunakan akun instagram atau akun facebook
    Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi
  8. Silahkan masukan username dan password yang biasa anda gunakan (demi keamanan, pastikan halaman yang dibuka benar - benar instagram.com ya, silahkan periksa kembali)
  9. Setelah berhasil login anda akan diminta memilih untuk memilih menyimpan data login akun atau tidak. Demi keamanan, jangan pilih Save info (Pilih >Not now /jangan sekarang) kecuali anda akan sering buka-tutup akun melalui komputer /laptop yang sama.
  10. Setelah anda berhasil masuk ke akun instagram anda, silahkan >klik tombol upload (simbol plus /tambah) di bagian bawah layar (seperti di tampilan aplikasi smartphone).
  11. Jendela folder /explorer akan terbuka otomatis. Silahkan >cari dan pilih foto atau video yang ingin anda upload. kemudian klik tombol >Open
  12. Setelah terbuka di halaman 'aplikasi' di browser, anda bisa melakukan edit atau menambahkan efek /filter seperti di aplikasi instagram.
  13. Jika sudah selesai melakukan edit, silahkan klik tombol >Next untuk membuka pengaturan berikutnya
  14. Silahkan masukan caption /tulisan dan hastag, menambahkan lokasi dan tag akun lain (jika ingin).
  15. Periksa kembali tulisan yang ingin diposting, jika sudah yakin silahkan langsung saja klik tulisan >Share di bagian kanan-atas layar
    Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi
  16. Selesai. Silahkan kembali ke halaman profil untuk memastikan foto atau video yang baru saja di upload berhasil tersimpan di feed instagram anda.

File tidak muncul di folder pencarian?

Pada saat memilih foto atau video yang ingin di upload terkadang tidak muncul, padahal folder yang dibuka sudah benar? Sepertinya itu karena type file foto atau video yang dicari tidak sesuai, untuk memperbaikinya silahkan ikuti langkah mudah dibawah ini.

Pada saat jendela explorer /folder muncul setelah anda menekan tombol upload (tanda plus) silahkan rubah pengaturan Custom Files ke All Files. Dengan begitu semua file yang ada didalam folder yang dibuka akan terlihat.

Cara Aman Posting Instagram dari PC Komputer Tanpa Aplikasi

Silahkan pilih file foto atau video yang ingin di upload seperti biasa. Pastikan file nya tetap dalam format foto atau video pada umumya ya seperti JPG, PNG, mp4, dll.

Jangan lupa Logout!

Setelah anda selesai melakukan upload atau posting Instagram dari PC jangan lupa untuk selalu melakukan Logout. Dengan cara kembali ke halaman profil anda kemudian klik tombol >Settings (ikon lingkaran bergerigi di bagian atas) kemudian cari dan klik tombol >Logout.

Setelah anda posting atau upload mungkin anda akan sedikit scrolling untuk melihat dan memberikan like atau komen ke postingan teman - teman yang anda ikuti (follow) jangan lupa untuk keluar (logout).

Jika sempat, agar lebih aman lagi, Sebelum menutup browser silahkan anda hapus history dan cache browser yang telah digunakan tersebut.

Semoga tulisan mengenai cara aman posting Instagram dari PC Komputer tanpa aplikasi tambahan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! Selamat Mencoba!

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!