ASUS ROG G703 dengan Kartu Grafis Termahal RTX 2080

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
ASUS
News
Review
ASUS ROG G703 dengan Kartu Grafis Termahal RTX 2080
ASUS ROG G703 dengan Kartu Grafis Termahal RTX 2080
Laptop ASUS ROG G703 (asus.com)
Asus ROG G703 kini mendapatkan pembaruan, khusunya dari kartu grafis yang semula GTX 1080 sekarang dibekali kartu grafis terbaru dan termahal saat ini, yaitu RTX 2080. Baik dari segi tampilan dan tentu saja spesifikasi, apakah benar - benar pantas dijuluki "the beast"?.

Asus ROG G703 dibuat dengan tujuan mendorong batas kinerja, sehingga berbagai hal menawan dari laptop ini patut diacungkan jempol. Diharapkan akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya dan kepuasan tersendiri.

Dan YES! Laptop asus yang satu ini sudah mendapatkan VGA atau kartu grafis termahal saat ini, yaitu NVIDIA GeForce RTX 2080. VGA /GPU nya saja sudah yang termahal ya, harganya juga pasti kelas sultan nih.
ASUS ROG G703 ini mempunyai beberapa pilihan, berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan. Pada artikel ini kita akan fokus pada varian yang paling mahal yaitu dengan prosesor Intel Core i9 generasi ke sembilan (9th Gen) dan tentunya dengan GPU RTX 2080. 

Kenapa RTX 2080?

Sebelum kita membahas tentang laptop nya, kita bahas sedikit dulu tentang kartu grafis yang digunakan oleh ASUS ROG G703 ini, kenapa harus RTX 2080?



Didukung dengan grafis kelas premium, mengingat laptop ini adalah merupakan mesin gaming ekstrim. Kartu grafis yang ditanamkan adalah GeForce RTX 2080 yang canggih dari pabrikkan NVIDIA.

kartu grafis RTX 2080 saat ini masih memiliki spesifikasi yang tertinggi dari semua kartu grafis /VGA yang ada di pasaran dunia. Dengan spesifikasi tertinggi tentunya wajar bila GPU ini juga memiliki label 'termahal' diantara yang mahal - mahal itu. hehe

Kartu Grafis ini mempunyai fitur ray tracing. Ini adalah tehnik rendering yang memungkinkan sistem melacak dan menampilkan gambar yang disesuaikan dengan sumber cahaya yang ada didalam gambar secara real time.

Dan masih banyak lagi kelebihan dari kartu grafis RTX 2080 yang diklaim terkuat dibumi (saat) ini. Akan sangat panjang jika dijelaskan tapi yang pasti dengan tehnik rendering ini kita akan mendapatkan tampilan gambar yang lebih jernih dan realistik.

Layar dengan Refresh rate Standar Gaming Berat

ASUS ROG G703 dengan Kartu Grafis Termahal RTX 2080
Perbedaan tampilan layar dengan refresh rate 60Hz/25ms (kiri) dan 144Hz/3ms (kanan)
Asus ROG G703 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang sangat responsif karena mempunyai refresh rate yang tinggi, dan juga sangat direkomendasikan jika kita bermain game action.
Panel anti silau Full HD 17,3 inci dengan tekhnologi NVIDIA G-SYNC yang mampu mencapai refresh rate 144 Hz
Dalam menikmati permainan AAA juga melakukannnya tanpa sentuhan visual, cukup dengan melakukan pengaturan pada max-out dan bisa menikmati grafis secara mulus.

case laptop ini terinspirasi dari Bio-Amor yang mampu memenuhi setup pendinginan secara efesien dan meningkatkan umur sistem sehingga memberikan stabilitas selama sesi game grafis yang intensif. 

Built-In Xbox Wireless memungkinkan ROG G703 terhubung hingga ke delapan pengendali Xbox One tanpa memerlukan dongle USB eksternal, sehingga menciptakan pembangkit tenaga hibrida yang tanpa kompromi. 

Spesifikasi ASUS ROG G703

Kinerja yang menawan dilengkapi dengan prosesor Intel Core i9 - 9980 HK buatan pabrik yang mampu mencapai kecepatan 4,73 GHz setelah overclock. 

Grafis NVIDIA GeForce GTX overclock dan dapat mencapai jam peningkatan maksimal hingga 1974 MHz, dengan adanya ini maka akan mampu meningkatkan kinerja yang luar biasa. 

Biahkan mampu menikmati judul AAA terbaru pada pengaturan maksimal untuk pengalaman gaming secara mendalam. Peningkatan kinerja kerjanya lebih dari 10 % dibandingkan dengan kecepatan dasar.

ASUS ROG G703 dengan Kartu Grafis Termahal RTX 2080

Serba di overclock

Unlock the beast. itulah jargon yang ASUS terapkan untuk laptop ASUS ROG G703 ini. Tidak heran jika kita menemukan hampir semua komponen pada sistem mendapatkan settingan overclock.

Sistem Anti-Dust Cooling (ADC) yang dipatenkan memungkinkan prosesornya di-overclock ke 4,7 GHz sehingga mampu meningkatkan tingkat kinerja laptop secara maksimal namun tetap dapat memaksimalkan sirkulasi udara yang masuk dan keluar.

ADC juga membantu sistem tetp dingin dan bebas debu, sehingga pengguna bisa nyaman ketika bermain game dengan waktu yang terbilang cukup lama walaupu membutuhkan spesifikasi tinggi.

GPU juga di-overclock sampai 1855 Mhz, untuk VRAM juga telah di overlock menjadi 7151 MHz. Semua pengaturan tersebut tetap dapat kita rubah pada aplikasi "Gaming Center" yang disediakan secara eksklusif oleh ASUS di laptop ASUS ROG G703 ini.

Fitur Komputer Desktop ada disini

Asus ROG G703 bisa dikatakan sebagai pengganti desktop yang portable. Hal initerlihat dari sistem perangkat keras yang bertenaga tinggi yang ditawarkan, khususnya di bagian prosesor dan grafis yang ditanamkan kedalam laptop.

Jumlan dan variasi port (colokan) yang ada didalam laptop ini juga hampir menyamai port yang ada di komputer konvensional. Contohnya seperti display port HDMI, Mini HDMP, dan juga pada port USB yang memiliki tiga buah USB 3.1 dan juga USB type C /Thunderbolt.
Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi colokan lainnya yang terletak dan menyebar dibagian kiri, kanan, dan juga belakang laptop.
ASUS ROG G703 dengan Kartu Grafis Termahal RTX 2080
ASUS ROG G703 dengan keyboard full size
G703 ini juga dibekali dengan keyboard full size, yang berarti semua tombol yang biasa ada di keyboard komputer, ada di laptop ini. Termasuk dengan tombol numerik di bagian kanan.

Memori (RAM) yang diberikan adalah (up to) 64 GB DDR4 2666 MHz dengan 2 slot PCle, masing-masing memiliki SSH NVMe PCle 3,0 x 4 512 GB M2. 

Didukung dengan sistem penyimpanan SSD membuat sistem menjadi lebih responsif. Untuk penyimpanan tambahan juga tersedia hardisk 5400 RPM berkapasitas 1 TB.

Kekurangan ASUS ROG G703

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, diatas kita sudah membahas segala sesuatu tentang kelebihan dari laptop ASUS ROG G703 ini. Sekarang kita membahas tentang kekurangannya.

  1. Harga Sultan. Yang pertama dan paling utama adalah harga sudah masuk kedalam kategori sultan. Untuk laptop ini ASUS membanderolnya dengan harga $3,999 atau setara dengan Rp. 56.000.000 (lima puluh enam juta rupiah). harga yang sultan banget kan..
  2. Double Charger. Dengan spesifikasi yang disebutkan laptop ASUS G703 ini tentunya memerlukan sumber listrik yang besar. Maka dari itu, laptop ini memiliki dua buah port charger yang berfungsi untuk menerima aliran listrik dari 2 buah charger secara bersamaan.
  3. Tebal dan berat. Dengan spesifikasi tinggi yang dipasang tentunya suhu mesin menjadi rawan untuk overheat, maka dari itu desain laptop dibuat lebih tebal agar memiliki ruang yang lebih untuk sirkulasi udara yang cukup.

Beratnya pun tidak main - main, untuk laptopnya sendiri mempunyai berat 4.7 Kg. Dengan berat seperti itu tentunya diatas rata - rata bahkan bisa 2 atua tiga kali lipat laptop biasa, belum lagi jika kita membawa aksesoris lain seperti charger, mouse, dll.

ASUS ROG G703 dengan Kartu Grafis Termahal RTX 2080

ASUS ROG G703 Laptop Gaming Kelas Sultan

Asus ROG G703 memang laptop gaming yang mewah dan diperuntukkan bagi gamers kelas berat. Maka tidak salah jika dikatakan sebagai laptop monster, mengingat banyaknya hal yang menawan di dalamnya sebesar monster. 

Salah satu kekurangannya tentu pada harga yang ditawarkan, sangat tinggi. Wajar sih, karena memang laptop ini menyasar pengguna kelas kelas menengah - atas. Harga berkisar 56 juta rupiah, cukup fantastik untuk sebuah laptop. 

Oleh karena itu bagi pembeli tentu harus mempertimbangakan akan harga dan fungsi bagi dirinya, apakah bisa seimbang atau justru terlalu berat di harga. Semua tergantung kepada kebutuhan dan alokasi dana yang kita miliki.

Bagaimanapun juga kehadiran ASUS ROG G703 ini memang cukup menarik perhatian. Anda juga tertarik? Yuk! sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar!

Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:
ASUS Zenbook Pro Duo - Laptop Untuk Para Profesional
ASUS ROG Zephyrus (GX501) Dengan Keybard yang "Tidak Normal"
ASUS ROG GL553VE - Laptop Gaming dengan Harga yang Ideal
Keyboard Mouse Gaming ASUS - ROG Claymore & Spatha
Cara Memasang Google Camera di ASUS Zenfone Maxpro M1
Headset Gaming ASUS ROG Centurion 7.1 - Ultimate Immersion

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!