Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel

Pernah lihat kode seperti ini: Core i7 8700K atau 8550U atau 7700HQ atau akhiran - akhiran lain seperti huruf X, M atau huruf lainnya. Apa arti dari huruf - huruf yang ada di kode CPU Prosesor Intel?

Penjelasan dan arti kode huruf di prosesor Intel semua seri /type. Pernah lihat kode seperti ini: Core i7 8700K atau 8550U atau 7700HQ atau akhiran - akhiran lain seperti huruf X, M atau huruf lainnya. Apa arti dari huruf - huruf yang ada di kode CPU Prosesor Intel?

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing - masing dalam hal menentukan nama produk ataupun type dari setiap produk yang mereka jual. Seperti iPhone misalnya menggunakan angka seperti iPhone 6, 7, 8, dst. Samsung menggunakan kombinasi antara huruf dan angka misalnya Samsung A3, J3, Galaxy S7, S8, dst.

Untuk penamaan pada prosesor, khususnya prosesor Intel, juga tidak jauh berbeda. Penamaan atau pemberian kode akan mempermudah semua pihak untuk mengetahui kategori prosesor itu berada dan juga spesifikasi yang ada didalamnya.
Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
intel.com
Untuk penamaan kategori awal seperti Intel Core i5, i7 maupun i9 pasti teman - teman disini sudah pada tahu. Dan umumnya memang semakin besar angka semakin bagus performanya (walaupun tidak 100%).

Namun bagaimana dengan spesifikasi detailnya yang biasanya diikuti dengan angka dan juga huruf seperti Intel Core i7 8700K, 8550U, 7700HQ, dll. Lalu apa artinya huruf - huruf tersebut? Berikut penjelasannya.

Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel

K
Jika teman - teman pernah melihat atau bahkan menggunakan prosesor dengan huruf K dibelakangnya (contoh: Core i7 8700K, Core i9 9900K) maka teman - teman dapat melakukan overclock lebih mudah pada prosesor type ini. Huruf K didalam kode ataupun type prosesor intel mewakili kata UNLOCKED. 

Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Intel

Untuk para overclocker mania yang selalu tidak puas dengan performa standard prosesor pastikan kalian membeli prosesor type K ini.

Walaupun nilai peningkatan terlihat tidak signifikan seperti 5 % atau 10 % diatas settingan standar, tetapi hasilnya akan jauh berbeda dan terasa. Apalagi jika aplikasi atau game yang kita mainkan adalah game kelas berat.

H
Contohnya pada prosessor adalah Intel Core i3 7100H. Kode huruf H ini mewakili kata "High Performance Graphics" yang memfokuskan pada performa tampilan pada layar komputer /laptop. 

Dengan dimaksimalkannya tampilan pada layar kita, maka dengan otomatis prosesor tipe ini membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Maka dipastikan konsumsi baterai ataupun listrik akan lebih boros.

HQ
Huruf 'H' pada HQ ini sama artinya dengan pengertian H sebelumnya yaitu mengutamakan tampilan di layar "High Performance Graphics" dan huruf 'Q' pada HQ ini mewakili kata "Quad core". Dengan kombinasi HQ ini maka konsumsi daya (listrik) juga akan lebih besar lagi. 

dan dipastikan penggunaan prosesor HQ biasanya untuk item komputer /laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi (advance) dan lebih mahal tentunya. :)

U
Huruf "U" mewakili "Ultra Low Power" dan bisa kita temukan salahsatunya pada chip Intel Core i5 7200U dan biasanya prosesor ini dipakai oleh produk laptop /notebook yang didesain untuk menyimpan baterai lebih lama.

Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Tokopedia
Dengan penyimpanan baterai yang efisien maka waktu penggunaan pun pastinya akan lebih lama. Prosesor ini biasanya digunakan untuk laptop dengan spesifikasi penggunaan normal seperti mengetik, menonton film, online, dll.

Dengan mengutamakan efisiensi pada konsumsi listrik maka ada hal yang harus 'dikorbankan'. Pada prosesor tipe ini tentunya yang 'dikorbankan' adalah performa.

E
huruf E mewakili kata "ECC memory". prosesor tipe ini memiliki sistem yang memungkinkan pemulihan 'corrupt' yang tersimpan. Misalnya pada saat kita menggunakan komputer dan sistem mengetahui ada file yang rusak atau 'corrupted' maka ECC memory bertugas untuk memperbaikinya dan mengembalikan file ke versi normal.

Umumnya ECC memory diperlukan pada sistem komputer yang berbasis online 'cloud base' yang mana kerusakan data akibat perpindahan yang berlebihan memiliki potensi yang lebih tinggi. Maka teknologi ECC memory sangat diperlukan.

T
Contohnya seperti prosesor intel Core i7 6400T. Hampir sama dengan huruf U (low power) yaitu difokuskan untuk menghemat penggunaan daya listrik. Namun prosesor dengan tipe T ini digunakan pada komputer desktop /PC (bukan laptop). 

Prosesor Intel tipe T ini biasanya digunakan pada komputer /PC dengan perangkat lengkap (All-in-one) dimana mereka menjual satu paket komputer lengkap. Biasanya perangkat komputer dan sistemnya bersatu dengan layar.
Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Lazada

Biasanya juga komputer jenis ini dijual satu paket lengkap dengan keyboard dan mouse, dan tidak bisa dibeli terpisah.

P
Prosesor tipe ini pada umumnya tidak memiliki 'no integrated graphics (no GPU)'. yang berarti harus menggunakan GPU external untuk menampilkan gambar di layar.

Namun beberapa tahun terakhir prosesor tipe P ini telah memiliki "integrated graphics card" namun dengan kualitas dibawah standard.

Dengan kualitas GPU yang sangat rendah tentunya ada alasan. Yup! hal itu menjadikan prosesor tipe P ini menjadi lebih rendah dalam masalah harga. Dengan begitu kita dapat mengalokasikan dana yang ada untuk GPU eksternal yang lebih baik.

X
Huruf X ini mewakili kata "Extreme Edition" dimana prosesor tipe ini selain UNLOCK (sama seperti tipe K) juga memiliki performa yang paling tinggi dan juga jumlah 'core' paling banyak. 

Contohnya adalah prosesor Intel Core i9-7980XE (Extreme Edition).
Penjelasan Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Bukalapak
Dan pastinya tipe ini juga adalah tipe paling mahal dari semua prosesor Intel yang ada di pasaran. Jika teman - teman melihat PC dengan prosesor tipe X ini maka dapat dipastikan PC tersebut bergelar sultan... hehe

Lengkapnya silahkan lihat daftar dibawah ini (beserta contohnya):

  • X /XE = Extreme Edition (Contoh: Intel Core i9-7980XE)
  • K = Unlocked multiplier (Contoh: Intel Core i7-8700K, Core i7-6700K, Core i7-6600K)
  • G = Includes discrete graphics on package (Contoh: Intel Core i7-8705G)
  • U = Ultra Low Power (Contoh: Intel Core i7-8650U, Core i7-7500U)
  • H = high performance graphics (Contoh: Intel Core i3-7100H)
  • HK = high performance graphics, unlocked (Contoh: Intel Core i7-7820HK)
  • HQ = high performance graphics, quad core (Contoh: Intel Core i7-7920HQ)
  • M = Mobile (Contoh: Core i7-4600M, Xeon E3-1535M v5)
  • MQ = quad-core mobile (Contoh: Core i7-4702MQ)
  • MX = Mobile Extreme Edition (Contoh: Core i74940MX)
  • C = Unlocked LGA 1150 based +high performance graphics (Contoh: Core i7-5775C)
  • R = Desktop processor BGA1364 (mobile) based. with high performance graphics (Core i7-5775R)
  • S = Performance-optimized lifestyle (Contoh: Core i7-4770S)
  • T = Power-Optimized Lifestyle (Contoh: Intel Core i7-6700T, i5-6600T, i3-6300T)
  • Q = quad core
  • Y = extremely low power (Contoh: Intel Core i7-7Y75)
  • E = ECC memory 
  • P = no integrated graphics (Contoh: Core i5-6402P)


Semoga artikel penjelasan tentang kode huruf di CPU atau prosesor Intel ini dapat bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan seputar kode huruf ini silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Terimakasih. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!. 

Artikel Menarik lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Android,35,Apple,28,Apps,15,ASUS,15,Automotive,6,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,23,Finance,21,Games,13,Google,19,HTML,5,Instagram,14,Internet,57,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,185,OPPO,1,Productivity,12,Review,44,Robot,1,Samsung,18,Security,34,Social Media,53,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,176,Toko Online,30,Tutorial,200,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,29,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Penjelasan Arti Kode Huruf di CPU Prosesor Intel
Pernah lihat kode seperti ini: Core i7 8700K atau 8550U atau 7700HQ atau akhiran - akhiran lain seperti huruf X, M atau huruf lainnya. Apa arti dari huruf - huruf yang ada di kode CPU Prosesor Intel?
https://3.bp.blogspot.com/-nW3JzSGWRnU/XCE6N2MXLLI/AAAAAAAAFWQ/BCH2kWZVqbAHC7h3Iod8IM7X31M5du76wCLcBGAs/s640/Penjelasan%2BKode%2BHuruf%2Bdi%2BCPU%2BProsesor%2BIntel%2B2.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-nW3JzSGWRnU/XCE6N2MXLLI/AAAAAAAAFWQ/BCH2kWZVqbAHC7h3Iod8IM7X31M5du76wCLcBGAs/s72-c/Penjelasan%2BKode%2BHuruf%2Bdi%2BCPU%2BProsesor%2BIntel%2B2.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2018/12/penjelasan-arti-kode-huruf-cpu-prosesor-intel.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2018/12/penjelasan-arti-kode-huruf-cpu-prosesor-intel.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy