Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio – Gamer Masuk!

Berikut ini adalah cara mudah untuk merekam kegiatan yang ada di layar komputer atau laptop lengkap dengan audio nya, baik itu audio dari microphone yang kita pasang atau bisa juga audio yang diputar di komputer. Pada tutorial ini juga kita akan belajar langkah – langkah untuk merekamnya sampai kita mendapatkan file video yang siap dikirim atau diputar.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan video yang berisi rekaman pergerakan layar di komputer, mulai dari menggunakan pemutar media seperti VLC lalu ditambah menggunakan perekam audio bawaan PC ataupun laptop juga menggunakan tools lainnya. Cara ini menurut tim rinditech.com lumayan ribet dan memerlukan waktu yang lebih tentunya. Lalu cara apa yang kita gunakan pada tutorial kali ini?

Pada tutorial kali ini kami akan menggunakan sebuah software (Gratis - optional) yang memang dikhususkan untuk merekam seluruh tayangan yang tampil di layar. Dari mulai membuat tutorial, sampai kepada gamer yang sering muncul di Youtube juga menggunakan software seperti ini.

Cara ini memerlukan sebuah aplikasi yang bernama Bandicam, sebenarnya ini bukanlah aplikasi satu – satunya yang dapat merekam layar berikut audionya, namun hanya kebetulan saja kami mencoba bandicam terlebih dahulu dan tidak menutup kemungkinan ada aplikasi lain yang serupa atau bahkan lebih baik. Tetapi untuk saat ini kita akan fokus dulu menggunakan bandicam.

3 Mode Perekaman Layar

Pada aplikasi ini terdapat 3 jenis ataupun mode perekaman yang bisa dipilih, yaitu Mode Game recording, Screen recording, dan HDMI recording.

Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio - Screen Recording

Screen recording

Pada screen recording kita dapat merekam segala kegiatan yang tampil pada layar komputer atau PC kita, mulai dari melakukan tutorial maupun merekam video yang sedang diputar. Kita dapat mengatur ukuran layar yang akan direkam ataupun fullscreen. Selain itu kita juga dapat melakukan penambahan tanda ataupun garis, tulisan di layar secara live.

Game recording

Pada mode game recording ini kita dapat merekam tampilan game yang sedang kita jalankan, kemudian kita juga dapat menambahkan video webcam seperti yang sering kita lihat di video – video youtube milik gamer, pada saat merekam kita juga dapat berbicara atau memberikan komentar melalui microphone yang terpasang di headset ataupun yang terpisah terhubung ke komputer.

HDMI recording

Mode HDMI recording memungkinkan kita untuk merekam tampilan diluar layar komputer atau laptop kita, mode ini merekam video ataupun tampilan yang terhubung dengan port HDMI yang ada di komputer ataupun di laptop. dengan mode ini berarti kita dapat menghubungkan kamera untuk merekam dan hasil rekaman akan langsung tersimpan di komputer ataupun laptop yang terhubung.

Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio

Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio

Sebelum ke tutorial atau langkah – langkah untuk dapat merekam layar komputer, Teman – teman bisa mendapatkan aplikasi Bandicam melalui Google Search atau mesin pencari lainnya. atau bisa juga langsung mengunjungi website resmi dari Bandicam (link akan disebutkan didalam langkah – langkah)


Pada langkah – langkah dibawah ini kita akan memeberikan tutorial untuk merekam dengan mode screen recording, untuk mode lainnya teman – teman bisa melakukan eksplorasi sendiri.

  1. Buka Browser (Chrome, Firefox, Opera, Safari, dll)
  2. Download file instalasi Bandicam disini > www.bandicam.com/downloads
  3. Install File yang telah didownload (Klik kanan >Open /Run as administrator kemudian ikut petunjuk yang muncul sampai terinstall sempurna)
  4. Buka Aplikasi Bandicam yang telah di install
  5. Pilih mode yang akan digunakan (Game recording, Screen recording, atau HDMI recording)
  6. Tentukan layar yang akan direkam
  7. Klik tombol Record
  8. Klik kembali tombol Record untuk berhenti merekam (Stop)
  9. Periksa Hasil Rekaman. Selesai!

Setelah kita menekan tombol stop atau selesai merekam maka video hasil rekaman akan langsung disimpan di file output (default folder: >Documents >Bandicam). Proses penyimpanan tidak memerlukan waktu yang lama dan bahkan tidak ada proses saving ataupun rendering seperti yang biasa dijumpai di aplikasi edit video.

Pada proses perekaman pun kita dapat menghentikan perekaman untuk sementara (Pause) jika dirasa proses yang sedang ditunggu terlalu lama seperti bila kita sedang menunjukan cara melakukan download file, karena proses download memerlukan waktu lebih dari 5 menit maka kita bisa klik tombol PAUSE dan melanjukan kembali proses merekam sesaat sebelum waktu download selesai, atau bahkan setelah selesai (download).

Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio – Gamer Masuk!

Tutorial diatas hanyalah tutorial inti dalam merekam kegiatan yang tampil di layar komputer kita, selebihnya teman – teman bisa melakukan eksplorasi sendiri karena banyak sekali fitur yang disediakan pada aplikasi ini seperti melakukan marking atau memberi tanda saat melakukan perekaman seperti memberikan catatan ataupun menambahkan garis – garis seperti sedang melakukan presentasi.

Bandicam Free License sudah cukup?

Pihak pengembang bandicam menyediakan kedua versi, baik yang gratis maupun berbayar. Menurut pengalaman tim rinditech tidak ada perbedaan dari segi fitur, yang berbeda diantaranya dari waktu atau durasi untuk merekam, untuk versi free license (gratis) dibatasi hanya 10 menit setiap satu kali merekam sedangkan untuk versi berbayar kita dapat merekam lebih dari 24 jam. 

selain itu untuk versi free hasil video akan diberi watermark bandicam sedangkan untuk yang berbayar tidak akan diberi watermark dan bahkan bisa menggunakan logo personal sebagai watermark.

Apabila yang dibutuhkan hanya untuk keperluan pribadi atau proyek – proyek sederhana, versi free license pun kami rasa cukup karena fitur yang disediakanpun sama dengan fitur berbayar.

Ada masalah?

Apabila teman – teman mengalami kendala ataupun ada ada yang ingin didiskusikan seputar cara merekam layar komputer berikut dengan audionya bisa langsung simpang pertanyaannya pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Insyaallah akan kami bantu jawab.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman khususnya yang sedang mencari cara untuk merekam layar komputer berikut dengan audionya. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait Lainnya: 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
November 7, 2017 at 4:52 AM delete

Bagaimana dengan kualitas audionya? Jernih atau tidak?

Aplikasinya memberatkan laptop atau tidak?

Hanya bisa untuk merekam, atau juga bisa buat edit video?

Reply
avatar
November 7, 2017 at 10:33 PM delete

Hallo Khairunnisa,
Untuk kualitas audio tidak mengecewakan, aplikasi ringan, tapi hanya bisa untuk merekam saja, tidak dengan edit :)
semoga membantu..

Reply
avatar