Beranda
Games
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mengatasi Error PUBG Mobile Tidak Bisa Dibuka di PC
Cara Mengatasi Error PUBG Mobile Tidak Bisa Dibuka di PC

Berikut ini adalah cara mengatasi error PUBG Mobile Tidak Bisa Dibuka di PC. Saat membuka emulator PUBG Tencent dan loading berhenti di 49% atau 50% kemudian muncul notifikasi gagal membuka emulator, Ini solusinya [SOLVED].

Saat membuka game di emulator ada notifikasi atau keterangan seperti ini (dalam bahasa inggris), "Failed to start the emulator. The emulator was not properly closed. Please restart the emulator or the computer and try again later."

"Jika dalam bahasa Indonesia kira - kira seperti ini: "Gagal memulai emulator. Emulator telah ditutup dengan cara yang kurang baik. Silahkan restart emulator atau komputer dan coba kembali kemudian."

Yup! Sampai saat ini kami belum mengetahui dimana letak masalah error PUBG mobile yang sebenarnya, karena berbagai cara telah kami lakukan mulai dari restart emulator, restart PC, uninstall kemudian install ulang game PUBG Mobile, tetap tidak bisa mengatasi masalahnya.

Sampai pada suatu saat kami melihat sebuah video yang memperlihatkan keberhasilannya mengatasi error PUBG Mobile seperti ini. Dan cara yang dilakukannya juga sangat mudah dan tidak ribet. Kami pun penasaran dan mencobanya, dan benar - benar berhasil!

Baca juga: Cara Mengatasi "Failed to create AOW snapshot" emulator Tencent PUBG

Cara Mengatasi Error PUBG Mobile Tidak Bisa Dibuka di PC

  1. Buka Emulator 'Tencent Gaming Buddy' seperti biasa
  2. Pilih Game PUBG Mobile
  3. Play /Jalankan Game PUBG Mobile
  4. Tunggu sampai pemberitahuan game Error muncul. Lalu Klik >OK
  5. Klik icon "Multi screen" pada menu emulator (kanan-tengah). Jendela baru akan terbukaCara Mengatasi Error PUBG Mobile Tidak Bisa Dibuka di PC
  6. Tunggu loading di jendela yang baru selesai sampai 100%
  7. Klik icon game PUBG Mobile yang muncul di jendela baruCara Mengatasi Error PUBG Mobile Tidak Bisa Dibuka di PC
  8. Notifikasi perubahan ke DirectX+ engine akan muncul. Konfirmasi dengan klik >Ok
  9. Tunggu sampai loading game selesai dan masuk ke halaman game atau halaman login 
  10. Login akun PUBG Mobile (biasanya Anda akan diminta untuk melakukan login lagi, jika sudah otomastis login maka Anda bisa langsung main seperti biasa)
  11. Selamat Bermain!. Selesai.

Jika sudah memasuki halaman login atau halaman lobby permainan, maka Anda sudah berhasil mengatas error PUBG Mobile. Error yang mengakibatkan aplikasi atau game tidak dapat dibuka dengan notifikasi "failed to start the emulator. bla..bla..bla.."

Baca juga: Cara Install PUBG Lite di Komputer Gratis!

Notifikasi DirectX+ setelah membuka game di multi screen

Setelah Anda membuka halaman multi screen dan ikon /icon PUBG Mobile muncul, anda diminta untuk klik kembali ikon game PUBG Mobile tersebut kemudian notifikasi baru akan muncul seperti dibawah ini (dalam bahasa inggris):

Switching to DirectX+ engine will enhance display effects for current game. Do you want to restart Gaming Buddy and switch? if errors still occur after switching, switch the rendering engine manually in the Settings.

Notifikasi tersebut meminta Anda untuk melakukan konfirmasi bahwa sistem akan berpindah menggunakan DirectX+. Silahkan dikonfirmasi dengan memilih tombol >Ok. Sudah kami coba dan semuanya aman lancar jaya, tidak ada masalah. 

Baca juga: Cara Mudah Main PUBG Mobile di PC Komputer Emulator RESMI

Error global yang dialami banyak gamer

Error PUBG Mobile di PC seperti ini kami pantau dialami banyak pengguna, dan pesan atau notifikasinya juga sama. Maka dari itu sepertinya perlu informasi untuk mengatasi error tersebut.

Walaupun ini bukan cara permanen untuk mengatasi error di game PUBG Mobile di Komputer, setidaknya kita tetap dapat memainkan permainan ini di PC seperti biasanya.

Sebenarnya ada cara yang PERMANEN untuk mengatasi error di PUBG ini, tetapi akan lebih baik kita bahas di artikel yang berbeda agar lebih jelas dan mudah diikuti.

Jika teman - teman masih mengalami kendala atau ada hal yang ingin ditanyakan seputar masalah di game PUBG mobile ini, silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!