Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN Modem Telkom Indihome

Rindi Putra Rindi Putra
41 Komentar
Beranda
Internet
Modem
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN Modem Telkom Indihome
Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN Modem Telkom Indihome

Berikut ini adalah cara mengaktifkan semua port atau colokan kabel LAN di modem Telkom Speedy Indihome. Dengan cara ini port LAN yang ada di modem Indihome dapat digunakan semua untuk terhubung ke internet.

Berdasarkan pengalaman kami, setiap pemasangan internet baru dari Telkom (Indihome) operator (teknisi) tidak mengaktifkan semua port atau colokan yang tersedia pada modem, mereka hanya mengaktifkan port yang akan digunakan saja. Biasanya hanya 2 port saja, komputer & TV kabel, atau, komputer & telepon. (tergantung paket yang kita pilih).

Sebenarnya kita bisa meminta kepada teknisi yang memasang internet untuk mengaktifkan semua port atau colokan yang ada pada modem. Apabila sudah terlanjur terpasang dengan port yang hanya dibuka sedikit atau hanya satu, maka kita juga dapat mengajukan permintaan ke telkom untuk mengirim teknisi kembali dan mengaktifkannya, gratis.

Tapi bukankah lebih baik apabila kita mengetahui caranya dan mengaturnya sendiri?! Selain dapat mengaktifkan semua port (colokan) kita juga dapat mematikan (nonaktif) port sesuai keinginan kita.


Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN di Modem Telkom Speedy Indihome

Sebelum lanjut ke tutorial pastikan anda terhubung ke internet modem telkom speedy indihome, bukan internet dari koneksi kartu SIM di HP smartphone. Cara ini dapat dijalankan dari HP yang terhubung ke WiFi modem ataupun langsung dari komputer yang terhubung ke modem dengna kabel LAN.

Mungkin akan ada sedikit perbedaan pada saat login ke modem, itu dikarenakan merek modem yang berbeda seperti Huawei, ZTE, TP-Link, dll. Namun hanya berbeda pada bagian loginnya saja, untuk pengaturan lainnya semua sama.

  1. Pastikan kabel LAN yang ingin digunakan terhubung antara modem ke semua komputer /laptop yang akan diaktifkan jalur internetnya.
  2. Tekan Windows + R (akan muncul kotak pencarian kecil)
  3. ketik "cmd" kemudian >Enter (akan membuka halaman command prompt)Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN di Modem Telkom Speedy Indihome
  4. ketik "ipconfig" >Enter (akan menunjukan alamat ip)
  5. Cari dan CATAT ip address pada bagian Default Gateway contohnya seperti ini: 192.168.100.1Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN di Modem Speedy Indihome
  6. Buka Browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dll)
  7. Ketikan ip address yang telah dicatat tadi (langkah no 4) ke kolom address bar. >Enter (akan muncul halaman login ke modem)
  8. Masukan username + password (username: Support password: theworldinyourhand). >Login (Enter)Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN di Modem Speedy Indihome
  9. Buka menu >WAN (tunggu beberapa saat, akan muncul 2 buah koneksi)
  10. Pilih koneksi kedua dengan tulisan seperti ini: "2_INTERNET_R_VID_200" (akan muncul menu utama di WAN)
  11. Pilih (ceklis) Port atau colokan LAN yang ingin diaktifkan LAN1, LAN2, LAN3, LAN4 sesuai kebutuhan Anda, pada bagian "Binding Options"Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN di Modem Speedy Indihome
  12. Klik >Apply (terletak pada bagian bawah pengaturan). Selesai!

Setelah kita selesai merubah pengaturan diatas, tunggu beberapa menit agar sistem menerapkan perubahan baru tersebut. Umumnya tanda seru pada koneksi internet di komputer yang terhubung dengan LAN modem akan menghilang. Maka setelah tanda seru kuning tersebut menghilang komputer tersebut sudah mendapatkan akses interenet dari modem yang telah kita atur tadi.

Untuk memudahkan anda dalam mengikuti tutorial ini kami juga telah membuat tutorial versi video. Jika anda ingin tetap mengikuti instruksi melalui tulisan silahkan lewati video, namun jika anda ingin melihat contoh lengkapnya silahkan putar video dibawah ini.


Pengaturan WAN tidak seperti di gambar?

Jika tampilan pengaturan WAN di modem anda tidak seperti di gambar, silahkan ganti cara login anda dengan menggunakan tutorial di artikel dibawah ini:


Bagaimana cara mengaturnya dari HP (smartphone)?

Seperti yang telah kita tulis bahwa cara ini dapat diselesaikan juga dengan menggunakan smartphone, pastikan HP tersebut terhubung ke WiFi modem yang ingin kita atur kemudian ikuti langkah - langkah seperti diatas namun langsung saja lompat ke langkah yang ke - 5.


Kesulitan Login modem indihome di browser?

Apabila anda tidak berhasil melakukan login ke modem silahkan anda cari tahu terlebih dahulu merek modem yang pihak Telkom berikan kepada anda, kemudian silahkan browsing atau googling cara login ke modem dengan merek dan type yang Anda gunakan. Jika berhasil silahkan lanjutkan langkah - langkahnya lagi seperti diatas.

Semoga artikel tentang cara mengaktifkan semua port kabel LAN yang ada di modem Telkom Speedy Indihome ini dapat membantu teman - teman, apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 8 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Instagram: @rindiputra :)

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, Mei 02, 2019
    klo untuk type ini ZTE HG6243C tidak sama bang ? Terus bagaimnaa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 02, 2019
      untuk type ZTE belum pernah tampilan admin nya belum pernah lihat, tapi biasanya ada bberapa persamaan, dicari - cari saja menu yang berada didalam pengaturan WAN atau LAN. Jika masih bingung coba google lagi siapatau di website /blog yang lain tutorial khusus modem ZTE itu. selamat mencoba.
  2. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 13, 2019
    Kalau OS yang digunakan linuxmint bagaimana caranya bang? Terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 13, 2019
      Untuk jenis OS sepertinya tidak ada perbedaan karena yang kita butuhkan dari komputernya hanya browser standar seperti google chrome atau mozilla firefox untuk mengakses sistem router melalui IP yang kita tuliskan seperti tutorial diatas. Dicoba saja, jika ada kendala silahkan beritahu lagi disini. Selamat mencoba!
  3. Shemmhut
    Shemmhut
    Selasa, Mei 21, 2019
    saya pakai Huawei HG8245H juga, tapi di menu WAN hanya ada 2_INTERNET_R_VID_200 dan di basic information hanya ada User name dan password aja, jadi tidak ada menu untuk memilih aktifkan port LAN dsb. gimana cara memunculkan nya ya bang? terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 22, 2019
      Jika memang hanya ada satu pilihan berarti agan harus buat pengaturan tambahan. Silahkan klik >New di halaman WAN (kanan-atas). Lanjutkan langkahnya sesuai di tutorial. Jika masih belum berhasil silahkan curhat lg disini gan.
  4. Hantu Ayam
    Hantu Ayam
    Selasa, Juni 11, 2019
    gan mau nanya kenapa port lan 1 saya tidak bisa dichecklist ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 12, 2019
      Coba disambungkan dulu ya ke komputer port lan 1 nya. port tidak akan bisa diaktifkan jika tidak ada kabel LAN yang terpasang ke komputer.
  5. chcco
    chcco
    Rabu, Juli 03, 2019
    kok ga bisa di centang ato di ceklis ya, pada bagian binding option nya kenapa help dong
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 04, 2019
      Coba dihubungkan dulu dengan kabel LAN ke komputer /laptop yang aktif, setelah itu coba centang lagi port yang telah terhubung tersebut. semoga berhasil!
  6. Frengki sitorus
    Frengki sitorus
    Kamis, Juli 04, 2019

    saya pakai Huawei HG8245H juga, tapi di menu WAN hanya ada 2_INTERNET_R_VID_200 dan di basic information hanya ada User name dan password aja, jadi tidak ada menu untuk memilih aktifkan port LAN dsb. gimana cara memunculkan nya ya bang?
    Saran abg yg d atas tetap tidak bisa karna halaman WAN tidak ada pilihan NEW.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 04, 2019
      Jika tidak ada menu seperti di gambar diatas, kemungkinan ada perbedaan di firmware atau software yang terpasang. Jika sudah begitu, lebih baik langsung hubungi saja pihak provider nya (telkom).
    2. Aslan Jaya Komputer
      Aslan Jaya Komputer
      Rabu, September 22, 2021
      pastikan sesuai petunjuk no.8
      Masukan username + password (username: Support password: theworldinyourhand). >Login (Enter)
      berdasar pengalaman sy berhasil
  7. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 24, 2019
    Permisi bang rindi mau tanya soal penyambungan indihome ke router totolink ac1200.
    Saya sudah melakukan:
    1. Colok cable cat 5.e Indihome port lan ke totolink port wan.
    2. Modem indihome sudah di enable semua port nya
    3. Mode setting di totolink sudah diganti jadi gateway mode.
    4. Kok masih tanda seru wifinya di laptop saya ya mas?
    Apakah ada masalah di configurasi ip address nya?
    Soalnya tplink router saya tidak ada masalah saat connect ke wifi/lan indihome saya. Mohon anugrahnya 😁😁
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 24, 2019
      Artikel ini hanya untuk mengaktifkan port LAN di modem bawaan indihome. Klo untuk setup additional router seperti itu silahkan langsung saja cari di google gan bisa dengan kata kunci "cara setting router totolink dengan indihome" atau kata kunci lainnya yang lebih pas. Saya yakin banyak yang sudah membahasnya secara lengkap. Kalau dijelaskan disini tidak akan muat. hehe
  8. usie
    usie
    Rabu, Juli 31, 2019
    bang maaf ko saya ga bisa masuk pakai username telecomadmin yah. makasih sebelumnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Agustus 01, 2019
      Hi usie! Apakah merek modemnya sama Huawei? Jika modemnya sudah dipastikan sama, sepertinya data loginnya sudah pernah dirubah sebelumnya, coba cek atau tanyakan ke operator telkom yang pasang jika bisa ditelpon langsung orangnya dan langsung tanyakan saja username dan passwordnya. Semoga membantu!
  9. Nashry_DM
    Nashry_DM
    Senin, Agustus 05, 2019
    saya sudah mencoba cara diatas, tp blom berhasil. di pojok kanan bawah tertulis Unidentified network. mhn solusinya, terimakasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Agustus 09, 2019
      Coba diperiksa bagian network driver, silahkan lakukan troubleshooting atau update network driver. Periksa juga bagian pengaturan DNS, untuk permulaan silahkan di setting dynamic (otomatis) terlebih dahulu. semoga membantu!
  10. Axl
    Axl
    Sabtu, Agustus 17, 2019
    Setiap port lan yang sudah saya aktifkan... Habis mati lampu kok kembali non aktif lg ya.. Jd setiap habis mati lampu saya harus sesting² lg.... Biar permanen gmana gan...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 18, 2019
      Bisa dicoba dengan ganti username dan password modem ya. kalau masih terus nge-reset begitu lebih baik langsung hubungi saja teknisi atau CS Indihome nya. Semoga membantu!
  11. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 11, 2019
    Bang punya saya udah dicentang semua, tapi kok tetep no internet access ya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 11, 2019
      Klo sudah diaktifkan di pengaturan modemnya, tinggal dilihat lagi di pengaturan PC /laptop yang belum dapat internet, biasanya bagian DNS belum diatur. Klo bingung di google aja pengaturan internet client /server dengan kabel (RJ45)
  12. Unknown
    Unknown
    Kamis, Maret 26, 2020
    tengkyu om....
  13. Unknown
    Unknown
    Jumat, Maret 27, 2020
    Min...ko saat saya buka settingannya WAN basic infonya ga muncul seperti gambar diatas.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 28, 2020
      Bisa coba solusinya di artikel ini gan.. https://www.rinditech.com/2020/03/solusi-tampilan-wan-di-modem-indihome-yang-berbeda.html
  14. Langit masih Biru
    Langit masih Biru
    Kamis, Oktober 08, 2020
    Kalo untuk mengatur settingan Lan biar tidak kembali lagi ke Wan /defaoult gimana gan.
    Soalnya punyaku konfigurasinya balik sendiri, dan harus saya rubah lagi
    Modem saya ZTE f609
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Oktober 08, 2020
      kalau sudah bisa di save sih harusnya ga berubah lagi ya pengaturannya. Coba dirubah ke pengaturan lain dulu terus balikin lagi ke pengaturan yang diinginkan, siapatau bisa. Kalau masih gabisa berarti memang ada masalah modemnya harus ditanyakan k CS nya langsung
  15. narutopolosan
    narutopolosan
    Minggu, November 08, 2020
    Min mau nanya, saya kalau pake kabel lan pasti ke deteksi nya Perangkat Offline di apk FING. Sedangkan kalau pake wireless baru ke deteksi Perangkat Online.Untuk internet access nya mah bisa.

    Itu gimana cara ngatasi nya ya?
    Jadi saya ga bisa ftp gara" itu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 09, 2020
      Sepertinya itu komputernya belum disetting IP di bagian Ethernet protocol nya. coba aja di google atau youtube cara setting IP di PC, pilih aja settingan IP Dynamic. kalau di website ini belum ada tutorialnya, kalau sudah beres nanti di update ya disini. Untuk sekarang langsung aja cari dulu di google atau youtube
  16. Anonim
    Anonim
    Selasa, Desember 08, 2020
    DIbagian port setting gk ada yang bisa diedit selain username dan password
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 08, 2020
      berarti loginnya pake username yang beda. coba lihat lagi tutorialnya pastikan username dan password nya seperti yang saya contohkan
  17. Juls
    Juls
    Rabu, Januari 20, 2021
    Klo fiberhome gmn ya bang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 21, 2021
      sama saja sih sebenarnya, yang penting modemnya huawei seperti yang saya bilang diatas
  18. dRain54
    dRain54
    Selasa, Maret 02, 2021
    Bang, saya baru seminggu cabut indihome, rencananya modem huawei HG8245H mau saya jadiin access point tapi kok mentok di aktivin kabel LAN-nya ya.. Saya sudah berhasil masuk, cheklist semua port, binding, tapi tetap aja kalau dicolok kabel LAN lampu indikator LAN di modemnya ga nyala, mo port 1-4.. Kabel LAN colok ke modem lain normal.. Apa modem huawei saya yang rusak ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 02, 2021
      Kalau itu saya belum pernah coba. Mending langsung cari aja di google atau youtube cara menggunakan modem huawei bekas indihome, sudah banyak kok yang buat tutorialnya
  19. darochristiano
    darochristiano
    Kamis, September 09, 2021
    Kl untuk ONT Nokia G-240W cara buka port lannya gimana? Sama dgn tipe lain atau tidak? 🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 10, 2021
      Maaf gan saya kurang tahu kalau untuk router itu, belum pernah coba.
  20. Unknown
    Unknown
    Senin, Oktober 04, 2021
    tanya min, modem saya kan nokia, saya sudah ganti mode bridge ke router, tapi setelah restart kembali seperti semula ke mode bridge, itu penyebabnya apa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 04, 2021
      Saya kurang tau kalau masalah seperti itu, coba tanyakan ke yang khusus membahas modem nokia.
TIPS BERKOMENTAR:
Klik/Ceklis kotak putih kecil pada bagian "Notify me" atau "Beri tahu saya" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan!