Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau lainnya di Komputer

Cara Mengganti label Local Disk E ke D atau huruf apa saja (BEBAS) A-Z. Dengan cara ini kita dapat merubah nama / label local disk ke huruf apa saja

Cara Mengganti label Local Disk E ke D atau huruf apa saja (BEBAS) A-Z di komputer. Dengan cara ini kita dapat merubah nama / label local disk ke huruf apa saja seperti F G H I bahkan sampai Z untuk drive yang telah terlanjur di format atau terlanjur di partisi (dibagi - bagi).

Cara Mengganti label local disk di komputer ini kita praktikan di Windows 10 namun bukan berarti pengguna windows versi lainnya, seperti Windows 7 atau Windows 8, tidak dapat mengaplikasikannya. Tetap dapat mengaplikasikan cara ini namun  dengan sedikit penyesuaian.

Merubah / mengganti label local disk di komputer sangat penting untuk dipahami karena tidak dapat seenaknya diganti - ganti atau dirubah setiap saat. apalagi bila hardisk atau memori yang digunakan sudah lumayan banyak. salah mengganti bisa mengakibatkan kerusakan sistem.

Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer

Untuk pengguna fresh OS (windows baru di install)

Bagi Anda yang baru saja menginstall windows namun terjadi kesalahan dalam pemberian label local disk contohnya: label local disk D yang biasa digunakan untuk menyimpan data tidak ada dan yang ada malahan local disk E ( huruf D di lompat). maka anda bebas mengganti label local disk dan tidak perlu ada kekhawatiran error, silahkan mengganti ke huruf apapun dari A-Z bebas.

Namun tetap tidak disarankan untuk merubah label Local Disk C: yang telah terinstall windows /operating system karena jika dirubah akan merubah keseluruhan sistem yang bekerja dan akan berpengaruh kepada aplikasi atau program yang telah dan akan di install.

Untuk pengguna old OS (windows telah lama di install)

Bagi pengguna komputer yang telah lama di install (hitungan bulan atau tahun) maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika anda mengganti label local disk anda maka ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, terutama untuk aplikasi yang menyimpan data atau sumber data dari local disk yang anda ganti.

misalnya jika anda mempunyai aplikasi untuk edit video seperti Adobe Premiere Pro atau Vegas Pro atau aplikasi edit lainnya, maka jika anda punya sumber data yang sedang diedit seperti video atau musik yang sedang digunakan data - data tersebut perlu diperbaharui lokasinya secara manual.

karena program /aplikasi mencatat file tersebut masih berada di drive dengan label sebelumnya (sebelum dirubah) walaupun lokasinya tidak dipindah oleh anda.

untuk pengguna old OS juga SANGAT TIDAK DISARANKAN mengganti label dari Local Disk C: karena akan merusak sistem dan program - program yang telah terinstall.

itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti label local disk di komputer

Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer (All Windows Versions)

Cara ini dapat dipraktekan pada windows 7, 8 hingga windows 10. namun khusus bagi anda pengguna windows 10 kami telah siapkan cara yang lebih singkat dibawah (setelah cara pertama ini).
  1. Buka Windows Explorer (Start /Win  + E)
  2. Cari This PC kemudian Klik kanan >Manage
    Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer
  3. Cari dan pilih >Disk Management
  4. Cari dan pilih Partisi Disk yang ingin dirubah labelnya kemudian Klik kanan >Change Drive Letter and Paths akan muncul halaman baru.
    Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer
  5. Pilih tombol >change (akan muncul halaman baru lagi)
  6. Pada pilihan Assign the following drive letter: klik tanda panah kebawah (akan muncul pilihan label yang tersedia)
  7. Pilih label (huruf) yang diinginkan kemudian klik >OK. Selesai!
    Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer

Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer (Windows 10)

  1. Klik >Start kemudian ketik dan pilih "Create and format hard disk partitions"
    Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau huruf lainnya di Komputer
  2. Cari dan pilih Partisi Disk yang ingin dirubah labelnya kemudian Klik kanan >Change Drive Letter and Paths akan muncul halaman baru. (gambar - gambar seperti di cara pertama)
  3. Pilih tombol >change (akan muncul halaman baru lagi)
  4. Pada pilihan Assign the following drive letter: klik tanda panah kebawah (akan muncul pilihan label yang tersedia)
  5. Pilih label yang diinginkan kemudian klik >OKSelesai!

Setelah kita klik OK label local disk drive pada komputer akan segera berubah, biasa nya perubahannya instant tidak perlu melakukan restart terlebih dahulu untuk melihat perubahannya.

untuk mengetahui keberhasilannya silahkan tutup semua jendela kemudian buka kembali windows eksplorer kemudian cari local disk yang telah kita rubah tadi. 

Catatan dalam mengganti label local disk di komputer.

  • label yang sudah dipakai seperti C (system) tidak dapat digunakan atau ditukar secara otomatis dengan yang baru. kita harus merubah terlebih dahulu label local drive yang diinginkan ke label yang belum terpakai seperti K L M N O P atau huruf lainnya.
  • Setiap perubahan label akan berpengaruh kepada sistem khususnya shortcut. jangan aneh jika ada beberapa shortcut yang missing location. segera update dan perbaharui lokasinya.
  • Lakukan perubahan label partisi atau local disk jika memang mendesak atau benar - benar dibutuhkan saja, sangat tidak disarankan untuk mengganti berkali - kali, karena dapat berpengaruh kepada sistem.
Jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang dimengerti silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. semoga artikel mengenai cara mengganti label local disk E ke D atau huruf lainnya di komputer ini dapat membantu dan bermanfaat! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Android,30,Apple,12,Apps,12,ASUS,8,Biografi,2,Blackberry,12,Blogging,12,Computer,2,Corel,6,Crime,18,Games,1,Google,9,HTML,5,Internet,39,Microsoft,6,Modem,8,Muslim Corner,10,News,76,Review,4,Samsung,9,Software,20,Tips 'n Trick,98,Toko Online,11,Tutorial,119,WhatsApp,20,Xiaomi,26,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau lainnya di Komputer
Cara Mengganti Label Local Disk E ke D atau lainnya di Komputer
Cara Mengganti label Local Disk E ke D atau huruf apa saja (BEBAS) A-Z. Dengan cara ini kita dapat merubah nama / label local disk ke huruf apa saja
https://1.bp.blogspot.com/-O2bAPn0ItHc/W7cJWSfrBwI/AAAAAAAAFKM/yBQem5qvrHUXo0y-QiXxipNF3thigQ_JQCLcBGAs/s640/Cara%2BMengganti%2BLabel%2BLocal%2BDisk%2BE%2Bke%2BD%2Batau%2Bhuruf%2Blainnya%2Bdi%2BKomputer%2B%25282%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-O2bAPn0ItHc/W7cJWSfrBwI/AAAAAAAAFKM/yBQem5qvrHUXo0y-QiXxipNF3thigQ_JQCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMengganti%2BLabel%2BLocal%2BDisk%2BE%2Bke%2BD%2Batau%2Bhuruf%2Blainnya%2Bdi%2BKomputer%2B%25282%2529.jpg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2018/10/cara-mengganti-label-local-disk-komputer.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2018/10/cara-mengganti-label-local-disk-komputer.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy