Beranda
Finance
Peraturan
Shopee
Toko Online
Berapa Persen Potongan Penghasilan Jualan di Shopee? Berikut Penjelasannya
Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? Berikut penjelasannya

Berikut ini adalah penjelasan tentang berapa persen potongan penghasilan bila jualan di Shopee. Apakah ada perbedaan untuk penjual baru dan lama?. Apakah penjual dengan status bukan star seller harus membayar lebih besar untuk biaya layanan di Shopee? Berikut penjelasannya

Materi atau sumber informasi ini saya olah dari halaman resmi shopee tentang biaya admin Non-Star. Jadi jika anda sudah berstatus Star Seller di shopee, pembahasan ini kurang cocok untuk anda. Namun jika anda seller atau penjual baru di shopee atau bahkan baru mau mulai jualan, pembahasan ini akan cocok untuk anda.

Perbedaan jenis akun Non-Star dan Star Seller di Shopee

Sebelum ke pembahasan potongan biaya layanan di shopee, ada baiknnya kita juga mengetahui perbedaan dari star seller dan non star seller. Singkatnya, akun Non-Star adalah jenis akun atau julukan untuk penjual dengan nilai transaksi yang masih sedikit dan Star seller adalah penjual yang sudah memiliki nilai transaksi yang besar.

Status akun Non-Star atau akun 'biasa' ini sangat mudah didapatkan, bahkan untuk penjual pemula atau yang baru membuka 'toko' pun bisa. Syaratnya hanya perlu melengkapi data diri seperti konfirmasi KTP alamat, no rekening, dll. 

Status akun Star Seller didapatkan setelah penjual memenuhi syarat - syarat tertentu yang diberikan oleh pihak shopee seperti minimal penilaian toko, persentase chat dibalas, minimal transaksi dalam 1 bulan, tidak memiliki poin penalti, dll. Keterangan lengkapnya bisa dibaca di halaman resmi shopee berikut ini: https://seller.shopee.co.id/edu/article/1926

Berapa persen potongan penghasilan bila Jualan di shopee?

Lalu berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? 

Berdasarkan keterangan resmi dari shopee, untuk penjual baru pihak shopee tidak akan menarik biaya layanan di 100 pesanan pertama. Jadi jika dalam beberapa bulan pertama anda berjualan hanya mendapatkan 100 pesanan maka tidak akan dikenakan biaya layanan, tapi jika transaksi /penjualan sudah lebih dari 100 maka akan ada biaya layanan /biaya admin Non-Star. 

Jika penjualan sudah lebih dari 100 transaksi bagaimana perhitungan potongannya?

Pihak shopee akan menarik biaya admin untuk setiap transaksi yang berhasil sebesar 1.6% (satu koma enam persen) dari harga asli barang yang dijual. Sederhananya, jika anda berhasil menjual barang seharga Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) maka shopee akan mearik biaya layanan sebesar Rp 1.600,- (seribu enam ratus rupiah).

Perhitungannya: 

Nilai barang (Rp 100.000) - Biaya Admin (100.000 x1.6% = Rp 1.600) = Rp 98.400,-

Jadi anda akan mendapat penghasilan bersih sebesar Rp 98.400,- (sembilan puluh delapan ribu empat ratus rupiah)

Lalu bagaimana jika ada diskon?

Jika anda sedang memberikan diskon di produk yang sedang dijual, maka biaya admin dihitung dari harga barang setelah diskon. Contohnya, Harga barang adalah Rp 100.000, - dan anda memberikan diskon sebesar 20%, maka harga barang menjadi Rp 80.000 kan. Nah biaya layanan dihitung dengan harga barang Rp 80.000.

Perhitungannya:

Nilai barang setelah diskon (Rp. 80.000) - Biaya Admin (80.000 x1.6% = Rp 1.280) = Rp 78.720,-

Jadi anda akan mendapat penghasilan bersih sebesar Rp 78.720,-

Khusus untuk kategori produk tertentu (Elektronik, Komputer & Aksesoris, Handphone & Tablet, Kamera, Video, Drone, Makanan & Minuman, Kesehatan, dan Hobi & Koleksi), Penjual dengan status Non-Star akan dikenakan biaya admin lebih rendah.

Untuk biaya layanan kategori tertentu diatas, di halaman shopee, disebutkan akan dikenakan potongan sebesar 0.75% (nol koma tujuh lima persen) yang berarti lebih rendah dari biaya admin produk umum.

Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA

Sebelum ke penjelasan saya ingin ucapkan terimakasih kepada teman - teman yang memberikan informasi terbaru tentang biaya layanan, ternyata baru saja dirubah biaya layanannya. Dan setelah saya melihat laporan pendapatan toko saya, disana saya baru melihat ada biaya lain selain biaya layanan yang telah dijelaskan diatas.

Potongan tambahannya ternyata datang dari biaya layanan gratis ongkir xtra. Jadi selain dapat potongan biaya layanan pertama, saya juga mendapat potongan dari biaya layanan "gratis ongkir xtra".

Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA ini bisa dihindari sebenarnya, kita hanya perlu menonaktifkan fitur gratis ongkir xtra di bagian pengaturan. Tapi konsukuensinya pembeli tidak dapat menggunakan voucher gratis ongkir extra saat membeli di toko kita dan harus membayar ongkir secara full.

Untuk fasilitas gratis ongkir xtra dikenakan biaya layanan sebesar 4% (empat persen) dari harga produk untuk produk umum, dan 3% untuk produk khusus (seperti di perhitungan sebelumnya). 

Sebagai contoh, saya menjual produk umum dan pembeli menggunakan voucher gratis ongkir xtra, maka saya dikenakan biaya layanan 5.6% (1.6% + 4%) dari harga produk. Dibawah ini adalah salah satu laporan penjualan saya untuk produk dompet pria dengan harga Rp 135.000,-

Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? Berikut penjelasannya

Gambar diatas adalah salah satu laporan (asli) penjualan saya di shopee dengan kategori produk "dompet pria", saya asumsikan itu tidak termasuk kategori khusus yang dapat diskon biaya layanan. Tapi setelah saya hitung potongannya itu (total) jadi 5.9% dari harga produk, bukan 5.6% seperti perkiraan saya sebelumnya. haha

Saya juga kurang tau itu 0.3% dari mana karena tidak dituliskan secara rinci perhitungan potongannya seperti apa. Atau bisa jadi juga karena pembulatan saja dari potongan masing - masing layanan. Walaupun sedikit berbeda dari perkiraan, saya harap gambar diatas dan penjelasannya dapat dimengerti sehingga memberi gambaran tentang potongan penjualan di Shopee.

Baca juga penjelasannya langsung dari website shopee di halaman berikut ini: https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-perhitungan-biaya-layanan-program-Gratis-Ongkir-XTRA

Segera manfaatkan peluang ini

Sebenarnya jika dilihat dari nilai potongannya, penjual sangat - sangat diuntungkan. Nilai potongan yang sebesar 1.6% (diluar biaya layanan gratis ongkir xtra) itu tidak ada apa - apanya jika dibandingkan dengan peluang dan pangsa pasar yang terus berkembang di dunia ecommerce ini. 

Memang kalau dikali kan dengan ratusan atau ribuan pesanan, nilai potongannya akan terlihat lumayan tapi untuk penjual pemula seperti kita - kita ini, berjualan online di marketplace manapun sangat layak dicoba. Apalagi jika kita masih belum mempunyai cukup modal untuk membuka toko fisik.

Semoga penjelasan mengenai berapa persen potongan penghasilan bila jualan di shopee ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

59 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 11, 2021
    Oya bang kemaren sy menyelesaikan pesanan pertama sy, harga 1500000 ongkir 1000000 trus saldo yang masuk ke sy kok 18250000 itu gimna ya kok jd bingung tp seneng sih😁
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 12, 2021
      kalau ongkir memang ditalangin sama kamu berarti kan harusnya full ya dikembalikannya. Lihat saja di detail transaksi, biasanya ada rincian kemana saja uang yang ditransfer pembeli ke Shopee. Kalau ada yang salah hitung atau bingung langsung saja tanyakan ke CS shopee nya, nanti dibantu dijelaskan sama mereka.
  2. roo
    roo
    Rabu, November 10, 2021
    Gan, itu potongan per barang atau per pesanan? Jika 1 pesanan ada 5 barang, potongan harga 1 pesanan, atau potonga displit tiap barang? Thx u
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 10, 2021
      Dihitung dari total harga pesanan, jadi kalau jual 1 barang 100ribu dan jual 5 barang 20ribu/pcs (total 100rbu) maka akan mendapat potongan yang sama karena yang dilihat total penjualannya.
  3. Vin
    Vin
    Jumat, November 05, 2021
    "Penjual Non-Star yang telah mencapai min. 100 pesanan terselesaikan per hari Rabu pk. 00:00 WIB di setiap minggunya akan dikenakan biaya administrasi Non-Star yang berlaku mulai hari Jumat pk. 00:00 WIB di minggu tersebut."
    kak jadi yg dimaksud kalimat tersebut penjual dikenakan biaya admin tiap hari jumat atau bagaimana ya? terimakasih.

    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 05, 2021
      Itu maksudnya kalau hari rabu sudah dapat 100 (atau lebih) pesanan belum akan dikenai biaya. Transaksi yang akan dikenai biaya adalah transaksi yang masuk mulai hari jum'at. jadi transaksi di hari rabu-kamis masih gratis. Mulai hari jumat biaya admin akan diambil untuk setiap transaksi yang masuk.

      Peraturan itu diterapkan hanya di satu minggu itu saja, di minggu peralihan sebelum 100 pesanan ke sesudah 100 pesanan. Minggu selanjutnya semua transaksi akan dikenakan biaya admin (otomatis dipotong setelah setiap transaksi selesai).
  4. Unknown
    Unknown
    Jumat, September 03, 2021
    berarti kalo g mau rugi, kita up harga nya aja donk sesuai yg akan d potong oleh shopee. misal yg non seller 1,6 %... jadi misal harga modal 20000, kita ambil laba nya 5000. jd nya kan harga jual nya 25.000, trus kita up 1,6 persen. jadi harga d shopee nya taro 25.500 jd tidak mempengaruhi laba kita... bisa kan gtu?

    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 03, 2021
      Yup! Banyak yang hitungannya seperti itu jadi gak perlu pusing lagi mikirin biaya layanannya.
  5. Unknown
    Unknown
    Selasa, Agustus 03, 2021
    Mau tanya donk mas,saya baru di online,saya coba pasang iklan di tokopedia,total ada 2 pesanan,semua total nya,185.000...tp yg masuk ke saya nya cuma 155.000,saya pakai gratis ongkir,jd itung2 saya kena potongan kurang lebih 30.000 atau 15℅ ya,ko gede banget...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 03, 2021
      Lihatnya per transaksi ya, jangan ditotal gitu. Disetiap transaksi pasti ada laporan pendapatannya, disana biasanya disebutkan potongannya berapa dan untuk layanan apa. Kayaknya gak akan sampai 15% potongannya, paling gede biasanya antara 5-7% /per transaksi.
  6. Oppa
    Oppa
    Sabtu, Juli 24, 2021
    Wah membantu banget, thanks bro
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 24, 2021
      Sama - sama bro!
  7. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 13, 2021
    Kl untuk program penjualan shopee import gmna? Apa sama potongannya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 13, 2021
      Kalau soal itu saya juga kurang tau. Coba cari di google atau youtube yang khusus membahas seputar import, atau langsung tanyakan saja ke CS shopee nya biar tepat informasinya
  8. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juli 13, 2021
    Apakah jualan di shopee setiap bulanya dkenakan biaya bos,,, untuk byar iklan gitu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 13, 2021
      Setau saya tidak ada biaya bulanan. Tapi kalau mau pasang iklan di shopee ya harus bayar.
  9. Krista
    Krista
    Rabu, Juli 07, 2021
    Selain biaya admin star/non star. Ada biaya gratis ongkir XTRA, cashback XTRA. Walaupun pembeli TIDAK menggunakan voucher XTRA pas cek out, penjual tetap kena potongannya. Aneh kan.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juli 07, 2021
      Wah itu sih benar - benar aneh ya, harus segera dilaporkan takutnya ada kesalahan di sistem
  10. Har
    Har
    Minggu, Juni 27, 2021
    Ini potongan persentase nya dari omzet apa dari laba mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 27, 2021
      Shopee patokannya ke nilai transaksi /per pembelian, jadi mereka narik biaya layanan di setiap transaksi. Untuk urusan omset dan laba kan hanya penjual yang tau.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 23, 2021
    Makasih informasi nya ka 🙏
  13. Anonim
    Anonim
    Rabu, Juni 09, 2021
    Layanan gratis ongkir nya kalo toko baru ..100 pesanan pertama bisa dpt gratis juga ga mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 09, 2021
      Iya, sepemahaman saya sih gitu, 100 pesanan pertama gratis biaya admin untuk penjual baru.
  14. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 04, 2021
    Gan diilutrasi contoh perhitungan potongan penjualan ada diskon produk dan voucher penjual itu apa y? Min keuntungan brpa sih untuk pemula contoh jualan baju biar bs cover biaya2.tks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juni 05, 2021
      Diskon produk itu kalau barang yang kita jual sedang ada diskon, perhitungannya disesuaikan dengan harga setelah diskon. Voucher penjualan adalah kode/voucher yang penjual buat (bukan dari program shopee). Untuk perhitungan keuntungan saya juga kurang ahli, baiknya langsung saja di goolge/youtube yang khusus membahas tentang perhitungan usaha
  15. sofyana djauhari
    sofyana djauhari
    Senin, Mei 31, 2021
    Sangat membantu.. Trimakasih banyak ☺
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 31, 2021
      Sama - sama!
  16. Asep
    Asep
    Sabtu, Mei 29, 2021
    Ka mhon pencerahannya...saya baru buka toko.sbg dropshiper ada penghasilan yg sy di buat bingung, saya jual produk seharga 49000 ,tapi dana yg diterima 27000 , kurang 22000 masuk dlm ongkir, sy masih awam kan tntang berjualan di shopie toko saya ada gratis ongkir dgn min belanja 0
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 29, 2021
      Kalau untuk dropship saya kurang mengerti, lebih baik langsung cari aja di google/youtube tentang masalah dropship. Kalau saya paksakan jawab takutnya malah nambah masalah karena memang belum faham soal dropship
  17. Unknown
    Unknown
    Kamis, Mei 27, 2021
    Pengalaman pribadi enak d tokoed ap shopee om?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 28, 2021
      Untuk jenis produk yang saya jual sepertinya lebih banyak pembeli dari Tokped, kalau untuk pengalaman berjualan keduanya hampir sama, gak ada yang lebih bagus atau lebih jelek. Beda di tampilan halaman saja.
  18. Unknown
    Unknown
    Selasa, Mei 18, 2021
    Klo promonya banyak potongan nya gedejuga dong gan. Kaya kemarin Ramadan sell, cashback extra, gratis ongkir extra,murah lebay Klo aktif semua berapa tuh potongannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 19, 2021
      Kurang tau totalnya yang jelas pasti lebih besar dari potongan standard. Tapi sebenarnya kan sebesar apapun potongannya kalau usaha kita sudah diperhitungkan dengan matang gak ada masalah. Malahan kalau pedangan yang sudah besar pasti senang kalau ada moment2 besar seperti ini, karena pastinya penjualan mereka juga akan meningkat drastis dan potongan2 itu akan tertutup dengan sendirinya.
  19. Rindi Putra
    Rindi Putra
    Selasa, Mei 04, 2021
    iya per barang itungannya. Tapi itu 1600 dari mana? 2500x1,6% = 40 (x10 item) =400 Jadi potongannya Rp 400,- (empat ratus rupiah) untuk 10 barang, bukan 1600
  20. Unknown
    Unknown
    Selasa, Mei 04, 2021
    Potongan 1,6% itu per barang terjual gitu ya bang ? Jadi misalnya barang saya Harga 2500 terjual 10 barang. Setiap barang nya dikurangin 1600 ?
  21. Sinau Bareng
    Sinau Bareng
    Sabtu, Mei 01, 2021
    Saya mau nanya kak. Jadi, kalo produk seharga 1.750.000 potongannya 1,6% × 1.750.000= 28.000? Atau malah lebih? Saya menggunakan Shopee ongkir gratis xtra
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 01, 2021
      Kalau pakai gratis ongkir xtra bisa lebih potongannya. Untuk harga yang jutaan gitu biasanya dikasih maksimal potongan 10ribu. jadi 28.000 + 10.000 = 38.000. Potongannya jadi total 38.000.
      Ini itungan dari peraturan yang sekarang ya. Kedepannya mungkin bisa beda lagi
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Imagination
    Imagination
    Selasa, April 27, 2021
    mau tanya bang, kalo seumpama kita bikin produk yg seumpama dikirim skala besar / pesen banyak kita pake jasa pengiriman sendiri gitu, nah kalo cuma beli sedikit bisa pake shopee, itu bisa gak ya bang? atau kalo pengiriman skala besar tuh biasanya kalo shopee pakenya apa?
    maaf banyak tanya, saya niat jualan bibit tanaman di shopee tapi bingung kalo ada orang pesen skala besar gimana 😂
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 27, 2021
      Di shopee juga ada layanan untuk skala besar, biasanya pakai layanan kargo (hampir semua ekspedisi ada) jadi bisa lebih murah hitungannya. Kalau untuk kirim sendiri saya kurang tau.
  24. Hanin
    Hanin
    Sabtu, April 17, 2021
    Awal2 jualan di shopee (2017) memang sangat terbantu, penjul belum sebanyak sekarang. Dan dulu tidak ada potongan untuk penjual non star.
    Pernah ikut program star seller, potongannya pun tidak sebanyak sekarang.
    Makin kesini makin besar potongannya. Tetapi tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan.
    Potongan makin besar, sementara aplikasinya semakin lemot dan sering trobel...

    Semoga ke depan shopee lebih baik dan lebih memperhatikan penjual kecil spy tetap bisa exis.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, April 17, 2021
      Aamiin.. semoga persaingannya tetap terbuka ya untuk semua kalangan, tidak di dominasi sama penjual2 besar saja..
  25. Jonmanru
    Jonmanru
    Minggu, April 11, 2021
    Informasinya, simple, jelas n bermanfaat , tks mas
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 11, 2021
      sama - sama ya. semoga mudah dipahami
  26. Unknown
    Unknown
    Rabu, April 07, 2021
    Jadi brapa % Update nya mas... untuk potongan penjual? Khusus penjual baru/toko baru
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, April 08, 2021
      Sekarang jadi 1.6% (satu koma enam persen) untuk produk umum dan diluar biaya layanan gratis ongkir. Penjelasan lengkapnya sudah saya update juga di artikel, jadi yang diartikel diatas itu sekarang sudah yang paling update. yang kemarin 0.5% sudah diganti.
  27. Wakawaka
    Wakawaka
    Selasa, April 06, 2021
    Gak 0.5% saya jual product 75.000
    Potongan Rp.4.286.-semua rekanan saya pun hampir mengalami hal yang sama.potongannya cukup besar bahkan dengar info akan di terapkan 7% jadi buat yang jualan kalo bisa di cek baik baik.jangan sampai untunf tipis malah habis kemakan pajak
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 06, 2021
      Yup! sekarang potongannya sudah berubah, sudah saya update juga perhitungannya termasuk biaya layanan jika kita menerima pesanan dengan gratis ongkir. Terimakasih sharingnya ya..!
  28. dhiekan
    dhiekan
    Senin, April 05, 2021
    potongannya 0,5% atau 5% sih?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 06, 2021
      Sekarang 1.6% kak, perhitungannya sudah saya update ditambah perhitungan biaya layanan untuk gratis ongkir
  29. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 20, 2021
    Mas baru saja saya alami.. Pengahsilan saya di potong sebesar 30 ribuan.. Saya sedih sekali karna yg saya jual keuntungannya 500 rupiah 1000, 2000 rupiah 😩😩 kenpa dipotongnya gal lihat harga barang sih..?? Kalau 1000an customer saya beli 100 pcs berti berapa?? Terus di potong 30 ribu sama pihak shopee.. Sedih saya tuu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 20, 2021
      Memang harga barangnya berapa? kok ngambil untung nya kecil gitu. Coba lihat lagi laporan pendapatannya, potongan 30rbu itu ngambil dari mana dan untuk layanan apa. Bisa jadi itu potongan dari gratis ongkir, bukan dari biaya layanan yang 0,5%. Kalau harga barangnya murah, lebih baik dibikin paket saja atau diatur minimal pembeliannya.
    2. Unknown
      Unknown
      Senin, April 05, 2021
      Kebanyakan org jualan di shope pd Banting harga,bahkan sy liat byk di bawah modal sy,mgkn mreka pikir spy Laris manis,tanpa memikirkan potonganya, kadang sy jg bingung Emang mreka ga ambil untung atao gimana,mgkn stelah dpt potongan Baru mrasakannya, Dan ga bisa Banting harga lg
  30. Unknown
    Unknown
    Jumat, Maret 12, 2021
    Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 12, 2021
      Sama - sama! senang bisa membantu.
  31. Wito_AT
    Wito_AT
    Sabtu, Maret 06, 2021
    Sangat2 membantu artikel tersebut diatas, mudah2an secepatnya bisa ambil bagian di shopee. Meski dgn status akun non-star
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 06, 2021
      Sama - sama mas! Semoga usahanya lancar ya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!