Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat

Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat

Berikut ini adalah cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat ekspedisi. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengirim pesanan online yang kita dapat dari Tokopedia dan meminta kita untuk mengirimnya dengan kurir SiCepat. Mulai dari konfirmasi pesanan sampai mengirimnya ke kantor SiCepat terdekat.

Sebelum kita lanjut ke langkah - langkah, pastikan terlebih dahulu bahwa pesanan tersebut memang berasal dari sistem tokopedia seller ya, bukan dari pesan yang dikirim dari pembeli atau buyer. Cara mudah untuk memastikannya anda bisa buka bagian >Akun >Toko Saya, di bagian Penjualan biasanya muncul notifikasi pesanan baru.

Selain itu, anda juga bisa cek email yang terhubung dengan akun Tokopedia anda. Biasanya Tokopedia mengirim email yang berisi informasi bahwa toko anda mendapat pesanan baru, lengkap dengan detail barang yang dipesan dan kurir yang harus digunakan. 

Sebenarnya cara mengirim paket tokopedia dengan kurir SiCepat tidak jauh berbeda dengan kurir - kurir lainnya sepert JNE, JNT, AnterAja, dan jasa ekspedisi lainnya. Yang beda hanya di tempat pengirimannya saja. Mungkin ada beberapa perbedaan kecil tapi umumnya sama saja. 

Jika anda sudah memahami tulisan diatas dan juga telah memastikan bahwa pesanan tersebut memang benar. Silahkan lanjutkan dengan langkah - langkah mengirim pesanan tokopedia dengan ekspedisi SiCepat dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat

  1. Silahkan buka aplikasi atau website Tokopedia khusus seller (seller.tokopedia.com). Pihak tokopedia menganjurkan kita membuka akun di PC untuk tampilan dan menu yang lebih lengkap
  2. Lanjut dengan login ke akun anda seperti biasa
  3. Jika halaman utama sudah terbuka silahkan pilih menu >Penjualan kemudian pilih sub-menu >Pesanan Baru
  4. Pada halaman "pesanan baru" akan muncul tombol untuk menerima pesanan. silahkan klik tombol >"Terima Pesanan". Status pesanan akan otomatis berubah menjadi "Siap Dikirim" (Anda juga dapat menolak pesanan jika memang barang tidak tersedia atau ada alasan lainnya)
    Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat

  5. Silahkan klik sub-menu >Siap Dikirim (dibagian atas) untuk membuka halaman pengiriman
  6. Pada halaman pengiriman silahkan buka halaman label (resi). Caranya silahkan klik tombol >Cetak label kemudian konfirmasi dengan klik >Cetak pesanan. Halaman resi akan terbuka.
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia dengan SiCepat

  7. Setelah halaman label (resi) terbuka silahkan >print label/resi tersebut (tidak wajib print warna). Label/resi biasanya berisi data pengirim seperti alamat pembeli, nomor booking, dll. 
    Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat
    contoh label/resi yang bisa di print untuk ditempel di paket

  8. Cetak Invoice (tidak wajib). Pada bagian konfirmasi pengiriman juga terdapat invoice yang dapat dicetak, silahkan print juga Invoicenya jika perlu. Invoice ini digunakan sebagai pengganti kwitansi atau tanda terima dari toko anda kepada pembeli. (cari dan klik nomor Invoice hingga muncul dokumen invoice kemudian silahkan di print. contoh nomor invoice: INV/2020/0101/XXXX/123456789)
  9. Packing barang. Silahkan pack/bungkus barang yang telah dipesan sebaik mungkin dan pastikan aman diperjalanan.
  10. Tempelkan Label yang telah dicetak pada bagian atas paket yang akan dikirim.
  11. Silahkan antarkan paket yang telah dibungkus ke kantor SiCepat terdekat. (agar lebih mudah, langsung saja beritahu customer service SiCepat nya bahwa barang yang anda ingin kirim adalah pesanan dari Tokopedia). CS akan mengetik nomor booking di sistem untuk mencocokan alamat penerima sesuai dengan data yang ada di sistem.
    Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat
    contoh label yang telah ditempel di paket

  12. Tidak perlu bayar ongkos kirim. Tahun lalu penjual harus membayar ongkos kirim dan akan diganti setelah seluruh proses pengiriman selesai. Sekarang penjual tidak perlu bayar ongkir karena akan dibayarkan langsung oleh tokopedia (diambil dari ongkir yang dibayar pembeli).
  13. Kurir SiCepat akan memberikan resi/nota penerimaan. Simpan dan catat nomor resi yang anda terima sebagai bukti bahwa anda telah mengirimkan barang yang dipesan. 
  14. Login kembali ke Akun Tokopedia seller anda seperti sebelumnya. Jika berhasil, status penjualan akan berubah otomatis dari "Siap Dikirim" menjadi "Dalam Pengiriman". Jika status penjualan sudah menjadi "Dalam Pengiriman" maka kewajiban anda sebagai penjual telah selesai.
  15. Selesai. Anda hanya perlu menunggu barang sampai ke pembeli. Setelah pembeli melakukan Konfirmasi Penerimaan, dana penjualan akan diteruskan ke Saldo Tokopedia Anda dan siap untuk di transfer ke rekening bank pribadi Anda.
Jika transaksi anda sudah selesai dengan pembeli dan pembeli telah melakukan konfirmasi penerimaan barang maka anda bisa langsung menarik/transfer saldo atua uang hasil penjualan tersebut ke rekening pribadi anda. Untuk caranya bisa dibaca di artikel dibawah ini:

Apakah bisa langsung menggunakan fasilitas Pickup pesanan oleh kurir?

Sebenarnya boleh saja langsung menggunakan fasilitas pickup pesanan oleh kurir SiCepat. Tetapi jika ini adalah transaksi pertama anda dengan SiCepat, saya sarankan untuk transaksi pertama tidak menggunakan fasilitas pickup pesanan.

Banyak dari pembaca di rinditech ini mengeluh karena pesanan mereka tidak diambil oleh kurir walaupun sudah memilih untuk di pickup ke rumah. Untuk mengurangi resiko keterlambatan pengiriman saya sarankan anda sebagai seller untuk mengantarkan paket pesanan langsung ke kantor SiCepat.

Baru setelah anda sampai di kantor SiCepat silahkan tanya - tanya seputar fasilitas pickup/penjemputan paket ke rumah. Jika pihak SiCepat menyanggupinya dan tidak ada masalah maka untuk transaksi selanjutnya silahkan pakai fasilitas ini. Namun jika ternyata pihak SiCepat merasa kesulitan karena (mungkin) kekurangan sprinter/kurir di lapangan maka akan lebih baik untuk tidak dulu menggunakan fitur ini.

Bagaimana jika saya tidak bisa print label?

Jika di rumah anda tidak ada printer atau di lingkungan adan tidak ada warnet untuk print label, bisa diganti dengan tulisan tangan. Tulisan saja semua data yang ada di label tersebut di selembar kertas kemudian tempel diatas paket yang akan dikirim.

Data - data yang wajib ada didalam label adalah nomor/kode booking pesanan, data penjual, data pembeli, dan tuliskan juga "Tokopedia" atau "pesanan tokopedia" di kertas tersebut agar kurir/staff SiCepat mudah melakukan input ke sistem.

Semoga tulisan cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,6,Corel,11,Crime,28,Design,6,Facebook,25,Finance,44,Formula 1,5,Games,38,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,248,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,35,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,47,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,267,Toko Online,46,Tutorial,296,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,11,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat
Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat
Mulai dari konfirmasi pesanan sampai mengirimnya ke kantor ekspedisi SiCepat terdekat. cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat kurir
https://1.bp.blogspot.com/-7gB8N_YOD28/X-kyeWG5kPI/AAAAAAAAI_s/aY1DQkdVVOYV8dG8I7BfHew4epiJs6vkACLcBGAsYHQ/w640-h356/Cara%2Bmengirim%2Bpesanan%2BTokopedia%2Bdengan%2BSiCepat%2B07.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7gB8N_YOD28/X-kyeWG5kPI/AAAAAAAAI_s/aY1DQkdVVOYV8dG8I7BfHew4epiJs6vkACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Cara%2Bmengirim%2Bpesanan%2BTokopedia%2Bdengan%2BSiCepat%2B07.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/12/cara-mengirim-pesanan-tokopedia-dengan.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/12/cara-mengirim-pesanan-tokopedia-dengan.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content