Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

samsung.com Kabel HDMI sudah terpasang tersambung tapi suara tidak keluar? Suara Laptop tidak muncul di TV? HDMI ke TV tidak ada su...

Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV
samsung.com
Kabel HDMI sudah terpasang tersambung tapi suara tidak keluar? Suara Laptop tidak muncul di TV? HDMI ke TV tidak ada suaranya? Sound HDMI tidak terdeteksi? Saat ingin menontong film di TV rumah dari laptop menggunakan kabel HDMI tapi suara yang seharusnya keluar di speaker televisi malah tidak terdengar sama sekali, atau bahkan suaranya masih keluar dari speaker laptop? Gambarnya (visual) sudah muncul di layar, tetapi suaranya tidak ada? Tenang saja berikut solusinya.

Seperti yang kita ketahui kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah kabel yang dapat menghubungkan laptop atau komputer ke sebuah layar seperti TV atau monitor. Baik gambar maupun suara, dapat dihubungkan dengan satu kabel tersebut. 

Tidak hanya gambar (visual) yang dapat dihubungkan, tetapi juga suara (audio) sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan port (lubang) headset atau speaker output yang ada di laptop, dalam satu kabel tersebut kita sudah dapat menyambungkan baik citra visual (gambar) dan juga suara (audio) yang ada di laptop ke televisi yang dihubungkan.


Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat Menggunakan Kabel HDMI

Kita asumsikan bahwa anda telah measang kabel HDMI secara benar yang ditandai dengan gambar yang ada di layar laptop telah muncul di layar televisi. Cara ini berlaku untuk semua jenis televisi baik Samsung, Toshiba, Sharp Aquos ataupun type lainnya.

#1. Klik kanan  pada icon speaker yang (biasanya) ada di taskbar (kanan-bawah)

#2. Pilih "Volume Control Option" di menu popup yang muncul

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

#3. Ceklis  (Pilih) HDMI Output. Kemudian Klik OK.

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

#4. Selesai!

Beres! Selamat sekarang suara yang ada di laptop akan keluar di speaker TV sebagai mana mestinya. Anda sudah dapat menonton film atau memutar musik dan suaranya keluar dari speaker televisi melalui kabel HDMI.

Belum Berhasil?

Jika cara diatas masih belum berhasil silahkan periksa pengaturan di TV Anda. Ada beberapa TV yang memang harus diatur terlebih dahulu sumber audionya. 

Seperti contohnya di TV SHARP, pengaturan audio di TV SHARP lumayan komplit. Dari mulai dari mana sumber audio yang masuk, dan juga kemana audio disalurkan /dikeluarkan semua ada pengaturan sendiri.

Hal seperti ini memang bagus dari sisi kelengkapan fitur. Tetapi untuk kita - kita yang ingin simple dan serba otomatis sepertinya harus sedikit ekstra ribet di pengaturan. hehe 

Tetapi, setelah Anda berhasil menemukan dimana pengaturan audio tersebut, Anda akan lebih leluasa mengatur dari mana - ke mana audio diarahkan. Dan menutur kami, ada keuntungan yang besar jika kita dapat mengatur 'aliran' audio tersebut.

Masih Belum Berhasil?

  • Bila belum berhasil cobalah untuk memeriksa setiap sambungan, baik sambungan dari kabel HDMI ke laptop juga sambungan dari kabelm HDMI ke Televisi. Coba cabut kemudian pasangkan lagi.
  • Periksa pengaturan di laptop /computer yang digunakan, pastikan anda mengaktifkan sambungan melalui kabel HDMI tersebut. (Klik kanan di Desktop kemudian pilih >Screen Resolution)
  • Periksa Volume TV dan volume laptop. Bisa jadi lupa membesarkan volume suara atau lupa karena telah di Mute.
  • Coba ganti kabel HDMI. Bila ada teman atau tetangga yang punya kabel HDMI coba saja pinjam sebentar untuk membuktikan bahwa memang tidak bisa. Namun bila berhasil menggunakan HDMI ‘pinjaman’ tersebut maka ada masalah di kabel milik anda.
  • Eksperimen. Coba ganti laptop dulu, atau bila ada coba hubungkan di Televisi lain. Karena masalah bisa ada dari mana saja.
Semoga artikel mengenai cara mengatasi audio yang tidak keluar saat menggunakan kabel HDMI di TV ini dapat membantu teman – teman semua yang mengalami permasalahan yang serupa.

Bila ada pertanyaan atau masih mengalami kendala, silahkan simpan pertanyaan atau testimony di kolom komentar dibawah. Kami akan bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER: 34
  1. Replies
    1. Sipp! Sama - sama Mr. Usman, senang dapat berbagi :)

      Delete
  2. Icon sound HDMInya tdk ada di pc sy bro..gmn kira2 solusix

    ReplyDelete
    Replies
    1. icon speaker di langkah nomor 2 atau pilihan HDMI output di langkah ke 3? kalau tidak ada pilihan "AMD HDMI Output" berarti periksa di bagian sambungan kabelnya gan Yusuf, sepertinya tidak ke detect. semoga membantu :)

      Delete
    2. Kalau abis kita disable trus gak muncul icom nya gimana cara ngembaliin nya lagi

      Delete
    3. Hi Angira26!
      maaf maksudnya disable apanya ya? klo untuk pengaturan icon bisa dicari pada bagian "taskbar setting". semoga membantu :)

      Delete
  3. bagaiman jika sebaliknya? saya menggunakan hp untk berbagi visual ke tv lewat hdmi wireless ...
    gambar dan suaranya muncul d tv, tapi suara d hpnya malah hilang, padahal saya mau mendengarkan suaranya lewat headset d hp ... gmana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah coba tuh gan kalau pake yang wireless, nanti kalau sudah coba akan di posting di sini :)

      Delete
  4. Mau tanya , saya tidak menggunakan TV atau Leptop, saya ada infokus trus Indihom ,speaker, trus permasalahan nya saya di sini, Indihom , infokus ada suara layar Ade, trus saya mau itu suara keluar ke speaker, tp GK bisa, kira" ada solusi,
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo suara ada d infocus saya asumsikan sudah menggunakan kabel HDMI, coba hubungkan dengan kabel 3 warna, video ke infocus, audio ke speaker. semoga membantu :)

      Delete

  5. Saya coba menghubungkan HP k TV tabung menggunakan alat bantu yg d anjurkan sprt:anycast dongle HDMI, converter HDMI2AV, kabel RCA 3
    dgn menggunakan applikasi wifi display helper
    Hasilnya bagus memang terhubung tp... Tdk ada suaranya pdhal HP dan TV volume a sama" Ful tp tetep tdk keluar suara baik dr HP tawpun dr tv
    Solusinya kaa🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba sambungkan kabel rca bagian sound di speaker terpisah. Kalau bisa, berarti TV nya belum support. Kalau tidak bisa berarti ada masalah disambungannya. Semoga membantu :)

      Delete
  6. Terima kasih telah berbagi.
    Saya ingin tanya, maaf sedikit menyimpang. Saya baru pasang HDMI Dongle tuk koneksi hp ke tv. Sudah berhasil tapi suaranya gak muncul. Ada yg bisa sharing? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Maman!
      Coba gunakan HP lain atau coba di TV lain, kalau masih tidak bisa berarti ada masalah di dongle nya.

      Delete
  7. mau tny knp klo dr resiver tv langganan ato dr DVD ke tv memakai kabel HDMI visual ada tp audionya ga ada masalahnya di mana mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi pak Fomoun!
      Kalau TV nya normal berarti ada masalah di kabel HDMI nya atau di pengaturan DVD nya. coba saja dihubungkan dengan laptop dulu ke TV, kalau suaranya keluar berarti ada masalah di DVD nya.. semoga membantu :)

      Delete
  8. Sy sdh pakai dongle hdmi ke tv sharp sy dr hp oppo a57,tp ga keluar suara nya. Lalu sy coba ke tv tetangga,di tv tetangga normal,ada suara dan gambar. Lalu apa yg salah dgn tv sy ya? Mhn jawaban nya kak. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memang seperti itu keadaannya, bisa diperiksa bagian audio input di pengaturan TV SHARP nya, biasanya ada beberapa pilihan untuk audio input saat menggunakan port HDMI di TV jenis LED. Semoga membantu!

      Delete
  9. Mas mau nanya. Says mau nontin film di tv toshiba pakai flashdisk gambarnya sudah ada tapi suaranya ga ada. Dan tidak ada tulisan "audio not supported" kira2 solusinya bagaimana. Says sudah coba pakai format audio aac dan mp4 tapi tetap suaranya ga keluar. Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba dengan memutar video lain, jika sama2 tidak keluar suara di video lain berarti TV nya memang belum support memutar dengan audio. Biar tidak penasaran bisa dicoba juga alternatif lain dengan diputar di TV merk lain seperti SAMSUNG, SHARP, dll. semoga membantu :)

      Delete
  10. tq buat artikelnya gan....

    saya baru pasang VGA Card di PC saya gan, utk monitor saya pakai LG TV Monitor, sambungan via HDMI. sudah dicoba berulangkali tetep suaranya gak mau keluar gan. apakah memang ada beberapa VGA Card yg tidak support sound, hanya picture saja gan? setahu saya kalau ada sambungan HDMI, itu harusnya sudah support gambar dan suara ya gan. mohon info nya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya juga ga ada VGA card yang fungsi HDMI nya setengah2 gitu gan (gambar saja tanpa audio). Kalau yakin pengaturan di PC sudah benar, coba explore di pengaturan TV nya gan. soalnya di TV SHARP juga harus ada yang diatur mengenai audio yang dipakai dari mana dan keluar dimana. semoga membantu :)

      Delete
  11. Saya pake HDMI dongle untuk menyambungkan dri hp k tv hasil udh bisa dan ada suara.. trus saya pengen suaranya disambungkan k speaker aktif gmn caranya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar suara keluar di speaker aktif (eksternal), bisa dengan menyambungkan TV dengan speaker menggunakan kabel audio jack 3.5 male to male atau kabel 2in1 untuk audio. Tidak perlu pengaturan khusus di HP atau di dongle nya. Selamat mencoba!

      Delete
  12. Untuk tampil ke monitor sudah tapi sound HDMI tidak tampil dipengaturan padahal volume LCD dan PC sudah maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diperiksa pengaturan di LCD nya gan, ada beberapa merek yang audio input nya harus diatur secara manual. Umumnya sih otomatis mengambil sumber suara dari HDMI yang aktif, tapi untuk beberapa merek dan type harus diatur secara manual. semoga membantu!

      Delete
  13. Gan, saya mau sambungkan laptop ke tv dan tambahn suara ke sound(speaker) melalui mixer...sebelumnya kalau laptop dan speaker hidup...ini kan mau buat karaoke, lalu saya mau sambungkan ke tv gambarnya..setelah saya sambung dengan HDMI kok malah gambar aja yg muncul ya, dan kenapa suara hanya keluar dari tv gan...mohon jawabannya saudara saudara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi gan Rivaldo! Speakernya nyolok ke TV atau laptop? kalau ke laptop berarti output suaranya jangan ke HDMI tp ke speaker (laptop) aja. kalau speaker nya dicolok ke TV berarti output nya ke HDMI dan pengaturan output sound di TV nya juga jangan lupa diatur. semoga membantu!

      Delete
  14. Ka gini saya pake HDMI gambar uang ada di tv tapi suara masih di speker hp ka hp saya xiomi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya asumsikan Nisa langsung menggunakan mini HDMI - HDMI di HP ya? Silahkan periksa pengaturan di HP nya yang berhubungan dengan sambungan mirroring, jika sudah yakin pengaturannya benar, berarti ada masalah di kabel HDMI nya. alternatif lainnya bisa juga dengan mencobanya di TV lain. semoga berhasil!

      Delete
  15. Kok di tv saya blm keluar suaranya nya ya, padahal sdh dicek semua, kabel HDMI nya. Mohon dibantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sudah di cek semua (termasuk di pengaturan TV), coba diterapkan di TV lain dulu ya, bisa jadi ada masalah di pengaturan TV nya. semoga membantu!

      Delete
  16. mas mau nnya, di pc saya digambar tvnya tuh ada gambar merah (logo download gtu) cara aktifinnya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya pengaturan di PC nya belum pas mas, coba cek di pengaturan Display kemudian pengaturan Multiple display, semoga membantu!

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Android,34,Apple,27,Apps,15,ASUS,15,Automotive,5,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,22,Finance,8,Games,12,Google,19,HTML,5,Instagram,10,Internet,50,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,176,OPPO,1,Productivity,9,Review,37,Samsung,17,Security,32,Social Media,52,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,143,Toko Online,23,Tutorial,169,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,28,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV
Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV
https://1.bp.blogspot.com/-GwO3CwCNi5o/XP4KIj4jHaI/AAAAAAAAGM4/-FHQrm-UhHYrtpNkE6OUu_qMDvSzlUIMACLcBGAs/s640/Cara%2BMengatasi%2BAudio%2BSuara%2Byang%2BTidak%2BKeluar%2BSaat%2Bmenggunakan%2BKabel%2BHDMI%2Bdi%2BTV%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GwO3CwCNi5o/XP4KIj4jHaI/AAAAAAAAGM4/-FHQrm-UhHYrtpNkE6OUu_qMDvSzlUIMACLcBGAs/s72-c/Cara%2BMengatasi%2BAudio%2BSuara%2Byang%2BTidak%2BKeluar%2BSaat%2Bmenggunakan%2BKabel%2BHDMI%2Bdi%2BTV%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2016/12/cara-mengatasi-audio-suara-tidak-keluar-kabel-hdmi-tv.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2016/12/cara-mengatasi-audio-suara-tidak-keluar-kabel-hdmi-tv.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy