AMD Ryzen 9 Jadi Momentum Lawan Intel di Laptop Gaming

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
ASUS
News
Review
AMD Ryzen 9 Jadi Momentum Lawan Intel di Laptop Gaming
AMD Ryzen 9 Jadi Momentum Lawan Intel di Laptop Gaming
Beberapa tahun terakhir ini AMD sepertinya sangat serius dalam melakukan pengembangan produk, setelah graphic card, kini Prosesor. AMD Ryzen 9 sepertinya akan menjadi andalan AMD dalam pasar prosesor melawan Intel.

Saat ini Intel memang masih mendominasi pangsa pasar prosesor di dunia, namun sepertinya mereka harus berhati - hati. Setelah bertahun - tahun Intel nyaman di puncak produsen prosesor, kini AMD hadir dengan berbagai tawaran dan inovasi yang sangat menarik di mata konsumen.

ASUS Zephyrus G14

ASUS yang terkenal dengan produk ASUS ROG nya memperkenalkan laptop gaming baru, ASUS Zephyrus G14 dengan prosesor AMD Ryzen 9 4900 HS. Dan mendapatkan banyak respond positif dari banyak pengamat teknologi, termasuk para Youtuber.

Laptop gaming sepertinya masih menjadi pasar potensial, terbukti dari banyaknya pilihan yang diberikan oleh semua produsen laptop. Asus, Acer, Razer, Lenovo, dll mempunyai produk laptop gaming masing - masing, hal ini membuktikan bahwa pasar produk khusus gaming sangat besar.

Baca juga: Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller

Performa AMD Ryzen 9 Melebihi Ekspektasi?

AMD Ryzen 9 Jadi Momentum Lawan Intel di Laptop Gaming
Pic: Linus Tech Tips
Seperti yang kita tahu ASUS sering menggunakan prosesor Intel di produk laptop gaming nya, namun kali ini berbeda. Sepertinya AMD berhasil menunjukan performa yang sangat menjanjikan, dan ASUS pun menyambut baik.

Sejak promosi laptop gaming ASUS Zephyrus G14 keluar di berbagai channel youtube teknologi, hampir semua youtuber mengakui bahwa kelebihan utama dari laptop gaming tersebut adalah dari prosesor AMD Ryzen 9 yang digunakan.

Bahkan channel Youtube Linus Tech Tips membandingkannnya dengan laptop gaming lainnya yang memiliki prosesor intel Gen 9. Dan hasilnya cukup memuaskan bagi AMD, dari beberapa test yang dilakukan, Laptop ASUS Zephyrus G14 unggul hampir disetiap pengujian.

Linus membandingkan laptop ASUS Zephyrus G14 (Ryzen 9 4900 HS) dengan ASUS Zenbook Pro Duo (Intel Core i9 9980 HK) dan Acer Predator Helios 700 (Intel Core i9 9980 HK). Dan hasilnya AMD mendapat nilai tertinggi dari sisi performa.

Intel 10th Gen 

Saat ini Intel memang masih menjadi nomor satu dalam hal penggunaan prosesor di laptop gaming, namun setelah performa AMD Ryzen 9 yang baik ini sepertinya akan sedikit berbeda. Dapat diprediksi bahwa kedepannya akan lebih banyak laptop gaming yang menggunakan prosesor AMD jika Intel tidak benar - benar memberikan "perlawanan".

Saat ini prosesor Intel Generasi 10 atau 10th Gen belum banyak digunakan beredari di laptop gaming, namun sepertinya Intel akan bergantung pada generasi ke sepuluh ini untuk melawan AMD Ryzen 9. 

Selain semakin baik dalam hal performa, semoga kedepannya juga laptop gaming akan semakin baik dan terjangkau dari sisi harga. Hehe..

Bagaimana menurut anda? Semoga tulisan mengenai prosesor AMD Ryzen 9 ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!