Beranda
Games
News
PlayStation
Review
Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller
Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller
DualSense Wireless Controller | PlayStation.com
Pada acara live event sebelumnya, penggemar PlayStation harus kecewa karena tidak mendapatkan satupun gambar atau desain konsol PlayStation 5. Namun sepertinya akan sedikit terobati karena stik PS 5 resmi diperkenalkan oleh PlayStation dan diberi nama DualSense Wireless Controller.

Walaupun ditulis secara jelas "wireless controller" stik PS 5 Resmi ini tetap dapat menggunakan kabel jika anda kehabisan baterai. Port USB Type-C sudah disiapkan untuk koneksi wired (menggunakan kabel).

Berbeda sedikit dengan nama pendahulunya di stik PS4, DualShock. Walaupun tidak berbeda jauh dari segi nama, tetapi sepertinya stik controller terbaru ini mempunyai beberapa fitur tambahan baru yang ditunggu - tunggu oleh para pemain, salah satunya yaitu built-in microphone.

Baca juga: Akhirnya.. Desain Resmi PS5 Sudah Keluar! Lebih Bagus dari XBOX?

Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller

#1 Built-in Microphone


DualSense (panggilan untuk stik PS5) dibekali mic bawaan didalam controller, sehingga anda tidak perlu repot lagi menggunakan headset untuk dapat berbicara /berkomunikasi dengan lawan main secara online.

Pada desain yang ada didalam gambar stik PS 5 ini terlihat symbol microphone dan lampu LED dibawahnya. Secara umum jika lampu LED menyala maka mic sedang aktif dan anda bisa langsung berbicara dengan suara mengarah ke stik/controller.

Meski begitu, didalam rilis resminya built-in mic ini diperuntukan untuk percakapan instant. Untuk penggunaan mic dalam jangka waktu yang lama pihak Sony tetap menyarankan menggunakan headset seperti sebelumnya demi kenyamanan selama bermain.

DualSense also adds a built-in microphone array, which will enable players to easily chat with friends without a headset – ideal for jumping into a quick conversation. But of course, if you are planning to chat for a longer period, it’s good to have that headset handy.

Baca juga: Sony PS5 dibongkar, semakin menjanjikan setelah lihat isinya

2. Adaptive Trigger

Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller
Selain fitur microphone yang bisa langsung digunakan, fitur baru lainnya yang ada di stik PS 5 ini adalah 'New adaptive trigger'. Menurut saya ini adalah fitur yang akan memberikan pengalaman yang berbeda dari stik PlayStation sebelumnya.

Fitur baru ini memungkinkan tombol 'trigger' L2 dan R2 untuk dapat menyesuaikan tingkat resistance atau kekuatan berdasarkan game yang sedang dimainkan. Contohnya saat anda bermain game panahan, tombol trigger akan terasa lebih berat/keras saat digunakan. Hal tersebut menyesuaikan dengan kerasnya busur panah saat ditarik seperti di dunia nyata.

Begitu juga dengan game - game lainnya, tombol trigger akan menyesuaikan kekuatan/tingkat resisten sesuai game yang dimainkan. Dan semoga saja kita sebagai pemain juga bisa mengatur tingkat resisten tombol trigger tersebut sesuai keinginan.

Final Design & User Testing

Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller
Pihak Sony PlayStation juga mengatakan bahwa desain baru dipilih dari ratusan desain yang telah mereka buat selama beberapa tahun belakang setelah PS4. Pemilihan 2 warna putih dan hitam juga telah dipertimbangkan secara matang karena biasanya mereka hanya menggunakan satu warna saja.

Selain itu stik PS 5 DualSense wireless controller ini telah melewati uji coba oleh para gamer playstation dengan ukuran tangan yang berbeda - beda juga dengan genre game yang berbeda.

Bagaimana menurut anda? Apakah tampilan DualSense Wireless Controller ini sudah menggambarkan teknologi baru yang akan ada di konsol game Playstation 5?

Semoga tulisan mengenai stik PS 5 resmi ini bermanfaat. Jika anda mempunyai pertanyaan atau pendapat silahkan simpan di kolom komentar! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Baterai Bawaan XBOX Controller Kuat Berapa Lama?

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!