Beranda
Instagram
Social Media
Tutorial
Cara Menghapus Akun Instagram Permanen & Sementara

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen & Sementara

Berikut ini adalah cara menghapus akun Instagram secara permanen atau sementara. Anda dapat mengetahui cara menghapus akun ig baik untuk secara permanen (selamanya) atau sementara (temporary) saja untuk beberapa waktu.

Ada banyak alasan mengapa kita atau anda ingin menghapus akun instagram yang anda miliki, ada yang sudah tidak ingin aktif di Instagram atau ada juga yang kesal karena terlalu banyak menerima spam atau iklan dari akun - akun jualan. 

Apapun alasan anda, semoga tulisan ini dapat membantu anda dengan mudah untuk menghapus akun instagram anda baik untuk selamanya (permanen) atau untuk sementara waktu saja (temporary).

Sebelum lanjut ke cara menghapus akun instagram, kami sarankan untuk melakukan backup file atau download semua foto /video yang telah di upload di akun instagram yang akan dihapus. Dengan begitu anda tetap dapat memiliki file - file tersebut untuk digunakan lagi.

Backup File Instagram

Jika anda ingin langsung menghapus akun beserta seluruh file foto atau video yang ada didalamnya, silahkan lewati bagian backup ini dan langsung ke bagian cara menghapus akun instagram dibawahnya.

Jika anda ingin melakukan backup file foto dan video yang ada di akun yang akan dihapus, silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini:

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) dari HP atau Komputer.
  2. Buka halaman Instagram.com
  3. Login ke akun Instagram anda
  4. Buka halaman profil anda
  5. Buka bagian >Settings /pengaturan (simbol gerigi terletak di samping tombol Edit Profile)
  6. Pilih menu Privacy & Security
  7. Pada bagian Download data (Unduhan data) silahkan klik tulisan >Request Download (Minta Unduhan) atau silahkan buka link berikut ini di tab baru: https://www.instagram.com/download/request/ 
  8. Pada kolom email silahkan masukan email yang akan menerima link donwload file anda (biasanya sudah terisi otomatis. Kemudian klik tombol >Next
  9. Masukan Password instagram anda kemudian klik tombol >Request Download (Minta Unduhan).
  10. Selesai. Silahkan periksa email dari Instagram yang berisi link untuk mendownload file foto dan video di akun anda.

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara (Temporary)

Sebenarnya langkah ini bukan menghapus akun tetapi lebih ke menyembunyikan akun ya. Bahasa yang dipakai di halaman Instagram pun bukan menghapus sementara tetapi 'nonaktifkan' sementara. Tetapi efeknya sama saja ya, akun anda tidak dapat dicari dan dibuka oleh semua pengguna.

Jika anda sudah yakin silahkan ikuti langkah - langkah atau tutorial dibawah ini untuk menonaktifkan akun Instagram sementara.

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) dari HP atau Komputer.
  2. Buka halaman Instagram.com
  3. Login ke akun Instagram anda (jika belum)
  4. Buka halaman profil anda
  5. kemudian klik tombol >Edit profile (Sunting Profil)
  6. Pada bagian kanan-bawah halaman klik tulisan >Temporary disable my account (Nonaktifkan sementara akun saya). Halaman konfirmasi nonaktif akun akan terbuka

    Cara Menghapus Akun Instagram Permanen & Sementara

  7. Pada bagian pertanyaan "Why are you disabling your account? (Mengapa anda menonaktifkan akun?)" silahkan pilih alasan yang paling mewakili seperti "Too Busy (terlalu sibuk)", "Just need a break (ingin istirahat dulu)", dll.
  8. Pada kolom selanjutnya silahkan masukan password akun instagram anda.
  9. Lakukan konfirmasi permintaan nonaktif akun seperti "apakah anda yakin?". Silahkan pilih >Ya /Ok.
  10. Selesai. Silahkan coba cari akun yang dinonaktifkan tersebut melalui akun yang lain.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanent (Selamanya)

Sebelum lanjut ke langkah - langkah atau tutorial silahkan yakinkan lagi diri anda untuk menghapus akun permanen. Ingat, setelah anda berhasil menghapus akun, proses tersebut tidak dapat dibatalkan.

Jika anda ingin menggunakan akun atau username yang sama maka anda harus membuat atau registrasi ulang seperti membuat akun baru. Berdoa saja agar akun atau username tersebut belum digunakan oleh pengguna baru lain.

Jika anda sudah yakin ingin menghapus akun instagram anda permanen atau selamanya silahkan lanjut ke langkah - langkah atau tutorial dibawah ini.

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) dari HP atau Komputer.
  2. Buka halaman Instagram.com
  3. Login ke akun Instagram anda (jika belum)
  4. Silahkan scroll (gulir) ke bagian bawah halaman profil kemudian cari dan klik bagian  >Support/Pusat bantuan (atau langsung buka link berikut ini di tab baru: help.instagram.com)
  5. Pilih >Managing Your Account (Mengelola Akun Anda)
  6. kemudian pilih >Delete Your Account (Hapus Akun Anda)
  7. Silahkan Buka topik >How do I delete my account (Bagaimana cara menghapus akun saya)
  8. Pada isi topik silahkan cari dan klik link dengan tulisan >Delete Your Account Page (Halaman Menghapus Akun Anda) atau langsung buka link berikut ini di tab baru https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

    Cara Menghapus Akun Instagram Permanen & Sementara

  9. Pada halaman hapus akun silahkan pilih alasan kenapa anda ingin menghapus akun pada pertanyaan "Why are you deleting your account (Mengapa anda menghapus akun anda)" anda bisa memilih salah satu dari pilihan yang ada seperti sibuk, privasi, dll.
  10. Kolom password akan muncul. Silahkan masukan password akun instagram anda
  11. Klik tombol >Permanently delete my account (Hapus akun saya secara permanen)
  12. Konfirmasi permintaan delete akun dengan menekan tombol >OK/Ya
  13. Selesai! Tunggu hingga notifikasi berhasil muncul.

Uji coba

Jika anda telah mengikuti seluruh langkah diatas, saatnya untuk pembuktian. Silahkan buka akun instagram anda yang telah dihapus, jika tidak bisa dibuka maka anda telah berhasil menghapus atau menonaktifkan akun Instagram anda.

Selain dicoba dengan membuka akun sendiri, silahkan anda minta teman atau keluarga anda untuk mencari akun instagram anda yang telah dihapus melalui akun instagram mereka. Jika hasilnya sama maka anda berhasil menghapus akun instagram.

Semoga tulisan mengenai cara menghapus akun instagram permanen dan sementara ini bermanfaat. Jika anda mengalami masalah atau anda memiliki pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. 

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!