Beranda
Apps
Instagram
Tutorial
Cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop
Cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop

Berikut ini adalah cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop. Cara ini bisa diterapkan baik dari PC berbasis Windows maupun Apple (MacOS). Selain Membuka atau membaca DM (Direct Message) anda juga dapat membalas (reply) DM melalui Komputer.

Direct Message di Instagram sebelumnya hanya dapat dibuka di smartphone, namun sekarang anda juga dapat membukanya dari PC komputer atau laptop. Bagi anda pengguna Windows 8 atau 10 memiliki 2 cara yang bisa anda gunakan. Selain pengguna Windows 10 atau 8, seperti MacOS atau Windows 7 bisa menggunakan cara alternatif.

Saat ini Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sangat populer baik di berbagai kalangan seperti anak muda, profesional, gamer, sampai perusahaan besar sekarang mempunyai akun Instagram masing - masing.

Tidak heran jika cara untuk mengakses akun instagram juga bermacam - macam, termasuk untuk membuka DM Instagram di PC seperti ini. Membuka pesan /inbox dari akun lain, membalas atau reply, termasuk juga membuat pesan (direct message) baru. 

Cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop

Cara ini bisa anda lakukan pada komputer atau laptop dengan OS apapun, termasuk Windows 7, Windows 10 atau bahkan OS dari Apple (MacOS). Yang penting komputer atau laptop anda telah terinstall Browser (disarankan menggunakan google Chrome).

Baca juga: Cara Posting /Upload foto di Instagram dari PC tanpa aplikasi tambahan

Untuk membuka DM Instagram di PC atau komputer /laptop silahkan ikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini.

  1. Buka browser yang ada di komputer Anda (disarankan untuk menggunakan Chrome)
  2. Buka alamat website Instagram (https://www.instagram.com)
  3. Silahkan klik kanan didalam halaman hingga muncul menu navigasi
  4. Pilih menu >Inspect (Ctrl+Shift+I) hingga muncul halaman Inspect element di sebelah kanan /bawah (tergantung pengaturan browser)
    Cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop
  5. Ganti ke tampilan ke Mobile dengan >klik simbol mobile dengan keterangan Toggle device toolbar. Ukuran halaman instagram akan berubah menjadi ukuran mobile (smartphone)
  6. Langkah ini tidak wajib, tetapi Anda dapat merubah ukuran layar berdasarkan type smartphone seperti iPhone, Google Pixel, Samsung, dll.
  7. Klik tulisan >Login untuk masuk ke akun instagram anda kemudian pilih metode login menggunakan akun instagram atau akun facebook
    Cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop
  8. Silahkan masukan username dan password yang biasa anda gunakan (demi keamanan, pastikan halaman yang dibuka benar - benar instagram.com ya, silahkan periksa kembali)
  9. Setelah login anda akan diminta memilih untuk memilih menyimpan data login akun atau tidak. Saran kami, jangan pilih Save info (Pilih >Not now /jangan sekarang) kecuali anda akan sering buka-tutup akun melalui komputer /laptop yang sama.
  10. Buka halaman >Home (halaman utama tempat anda melihat postingan teman yang anda follow)
  11. Kemudian klik simbol >DM /Direct Message pada kanan-atas layar untuk membuka halaman DM atau Inbox di Instagram. Sama seperti di tampilan smartphone.
    Cara Membuka DM Instagram di PC Komputer / Laptop
  12. Selesai. Sampai tahap ini sepertinya anda bisa mengoperasikannya sendiri ya karena semua tampilan dan posisi dari tombol - tombol yang ada sama dengan tampilan yang ada di Smartphone.

Instagram for Windows

Bagi Anda pengguna komputer atau laptop dengan OS Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 (atau lebih baru) anda juga dapat menggunakan aplikasi Instagram khusus Windows yang tersedia di halaman Microsoft Store. 

Untuk dapat membuka DM instagram di PC komputer /laptop menggunakan aplikasi ig khusus windows ini silahkan ikuti langkah - langkah atau tutorial dibawah ini.

Ingat! ini adalah cara alternatif. Jika anda sudah puas atau nyaman dengan cara diatas, kami sarankan untuk tetap menggunakan cara diatas. Namun jika anda ingin mengetahui cara alternatif silahkan pertimbangkan cara ini.
  1. Klik >Start atau tombol Windows
  2. Ketik "Microsoft Store" kemudian buka aplikasi Microsoft Store tersebut
  3. Silahkan cari aplikasi >Instagram dengan menggunakan fitur pencarian (Search). atau bisa juga dicari di kategori >Social.
  4. Silahkan >Install kemudian >buka aplikasi Instagram tersebut
  5. Kemudian dilanjutkan dengan login ke akun Instagram anda seperti biasa
  6. Pada halaman utama setelah login, silahkan klik simbol DM (kanan-atas) seperti pada tampilan smartphone.

Logout!

Setelah anda selesai membuka akun Instagram anda dari PC, jangan lupa untuk melakukan Logout (keluar). Dengan cara kembali ke halaman profil anda kemudian klik tombol >Settings (ikon lingkaran bergerigi di bagian atas) kemudian cari dan klik tombol >Logout (keluar).

Semoga tulisan mengenai cara membuka DM Instagram di PC komptuer atua laptop ini bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!