Beranda
Android
Apple
Instagram
Tutorial
Cara Mudah Dark Mode di Instagram Android & iPhone
Cara Mudah Dark Mode di Instagram Android & iPhone

Cara Mudah Dark Mode di Instagram Android & iPhone. Pada tulisan ini kita akan mengetahui cara membuat dark mode di instagram Android dan iPhone. Cara ini juga tidak terbatas untuk smartphone dengan sistem software versi terbaru saja, cara ini juga bisa diterapkan di smartphone dengan versi lama.

Sebenarnya fitur mode gelap atau dark mode di Instagram ini secara resmi hanya bisa diterapkan di Android Pie versi 9.0 dan iOS versi 13 (atau terbaru). Namun jangan khawatir bagi anda yang belum kebagian update OS, anda juga bisa merasakan fitur mode gelap ini di smartphone anda walaupun tidak menggunakan os terbaru.

Bagi anda yang belum menggunakan Android versi terbaru seperti Android 8.0 Oreo, 7.0 Nougat, atau bahkan masih 6.0 Marshmallow? Bisa menggunakan cara alternatif yang telah kami tuliskan dibawah.

Bagi anda pengguna produk Apple iPhone dengan iOS 12 juga bisa menggunakan cara alternatif yang kami sediakan. Meskipun sama - sama memberikan tampilan gelap, namun tidak semua fitur yang sedang trending ini dapat dirasakan sepenuhnya, pasti ada kurang - kurangnya walaupun sedikit ya. 

Update Instagram

Sebelum lanjut ke cara untuk membuat tampilan mode gelap atau dark mode di Isntagram, pastikan aplikasi Instagram yang anda gunakan sudah mendapatkan update terbaru.

Setidaknya anda sudah melakukan update aplikasi Instagram di PlayStore ataupun App Store paling lama bulan Oktober 2019. Jika anda menggunakan aplikasi Instagram dengan update sebelum bulan Oktober kami sarankan untuk memeriksa versi terbaru di PlayStore atau AppStore.

Jika anda mengaktifkan "automatic update" pada aplikasi Instagram maka anda tidak perlu khawatir. Silahkan lanjut ke langkah - langkah atau tutorial dibawah ini. 

Pilih salah satu

Dibawah ini ada lebih dari satu cara agar anda dapat mengaktifkan fitur dark mode di Isntagram. Silahkan pilih salah satu cara yang menurut anda paling mudah dan nyaman untuk dipraktekan.

Kami sarankan anda untuk membaca semua cara terlebih dahulu, tanpa mempraktekannya. Setelah anda membaca semua cara, silahkan anda pilih cara yang anda rasa akan mudah untuk dipraktekan.

Atau jika anda masih bingung untuk memilih cara yang mana, anda juga bisa mencoba kedua cara tersebut kemudian tentukan mana yang menurut anda lebih nyaman dan tentunya mudah. Tentun saja setiap cara mempunyai kekurangan dan kelebihan masing - masing, yang pasti semua cara yang ada disini layak dicoba.

Cara 1 Dark Mode di Instagram (Default Settings)

Cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk dipraktekan karena anda tidak perlu melakukan install aplikasi tambahan. Namun tidak semua smartphone dapat menerapkan cara ini, smartphone anda minimal harus sudah menggunakan OS 9.0 (Android Pie) atau iOS 13 (iPhone).

Silahkan periksa bagian software version pada bagian settings dan pastikan HP anda telah menggunakan minimal OS 9.0 (Android Pie) atau iOS 13 (Apple iPhone). Jika sudah silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

Android

  1. Buka bagian >Settings (pengaturan)
  2. Buka pilihan >Display (tampilan /layar)
  3. Cari dan aktifkan >Dark mode (mode gelap)
  4. Selesai!. Silahkan buka aplikasi instagram untuk melihat perubahan

iOS (iPhone)

  1. Buka aplikasi >Settings
  2. Buka menu >Display & Brightness
  3. Cari dan aktifkan tombol >Dark mode
  4. Selesai!. Silahkan buka aplikasi instagram untuk melihat perubahan

Jika smartphone anda telah menggunakan OS versi 9.0 (Android Pie) atau iOS 13 (iPhone) dan berhasil dengan cara pertama ini, kami sarankan untuk tetap menggunakan cara ini. Selain mudah dan singkat, anda juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk dapat merasakan mode gelap di aplikasi Instagram.

Cara pertama ini tidak hanya membuat pengaturan untuk Instagram saja, tetapi anda juga sebenarnya membuat pengaturan untuk keseluruhan sistem. Silahkan saja perhatikan perbedaan tampilan halaman anda sebelum dan setelah mengaktifkan mode gelap. 

Anda akan menemukan beberapa aplikasi lain (selain Instagram) atau bagain dari tampilan smartphone anda akan berubah penampilannya menjadi mode gelap atau dark mode. 

Cara 2 Dark Mode di Instagram (Alternatif)

Bagi anda yang menggunakan smartphone dengan OS atau sistem sebelum Android Pie dan iOS 13, jangan khawatir, cara ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin merasakan dan mengetahui cara dark mode instagram.

Cara ini memang sedikit lebih panjang dari cara pertama, namun hasilnya tetap sama. Tidak hanya itu, bagi anda yang menggunakan smartphone dengan software terbaru juga dapat menggunakan cara kedua ini, tidak terbatas pada versi - versi 'jadul' saja. 

Android

  1. Buka aplikasi PlayStore
  2. Cari aplikasi dengan kata kunci "Dark Mode"
  3. Pilih aplikasi bernama Dark Mode dari pengembang bernama "Julian Eggers"
  4. Silahkan Download dan Install aplikasi tersebut
  5. Buka aplikasi Dark Mode
  6. Aktifkan mode "Dark Mode" yang muncul di aplikasi
  7. Tunggu beberapa saat sampai notifikasi 'SUCCESS' muncul
  8. Selesai! Silahkan buka aplikasi Instagram untuk melihat hasilnya

iOS

  1. Buka aplikasi >Settings
  2. Pilih menu >General
  3. Buka pilihan >Accessibility
  4. Kemudian buka bagian >Display Accommodations
  5. Selanjutnya pilih >Invert Colors
  6. Aktifkan pilihan >Smart invert
  7. Kembali ke bagian >Display Accommodations
  8. Aktifkan pilihan >Reduce White Point
  9. Selesai! Silahkan buka aplikasi Instagram untuk melihat hasilnya

Beda Android beda iOS

Untuk ponsel atau smartphone android, hasilnya tidak jauh berbeda dengan mode gelap atau dark mode di Instagram di cara yang pertama. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh jika smartphone anda belum mendapatkan update ke android versi terbaru.

Pada ponsel iPhone hasilnya mungkin sedikit berbeda karena sebenarnya yang diaktifkan bukan asli fitur 'dark mode' tetapi fitur 'invert' atau membalikan warna. Warna yang awalanya terang atau putih akan dirubah menjadi gelap atau hitam. 

Namun ada sedikit perbedaan di warna selain hitam dan putih, karena terkadang sistem juga akan merubah warna asli menjadi kebalikannya dan akan sedikit terasa kurang nyaman di mata. 

Tidak disarankan

Sebenarnya ada cara lain untuk ponsel Apple iPhone yaitu dengan cara jailbrake, namun kami tidak sarankan karena selain beresiko terhadap keamanan, cara ini juga cukup panjang dan lama untuk dipraktekan.

Semoga tulisan mengenai cara membuat dark mode di Instagram ini bermanfaat. Jika anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!