Beranda
Instagram
Productivity
Social Media
Tutorial
5 Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer
5 Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer
Mashable

Berikut ini adalah 5 tips foto instagram dari seorang profesional influencer yang berasal dari Jerman bernama Joerg Nicht (@jn). Apakah tips mendapatkan foto instagramable dari Nicht ini mudah untuk diikuti?

Dengan kecanggihan smartphone sekarang ini, semua bisa menjadi fotografer dadakan. Sayangnya tidak semua orang mampu memanfaatkan kelebihan - kelebihan kamera yang ada di smartphone mereka. Maka diperlukanlah tips foto instagram. 

Dalam artikel ini Joerg Nicht memfokuskan pada linkungan sekitar yang kita bisa manfaatkan. Selain itu Nicht juga fokus kepada penggunaan cahaya dari sumber yang alami seperti matahari untuk mendapatkan foto yang instagramable.

Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer

#1 Gunakan sinar matahari pagi

5 Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer
Mashable (diambil dengan HP Honor Play)

Para Fotografer profesional sangat memperhatikan pencahayaan. Terkadang seorang fotografer rela menunggu berjam - jam hanya untuk mendapatkan cahaya alami yang pas dengan suasana yang ingin dibangun pada hasil fotonya. Setiap pencahayaan yang didapatkan mengandung berbagai macam arti termasuk untuk foto instagram. 

Cahaya dapat menggambarkan mood atau suasana hati. dan Nicht sangat menggemari suasana yang diciptakan oleh cahaya matahari pagi. Di daerah perkotaan debu - debu yang membuat visibilitas terganggu muncul ketika matahari sudah naik. Sedangkan saat pagi pandangan akan lebih jelas karena debu - debu tersebut belum muncul dan mengganggu kejernihan pandangan. 

Selain debu yang tidak begitu banyak bila dibandingkan dengan siang hari, pada pagi hari di daerah perkotaan tidak akan terlalu banyak lalu - lalang orang. Sehingga kita bisa lebih fokus kepada objek tanpa terganggu orang lain.

#2 Buat Kedalaman (depth)

Selain pencahayaan yang dapat membuat suasana yang berbeda didalam sebuah foto, komposisi juga akan lebih memanjakan mata yang melihat hasil foto instagram kita. Cobalah untuk mengambil gambar dengan beberapa komposisi dan diambil dari beberapa perspektif. Seperti membuat sebuah garis yang (seperti) tidak berujung (infinity).

5 Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer
Mashable (diambil dengan HP Honor Play)

Dalam Pengambilan foto satu buah perspektif cobalah untuk mengaktifkan fitur grid pada pengaturan kamera. Pengaturan grid dalam sebuah foto akan membantu kita mengoperasikan kamera tetap pada level yang diinginkan. Selain itu kita juga bisa mendapat gambaran layout foto yang akan kita dapatkan pada saat itu.

#3 Bermain dengan Perspektif (sudut pandang)

5 Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer
Mashable (diambil dengan HP Honor Play)

Satu buah perspektif dalam sebuah foto akan terlihat membosankan, cobalah mengambil gambar dari berbagai macam sudut pandang (perspektif). Contohnya ketika kita sedang mengambil gambal sebuah bangunan, cobalah berbagai macam angel atau sudut pandang. 

Contohnya mengambil gambar sampai handphone kita benar - benar menyentuh lantai. Seperti mengambil dari sudut pandang binatang - binatang kecil seperti semut, pastinya akan memberikan kesan lain pada foto instagram milik kita. 

Atau mengambil gambar dengan mengangkat smartphone kita setinggi mungkin, sehingga jika kita memotret sebuah bangunan akan terlihat lebih seimbang karena diambil dari sudut pandang yang tidak biasa. Cara ini juga digunakan untuk mengambil berbagai unsur yang ada di lingkungan tersebut. Sehingga banyak cerita dan suasana yang bisa dibangun.

#4 Gunakan efek pantulan

Saat kita mendapatkan permukaan cermin ataupun kaca pada foto yang kita ambil, beberapa hal akan terlihat ganda namun berbeda. Bahkan genangan air pun akan memberikan efek dan hasil yang berbeda dari tampilan aslinya.

5 Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer
Mashable (diambil dengan HP Honor Play)

The Fernsehturm (Menara sebuah stasiun TV) adalah salah satu spot yang paling ikonik, dan paling instagramable di Kota Berlin. Baik dari cermin, kaca ataupun genangan air, menara atau tower ini tetap akan terlefleksi, sehingga akan selalu memberikan efek "kembar". 

Untuk koleksi foto instagram, kita juga bisa memotret pejalan kaki dari kaca toko yang ada disamping trotoar. Cara itu juga memberikan efek "kembar" yang sama dengan yang telah dijelaskan diatas.

#5 Gunakan fitur - fitur yang ada di smartphone secara maksimal untuk foto instagram

Walaupun untuk foto instagram, sebagai seorang fotografer Nicht ingin setiap kameranya dapat dia atur sesuai keinginannya (full control), begitu juga dengan smartphone yang digunakan untuk mengambil gambar. 

Pilihan menu yang ada pada aplikasi kamera di smartphone selalu dia manfaatkan dan atur secara teliti sampai settingan atau pengaturan tersebut sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya menggunakan pengaturan fokus secara manual di smartphone, memberikan hasil yang lebih baik untuk pengambilan gambar jarak dekat (close-up).

5 Tips Foto Instagram dari Profesional Influencer
Mashable (diambil dengan HP Honor Play)

Contohnya lagi ketika kita tidak mendapatkan pencahayaan yang bagus atau sesuai keinginan, maka kita dapat mengatur bagian pencahayaan secara manual sehingga pemberian cahaya dari smartphone pun tidak berlebihan dibanding pengaturan secara otomatis. 

Pada beberapa smartphone keluaran baru, kita juga bisa menyimpan foto dengan format RAW. Nicht juga menyarankan kita untuk menyimpan file foto dengan format RAW (kalau bisa).

Format penyimpanan type file 

Format foto RAW umumnya lebih mudah untuk diedit jika dibandingkan dengan foto dengan format lain seperti JPG ataupun PNG Contohnya pada foto diatas Nicht sedikit memberikan cahaya pada bagian atap yang memiliki corak kayu. 

Pemberian cahaya tersebut dilakukan pada proses editing. Semoga informasi ini dapat membantu Anda khususnya yang sedang mencari tips foto instagram dari seorang profesional seperti Joerg Nicht ini. Ada tips lain? Yuk! berbagi tips dan pengalaman seputar fotografi melalui smartphone seperti ini di kolom komentar :)

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!