Beranda
Internet
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Cek Penyebaran Sinyal WiFi di Rumah atau Suatu Bangunan
Cara Cek Penyebaran Sinyal WiFi di Rumah atau Suatu Bangunan
ilustrasi penyebaran sinyal WiFi dalam sebuah rumah | huffpost.com

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui atau cek penyebaran sinyal WiFi atau Internet di rumah dari ruangan yang berbeda - beda. Atau di bangunan manapun seperti kantor, tempat rekreasi, hotel dll. Kita akan mengetahui kekuatan sinyal WiFi di tempat atau ruangan berbeda dengan skala yang terukur.

Terkadang kita menemukan lokasi yang sangat pas dalam menerima sinyal WiFi atau sinyal internet. Terkadang juga kita kesulitan untuk menerima sinyal internet, pada kedua kondisi tersebut kita rasakan ditempat atau bangunan yang sama.

Hanya berjarak beberapa meter atau beberapa langkah saja terkadang berpengaruh terhadap kekuatan sinyal WiFi yang handphone atau laptop kita terima. Di ruang tamu kecepatan internet begitu terasa kencang, namun saat didalam kamar sinyal tersebut seakan redup.

Daripada menebak - nebak, lebih baik segera lakukan pengukuran atau cek penyebaran sinyal WiFi di rumah Anda atau dimana pun Anda berada agar tidak salah posisi. hehe

Baca juga: Cara Ganti Password WiFi Indihome Telkom

Cara Cek Penyebaran Sinyal WiFi di Rumah atau Suatu Bangunan

Sebelum kita ke langkah - langkah mengecek penyebaran sinyal Wifi, akan lebih baik jika mencatat setiap hasil yang nantinya muncul di alat ukur agar Anda mengetahui lokasi atau ruangan mana saja yang memiliki sinyal yang bagus dan ruangan mana saja yang memiliki kualitas sinyal WiFi yang rendah.

Pada tutorial atau langkah - langkah kali ini kami menggunakan aplikasi "wifi analyzer", jika Anda ingin menggunakan aplikasi lain yang serupa juga tidak masalah, karena hasilnya kurang lebih akan sama.

Jika sudah siap, langsung saja ikuti langkah - langkah atau tutorial dibawah ini:

  1. Aktifkan wifi di smartphone Anda (jika belum)
  2. Buka Aplikasi PlayStore (Android) atau App Store (iOS /iPhone)
  3. Cari dan install aplikasi bernama Wifi Analyzer seperti pada gambar dibawah ini
  4. Buka aplikasi Wifi Analyzer, izinkan penggunaan lokasi (jika diminta)
  5. Tunggu beberapa saat sampai sinyal WiFi yang berada disekitar muncul di layar handphone Anda
  6. Pastikan Anda mengenali mana sinyal WiFi yang ingin Anda ketahui penyebarannya, karena sinyal WiFi dari smartphone juga akan tertangkap oleh aplikasi ini
  7. Setelah muncul silahkan berpindah - pindah lokasi untuk mengetahui ruangan mana atau lokasi mana yang memiliki sinyal yang bagus dan tidak.

Agar pencatatan Anda akurat

Cara Cek Penyebaran Sinyal WiFi di Rumah atau Suatu Bangunan
Semakin tinggi 'bukit' maka semakin bagus sinyal yang akan didapatkan

Pada gambar diatas sinyal berwarna merah (Indihome) berasal dari modem telkom Indihome. Sedangkan sinyal dengan warna hijau dan biru (HUAWEI) berasal dari wifi /tethering handphone. Dapat disimpulkan bahwa sinyal wifi Indihome memiliki kekuatan sinyal paling tinggi.

Data yang ditampilkan di layar handphone Anda terkadang mengalami 'delay' atau keterlambatan dalam menampilkan data. Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan data yang akurat tentang kekuatan sinyal WiFi atau internet di suatu ruangan maka Anda harus diam beberapa saat.

Misalnya jika Anda sedang mengukur kekuatan sinyal di area ruang tamu. Cari tempat yang sering digunakan untuk duduk kemudian diam beberapa detik atau menit hingga sinyal yang ditangkap stabil dan tidak berubah - ubah. Saat sinyal tersebut sudah stabil maka silahkan Anda catat angka yang ditunjukan oleh aplikasi.

Lakukan juga langkah diatas pada setiap tempat atau lokasi yang Anda ingin catat kekuatan sinyal WiFi nya, maka penyebaran sinyal WiFi akan terlihat dengan akurat.

Baca juga: Cara Menggunakan Voucher Internet WiFi.id Telkom Speedy

Solusi penyebaran sinyal Wifi yang tidak merata

Jika Anda melakukan pencarian di Google maka Anda akan mendapatkan berbagai macam solusi, dari mulai otak - atik di sistem sampai penambahan alat bantu seperti WiFi extender dan lain - lain.

Namun solusi yang paling mudah yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya lagi adalah dengan cara melakukan reposisi atau merubah lokasi router (modem) yang sedang digunakan. 

Semakin dekat dengan router semakin bagus, semakin tidak terhalang tembok juga semakin bagus.

Cobalah untuk melakukan pemetaan (gambar) penyebaran sinyal WiFi kemudian coba pindahkan lokasi router sedikit demi sedikit mendekati ruangan atau bagian bangunan yang kurang mendapatkan sinyal internet

tembok atau bahan bangunan yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap penyebaran sinyal WiFi. rumah atau bangunan yang dibuat dari bahan beton sudah terbukti sangat sulit untuk ditembus sinyal handphone, maka dari itu posisi router akan sangat berpengaruh.

Semoga artikel ini membantu, tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!