Beranda
Apple
News
Review
iPhone 11 Pro - Bionic Chip dan Fitur Lainnya
iPhone 11 Pro - Bionic Chip dan Fitur Lainnya
iPhone 11 Pro | apple.com
Apple sudah resmi memperkenalkan smartphone terbaru mereka, iPhone 11 Pro.  Dengan prosesor terbarunya yang dinamakan Bionic Chip, Apple mengklaim bahwa prosesor mereka yang terbaik di dunia saat ini. Lalu bagaimana dengan fitur - fitur lain yang ada pada smartphone flagship ini?

Pada iPhone 11 Pro ini Apple menitikberatkan keunggulan smartphone terbaru mereka kedalam 2 hal. Pertama adalah kemampuan dan kualitas kamera yang tidak diragukan lagi, apalagi sekarang dengan 3 buah kamera yang memiliki berbagai macam fitur.

Kedua adalah kualitas layar yang mereka miliki. Dengan layar jenis OLED dan dilengkapi kemampuan XDR (Extreme Dynamic Range), iPhone 11 Pro nampaknya berada di kalangan atas smartphone flagship dunia. Namun apalagi kelebihannya?

Smartphone flagship memang selalu menarik perhatian, bukan hanya menjadi pendongkrak pendapatan produsen, namun juga menjadi pembuktian bahwa mereka masih dapat dipercaya dan diandalkan.

Sebelumnya, Samsung sudah lebih dulu memperkenalkan varian Galaxy terbaru tahun ini (Note 10), disusul dengan produsen lain. Dengan dikeluarkannya iPhone seri terbaru ini, Apple nampaknya sudah kembali masuk kedalam persaingan smartphone tercanggih di dunia.

Bionic Chip A13 pada iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro - Bionic Chip dan Fitur Lainnya

  • 64-bit Fusion architecture
  • Fastest CPU in a smartphone
  • Fastest GPU in a smartphone
  • Machine Learning accelerators
  • Neural Engine for advance machine learning
  • Battery Efficiency
Pada sesi perkenalan produk beberapa waktu yang lalu, Apple menunjukan jenis prosesor yang mereka gunakan untuk iPhone 11 Pro, yaitu Bionic Chip A13. 

Sebenarnya chip ini tidak benar - benar baru yang dibuat dari nol, tetapi versi lanjutan dari chip seri A lainnya miliki Apple. Hanya saja kali ini mereka memberi tambahan keterangan, Bionic Chip.

Tentu saja Apple mempunyai alasan khusus dalam pengambilan nama tersebut. Dengan basis arsitektur 64-bit Apple mengklaim bahwa mereka memliki CPU dan GPU tercepat yang ada pada sebuah smartphone saat ini.

Apple juga mengatakan bahwa chip A13 ini memiliki semacam Machine Learning Accelarators. Yang diklaim dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam mempelajari pola atau karakter masing - masing pengguna.

Seperti yang telah diterapkan pada iPhone generasi sebelumnya (iPhone X), iPhone 11 Pro juga memiliki sistem Neural Engine. Pada sebuah artikel di laman wired.com Neural Engine ini diibaratkan diibaratkan seperti "infus" yang membuat sistem Artificial Intelligent (AI) bekerja lebih baik.

Efisiensi Baterai

iPhone 11 Pro - Bionic Chip dan Fitur Lainnya
Salah satu kemampuan yang dibanggakan dari prosesor Bionic Chip A13 yang ada pada iPhone 11 Pro ini adalah kemampuannya dalam menghemat penggunaan baterai. 

Apple mengklaim dengan kapasitas baterai 3500 mAh, prosesor yang mereka miliki mampu memberikan waktu penggunaan 5 jam lebih lama dari seri iPhone sebelumnya.

Pada laman perbandingan GSMArena, iPhone 11 Pro memiliki kapasitas baterai sebesari 3500 mAh. iPhone XS Max memiliki kapasitas baterai sebesar 3200 mAh. Walaupun iPhone 11 Pro memiliki kapasitas lebih banyak, namun waktu ekstra 5 jam bukanlah waktu yang sebentar.

Water resistance Lebih baik

iPhone 11 Pro - Bionic Chip dan Fitur Lainnya

  • IP68 rating water resistant to a depth of 4 meters for up to 30 minutes
  • Spill resistant for common liquids like coffee, tea, and soda
  • Dust resistant
Apple iPhone 11 Pro juga memiliki kemampuan lebih baik dalam hal water resistance, ketahanan didalam air. Dengan sertifikat IP68, iPhone 11 Pro dapat bertahan didalam air selama 30 menit dengan kedalaman 4 meter.

Kemampuan tersebut lebih baik jika dibandingkan iPhone X yang hanya dapat bertahan di kedalaman 2 meter, walaupun dalam waktu yang sama, yaitu 30 menit.

Selain itu, iPhone 11 Pro juga tentunya aman dari berbagai macam cairan yang setiap hari ada di sekitar kita seperti air kopi, teh, soda, dll. 

Selain tahan air, iPhone 11 Pro juga tahan debu. Tak perlu ragu lagi untuk membawa smartphone ini ke area berpasir seperti pantai dan gurun, ponsel anda akan baik - baik saja.

Fitur - Fitur lainnya

iPhone 11 Pro - Bionic Chip dan Fitur Lainnya
contoh foto kualitas foto tanpa Night mode (kiri) dan dengan Night mode (kanan)
Selain kualitas kamera dan layar yang sangat impresif, iPhone 11 Pro juga dibekali fitur - fitur yang cukup banyak. Umumnya semua fitur yang ada tersebut akan sangat membantu anda beraktifitas atau bertrasaksi.

Seperti fitur NFC (Near-field Communication) yang sekarang sudah mulai umum digunakan, khususnya untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi secara langsung. Dan masih banyak fitur lainnya yang bisa anda manfaatkan seperti daftar dibawah ini.
  • Audio Zoom
  • Low Light Mode
  • Dolby Atmos
  • Spatial audio
  • Audio Sharing
  • NFC
  • Fast charge
  • Wireless charging
  • Faster Wi-Fi speeds
  • Up to 30 LTE Bands
  • Dual SIM with eSim Support
Tentunya tidak semua fitur atau fasilitas yang ada didalam smartphone iPhone 11 Pro ini dituliskan diatas, namun dari daftar diatas saja kita pasti sudah dapat menilai bagaimana kemampuan dari smartphone terbaru dari Apple ini (dengan segala sindirannya).

Semoga tulisan ini bermanfaat, jika ada pertanyaan atau pendapat silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!