Beranda
Apple
News
Productivity
Kenapa iPhone 11 belum mendukung sinyal 5G?
Kenapa iPhone 11 belum mendukung sinyal 5G?

Kenapa di smartphone Apple iPhone 11 tidak ada sinyal 5G?. Kenapa iPhone 11 belum mendukung 5G? Apakah iPhone 11 memiliki sinyal 5G?. Mungkin pertanyaan - pertanyaan tersebut juga anda miliki saat Apple memperkenalkan smartphone terbarunya, lalu apakah alasan yang sebenarnya?

Beberapa waktu yang lalu Apple menyelenggarakan acara Apple Special Event, dan didalamnya terdapat acara pengenalan produk - produk baru. Termasuk smartphone terbaru mereka seri iPhone 11 dan iPhone 11 Pro. Tetapi kedua seri tersebut tidak mendukun sinyal 5G. ada apa?

Sinyal 5G memang sudah mulai sering muncul di pembahasan - pembahasan kemajuan teknologi akhir - akhir ini, tidak terkecuali di kalangan produsen smartphone. Dan kemungkinan besar smartphone lah yang akan merajai penggunaan sinyal 5G nantinya.

Namun, apakah sinyal 5G benar - benar sudah siap untuk digunakan secara massal? apakah para produsen smartphone telah mempersiapkan teknologi pendukung untuk sinyal yang lebih cepat ini?. Lalu kenapa Apple tidak segera memperkenalkan smartphone yang mendukung sinyal 5G?

Samsung Sudah mulai

Salah satu pesaing Apple dalam pangsa pasar smartphone adalah Samsung. Beberapa waktu lalu Samsung telah memperkenalkan produk smartphone terbarunya yang mendukung sinyal 5G. Dan kemungkinan besar type smartphone lainnya dari Samsung juga segera menyusul (memiliki 5G).

Hal ini nampaknya tidak terlalu mengganggu Apple karena, pada akhirnya kita tahu bahwa Apple masih nyaman di kekuatan sinyal 4G untuk iPhone terbarunya. Lalu kenapa iPhone 11 tidak mendukung 5G? Apakah Apple tidak memiliki teknologi 5G?

Sebelumnya Apple telah merekrut para mantan karyawan Microsoft yang fokus di bidang jaringan telekomunikasi. Diatas kertas Apple juga sanggup memberikan teknologi 5G di produk mereka

Ketersediaan jaringan

Alasan utama kenapa iPhone 11 belum mendukung 5G adalah ketersediaan jaringan (5G) yang masih terbatas.

Jika dan melihat Channel Youtube Marquess Brownlee yang membahas tentang 5G, didalam video tersebut menunjukan bahwa hanya baru beberapa daerah saja yang menyediakan sinyal 5G. Dan itupun sangat terbatas, anda harus menemukan tower - tower khusus yang menyediakan sinyal 5G.

Meskipun kecepatan dari sinyal 5G memang jauh lebih cepat dari 4G, namun keterbatasan jaringan ini sepertinya akan menjadi masalah besar. Apalagi jika anda berada di negara - negara yang belum siap dengan infrastruktur 5G (seperti di Indonesia).

Sebenarnya ini bukanlah masalah Apple sebagai produsen smartphone, tetapi lebih kepada kesiapan para operator menyediakan jaringan 5G yang merata.

Saat ini di Amerika pun masih sedikit operator yang mulai menyediakan layanan sinyal 5G, itupun masih dalam tahap percobaan. Dan menyediakan infrastruktur yang merata di setiap daerah bukanlah pekerjaan yang miudah.

Butuh waktu dan modal yang cukup agar setiap daerah dapat memiliki jaringan 5G yang bisa digunakan oleh setiap pengguna smartphone (yang mendukung 5G).

Kapan 5G tersedia di iPhone?

Kenapa iPhone 11 belum mendukung sinyal 5G

Salah satu alasan juga kenapa iPhone belum mendukung 5G adalah kontrak yang belum beres dengan salah satu produsennya, yaitu Qualcomm. Apple masih punya kontrak dengan produsen utamanya yang berkaitan dengan penggunaan modem di smartphone.

Apple memiliki kontrak 6 tahun dengan Qualcomm sebagai penyedia sparepart di iPhone. Lalu sampai kapan iPhone akan bertahan dengan 4G?

Berdasarkan informasi yang didapat dari beberapa sumber, iPhone nampaknya tetap akan menggunakan sinyal 4G setidaknya sampai akhir 2020. Meskipun tidak ada jaminan juga bahwa Apple akan menggunakan 5G pada tahun 2021.

Namun sepertinya tahun 2021 adalah waktu yang ideal untuk iPhone yang mendukung sinyal 5G. Diharapkan pada tahun tersebut infrastruktur untuk sinyal 5G sudah dapat diandalkan dan tidak ada masalah.

Bagaimana dengan kualitas 4G di iPhone 11?

Meskipun anda tidak dapat merasakan sinyal 5G di iPhone 11 namun jangan khawatir dengan kualitas 4G di smartphone anda.

Apple menggunakan teknologi 4G paling baru yang ada saat ini, jadi anda tidak perlu khawatir dengan kualitas sinyal dan kecepatan internet pada iPhone 11 anda. Apalagi jika di negara - negara asia tenggara seperti Indonesia, sampai saat ini belum ada operator yang sudah resmi menyediakan sinyal 5G untuk para pengguna smartphone.

Selama anda masih bisa bekerja dan berinteraksi dengan normal, sepertinya anda tidak usah terganggu dengan teknologi sinyal 5G yang masih belum ada ini. 

Bagaimana pendapat anda? Semoga tulisan ini bermanfaat, tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!