Beranda
Computer
Tips 'n Trick
Tutorial
Nvidia GeForce Experience Tidak Bisa Rekam? Ini solusinya
Nvidia GeForce Experience Tidak Bisa Rekam? Ini solusinya

Berikut ini adalah solusi dari masalah saat Nvidia GeForce Experience Tidak Bisa Rekam atau record layar komputer. Saat klik tombol record di Nvidia shadowplay, aplikasi error tidak merespon dan tidak mau merekam layar komputer.

Ada beberapa cara agar fitur recording atau fungsi merekam layar kembali bekerja. Salah satu cara yang ampuh bagi saya adalah menutup tab browser yang sedang membuka halaman YouTube atau layanan streaming video yang serupa. Jika cara ini tidak bekerja, anda bisa mencoba cara - cara lainnya dibawah ini.

Masalah aplikasi Nvidia GeForce yang tidak mau merekam layar ini saya alami baru - baru. Terutama saat ingin merekam layar desktop (bukan saat merekam game). 

Hingga pada akhirnya saya membaca sebuah komentar di YouTube yang menyarankan untuk mencoba menutup tab YouTube saat ingin merekam layar PC dan ternyata berhasil.

Baca juga: Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience

Cara 1. Tutup tab di browser yang sedang membuka halaman YouTube atau website streaming lainnya

Yup! Sesimple itu, saya juga dibuat terheran - heransaat mencobanya pertama kali, begitu saya tutup tab YouTube yang sedang saya buka, kemudian mencoba kembali merekam layar di aplikasi shadowplay (Nvidia GeForce) dan fitur perekam layar itupun kembali berfungsi normal.

Jadi jika biasanya anda tidak memilik masalah recording ini lalu akhir - akhir ini tiba - tiba aplikasi tidak mau merekam layar, coba saja tutup tab di browser yang membuka halaman YouTube atau media streaming lainnya. 

Tidak harus ditutup browser nya, hanya tab yang sedang membuka aplikasi YouTube saja yang ditutup. Jika anda sedang membuka halaman YouTube di bebeapa tab maka anda harus menutup tab - tab tersebut.

Tidak hanya website YouTube, perhatikan juga website - website yang memang menyediakan layanan streaming video seperti daftar dibawah ini.

  • Twitch
  • Netflix
  • Vidio
  • Disney Hotstar
  • HBO GO
  • Channel TV
  • dll

Semuanya mempunyai kesamaan, yaitu menampilkan video/konten yang ekslusif dan berlisensi.

Kok bisa sih ngaruh ke fitur recording Nvidia GeForce? padahal kan beda aplikasi

Ini juga yang pertama kali muncul dibenak saya, namun ketika saya mengingat lagi, saat ini isu privasi dan lisensi di dunia online sangat gencar dibahas termasuk di kalangan pengembang aplikasi.

Jadi tidak aneh sebenarnya jika suatu aplikasi fungsinya bisa dipengaruhi oleh aplikasi lain. Termasuk fitur perekam layar dari Nvidia dan browser yang membuka halaman YouTube (atau website streaming lainnya).

Sepertinya, karena isu privasi dan lisensi, sekarang aplikasi perekam layar seperti dari Nvidia ini, sudah tidak bisa lagi merekam aktivitas layar seenaknya. Beberapa aplikasi atau website berhak menutup akses atau menghentikan proses perekaman layar jika dirasa perlu.

Contoh lainnya bisa dilihat saat kita menggunakan aplikasi m-banking. Saat kita membuka aplikasi m-banking, aplikasi perekam layar tidak akan bisa digunakan. 

Alasannya sudah jelas, privasi. Banyak data pribadi atau bahkan data sensitif yang perlu dilindungi seperti password atau PIN yang sering diminta dan kadang terlihat muncul di layar.

Sudah menutup semua tab tapi masih tidak bisa merekam layar? Silahkan ikuti cara alternatif lainnya dibawah ini.

Baca juga: Volume Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Cara 2. Sign out dari aplikasi Twitch

Hampir sama dengan cara pertama, kita harus menghilangkan media - media yang memiliki data sensitif atau konten yang memiliki lisensi, termasuk dari media streaming Twitch. Silahkan ikuti langkah dibawah ini.

*Jika anda merasa tidak pernah login ke akun Twitch di aplikasi Nvidia GeForce, silahkan lewati cara ini, lanjutkan ke cara berikutnya saja.

  1. Aktifkan overlay GeForce Experience seperti biasa (Alt + Z)
  2. Buka halaman Settings
  3. Buka menu Connect
  4. Pastikan anda telah logout dari akun Twitch di dalam daftar ini.

Jika sudah logout dari akun Twitch, silahkan coba kembali lakukan rekaman / recording dari overlay GeForce.

Cara 3. Restart Semua Nvidia Sistem Services di PC

Silahkan restart semua file service Nvidia yang terinstall di PC anda. Caranya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Tekan Windows + R (membuka jendela Run)
  2. Ketik: "services.msc" kemudian tekan Enter. Jendela services akan muncul
  3. Silahkan scroll dan cari pada daftar semua service yang dimulai dengan tulisan Nvidia.
  4. Klik kanan pada salah satu NVIDIA service tersebut kemudian pilih Restart (jika menu restart tidak bisa dipilih, silahkan pilih menu Start). Lakukan cara ini ke semua service yang berawalan NVIDIA. Lakukan satu per satu.

Cara 4. Enable Desktop Capture

  1. Aktifkan overlay GeForce Experience seperti biasa (Alt + Z)
  2. Buka bagian Settings (klik ikon gerigi)
  3. Scroll ke bawah dan buka menu Privacy control
  4. Aktifkan menu Desktop Capture. Jika sebelumnya sudah aktif, silahkan coba di reset, nonaktifkan kemudian aktifkan kembali.

Cara 5. Settings Resolution menjadi In-Game

  1. Aktifkan overlay GeForce Experience (Alt +Z)
  2. Buka bagian Settings
  3. Buka pengaturan Video capture
  4. Pada pengaturan Resolution silahkan coba rubah menjadi: In-game

Cara 6. Re-Install Aplikasi Nvidia Geforce Experience

Sebelum melakukan install ulang driver atau aplikasi Nvidia GeForce, ada baiknya anda melakukan restart PC terlebih dahulu. Mungkin saja PC anda hanya butuh restart, dan semua fitur akan kembali bekerja seperti semula. 

Jika setelah restart masih bermasalah, silahkan re-install aplikasi Nvidia GeForce dengan langkah - langkah dibawah ini.

  1. Silahkan klik tombol Start
  2. ketik "Add or remove programs" kemudian klik enter atau buka menu tersebut
  3. Pada daftar aplikasi yang terinstall silahkan cari Nvidia GeForce Experience kemudian uninstall aplikasi tersebut.
  4. Untuk memastikan proses uninstall berjalan sempurna, silahkan lakukan restart PC.
  5. Selanjutnya silahkan download dan install aplikasi terbaru Nvidia GeForce terbaru (update) dari website resmi Nvidia

Semoga cara mengatasi atau memperbaiki aplikasi Nvidia GeForce Experience yang tidak bisa merekam layar ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!