Beranda
Internet
News
YouTube
Jumlah View Youtube Mempengaruhi Ranking Billboard 2020
Jumlah View Youtube Mempengaruhi Ranking Billboard 2020
Trophy Billboard Music Awards | billboard.com
Jumlah view di Youtube akan mempengaruhi ranking Billboard mulai tahun 2020. Akhir tahun 2019 Billboard mengumumkan bahwa mereka akan mulai menghitung jumlan penonton atau pendengar musik di beberapa layanan streaming musik, termasuk Youtube.

Dengan begitu kini penghitungan peringkat atau ranking Billboard 2020 tidak lagi hanya bergantung kepada penjualan album atau lagu dari setiap musisi. Ranking billboard 2020 akan mulai menambah variable baru untuk penghitungan siapa artis atau musik paling diminati.

Penjualan album

Sampai tahun 2019 Billboard masih menggunakan penghitungan berdasarkan penjualan menjadi berdasarkan konsumsi atau penggunaan seperti streaming musik atau pemutaran official videoclip.

Layanan streaming musik sebenarnya sudah ada kurang lebih lima tahun yang lalu namun nampaknya butuh waktu lama untuk billboard mempertimbangkan metrik 'konsumsi' ini menjadi salah satu faktor penentu ranking billboard 2020 dan sepertinya untuk tahun - tahun berikutnya.

Jumlah View Youtube Mempengaruhi Ranking Billboard 2020

Tidak hanya Youtube, ranking billboard 2020 dan kedepannya juga akan menghitung jumlah pendengar secara streaming seperti dari aplikasi streaming musik Spotify, Apple, Tidal, Vevo, dll.

Selain itu perhitungan streaming ini juga akan mempengaruhi posisi atau ranking setiap genre yang ada seperti Pop, Hip-hop, Rock, dll. Dengan begitu kita juga akan mengetahui genre mana yang paling banyak diminati berdasarkan kombinasi dari pembelian album dan jumlah pendengar secara online (streaming).

Namun jumlah penonton atau pendengar ini akan dihitung hanya dari videoklip atau musik yang di upload atau berasal dari akun resmi artis atau manajemen tersebut. Jadi jika ada pengguna Youtube lain yang mengupload musik yang sama, tidak akan masuk hitungan.

Sejak tahun 2013

Sebenarnya untuk penghitungan jumlah pendengar secara online atau streaming sudah mulai digunakan sejak tahun 2013 oleh Billboard di daftar Billboard Hot 100, namun hanya terbatas untuk ranking satu musik atau lagu saja, bukan album seperti sekarang ini.

Dengan keputusan ini nampaknya kita akan melihat artis - artis baru yang muncul di halaman Billboard yang saat ini masih didominasi oleh  penyanyi dari Amerika dan Eropa. Semoga artis - artis Latin atau Asia juga dapat lebih dikenal dengan penghitungan baru untuk album ini.

Bagaimana menurut anda? Semoga berita tentang jumlah view Youtube mempengaruhi ranking billboard 2020 ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!