Beranda
Finance
News
Toko Online
Jack Ma Pensiun dari Alibaba, ini Penerusnya
Jack Ma Pensiun dari Alibaba, ini Penerusnya
Jack Ma (Founder Alibaba Group) | phys.org
Jack Ma Pensiun dari Alibaba. Yup! itulah salah satu headline sebuah website berita teknologi, dan didalam berita tersebut menunjukan foto Jack Ma sedang menggunakan pakaian yang sangat artistik diatas sebuah panggung. Yes, Jack Ma bernyanyi pada pesta perpisahannya.

Jack Ma seperti yang kita kenal adalah seorang inisiator dari sebuah website retail tersebsar di China, Alibaba. tepat pada 20 tahun lalu Jack Ma dan beberapa temannya memutuskan untuk membuat sebuah platform yang sekarang menjadi salah satu website retail terbesar di dunia.

Seperti baru kemarin Alibaba didirikan, dan sekarang CEO atau pemimpin tertingginya mengundurkan diri. Namun 20 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk seseorang menjabar sebagai CEO. Nampaknya Jack Ma sendiri menyadari itu.

September 10, 2019 Jack Ma Pensiun dari Alibaba

Jack Ma Pensiun dari Alibaba, ini Penerusnya
Jack Ma saat tampil dalam acara ulang tahun Alibaba | mashable.com
Tepatnya berlokasi di Kota Hangzhou, Provinsi Zhengjiang di China bagian Timur. Pada tanggal 10 September 2019 Jack Ma pensiun dari Alibaba dengan posisi terakhir sebagai Chairman atau ketua direksi.

Hari itu pun tidak hanya digunakan untuk mengumumkan pengunduran diri Jack Ma, tetapi juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun Alibaba yang ke 20. Tidak hanya itu, pada hari tersebut juga diperingati ulang tahun Jack Ma yang ke 55.

Seperti pada tahun - tahun sebelumnya, founder Alibaba ini selalu memberikan penampilan special di setiap acara tahunan perusahaan website retail tersebut. Seperti pada tahun 2017 lalu, Jack Ma menari diatas panggung lengkap dengan kostum Michael Jackson dan lagu Michael Jackson.

Pada acara tersebut Jack Ma tampil percaya diri dengan memberikan tarian terbaiknya, walaupun tampak kaku. hehe Dengan diawali memakai topeng Jack Ma menari diatas panggung lalu diakhir penampilan barulah beliau membuka topeng tersebut dan diikuti sorak sorai penonton yang hadir.

Sudah lama melepas jabatan CEO

Jack Ma Pensiun dari Alibaba, ini Penerusnya
Jack Ma saat satu panggung dengan Elon Musk | livemint.com

Saya akan mundur secara perlahan dari Alibaba -Jack Ma
Sebelumnya Jack Ma telah melepas jabatan CEO pada tahun 2013 lalu, dan kemudian berpindah posisi menjadi ketua direksi (Chairman) di Alibaba. Saat itu posisi CEO digantikan oleh Jonathan Lu, yang kemudian digantikan oleh Daniel Zhang pada tahun 2015 yang saat itu menjabat sebagai COO.

Jadi nampaknya pengunduran diri sebagai Chairman di Alibaba ini sudah tidak mengejutkan lagi ya, terlebih Jack Ma sendiri sudah pernah memberikan pernyataan bahwa dia akan mundur dari Alibaba secara perlahan - lahan.

Alasan pengunduran diri Jack Ma

Jack Ma Pensiun dari Alibaba, ini Penerusnya
Foto Jadul Jack Ma saat mengajar kelas bahasa Inggris | CGTN Photo
Dalam beberapa kasus, seseorang mengundurkan diri dari jabatannya bisa karena alasan baik dan buruk. Nampaknya dalam proses pengunduran diri Jack Ma tidak terlihat karena alasan yang buruk seperti kebangkrutan perusahaan ataupun korupsi.

Sebaliknya, hal ini datang secara langsung dari pribadi Jack Ma. Nampaknya Jack Ma tidak mau terlalu sibuk untuk mengurusi bisnisnya, dan ingin mulai fokus pada kegiatan amal.

Seperti yang kita tahu Jack Ma adalah mantan guru bahasa Inggris di China, dan nampaknya Ma ingin kembali mengajar sebagai kegiatannya setelah pensiun dari Alibaba.

Berduet dengan calon penggantinya, Daniel Zhang

Jack Ma Pensiun dari Alibaba, ini Penerusnya
Daniel Zhang, Pengganti Jack Ma di Alibaba | South China Morning Post
Pada acara tahun ini Jack Ma tidak lagi menari, melainkan bernyanyi beberapa lagu, termasuk berduet dengan calon penerusnya di Alibaba, Daniel Zhang.

Zhang nantinya akan menantikan Ma sebagai Chairman di Alibaba. Zhang pun sepertinya sudah siap untuk meneruskan tradisi tampil memberikan persembahan seperti bernyanyi ataupun menari pada acara - acara spesial seperti ini.

Pada acara tersebut Ma dan Zhang tampil sangan nyentrik dengan kostum yang tidak kalah menarik perhatian. Jack Ma terlihat menggunakan wig gimbal lengkap dengan membawa gitar listrik, sedangkan Zhang menggunakan mikrophone yang memiliki simbol hurud "D" yang lumayan besar.

Bagaimana Alibaba kedepan?

Jack Ma Pensiun dari Alibaba, ini Penerusnya
Daniel Zhang, Chairman baru Alibaba | AFP Photo
Jika sebuah perusahaan ditinggalkan oleh pemiliknya maka dikhawatirkan perusahaan tersebut akan mengalami penurunan performa, dan itu ketakutan yang sangat wajar.

Namun nampaknya Jack Ma sendiri sudah memahami kondisi ini, itulah mengapa Jack Ma sudah melakukan pengunduran dirinya jauh - jauh hari.

Bukan hanya pengumuman yang jauh - jauh hari, namun Jack Ma pensiun dari Alibaba secara perlahan - lahan, tidak langsung keluar meninggalkan perusahaan.

Jack Ma sepertinya ingin transisi ini berjalan lancar dan tidak mengganggu bisnis inti perusahaan.

Bagaimana menurut anda? Apakah Alibaba akan bertahan setelah ditinggal pergi Jack Ma?

Semoga tulisan mengenai Jack Ma pensiun dari Alibaba ini bermanfaat!. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!