Beranda
News
Review
Robot
Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat
Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat
Robot SPOT | bostondynamics.com
Yup! Robot Spot buatan Boston Dynamic sudah resmi dijual. Tidak seperti robot - robot yang saat ini sudah beredar, robot Spot ini bahkan siap untuk diberi pekerjaan berat. Tidak hanya jenis pekerjaan, tetapi juga mampu bekerja di lingkungan yang berat.

Robot Spot ini bukan robot yang hanya bisa mondar - mandir di rumah anda tetapi juga bisa membantu pekerjaan anda yang lebih kompleks, bahkan untuk tugas - tugas yang khusus dan juga berat.

Beberapa waktu yang lalu mungkin anda pernah melihat sekilas rekaman - rekaman pengujian untuk robot yang berbentuk mirip anjing ini, atau bahkan baru melihatnya kali ini?. Disini kita akan bahas bersama tentang robot Spot ini dan kenapa robot ini sangat spesial.

Proyek robot Boston Dynamics 

Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat
Robot SPOT (kuning) dan robot ATLAS (putih)
  • SPOT
  • HANDLE
  • PICK
  • ATLAS
Robot SPOT, HANDLE, PICK, ATLAS, dan robot jenis lainnya dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama Boston Dynamic. Setelah melakukan pengembangan bertahun - tahun, akhirnya Boston Dynamic resmi memasarkan salah satu jenis robot yang mereka kembangkan.

Selain Robot Spot ini, tim peneliti dari perusahaan Boston Dynamic memiliki beberapa jenis robot lain. Tentunya setiap produk (robot) yang mereka kembangkan memiliki spesialisasi yang berbeda - beda.

Namun ada kesamaan umum yang terlihat dari semua jenis robot yang dikembangkan oleh perusahaan ini, semua robot didesain untuk memenuhi kebutuhan industri. Semua demo dan peragaan yang dilakukan oleh setiap robot menunjukan fungsi mereka di berbagai bidang industri.

Fitur canggih robot Spot

Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat

  • Navigate challenging terrain
  • Crash protection
  • Dynamic reaction
  • Self-rights after falls
Dari bentuknya saja yang lumayan besar, seukuran anjing dewasa, sudah bisa memberikan kita gambaran dimana robot SPOT ini akan banyak dimanfaatkan. Maka dari itu, sebenarnya fitur - fitur diatas memang sangat dibutuhkan untuk robot mobile seperti robot SPOT ini.

Navigate Challenging terrain.

Robot SPOT dapat melewati berbagai macam rintangan dan kondisi jalan yang berbeda - beda, mulai dari jalan bergelombang, berpasir, sampai naik-turun tangga.

Dalam video promosinya, robot SPOT ini memulai dengan melewati jalan yang menanjak dan juga menuruni tangga. Hal ini menunjukan bahwa robot ini mampu melewati berbagai macam jalan, baik jalan yang tidak lurus bahkan tangga sekalipun.

Pada banyak video lainnya juga Boston Dynamics menunjukan robot SPOT mampu melewati jalan bergelombang dengan pasir dan tetap stabil.

Crash Protection

Robot Spot ini mampu menahan berbagai macam jenis benturan, khususnya yang biasa kita hadapi sebagai manusia. Didorong, terkena lemparan bola, tertabrak meja dorong, dan benturan - benturan lainnya yang sering kita jumpai di pekerjaan sehari - hari.

Jika dilihat dari target pasarnya, sangat penting untuk mampu tahan terhadap berbagai macam benturan.

Karena robot SPOT ini juga didesain untuk dapat beroperasi diluar ruangan (outdoor) maka tidak heran jika Boston Dynamics membekalinya dengan bahan yang kuat dan tahan benturan.

Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat

Walaupun tidak tahan ditabrak oleh kendaraan besar seperti mobil, namun jika dibandingkan dengan robot - robot lainnya dipasaran, robot Spot ini jauh diatas rata - rata.

Dynamic Reaction

Masih berhubungan dengan tahan benturan, robot Spot ini dapat bereaksi dengan cepat terhadap berbagai macam kondisi. Saat keadaan berjalan / bergerak dan tiba - tiba terdorong keluar jalur atau bahkan didorong dengan sengaja, robot Spot ini akan segera menyesuaikan diri dengan situasi baru tersebut.

Pertama, robot Spot akan tetap mempertahankan keseimbangkan pada posisi normal, selanjutnya segera kembali ke lokasi atau ke jalur yang sudah ditentukan.

Self-right after falls

Kalaupun sampai terjatuh, robot Spot mempunyai mekanisme sendiri yang dapat mengatur dirinya untuk segera berdiri kembali dan melanjutkan perjalanan (yang telah ditugaskan).

Hal ini juga sering didemonstrasikan oleh para pengembang yang bekerja di Boston Dynamics,

Boston Dynamics memang mengklaim bahwa robot ini cocok digunakan baik indoor maupun outdoor, tetapi pada bagian indoor anda salah jika membayangkan sebuah rumah.

Pada bagian indoor mungkin tidak dirumah seperti robot komersil lainnya, tetapi dilingkungan kerja seperti terowongan dan konstruksi bangunan besar lainnya. Karena pada beberapa video yang dirilis menunjukan kemampuan robot SPOT ini menjelajahi setiap lantai yang ada didalam sebuah gedung.

Full Customization

Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat
Robot SPOT dapat membuka pintu dengan diberi alat tambahan

Robot Spot ini sebenarnya memiliki desain yang sangat basic atau standard, intinya SPOT dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Namun dari desain inti tersebut pengguna dapat memprogram dan menambahkan berbagai macam asesori di badan robot Spot ini.

Sebagai contoh, tim dari Boston Dynamics menambahkan sebuah alat yang berbentuk tangan yang dapat beroperasi dan juga diprogram untuk aktif secara bersamaan. Dan sebagai contoh, setelah mendapatkan 'tangan' robot Spot dapat membuka pintu dan melewati pintu tersebut tanpa bantuan.

Selain 'tangan' tambahan anda juga dapat menambahkan alat lain tentunya sesuai kebutuhan. Contohnya kamera scanner (diluar kamera yang sudah tertanam) untuk dapat memetakan sebuah ruangan, atau alat lainnya.

Selain itu, anda juga dapat menambahkan tidak hanya satu alat, tetapi 2 alat yang berbeda sekaligus pada satu robot SPOT ini. Jadi anda bisa mengkombinasikan tangan robot dan kamera canggih. atau kombinasi apapun sesuai kebutuhan saat itu.

Programmable

Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat
Setiap unit Robot SPOT dapat diberi tugas yang berbeda - beda
Selain dapat ditambahkan alat - alat lain sesuai kebutuhan, anda juga dapat memprogram ulang robot ini sesuai kebutuhan. 

Di minggu pertama mungkin anda ingin robot spot untuk melakukan inspeksi semua ruangan di sebuah bangunan atau gedung. Di minggu berikutnya mungkin anda ingin robot ini memindahkan tumpukan batu yang berserakan. 

Semuanya hal tersebut dapat dilakukan karena robot SPOT ini sangat flexible terhadap perintah atau program yang dibuat oleh pemilik atau teknisi.

Spesifikasi robot SPOT Military Grade?

Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat
  • top speed 3 mph (1.6 M/S)
  • average runtime 10 minutes
  • camera enable 360 degree obstacle avoidance
  • 2 payload ports
  • swappable battery
  • operates in -20 C to 45 C
  • IP54 rain and dust protected
  • carries up to 14 kg

Dengan spesifikasi diatas banyak yang menganggap bahwa robot SPOT ini sangat mungkin untuk digunakan oleh pihak militer untuk dijadikan tentara robot.

Banyak komentar di video Youtube milik Boston Dynamics yang mengaitkan kemampuan - kemampuan robot tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak - pihak lain untuk berbuat jahat. Banyak juga yang mengaitkan juga ini adalah awal mula SkyNet seperti di film Terminator.

Sebenarnya pihak Boston Dynamics juga telah membuat pernyataan yang cukup jelas tentang penggunaan robot - robot yang mereka ciptakan. Pihak Boston Dynamics mengklaim bahwa mereka tidak akan menjual robot untuk pihak yang ingin berbuat jahat.

Sehebat apapun kita menolak, teknologi akan terus berkembang. Meskipun digunakan oleh pihak militer kalau untuk tujuan baik pastinya tidak ada yang akan melarang. Begitu juga jika masyarakat biasa menggunakan robot ini untuk tujuan buruk maka sampai kapanpun tidak akan dibenarkan.

Target pasar robot SPOT

Robot SPOT - Siap untuk Pekerjaan Berat
Sebenarnya pihak Boston Dynamics juga telah menyebutkan target pasar mereka sebagai pengguna robot SPOT ini. Setidaknya ada tiga bisnis atau industri yang ingin mereka masuki, yaitu bisnis konstruksi, Oil and gas, dan Public safety.

Sangat beralasan karena ketiga bisnis tersebut sangat rentan terhadap resiko kecelakaan yang dapat membahayakan karyawan yang bekerja. Tentunya dengan menggunakan robot SPOT ini, diharapkan setidaknya mengurangi resiko jatuhnya korban luka ataupun meninggal dunia.

Lalu bagaimana menurut anda tentang robot SPOT ini? apakah anda punya usulan bisnis lain yang dapat dimasuki robot seperti ini? 

Semoga tulisan mengenai robot SPOT ini bermanfaat! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!


Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!