Beranda
Automotive
Formula 1
McLaren
News
Social Media
X
Kontroversi Bianca Bustamante Karena Like Tweet di Social Media X (Tidak sengaja)

Kontroversi Bianca Bustamante Karena Like Tweet di X (Tidak sengaja)

Kurang dari 24 jam setelah Bianca Bustamante menekan tombol like, namanya langsung trending di kalangan penggemar balapan Open-wheel di Social Media X. Like bukan sembarang like, like yang diberikan oleh pembalap asal Filipina ini membuat geram banyak orang karena dianggap mendukung Ableism.

Bagi Anda yang belum tahu, Ableism (juga dikenal sebagai disablisme, anapirofobia, anapirisme, dan diskriminasi disabilitas) adalah diskriminasi dan prasangka sosial terhadap penyandang disabilitas dan/atau orang yang dianggap sebagai difabel (Wikipedia).

Baca juga: Cara Terjemahkan Otomatis Video Bahasa Asing Ke Indonesia di X (Twitter)

Apa yang telah Bianca lakukan hingga mendapat tuduhan serius seperti ableism?

Di kalender saya, tanggal 27 December 2023, terlihat nama Bianca, Stroll dan McLaren sudah mulai trending di sosial media X. Setelah saya cari tahu ternyata hal ini karena akun X Bianca Bustamante (@racerbia) menyukai (like) satu tweet atau postingan di X yang menunjukan dukungan terhadapnya namun didalam tweet yang sama terdapat juga sebuah hinaan terhadap Lance Stroll yang dianggap tidak pantas (ableism).

Performa Lance Stroll saat ini mungkin sedang menurun dan membuat banyak pihak kecewa, tetapi hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk menghina pembalap Aston Martin ini seenaknya, tetap ada batasan yang tidak boleh dilewati.

Seorang pengguna X dengan nama akun fletcher silberg (saya tidak bisa menemukan username nya di X) membuat postingan atau tweet yang membela Bianca Bustamante yang dinilai overrated, namun didalam postingan yang sama dia juga memberikan perbandingan dengan Lance Stroll ia beri gelar tidak pantas (autis).

"how can you say she's overrated when you have people who buy there way into the sport like autism stroll who have talent but if they didn't have daddy's money whould be replaced instantly, like don't say overrated till she gets her shot.." - fletcher silberg (maybe not real name) on X

Kontroversi Bianca Bustamante Karena Like Tweet di Social Media X (Tidak sengaja)

Tweet diatas (dari fletcher silberg) sekarang sudah dihapus namun sebelum dihapus, postingan tersebut di like oleh Bianca Bustamante yang kemudian diklarifikasi oleh Bianca bahwa dia tidak berniat memberikan like kepada postingan tersebut alias "tidak sengaja kepencet like".

Namun sebelum Bianca memberikan klarifikasi, banyak penggemar balap di X sudah memberikan ekspresi kekecewaan mereka terhadap tindakan yang dilakukan olehnya tersebut. Seperti akun dibawah ini yang sudah mendapatkan banyak reply, like, dan retweet.

Terlihat dari tweet kekecewaan diatas, Bianca sepertinya tidak langsung megnhapus like (unlike) postingan yang menjadi bahan perbincangan. Mungkin karena dia sedang diperjalanan atau sibuk kita tidak tahu yang pasti memberikan cukup waktu untuk para pengguna X membicarakannya hingga trending.

Bianca Bustamante akhirnya memberikan klarifikasi

Didalam klarifikasi ini Bianca langsung meminta maaf dan memberikan penjelasan bahwa dia langsung menghapus like (unliked) terhadap postingan tersebut. Bianca juga menjelaskan bahwa dia juga memiliki saudara laki - laki dengan autisme dan tidak akan pernah mendukung praktek ableism seperti yang ditunjukan oleh postingan tersebut.

Didalam klarifikasi tersebut Bianca juga meminta maaf kepada Lance Stroll dan semua pihak yang tersinggung. Bianca menegaskan bahwa ini adalah kesalahan yang tidak disengaja.  

"I truly deeply apologise. I own up to my mistakes having liked an inappropriate tweet, I can't believe all the people whom I have hurt. I was scrolling and I accidentally liked the tweet, once I discovered that later on, I immediately unliked it. As someone who grew up with my only brother having Autism, I completely understand the challenges faced by anyone that is Autistic. I would never in a million years support Ableism at any level, let alone support an Ableist tweets against a fellow driver. I take the topic of Autism very seriously and very personal. To Lance Stroll and anyone that this has offended, I sincerely apologize as these types of comments is something that I do not support. I hope the racing community understands this is 100% an accident, my cincerest apologies for this big mistake.​" -Bianca Bustamante via. X

Setelah memberikan klarifikasi diatas, Bianca juga memposting sebuah video di sosial media X dimana disana terlihat interaksi antara Bianca dan saudara laki - laki nya yang memiliki kondisi autisme. Didalam video tersebut juga diberikan caption berikut ini: "I rarely share so much about my personal life. But if there’s one thing that kept me going, it was my brother... And truly I’m sorry to the whole Autism community." -Bianca Bustamante via X.

Bukan kejadian pertama?

Seorang akun bernama clara (@leclercsletters) berkomentar bahwa ini bukan pertama kalinya Bianca menyukai postingan yang memojokan Lance Stroll. Setidaknya ada dua tweet yang disukai oleh Bianca di X yang membahas dan menyindir Stroll di balapan F1.

"also this not being the first time she has liked tweets about lance? why is she targeting only him? f1 is a sport all about money, shocking. it's just disappointing to see that" (@leclercsletters)

Bagi orang biasa mungkin hal ini tidak akan jadi masalah, namun bagi seseorang yang sudah mempunyai nama dan tanggung jawab sebagai public figure seperti Bianca Bustamante, hal ini akan menjadi masalah besar karena sebagai seorang pembalap yang sudah dikenal Bianca mempunyai tanggung jawab sosial dan harus menjaga nama baiknya dan juga semua pihak (sponsor) yang mendukungnya.

Ssaat ini Bianca sudah menjadi pembalap resmi untuk tim McLaren di balapan F1 Academy, jadi dia memiliki tanggungjawab untuk menjaga nama baik tim yang menaunginya yang juga membalap di balapan utama Formula 1.

Semoga dengan kasus ini, kita semua bisa belajar untuk lebih bertanggungjawab dan berhati - hati dengan semua tindakan baik di dunia nyata maupun di dunia digital seperti sosial media.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!