Sedang Viral, Apa arti dari "Dentist" di Dunia Balap Mobil?

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Automotive
News
Sedang Viral, Apa arti dari "Dentist" di Dunia Balap Mobil?
Sedang Viral, Apa arti dari "Dentist" di Dunia Balap Mobil?

Jika anda penggemar balapan mobil maka anda pasti pernah minimal sekali melihat komentar dengan menggunakan kata "dentist". Dentist yang dimaksud disini adalah bukan dokter gigi, melainkan sebuah julukan untuk seorang pembalap yang bisa mengikuti berbagai kompetisi namun memiliki skill balap yang biasa saja.

Saya sendiri sangat penasaran begitu melihat banyak kata "Dentist" di kolom komentar sebuah channel balap yang saat itu sedang menayangkan balapan secara live di sirkuit Monza, Italia. Di dalam komentar terbut ada beberapa yang menuliskan kata dentist.

Akun lain pun ada yang bertanya tentang istilah dentist ini, dijelaskan bahwa kata - kata "Dentist" itu ditujukan untuk seorang driver yang menggunakan kekuatan finansial untuk ikut di kompetisi balap mobil namun kemampuan atau skill balapnya biasa saja.

Asal - usul kata "Dentist" di dunia balap mobil

Seorang YouTuber bernama "Jardier" (@JaroslavHonzik) bertanya di sosial media Twitter tentang asal - usul dari istilah "dentist" berasal. Dan beberapa jawaban pun mulai bermunculan. Satu akun menyebutkan bahwa istilah tersebut mulai ramai digunakan saat balapan IMSA Mobil 1 12 Hours of Sebring 2023.

Anybody have link to where real life LMP3 class got that "dentist" nickname? I cant remember where it originates 😅 - Jardier (@JaroslavHonzik)

Dan beberapa orang pun menjawab dengan kejadian yang sama, yaitu momen dimana sebuah mobil LMP3 menabrak mobil Hypercar saat semua mobil melaju pelan karena berada berada dibelakang safety car. Mobil LMP3 tiba - tiba saja menabrak bagian belakang mobil Hypercar dan membuat kedua mobil rusak hingga perlu dilakukan perbaikan didalam pit. 

Dari kejadian tersebut terlihat mobil LMP3 mencoba untuk menyusul semua mobil karena ingin melakan unlap (agar jumlah lap mengikuti pemimpin balapan) namun pengemudi Lmp3 terlihat abai dengan kondisi di sekitar mobil dan akhirnya menabrak mobil Hypercar didepannya yang seharusnya bisa dengan mudah dihindari.

Pengendara Lmp3 tersebut lalu dijuluki sebagai "Dentist" karena dia dianggap tidak memenuhi kriteria seorang pembalap sejati. Dia dianggap menggunakan kekayaannya untuk dapat mengikuti balapan tersebut, bukan karena kemampuan membalapnya.

Dokter gigi beneran yang membalap?

Lalu kenapa menggunakan istilah "Dentist" ? Kenapa tidak menggunakan profesi lain?. Menurut informasi yang beredar di Internet, terutama dari kalangan penggemar balapan, sebelum balapan IMSA di Sebring tahun ini, memang ada seorang dokter gigi yang juga menjadi pembalap.

Namun dokter gigi tersebut nampaknya membuat sebuah kekacauan saat balapan hingga membuat rugi pembalap lainnya. Sejak saat itu setiap pembalap yang membuat kekacauan atau tidak menunjukan skill sebagai seorang pembalap sejati, dijuluki sebagai "Dentist".

Sampai saat ini saya belum menemukan siapa nama pembalap tersebut yang juga berprofesi sebagai dokter gigi. Jika saya menemukannya saya pasti akan update informasi tersebut disini!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!