Cara Menambahkan Jadwal Formula 1 di Kalender HP Otomatis Update Setiap Tahun

Cara Menambahkan Jadwal Formula 1 di Kalender HP Otomatis Update Setiap Tahun

Berikut ini adalah cara install jadwal Formula 1 di kalender HP dan akan melakukan update otomatis setiap tahunnya. Bukan hanya akan melakukan update setiap tahun, bahkan jika ada perubahan jadwal mendadak pun sistem akan mengikuti jadwal terbaru dari official F1.

Cara menambahkan jadwal Formula 1 ke kalender HP sangat mudah. Pertama kita harus mendapatkan link atau file dengan format ics kemudian kita install atau sinkronisasi jadwal resmi dari internet tersebut ke aplikasi kalender yang terhubung dengan akun Google (Android) atau Apple (iOS).

Cara ini bisa diterapkan baik di iOS (iPhone) ataupun Android, yang penting pemilik acara menyediakan file atau kalender yang bisa terintegrasi dengan Apple/Google calendar. Pada contoh ini kita akan melakukan download file atau membuka link khusus yang disediakan oleh official F1 agar kita bisa menambahkan jadwal resmi di kalender di HP.

Jadwal balapan Formula 1 di aplikasi kalender di HP ini juga akan otomatis melakukan update atau pembaruan setiap tahun, jadi kita tidak perlu repot mengganti jadwal balapan setiap tahun. Jika ada jadwal yang dirubah atau dibatalkan, di kalender pun akan ada pemberitahuan atau perubahan jadwal menyesuaikan dengan jadwal yang baru.

Baca juga: Cara Beli Paket Vidio Platinum F1 Diskon 50% di JD.ID

Cara menambahkan Jadwal Formula 1 di HP (via Browser)

Cara ini bisa diterapkan baik di PC maupun di HP, yang penting komputer atau smartphone yang anda gunakan mempunyai aplikasi browser dan koneksi internet. Mungkin ada beberapa perbedaan di tampilan karena menyesuakan dengan ukuran layar, tapi pada prinsipnya semua langkahnya sama.

Bagi anda yang lebih banyak menggunakan layar komputer /PC dari pada HP cara ini bisa membantu mempercepat proses penambahan jadwal karena setelah cara ini berhasil dilakukan, jadwal balap juga akan otomatis muncul di kalender di HP /smartphone anda.

  1. Silahkan buka browser lalul lanjutkan dengan membuka halaman Gmail.com
  2. Silahkan login ke email yang anda gunakan di aplikasi Gmail di HP.
  3. Selanjutnya silahkan buka halaman website official formula 1 (formula1.com) di tab baru
  4. Pada halaman utama website Formula 1 silahkan buka/pilih menu >Schedule (di tampilan HP mungkin anda perlu klik tombol Menu (tiga garis berjejer) terlebih dahulu agar bisa membuka halaman Schedule). Jika halaman schedule sudah terbuka, silahkan klik tombol > SYNC CALENDAR (biasanya ada di dibagian kanan layar) kemudian menu pop-up akan muncul, silahkan > pilih platform yang anda gunakan (Apple/Google/Outlook), pada contoh ini saya menggunakan HP Android, jadi saya pilih Google.
  5. Sistem akan otomatis membuka halaman Google Calendar di Tab baru, kemudian akan muncul popup konfirmasi untuk menambahkan jadwal Formula 1 di kalender, silahkan klik tombol > Add (tambahkan). Jika berhasil item baru akan muncul di bagian Other calendars pada contoh ini diberi nama "2022 FIA Formula One World Championship Race Calendar".
  6. Silahkan periksa isi kalender, jika berhasil semua ranngkaian acara di setiap balapan formula 1 akan muncul sesuai tanggal resmi nya, seperti jadwal Latihan Bebas, Kualifikasi, Sprint Race, Main Race. dll.
Saya pribadi menggunakan cara ini dan sampai sekarang tidak pernah ada masalah. Sudah mau 3 tahun dan jadwal balapan selalu update otomatis setiap tahunnya.

Baca juga: Kenapa Tim Mercedes Keluar dari Formula E Setelah Tahun 2022? 

Jadwal sudah terpasang tapi tidak muncul di kalender HP?

Jika anda sudah berhasil menambahkan jadwal Formula 1 melalui browser namun di HP anda tidak muncul jadwal yang sama, anda harus melakukan penyelarasan /syncronization data dari jadwal Formula 1 yang baru saja ditambahkan. Untuk langkah - langkahnya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Pada aplikasi Calendar di HP silahkan klik tombol > Menu (icon tiga garis di kiri-atas), kemudian pilih menu > Settings (pengaturan)
  2. Silahkan scroll dan cari item kalender formula 1, biasanya bernama "FIA Formula One Championship Race Calendar". Klik item tersebut hingga muncul halaman pengaturan item, silahkan klik/aktifkan pada bagian > Sync.
  3. Jika berhasil, jadwal formula 1 untuk satu tahun kedepan akan muncul di dalam kalender. Silahkan diperiksa lagi.

Cara menambahkan Jadwal F1 di HP (via File)

  1. Silahkan buka browser kemudian buka link berikut ini: https://www.formula1.com/calendar/Formula_1_Official_Calendar.ics
  2. Jika berhasil browser akan otomatis melakukan download file khusus untuk aplikasi calendar di HP. File tersebut berisi jadwal formula 1 untuk satu musim /satu tahun kedepan.
  3. Jika file sudah berhasil di download silahkan klik/buka file tersebut, di Smartphone pada umumnya jika file tersebut di klik/dibuka akan muncul menu pop-up dan meminta kita untuk memilih aplikasi yang akan kita gunakan, silahkan pilih aplikasi > Calendar.
  4. Sistem akan otomatis membuka aplikasi kalender kemudian akan muncul popup konfirmasi apakah kita benar ingin menambahkan jadwal pada file tersebut? Silahkan konfirmasi dengan klik tombol Ya/Tambahkan.
  5. Jika berhasil, semua jadwal balapan formula 1 untuk satu tahun kedepan akan muncul lengkap dengan jadwal latihan bebas, kualifikasi, dan sprint race (jika ada).

Baca juga: Berapa Harga Game iRacing untuk Pemula? 

Bagaimana dengan perbedaan zona waktu di setiap balapan?

Zona waktu yang digunakan didalam kalender F1 menyesuaikan dengan zona waktu di HP. Jadi jika kita berada di zona waktu Indonesia, maka semua jadwal yang ada di dalam kalender akan menggunakan zona waktu Indonesia.

Misalnya, balapan Formula 1 di British GP (Silverstone, UK) dijadwalkan pada pukul 15:00 - 17:00 waktu setempat, namun di Indonesia waktu tersebut sama dengan jam 21:00 - 23:00. Maka yang ditampilkan di kalender adalah jam 21:00 - 23:00, menyesuaikan dengan zona waktu pemilik smartphone.

Jadi, jangan bingung lagi ya, jika di kalender berbeda dengan yang ditulis di poster instagram/tiktok atau berita lainnya, karena poster tersebut biasanya mengacu pada waktu lokal tempat balapan berada, sedangkan di kalender menunjukan waktu di negara pemilik smartphone.   

Sudah ganti musim kok jadwal yang baru belum ada? Padahal di website official sudah ada.

Biasanya jika di kalender website sudah tayang jadwal untuk musim baru, di kalender HP pun harusnya juga berubah. Namun update di kalender HP bisa juga telat, hal ini juga terjadi saat pergantian musim tahun 2021 ke 2022, dimana sudah memasuki race week tetapi kalender balapan F1 di HP belum update.

Namun, saat sudah masuk waktu kualifikasi, kalender pun sudah update dengan jadwal musim baru. Hal ini menurut saya pribadi merupakan hal teknis saja di tim formula 1, mungkin mereka lupa update atau memang sengaja di update di menit - menit terakhir. 

Alternatif jika cara di atas tidak bisa

Jika anda tidak sabar untuk mendapatkan jadwal formula 1 yang baru (karena biasanya jadwal dari official update di menit - menit akhir) atau ingin juga menambahkan jadwal tambahan lainnya seperti Formula 2, F3, W Series, Indycar, dll. Silahkan ikuti cara dibawah ini.

  1. Buka link berikut ini: https://f1calendar.com/generate
  2. Pada halaman website tersebut silahkan pilih jadwal apa saja yang anda ingin tambahkan seperti Free Practice, Qualifying, Sprint, Gand Prix (Race), dll.
  3. Selanjutnya, jika ingin menambahkan reminder sebelum race atau jadwal lainnya, silahkan aktifkan/ceklis bagian Set a reminder.
  4. Jika sudah yakin dengan pilihan - pilihan diatas, silahkan klik tombol > Get Calendar.
  5. Browser akan melakan download file calendar Formula 1 seperti cara diatas.
  6. Silahkan tambahkan file tersebut ke aplikasi kalender di HP (seperti cara diatas).
  7. Selesai. Jika berhasil jadwal formula 1 untuk satu tahun kedepan sudah bisa dilihat di aplikasi kalender di HP.  

NOTE: Saya belum pernah coba pakai file dari cara ini lebih dari satu musim, jadi belum tahu apakah jadwalnya juga ikut update (setiap tahun) atau harus download yang baru setiap pergantian musim. Tapi selebihnya sih sama dengan kalender dari official F1. 

Cara agar jadwal balapan muncul di notifikasi sebagai reminder

Secara default, jadwal balapan formula 1 yang ada di kalender hanya akan muncul di notifikasi pada jam yang sama dengan jadwal. Jadi jika kita lupa ada balapan di hari tersebut jam 8 malam, maka notifikasi juga akan muncul di jam 8 malam (tidak ada pengingat sebelum jadwal).

Jika ingin mendapatkan notifikasi pengingat seperti reminder silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Di aplikasi Calendar silahkan klik tombol > Menu (icon tiga garis di kiri-atas), kemudian pilih menu > Settings (pengaturan)
  2. Silahkan scroll dan cari item kalender formula 1, biasanya diber nama "FIA Formula One Championship Race Calendar". Klik item tersebut hingga muncul halaman pengaturan item
  3. Silahkan cari bagian Event notifications kemudian klik tulisan > Add notification. Akan muncul pengaturan notifikasi lanjutan.
  4. Pada pengaturan notifikasi lanjutan silahkan atur notifikasi sesuai kebutuhan seperti berapa menit/jam sebelum jadwal ingin diingatkan, anda juga bisa meminta notifikasi via email jika perlu.
  5. Selesai, sistem akan menyimpan pengaturan secara otomatis.

Apakah kalender bisa dibagikan ke orang lain?

Ya. File kalender yang telah di download diatas bisa langsung di copy atau dibagikan ke pengguna lain, dan pengguna lain hanya perlu menambahakn file tersebut ke aplikasi Google Calendar (jika menggunakan Android) yang ada di smartphonenya. Selanjutnya silahkan ikuti cara yang telah saya sebutkan diatas.

Jika anda menggunakan cara sinkronisasi (cara pertama) maka jadwal tidak bisa dibagikan ke pengguna lain karena kita tidak mempunyai file/data mentahan yang bisa dibagikan.

Bagaimana cara menghapus semua jadwal balapan dari kalender? 

Jika ingin menghapus semua jadwal balapan silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Di aplikasi Calendar silahkan klik tombol > Menu (icon tiga garis di kiri-atas), kemudian pilih menu > Settings (pengaturan)
  2. Klik item kalender formula 1 ("FIA Formula One Championship Race Calendar") hingga muncul halaman pengaturan item.
  3. Silahkan scroll ke bagian bawah dan pada pilihan Remove calendar silahkan klik tulisan > Unsubscribe.
  4. Selesai, jika berhasil semua jadwal formula 1 akan hilang dari kalender di HP anda.

Bagaimana cara menambahkan jadwal resmi kejuaraan / olah raga lain?

Cara ini sebenarnya bisa diterapkan di semua kegiatan atau jadwal apapun, termasuk seri balapan apapun, olahraga apapun, bahkan acara apapun, yang penting kita memiliki link atau file ke jadwal kejuaraan tersebut.

Sebagai contoh, jika saya ingin menambahkan jadwal pertandingan klub bola Real Madrid maka saya akan buka website resmi real madrid dan cari pilihan untuk menambahkan jadwal pertandingan ke kalender di HP (seperti cara diatas).

Semoga tulisan mengenai cara menambahkan jadwal formula 1 di kalender HP ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,3,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,17,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,51,Formula 1,8,Formula E,2,Games,44,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,70,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,251,OPPO,1,Peraturan,8,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,285,Toko Online,51,Tutorial,321,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,18,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Menambahkan Jadwal Formula 1 di Kalender HP Otomatis Update Setiap Tahun
Cara Menambahkan Jadwal Formula 1 di Kalender HP Otomatis Update Setiap Tahun
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhpHEPma5aS8NKZp9AaLyV4xtoWXy0eCTtlGErXJpQfr6JpBTd10oqXvRbz_QROmxccgV1V2bZTfgNPB7X8NJRM5iwBQDoLcaXZPJAfqfFC8WkabbZjZEj--BsOK_tOD2W86Mx2LT7Pst3_e-kjeG1JY6VDojc4_3xYmgfbX1Fwvof7-KCX4g6gfzj0A/w640-h356/Cara%20Menambahkan%20Jadwal%20Formula%201%20di%20Kalender%20HP%20Otomatis%20Update%20Setiap%20Tahun.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhpHEPma5aS8NKZp9AaLyV4xtoWXy0eCTtlGErXJpQfr6JpBTd10oqXvRbz_QROmxccgV1V2bZTfgNPB7X8NJRM5iwBQDoLcaXZPJAfqfFC8WkabbZjZEj--BsOK_tOD2W86Mx2LT7Pst3_e-kjeG1JY6VDojc4_3xYmgfbX1Fwvof7-KCX4g6gfzj0A/s72-w640-c-h356/Cara%20Menambahkan%20Jadwal%20Formula%201%20di%20Kalender%20HP%20Otomatis%20Update%20Setiap%20Tahun.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/03/cara-menambahkan-jadwal-formula-1-di-Kalender-HP-Otomatis-Update.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/03/cara-menambahkan-jadwal-formula-1-di-Kalender-HP-Otomatis-Update.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content