Dijanjikan 100 Balapan, Otmar Szafnauer Dipecat Alpine di balapan ke 35

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Automotive
Formula 1
News
Dijanjikan 100 Balapan, Otmar Szafnauer Dipecat Alpine di balapan ke 35
Dijanjikan 100 Balapan, Otmar Szafnauer Dipecat Alpine di balapan ke 30

Kabar mengejutkan datang dari tim F1 Alpine, Otmar Szafnauer dan Alpine sepakat untuk berpisah. Alpine mengumumkan bahwa posisi Otmar sebagai tim prinsipal akan digantikan oleh Bruno Famin mulai DutchGP.

Otmar baru bergabung dengan tim Alpine mulai awal tahun 2022 namun di pertengahan musim 2023 ini Otmar harus angkat kaki dari tim asal prancis tersebut. Umur yang tidak lama untuk jabatan sebgai tim prinsipal.

BWT Alpine F1 Team announces today it will part ways with Team Principal Otmar Szafnauer by mutual agreement following the 2023 Belgian Grand Prix. -Alpine

Sebelum Belgian GP dimulai, Alpine mengumumkan lewat team announcement bahwa mereka akan berpisah (tidak melanjutkan kerjasama) dengan Otmar Szafnauer. Alpine F1 Team mengumumkan bahwa Otmar Szafnauer akan berhenti menjadi Tim Prinsipal Alpine setelah Belgian GP.

Otmar akan tetap bekerja normal sebagai tim prinsipal di Belgian GP namun setelah itu akan digantikan sementara oleh Vice President Alpine Motorsports, Bruno Famin. Bruno akan menjadi interim team principal Alpine sampai mereka menemukan pengganti Otmar Szafnauer.

Otmar Szafnauer Dijanjikan 100 balapan oleh Alpine

Sebelumnya memang ada isu tentang pemberhentian Otmar sebagai tim prinsipal Alpine, namun Otmar langsung membantahnya. Otmar mengaku bahwa dia dijanjikan setidaknya 100 balapan untuk membawa tim Alpine menjadi tim papan atas dan mulai memenangkan balapan.

Dari informasi tersebut sudah jelas bahwa Otmar ingin bertahan di Alpine sebagai Tim Prinsipal namun pihak Alpine sepertina mempunyai rencana lain. Jadi sangat jelas bahwa pihak Alpine yang ingin mengakhiri kerjasama antar mereka dan julukan dipecat secara halus sangat layak untuk kondisi ini.

Kabar pemecatan Otmar ini mulai ramai dibicarakan setelah Laurent Rossi, orang yang mempekerjakan Otmar di Alpine, berpisah dengan Alpine. Saat ditanya oleh media, Otmar sangat yakin bahwa hal tersebut tidak berpengaruh terhadap masa depannya di Alpine karena selain Rossi, ada Luca de Meo yang masih bekerja di Alpine.

Otmar sangat yakin bahwa dia tidak akan diganti karena Luca de Meo yang meyakinkannya untuk gabung ke Alpine masih ada bekerja untuk Alpine dan konsep proyek 100 balapan itu juga Luca de Meo yang mempresentasikannya kepada Otmar.

Namun akhirnya balapan ke 35 (Belgian GP) akan menjadi balapan terakhir Otmar sebagai tim prinsipal Alpine. Maka dari itu sepertinya team statement tersebut hanya sebuah formalitas, karena sangat jelas bahwa Otmar tidak ingin melepaskan jabatannya di Alpine namun faktanya sekarang mereka tidak melanjutkan kerjasama tersebut.

“Ya, dia (Laurent Rossi) memang yang mempekerjakan saya, tetapi Luca juga mempekerjakan saya, dan Luca de Meo-lah yang akhirnya duduk bersama saya dan meyakinkan saya untuk bergabung dengan proyeknya.

“Dan proyeknya adalah proyek Alpine dengan rencana 100 balapan, dan saya pikir kami masih ada di 30 balapan. Jadi kami masih memiliki 60 balapan lagi, dan itu masih tiga tahun lagi untuk mulai menang (balapan).

"(proyek) Ini membutuhkan waktu. Telah menyita waktu semua orang. Saya tahu Luca adalah orang yang memegang kata-katanya, dan dia menjanjikan kepada saya 100 balapan untuk mulai menang, dan terkadang Anda mundur setengah langkah untuk maju dua langkah.

“Jadi saya tidak khawatir, Luca akan menepati janjinya dan memberi saya waktu 100 balapan yang dibutuhkan.” -Otmar Szafnauer

Bukan hanya Otmar yang diganti

Selain Otmar, Sporting Director Alpine, Alan Permane juga akan berpisah dengan Alpine setelah bekerja dengan mereka selama 34 tahun. Alpine menunjuk Julian Rouse, Alpine Academy Director, sebagai pengganti Alan di posisi Sporting Director.

Selain itu ada juga Pat (Patrick) Fry yang akan berpisah dengan tim asal Prancis ini, Fry dikabarkan akan melanjutkan karis di tim lain di F1.

"Otmar akan melanjutkan tugasnya seperti biasa untuk balapan akhir pekan ini di Belgia, sebelum meninggalkan tim menjelang liburan musim panas. Tim mengucapkan terima kasih kepada Otmar atas kerja kerasnya selama 18 bulan terakhir dan telah memimpin tim dalam meraih posisi keempat di Kejuaraan Konstruktor 2022. Tim mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan.

"Tim juga dapat mengonfirmasi akan berpisah dengan Sporting Director Alan Permane melalui kesepakatan bersama. Alan juga akan melanjutkan perannya akhir pekan ini di Belgia sebelum meninggalkan Alpine jelang libur musim panas. Setelah 34 tahun yang luar biasa di Enstone, tim mengucapkan terima kasih kepada Alan dan mendoakan yang terbaik untuk kiprahnya di masa depan.

"Tim juga mengumumkan bahwa Pat Fry akan meninggalkan tim untuk melanjutkan karirnya di Formula 1 di tempat lain.

"Bruno Famin, VP, Alpine Motorsports, akan mengambil peran Kepala Tim Sementara Tim BWT Alpine F1 dari Grand Prix Belanda dan seterusnya. Alpine Academy Director saat ini Julian Rouse ditunjuk sebagai Sporting Director sementara, dengan Matt Harman memimpin tim teknis di Enstone. Baik Julian dan Matt akan melapor ke Bruno Famin." -BWT Alpine F1 Team

Alpine restrukturisasi besar - besaran setelah kehilangan Oscar Piastri

Setelah kehilangan Oscar Piastri, Alpine terlihat benar - benar kebingunan. Oscar adalah talenta muda yang disiapkan oleh Alpine sebagai pengganti Alonso untuk tahun 2023, namun kepergian mendadak Fernando Alonso ke Aston Martin di tahun 2022 membuat Alpine harus segera mengumumkan penggantinya.

Sayangnya Oscar telah menandatangani kontrak dengan McLaren untuk tahun 2022 dan Alpine terpaksa harus merekrut driver lain. Kekacauan ini tidak akan terjadi jika Alpine lebih dulu memperpanjang kontrak dengan Oscar Piastri sebelum kontraknya habis dan akhirnya disalip oleh McLaren.

Hal ini juga memberikan citra buruk kepada Otmar yang saat itu sudah menjadi tim prinsipal Alpine. Otmar dianggap melakukan kesalahan fatal dengan menyepelekan perpanjangan kontrak Piastri sehingga talenta muda tersebut sekarang membalap untuk tim lawan.

Setelah kekacauan itu terjadi, Alpine memulai restrukturisasi besar - besaran dengan mengganti beberapa posisi penting di tim sampai akhirnya Otmar juga menjadi salah satu korban restrukturisasi ini.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!