Tidak Mau Rugi, Alpine Akan Bawa Oscar Piastri ke Jalur Hukum

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Formula 1
McLaren
News
Tidak Mau Rugi, Alpine Akan Bawa Oscar Piastri ke Jalur Hukum
Tidak Mau Rugi, Alpine Akan Bawa Oscar Piastri ke Jalur Hukum

Alpine F1 Team Akan Menuntut Oscar Piastri ke jalur hukum karena merasa dirugikan oleh mantan juara 1 Formula 2 2021 tersebut. Diberitakan oleh Reuters, Alpine merasa sudah berinvestasi besar terhadap karir dan perkembangan Oscar Piastri.

Tidak mau rugi, Alpine akan bawa Oscar PIastri ke jalur hukum dan akan meminta pembalap Australia tersebut untuk membayar kompensasi sebagai pengganti semua fasilitas dan investasi yang telah Alpine berikan selama ini.

90% Kemungkinan kami akan mengambil jalur hukum, dan itu yang akan kami lakukan. -Otmar Szafnauer

Oscar Piastri belum lama ini membuat pengumuman mengejutkan tentang masa depannya di Alpine, Oscar menegaskan bahwa dia tidak akan membalap untuk tim Alpine tahun 2023. Belakangan diketahui bahwa Oscar akan membalap untuk tim McLaren

Kabar ini membuat tim Alpine seperti tidak profesional karena sesaat sebelumnya Alpine mengumumkan bahwa Oscar Piastri akan mengisi kursi pembalap di Alpine mulai tahun 2023.

Baca juga: Polemik FIA dan Formula 1 Tentang Andretti-Cadillac Gabung F1

Alpine Akan Bawa Oscar Piastri ke Jalur Hukum, Minta Refund

Secara tidak langsung, Otmar Szafnauer memberikan kesan bahwa tim Alpin ingin meminta refund atau uang kembali kepada Oscar Piastri. Alpine meminta semua fasilitas yang telah diterima oleh Oscar Piastri dikembalikan dalam bentuk uang atau mungkin kesepakatan lainnya.

Otmar mengatakan bahwa tim yang ada di Prancis (kantor pusat Alpine) mengindikasikan bahwa mereka sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk bertemu pihak Oscar di meja hijau setelah jeda musim panas usai.

Walaupun terlihat seperti tidak mau rugi, tetapi permintaan Alpine ini sangat wajar. Tim Alpine telah mengeluarkan banyak biaya dan memberikan berbagai fasilitas kepada Oscar Piastri untuk memastikan dia siap jika pada waktunya dia dibutuhkan di tim Inti atau menjadi driver utama.

"Kami belum bertemu dengan tim akuntan untuk menghitung apa saja yang telah kita keluarkan (untuk Oscar Piastri). Kita harus menghitungnya terlebih dahulu jika nantinya kita mengambil jalur hukum," -Otmar Szafnauer

Walaupun musim ini Oscar hanya sebagai driver cadangan di Alpine, bukan berarti Oscar diam saja menunggu giliran. Alpine telah memberikan Oscar jam terbang dalam mengendarai mobil F1 di berbagai kesempatan. 

Baca juga: Asal - usul "Hammer Time" Lewis Hamilton di Tim Radio

Biaya latihan menggunakan mobil F1 tidak murah

Selain di simulator, Alpine juga sering memberikan Oscar kesempatan untuk membiasakan diri di mobil F1. Walaupun hanya berjudul "latihan", dana yang dikeluarkan oleh Alpine tidak sedikit. Untuk bahan bakarnya saja bisa sampai ribuan dolar, belum lagi biaya crew, biaya perjalanan, dll.

Semua fasilitas tersebut Alpin berikan kepada Oscar Piastri dengan harapan dia akan siap jika nanti membalap untuk Alpine di kasta tertinggi mobil formula (open-wheel).

Walaupun Oscar hanya bisa menggunakan mobil tahun lalu (2021), bukan berarti biayanya menjadi lebih murah. Untuk satu power unit mobil Formula 1 harga nya bisa mencapai 1.78 miliar dollar. 

Selain itu, Alpin juga harus mengeluarkan biaya untuk tim khusus dan mekanik untuk membantu Oscar Piastri latihan dengan mobil F1 kemarin. Belum termasuk biaya perjalanan, kendaraan, dan hotel untuk semua tim.

Baca juga: Max Verstappen Siap Kembali ke Netflix: Drive to Survive, Ini Syaratnya

Keributan ini gara - gara Fernando Alonso?

Semuanya memang terlihat berawal dari Fernando Alonso. Setelah Sebastian Vettel mengumumkan akan pensiun, Aston Martin segera mengumumkan Fernando Alonso sebagai driver pengganti Vettel. Hal ini membuat semua pihak terkejut, termasuk tim Alpine sendiri.

"Ya, saya mengetahui kepindahan Alonso dari media. Sebelumnya saya bertanya kepada Alonso dan dia bilang belum menandatangani apapun, jadi saya bisa dibilang sedikit terkejut" -Otmar Szafnauer

Perpindahan Fernando Alonso ke Aston Martin seperti "menggoyang" bursa transfer untuk driver Formula 1. Oscar Piastri dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan tim McLaren, Daniel Ricciardo dikabarkan akan diputus kontrak oleh McLaren.

Beberapa hari kemudian, tim Williams mengumumkan bahwa mereka memperpanjang kontrak Alex Albon. Williams juga sepertinya ingin buru - buru mengikat Alex Albon yang bisa saja memilih tim lain secara mendadak seperti Alonso.

Baca juga: Bukan Red Bull, Lando Norris Amankan Masa Depan dengan McLaren Racing Setelah 2025

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!