Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual

Berikut ini adalah cara install mod game BeamNG otomatis dan manual. Dengan cara ini kita bisa memasang atau menggunakan mod kendaraan, map,...

Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual

Berikut ini adalah cara install mod game BeamNG otomatis dan manual. Dengan cara ini kita bisa memasang atau menggunakan mod kendaraan, map, skenario, livery, dll di game mengemudi BeamNG. Ada beberapa cara yang akan kita bahas seperti Install mod manual, otomatis, dan juga troubleshooting jika ada masalah saat proses install mod.

Untuk install mod di game beamNG ini kita hanya perlu membuka halaman mod di website beamNG kemudian kita bisa pilih cara install mod tersebut. Diantaranya ada cara automatic install dan manual install. Untuk langkah detail atau cara lengkapnya silahkan lanjutkan membaca.

Game BeamNG terkenal dengan struktur fisiknya yang realistis sehingga sering digunakan untuk simulasi tabrakan atau skenario insiden di jalanan. Namun masih banyak lagi fitur yang bisa dinikmati selain simulasi tabrak - menabrak. Saya pribadi sangat menikmati mengendarai mobil di jalur offoad, atau mengendarai kendaraan berat seperti truk trailer.

Dari segi FFB (force feedback) game BeamNG ini juga lumayan detail dan enak dimainkan menggunakan steering wheel (setir game). Walaupun detail FFB masih kalah dengan game balap seperti ACC dan rFactor2, BeamNG punya banyak fitur yang bisa kita nikmati apalagi dengan tersedianya banyak mod resmi yang bisa kita gunakan.

Baca juga: Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain tanpa Install Ulang

Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual

Ada 3 cara yang untuk melakukan pemasangan atau install mod di game BeamNG ini. Anda tidak perlu mengikuti semua cara, tetapi silahkan pilih salah satu dari 3 cara dibawah ini yang menurut anda paling mudah untuk diikuti. 

Cara 1: Install Mod BeamNG Otomatis (In-game) 

  1. Buka atau mainkan game BeamNG seperti biasa
  2. Pada halaman menu utama (Main menu) di game silahkan pilih menu >Repository.
    Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual
    Halaman repository di game BeamNG menampikan banyak MOD yang bisa digunakan

  3. Silahkan cari dan pilih mod (mobil, map, dll) yang ingin di install
  4. Klik /buka mod yang ingin di install kemudian klik tombol >Subscribe yang ada di menu mod (biasanya terletak di bagian menu di kanan layar)
  5. Sistem akan otomatis melakukan download dan install mod. Setelah proses download dan install selesai, mod bisa langsung dibuka atau digunakan didalam game.

Cara 2: Install mod BeamNG via Web Repository

  1. Silahkan buka website resmi dari beamNG yang khusus menyediakan mod berikut ini: www.beamng.com/resources/
  2. Kemudian cari dan buka halaman mod yang ingin di install
    Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual
    Halaman website beamNG menampikan banyak mod yang bisa dipilih 

  3. Di bagian kanan halaman mod akan muncul 3 pilihan metode install, ada Subscribe, View Ingame, dan Download Now. Silahkan pilih metode install yang anda inginkan. Penjelasannya silahkan baca dibawah ini.
    • SUBSCRIBE: Ketika di klik sistem akan otomatis membuka game BeamNG di komputer kita kemudian akan lanjut subscribe dan download mod sekaligus install, sampai mod bisa dibuka di bagian konten dan langsung bisa dimainkan.
    • VIEW INGAME: Hampir sama seperti tombol Subscribe, tombol ini akan membuka game BeamNG dan membuka halaman mod yang dipilih. Namun tidak akan melakukan download dan install, kita harus klik tombol Subscribe (di game) agar mod terinstall.
    • DOWNLOAD NOW: Berbeda dengan 2 tombol diatas, jika kita klik tombol ini sistem (browser) akan melakukan download file mod (file mentahan berupa ZIP) dan kita harus melakukan install manual mod tersebut. Untuk cara install manual silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

Cara 3: Install mod BeamNG Manual

  1. Siapkan file ZIP mod yang ingin di install (jangan di extract). Jika belum tahu cara donwload file mod silahkan baca dulu cara diatas.
  2. Silahkan buka beamNG Launcher. (Jalankan aplikasi game seperti biasa namun JANGAN PILIH "Launch game").
  3. Pada halaman game launcher silahkan pilih >Manage User Folder kemudian pilih >Open in Explorer. Sistem akan membuka user folder untuk game BeamNG. Sebagai contoh di komputer saya sistem membuka halaman folder berikut ini: ...Username/AppData/Local/BeamNG.drive/0.24 (tergantung versi yang digunakan)
    Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual
    Tampilan User Folder yang berisi folder "mods"

  4. Silahkan buka folder >mods. Jika tidak ada folder mods silahkan buat folder baru dan rename menjadi "mods"
  5. Jika folder mods sudah terbuka silahkan pindahkan atau >Paste file ZIP (mod) yang ingin di install di folder mods ini. Bisa install sekaligus banyak.
  6. Selanjutnya silahkan jalankan game seperti biasa hingga halaman utama game terbuka.
  7. Silahkan buka menu >Mods Manager (jika tidak ada silahkan buka dulu menu "Repository" kemudian buka tab "Mods Manager") Jika berhasil disana akan terlihat mod yang baru saja kita tambahkan. Dan di halaman ini juga kita bisa melakukan Update, Enable,Disable mod.
  8. Terakhir silahkan coba jalankan/gunakan mod yang baru saja ditambahkan. Mod yang terinstall akan otomatis ditambahkan sesuai kategori, jadi jika anda install mod track (map) maka map baru tersebut akan muncul di pilihan map. Begitu juga dengan pilihan mobil, skenario, dll.

Baca juga: Cara Setting Shifter Logitech Menjadi 12 Speed di Euro Truck Simulator 2

Bagaimana jika mod tidak muncul di game BeamNG?

Berikut ini beberapa alasan kenapa mod yang anda coba install tidak bisa digunakan atau tidak muncul di halaman game.

  • Tipe file mod bukan berupa ZIP, melainkan EXE atau tipe lainnya. Pastikan file mod yang anda download memiliki filetype ZIP (file yang dikompresi), bukan EXE atau lainnya. Game BeamNG hanya menerima file berupa ZIP untuk di install, jika selain filetype ZIP dipastikan mod tersebut palsu dan bisa juga membawa virus yang berbahaya bagi komputer.
  • File mod yang dibuat tidak sesuai/tidak lengkap. Bisa jadi mod yang kita download isi nya tidak lengkap atau tidak sesuai dengan standar game, silahkan pilih sumber lain atau mod lain yang lengkap atau sesuai. 
  • Mod sudah kadaluarsa/rusak. Di halaman download mod biasanya terdapat status mod seperti Alpha, Beta, Experimental, Outdated, dan Unsupported. Pastikan tidak memilih mod dengan status "Outdated" dan "Unsupported".  
  • Mod tidak disimpan di folder yang benar. Pastikan anda menyimpan file mod di folder yang telah disebutkan diatas, untuk mengurangi resiko kegagalan saya sarankan untuk menamai folder "mods" sama persis (menggunakan huruf kecil semua).
  • Mod merubah file inti game. Hampir sama dengan file mod yang rusak atau tidak sesuai, mod yang anda install bisa jadi malah merubah file inti game dan mengakibatkan game tidak berjalan sempurna. Silahkan hapus mod dan ganti dengan mod lain.
  • Terjadi 'conflicting' antar mod. Mod yang baru diinstall tidak bisa dijalankan karena ada mod lainnya yang membuat sistem game "bingung" karena kedua mod saling mengganggu. Pastikan tidak ada mod yang tumpang tindih atau mirip - mirip.

Mengatasi game error karena install mod

Jika game menjadi error atau crash setelah memasang mod silahkan lakukan clear cache dengan ikuti cara dibawah ini.

  1. Jalankan Game Launcher (jika tidak tahu caranya silahkan baca bagian "Manual mod BeamNG Manual" diatas)
  2. Silahkan pilih >Support tools
  3. kemudian klik >Clear cache 
  4. Lanjut pilih >Standard cache cleaning. Proses ini bisa memakan waktu beberapa detik sampai beberapa menit, tergantung besar file cache di game BeamNG kita.
  5. Jika sudah selesai silahkan coba lagi mainkan game nya. Bila perlu silahkan lakukan restart komputer terlebih dahulu.
Jika cara diatas masih belum berhasil mengatasi masalah di game silahkan lakukan pengetesan sistem dengan cara Safe Mode. Untuk melakukan cek sistem game dengan safe mode silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.
  1. Buka Game Launcher (jika tidak tahu caranya silahkan baca bagian "Manual mod BeamNG Manual" diatas)
  2. Silahkan pilih/buka >Support tools
  3. Lanjut dengan pilih >Safe mode
  4. Setelah mangaktifkan fitur Safe mode silahkan jalankan game
  5. Jika game berjalan lancar, maka masalahnya ada di dalam "Userfolder" (bukan dari file inti game). Silahkan periksa file - file yang ada didalam folder "Userfolder", pastikan tidak ada file atau mod yang rusak.
  6. Jika game masih error atau crash, maka ada masalah di file inti game. Jika anda install via Steam, silahkan lakukan verifikasi file game (Verify integrity of game files). Jika masih error silahkan lakukan install ulang game.
Semoga tulisan mengenai cara install mod game BeamNG otomatis dan manual ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,5,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,25,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,53,Formula 1,17,Formula E,2,Games,48,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,73,Microsoft,24,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,263,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,291,Toko Online,51,Tutorial,328,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,14,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,20,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual
Cara Install mod Game BeamNG Otomatis dan Manual
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjKkt9Ezyq-VWbwN24wimTighUlF8e5BxH8q26A3Pn4szXL3UstyOxcppy0AmGEVIwII9cy139PWyNOa9jitGSfKIjeqTx_gCe80YCF4FsuwktLkTo0tKN7jJE7MpweZzmNHTBWJOq-zDRgmBdp56_8RPImKSImf4AtnTuWWIidp7SiRbJrCoMq6utq7A=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjKkt9Ezyq-VWbwN24wimTighUlF8e5BxH8q26A3Pn4szXL3UstyOxcppy0AmGEVIwII9cy139PWyNOa9jitGSfKIjeqTx_gCe80YCF4FsuwktLkTo0tKN7jJE7MpweZzmNHTBWJOq-zDRgmBdp56_8RPImKSImf4AtnTuWWIidp7SiRbJrCoMq6utq7A=s72-w640-c-h360
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/03/cara-install-mod-game-beamng-otomatis-manual.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/03/cara-install-mod-game-beamng-otomatis-manual.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content