Cara Transfer Saldo PayPal ke e Card JENIUS - Berapa Potongannya?

Cara Transfer Saldo PayPal ke eCard JENIUS - Berapa Potongannya?

Berikut ini adalah cara transfer saldo PayPal ke e Card Jenius. Lalu berapa persen potongan biaya untuk penarikan saldo ini? Apakah sama dengan potongan biaya withdraw ke bank lokal?. Berapa lama waktu penarikan dari Paypal ke Jenius? Apakah kita perlu verifikasi KTP terlebih dahulu? Semuanya akan dibahas di dalam tulisan ini.

Cara transfer saldo PayPal ke e Card Jenius sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menambahkan data kartu eCard Jenius kita sebagai kartu kredit /debit di akun PayPal selanjutnya kita bisa menggunakan fitur transfer funds dan memilih e-Card Jenius sebagai tujuan transfer atau tempat menerima saldo dari PayPal. Untuk detailnya silahkan baca langkah - langkah dibawah.

Setelah semua langkah telah diselesaikan, selanjutnya kita hanya menunggu uang masuk, pada pengalaman saya uang masuk sangat cepat, bisa juga dibilang instant, karena tidak sampai 1 menit uang yang saya kirim dari PayPal sudah masuk ke kartu e Card Jenius saya.

Baca juga: Cara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius

Perbedaan m-Card dan e-Card JENIUS

Sebelum lanjut ke langkah penarikan uang dari PayPal ke Jenius, bagi yang belum tahu, di akun Jenius ada 2 jenis kartu, ada m-Card dan e-Card. Untuk m-Card sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis kartu ATM di bank - bank konvensional, kita akan mendapatkan kartu m-Card secara fisik dan juga dapat menggunakannya di mesin ATM dan mesin 'gesek' kartu lainnya.

Sedangkan e-Card tidak memiliki bentuk fisik seperti kartu ATM pada umumnya. E-Card bersifat virtual dan hanya bisa digunakan untuk transaksi virtual seperti berbelanja online yang hanya memerlukan nomor kartu dan nomor konfirmasi saja. Intinya, semua transaksi yang tidak memerlukan kartu secara fisik, bisa menggunakan e-Card.

Dari segi keamanan, fitur e-Card ini sangat membantu dalam melindungi saldo utama yang ada di rekening Jenius kita. saldo di e-Card tidak bisa otomatis mengambil dari rekening Jenius kita. Kita sebagai pemilik harus mengisi saldo e-Card terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

Dengan begini, kita bisa mengisi saldo e-Card seperlunya saja. Jadi seandainya data kartu e Card kita dicuri atau dimanfaatkan oleh penipu, mereka hanya bisa menguras saldo yang ada didalam e-Card saja. Saldo yang ada di rekening Jenius tetap aman.

Baca juga: Cara Memindahkan Saldo dari kartu e-Card ke m-Card Jenius

Cara Transfer Saldo PayPal ke e Card JENIUS

  1. Login ke akun PayPal seperti biasa dan masuk ke halaman utama akun PayPal anda.
  2. Pada halaman utama akun PayPal silahkan Klik tombol > Link a Card or Bank. Jika sudah menambahkan akun e Card Jenius silahkan lewati langkah menambahkan Kartu Kredit ini.
  3. Selanjutnya silahkan pilih > Link a Credit Card. Tunggu hingga halaman pendaftaran kartu muncul.
  4. Silahkan masukan data kartu eCard Jenius anda di kolom yang muncul seperti Card number (nomor kartu Jenius (eCard)), Card type (Pilih tipe kartu), Expiration date (Waktu kadaluarsa), Security code (3 angka rahasia di belakang kartu), Billing address (alamat rumah), dll (jika ada).
  5. Jika sudah diisi semua silahkan periksa kembali, jika sudah yakin semua benar silahkan klik tombol > Link card.
    Cara Transfer Saldo PayPal ke eCard JENIUS - Berapa Potongannya?

  6. Silahkan buka akun jenius kamu, jika berhasil PayPal akan melakukan penarikan dana sekitar 2 USD (kurang lebih Rp 30.000,-) dari saldo di kartu Jenius, pastikan saldo cukup. Di detail transaksi juga akan dikirim 4 digit kode yang nantinya digunakan untuk verifikasi kartu di akun PayPal.
  7. Silahkan buka kembali akun PayPal dan buka detail kartu, disana akan ada pilihan untuk verifikasi kartu, silahkan masukan 4 digit kode diatas dan konfirmasi kartu. Jika proses penambahan kartu selesai, saldo yang ditarik oleh PayPal akan dikembalikan ke kartu.
  8. Jika sudah berhasil menambahkan kartu e-Card Jenius selanjutnya silahkan kembali ke halaman utama akun PayPal anda kemudian klik tombol > Transfer Funds
  9. Silahkan > Pilih e-Card atau kartu Jenius yang sudah anda hubungkan diatas kemudian klik tombol > Next. Jika berhasil halaman Transfer amount akan muncul. 
  10. Pada halaman transfer amount silahkan masukan nominal saldo atau uang yang anda ingin transfer (withdraw) ke e-Card Jenius anda (dalam USD) kemudian klik tombol > Next. Halaman Review your transfer akan muncul.
  11. Pada halaman Review ini silahkan periksa kembali data yang anda masukan dan nominal uang yang anda tarik. Pada halaman ini juga akan diperlihatkan berapa nominal uang yang akan kita terima dalam mata uang lokal (Rupiah), dan juga berapa biaya transfer (Fee) yang harus anda bayar. Jika sudah yakin dengan semua data yang ada silahkan klik tombol > Transfer (nominal) Now.
    Cara Transfer Saldo PayPal ke eCard JENIUS - Berapa Potongannya?

  12. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi "You transferred (jumlah uang)". Selanjutnya silahkan klik tombol > Done.

Selesai. Jika semua langkah berhasil di halaman dashboard akan terlihat saldo terbaru (setelah transfer) dan di bagian Recent activity akan terlihat data transfer ke e-Card Jenius lengkap dengan jumlah yang di transfer.

Berapa biaya penarikan ke kartu?

Berdasarkan peraturan resmi dari PayPal, penarikan dana atau transfer dari saldo PayPal ke kartu kredit/debit di Indonesia akan dikenai biaya sebesar Rp 46.000,- (empat puluh enam ribu rupiah). Biaya ini bersifat "Fixed Fee" dimana berapapun jumlah saldo yang kita tarik akan dikenakan biaya transfer (transfer fee) sebesar 46ribu untuk setiap penarikan.

Biaya transfer ini akan diambil dari saldo yang akan ditarik, jadi jika anda menarik saldo dari PayPal senilai 1 juta rupiah, maka anda akan menerima uang sebesar Rp 954.000,- , tidak satu juta rupiah full. karena dari satu juta tersebut diambil biaya transfer sebesar 46 ribu rupiah.

Berbeda dengan Transfer ke bank lokal, untuk penarikan dana dari PayPal ke rekening Bank Lokal tidak dikenakan biaya (gratis) jika nominal penarikan lebih dari Rp 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah). Jika transfer kurang dari Rp 1.500.000,- maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 16.000,- (enam belas ribu rupiah).

Berapa lama withdraw PayPal ke Jenius?

Secara resmi di halaman website PayPal disana diberitahukan bahwa proses penarikan dari PayPal ke kartu kredit/debit bisa memakan waktu (estimasi) sampai 7 hari kerja. Karena disana dituliskan 'hari kerja' jadi haru Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional Amerika tidak masuk kedalam hitungan. Jadi jika kita melakukan penarikan di hari Sabtu, maka hitungan proses penarikan akan dimulai dari hari Senin.

Pada pengalaman saya proses penarikan dari PayPal ke kartu Jenius sangat cepat, bisa dibilang instant. Setelah saya menyelesaikan proses penarikan di akun PayPal, satu menit kemudian saya cek saldo di akun e Card Jenius, uang tersebut sudah masuk dan sesuai dengan nominal yang ditunjukan di halaman PayPal.

Jadi tidak semua proses penarikan harus menunggu 7 hari untuk sampai karena pada pengalaman saya malah prosesnya termasuk instant. Tapi jika suatu saat anda melakukan penarikan dan tidak langsung masuk setelah satu hari, jangan anggap transaksinya gagal, karena ada estimasi waktu 7 hari kerja diatas.

Namun jika setelah 7 hari kerja uang atau saldo tidak kunjung sampai di akun kartu e Card Jenius, saya sarankan anda untuk segera menghubungi pihak PayPal atau Jenius untuk meminta update status dari transaksi yang anda lakukan.

Kenapa saya pilih transfer ke e Card Jenius, tidak ke Bank Lokal

Jika dilihat dari nominal fee nya, mungkin transfer bank lebih disarankan karena perbedaannya lumayan jauh, apalagi jika kita melakukan penarikan diatas batas minimum, maka kita tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Jika menarik dana ke e-Card dikenakan biaya yang sama, tidak melihat jumlah nominalnya.

Saya memilih penarikan ke e-Card karena pada kondisi saat itu sedang membutuhkan uangnya jadi harus segera sampai. Pada saat itu saya belum menghubungkan akun/rekening bank lokal saya di akun PayPal.

Biasanya jika kita menambahkan rekening baru ke akun luar negeri harus melewati beberapa tahap, apalagi jika memerlukan proses verifikasi, pastinya memakan waktu lagi. Dan saat itu kartu e-Card Jenius saya sudah terhubung ke akun PayPal jadi saya pilih yang pasti - pasti dulu.

Saya sendiri sebenarnya sedikit kaget saat mengetahui berapa fee yang harus dibayarkan, namun dalam kondisi saat itu yang sangat membutuhkan uang dengan cepat saya anggap itu sebagai "biaya buru - buru", terobati juga saat uangnya sampai sangat cepat.

Untuk keadaan normal, saya pastikan menarik dana ke rekening bank Lokal lebih disarankan, apalagi jika jumlahnya tidak terlalu banyak, potongan sekecil apapun pasti terasa. hehe

Apakah akun PayPal harus verifikasi KTP?

Sampai saat tulisan ini dibuat saya masih bisa melakukan penarikan uang tanpa harus mengirim foto KTP atau verifikasi ID. Berbeda dengan layanan Payoneer yang mewajibkan pengguna mengunggah foto ID untuk verifikasi sebelum transaksi.

Jadi jika kalian ingin melakukan transaksi lewat PayPal, yang diperlukan masih standar yaitu email dan nomor telepon untuk verifikasi. Selain itu hanya data tambahan saja untuk melengkapi profil pengguna.

Bagaimana cara Top Up PayPal dari saldo Jenius?

Sebenarnya setelah kita berhasil menghubungkan kartu e-Card Jenius di akun PayPal, kita bisa langsung menggunakan saldo yang ada di kartu tersebut untuk bertransaksi lewat akun PayPal. Saat bertransaksi, jika di akun PayPal tidak cukup saldo, maka sistem akan otomatis menarik uang dari saldo yang ada di kartu e-Card.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk tidak menghubungkan kartu kredit umum ke akun PayPal, karena kalau sampai akunnya diambil alih penipu maka mereka juga kemungkinan besar akan menggunakan seluruh limit yang ada di kartu tersebut.

Walaupun uang yang ada di kartu memiliki mata uang rupiah, sistem akan melakukan konversi otomatis jika kita berbelanja di outlet atau toko online internasional yang menggunakan mata uang selain rupiah seperti USD, Euro, dll.

Semoga tutorial cara transfer saldo PayPal ke e Card Jenius ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,3,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,17,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,51,Formula 1,8,Formula E,2,Games,44,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,70,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,251,OPPO,1,Peraturan,8,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,285,Toko Online,51,Tutorial,321,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,18,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Transfer Saldo PayPal ke e Card JENIUS - Berapa Potongannya?
Cara Transfer Saldo PayPal ke e Card JENIUS - Berapa Potongannya?
Cara transfer saldo PayPal ke e Card Jenius mudah. Tambahkan data kartu eCard Jenius sebagai kartu kredit di PayPal, selanjutnya pilih transfer funds
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjL11vAyD5yBmiUzklMKrF2xKgFGteivG17AMrmd9zH7Hvr-dhsrSNF96YnfRs9-yk15-kHejNsZ4qCox9et61cpOqbg-V8wS3ag7HTUGhGIRyrdWVpDrYzgxgZuKYzQoznZBjTzwQSmDphB7o1xF87WJrsLnlqXALpDuyS9wqLSATsjNtzWDPSR98fhw=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjL11vAyD5yBmiUzklMKrF2xKgFGteivG17AMrmd9zH7Hvr-dhsrSNF96YnfRs9-yk15-kHejNsZ4qCox9et61cpOqbg-V8wS3ag7HTUGhGIRyrdWVpDrYzgxgZuKYzQoznZBjTzwQSmDphB7o1xF87WJrsLnlqXALpDuyS9wqLSATsjNtzWDPSR98fhw=s72-w640-c-h360
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/03/cara-transfer-saldo-paypal-ke-e-card-jenius.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/03/cara-transfer-saldo-paypal-ke-e-card-jenius.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content