Beranda
Productivity
Shopee
Toko Online
Tutorial
Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)
Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)

Sebagai Penjual (seller) tentu ingin menjual produknya secara luas, selain dapat meningkatkan omzet penjualan tentu membuat produk/brand semakin banyak dikenal dan makin banyak diminati. Salah satu cara menjual produk secara luas yaitu dengan berjualan lintas negara / ekspor dengan Program Ekspor Shopee (Shopee International Platform).

Mungkin sebagian besar penjual atau seller tentu ingin menjual produknya keluar negeri. Terutama untuk penjual yg merupakan supplier selain ada rasa bangga karena mampu bersaing dengan produk luar dapat mengharumkan nama negara juga.

Tapi taukah kamu,kalau berjualan di marketplace ada fasilitas penjualan ekspor? Lebih tepatnya di marketplace Shopee yg akan kita bahas kali ini.

Baca juga: Berapa persen potongan penjualan di Shopee? Ini penjelasannya

Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)

Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)

Program Ekspor Shopee yaitu program yg memungkinkan penjual mampu menjual produknya ke pembeli di luar negeri & memperluas bisnis dengan cara mudah tanpa dikenakan biaya apapun.

Pesanan dari Program Ekspor Shopee hanya akan berasal dari Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Brazil. Secara bertahap akan bisa.menerima pesanan dari negara - negara lainnya (khusus untuk penjual terpilih).

Jadi Program Ekspor Shopee ini hanya bisa diikuti oleh Penjual Terpilih atau yg mendapat Undangan dari Shopee. 

Bagaimana cara mendapat undangan program ekspor shopee? 

Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)

Jujur saja saya belum tau jawaban tepatnya tapi kemungkinan trbesar dengan meningkatkan penjualan berhasil tanpa ada poin pinalty, banyaknya produk yg kita jual, menjual produk yg berkualitas, harga mampu bersaing dan juga produk menarik pembeli luar.

Nama saya AZ saya berjualan di shopee mulai dari 4 tahun lalu setelah berjualan kurang lebih 3 tahun saya mendapatkan undangan dari ekspor shopee untuk memasarkan produk saya ke luar negeri. 

Bukan proses waktu yg sebentar untuk mendapatkan undangan ekspor shopee. Entah karena program itu bru ada, atau produk yg saya jual sedang banyak diminati pembeli luar negeri (masih belum tahu pasti).

Saya sebagai salah satu penjual di Shopee, akun shopee saya ada 2, yang pertama sudah berstatus Star dan yg kedua masih akun biasa (belum Star). Tetapi dua - duanya mendapat undangan.

Akun pertama butuh waktu 3 tahun untuk diundang, akun kedua butuh waktu 4 tahun untuk diundang, Yang jelas keduanya diundang pada tahun yg sama hanya beda bulan.

Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)
Contoh tampilan produk di website shopee luar negeri (Thailand).

Jadi kalau anda berfikir yg berstatus Star /Star+ /ShopeeMall saja yg diundang itu salah. Itu salah satu alasan jawaban kesimpulan saya.

Dan walapaun saat mendapatkan undangan ekspor shopee toko berstatus star, kemudian turun jdi berstatus biasa program ekspor shopee tersebut masih terus berjalan, selama tidak menonaktifkan atau berhenti ikut program ekspor Shopee.

Kelebihan program ekspor Shopee untuk penjual berjualan lokal rasa internasional maksudnya penjual hanya berjualan biasa diaplikasi atau website Shopee,tanpa perlu berhubungan langsung dengan pembeli luar negeri.

Seluruh pengelolaan toko seperti pembuatan toko luar negeri, pengelolaan produk, stok, harga, chat pembeli dan pengiriman ke luar negeri dilakukan shopee. 

Seluruh pengelolaan toko,akses seller centre toko diluar negeri sepenuhnya dikelola oleh shopee. Jadi tidak usah takut akan kendala bahasa.

Baca juga: Halaman Resmi Program Ekspor Shope

Mekanisme Program ekspor shopee 

Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)

Setelah diundang dan ikut diprogram ekspor shopee ,kemudian contoh kita langsung dapat pesanan dari luar negeri. Orderan dan chat yg masuk ke kita yaitu dari "sipbuyerid" diseller centre indonesia. Kita hanya perlu mengemas pesanan seperti biasa, mencetak resi dan dikirim ke jasa kirim misal J&T dengan tujuan ke alamat gudang Shopee (Shopee International Platform) di Indonesia.

Baca juga: Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Kebetulan saya hanya mengaktifkan 2 jasa kirim dari banyaknya jasa kirim yg bekerja sama dengan shopee yaitu JNE dan J&T, alasan hanya mengaktifkan 2 jasa kirim karena dekat dengan lokasi tempat saya.

Setelah paket diterima dengan baik oleh gudang Shopee Indonesia dana akan dilepaskan ke penjual 2 hari kemudian sesuai tanggal pelepasan dana atau menunggu gudang shopee konfrmasi, Dana akan lepas tanpa menunggu barang sampe diluar negeri, mudahkan!?.

Untuk informasi lengkap bisa hubungi shopee atau chat dengan agen shopee langsung. Pastikan Anda menghubungi pihak Shopee official untuk menghindari penipuan atau modus - modus lainnya.

Penulis: AZ
Editor: Rindi Putra

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

9 komentar

  1. ina
    ina
    Selasa, Oktober 12, 2021
    gan nanya donk . program ini perhitungan biaya admin beda ngga ya?
    1. KristaL
      KristaL
      Senin, Januari 03, 2022
      Hai kak terimakasih sudah baca artikelnya.untk biaya admin,tidak ada biaya tambahan admin untuk program ekspor shopee.biaya admin berlaku seprti biasa seprti penjualan normal kaya dalam negeri.saya contoh kena adminnya 5,6% (karena produk sudah trjual lebih dr 100pcs biaya admin 1,6% non-star + 4% biaya layanam gratis ongkit xtra) biaya admin trgantung dri akun shopee ikut program apa& penjualan.tpi untuk program ekspor sma skali tidak kena biaya tambahan admin kak.smga membantu :)
  2. Sultan
    Sultan
    Rabu, September 22, 2021
    Tau ngga,kategori produk apa Aja yg boleh dijual diekspor Shopee? Itu kalau udah terdaftar ekspor Shopee,apa semua produk yg dijual otomatis akan muncul semua ditoko luar negerinya?
    1. KristaL
      KristaL
      Senin, Januari 03, 2022
      Hai Terimakasih sudah membaca artikelnya.untuk program ekspor shopee sendiri itukan dipilih dan diundang oleh shopee,sepertinya sebelum pihak shopee mengundang untuk program ekspor pasti ada spesifikasi toko dan produk yg boleh dijual,jdi kemungkinan besar untk yg dapat undangan kategori produknya udah sesuai dgn ketentuan shopee,untuk kategori ap aja yg boleh, saya jujur ga tau semua ,lebih lengkap bisa langsng tanya ke chat shopee center,kebetulan untuk produk yg saya jual,kategorinya pakaian dan mainan.Sepertinya semua produk yg kita jual akan otomatis muncul ditoko kita yg diluar negeri dan pastikan jga stok harus aman :) smga membantu ya.untuk lebih lengkap bisa chat agen shopee.terimakasih
  3. ryan
    ryan
    Selasa, September 21, 2021
    Kalo dapat undangan Shopee ekspor ,butuh berapa lama waktu yg diperlukan saat ikut partisipasi prosesnya aktif programnya? Gratisongkrpun aktifin ngga bisa langsung aktif,apa Shopee ekspor saat berpartisipasi bisa langsung aktif?atau harus menunggu?
    1. KristaL
      KristaL
      Rabu, September 22, 2021
      Hi,terimakasih sudah membaca artikel ini. Pengalaman pribadi saya ,saat mengaktifkan ekspor shopee tidak bisa langsung aktif,waktu yg diperlukan samapi aktif dan pengaktifan toko diluar negeri kurang lebih 4minggu (1bulan) atau lengkapnya bisa dicek disini https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-proses-toko-terdaftar-dalam-Program-Ekspor-Shopee
  4. Unknown
    Unknown
    Minggu, September 19, 2021
    It was great experience with dealing with you...
    1. KristaL
      KristaL
      Rabu, September 22, 2021
      Thanks Ravi :-)
    2. KristaL
      KristaL
      Rabu, September 22, 2021
      Thanks,Do you have shopee in your country?
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!