Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas

Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas

Berikut ini adalah cara untuk menjual emas yang ada di akun Tokopedia emas. Dengan cara ini kita dapat mencairkan tabungan emas kita yang ada di akun Tokopedia emas. Sering beli emas saat melakukan checkout di aplikasi tokopedia tapi tidak tahu cara menjualnya? Silahkan simak tulisan ini sampai akhir.

Bagi yang belum tahu (atau belum sadar), tabungan emas ini berasal dari transaksi emas yang sering ditawarkan saat kita melakukan checkout atau membeli barang di Tokopedia. Nominalnya biasanya kecil (receh) disesuaikan untuk membulatkan total transaksi saat kita melakukan checkout.

Pada akun saya pun total tabungan emas yang saya kumpulkan tidak sampai lima ratus ribu rupiah, karena berat emas yang terkumpul pun hanya sekitar 0,4 gram dan harga jual saat ini juga sedang turun. Tapi lumayan lah untuk tambah - tambah uang tabungan atau cadangan jika ada keperluan mendadak.

Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas
Contoh transaksi pembelian emas saat melakukan checkout di Tokopedia

Setau saya tidak ada batasan sampai kapan kita bisa menyimpan saldo berupa emas ini, yang penting selama kita bisa mengakses akun Tokopedia, saldo emas yang kita miliki bisa kita cairkan kapan saja.

Selain mencairkannya menjadi berupa uang ke Saldo Tokopedia, kita juga bisa menarik uang tersebut ke rekening pribadi kita. Jadi bisa kita gunakan uangnya untuk keperluan lain diluar aplikasi Tokopedia.

Baca juga: Cara Agar Mendapatkan GRATIS ONGKIR di Tokopedia

Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas

  1. Silahkan buka aplikasi Tokopedia. Pastikan sudah login.
  2. Pada pilihan menu silahkan buka menu >Lihat Semua. tunggu hingga halaman Jelajah Tokopedia terbuka. Sebenarnya bisa juga buka langsung menu Keuangan, tapi terkadang urutan menu di halaman utama berubah - ubah jadi lebih baik buka lewat menu 'Lihat Semua'.
  3. Pada halaman Jelajah ini silahkan buka menu >Investasi Asuransi & Pinjaman. Pada halaman ini semua produk tokopedia mengenai investasi /keuangan akan terlihat.
  4. Silahkan pilih/klik bagian >Emas. Pada halaman ini akan terlihat berapa nilai emas yang telah terkumpul di akun Tokopedia kita baik dalam bentuk berat emasnya atau dalam bentuk nilai rupiahnya.
  5. Karena kita ingin mencairkannya atau menjual tabungan emas yang kita miliki, maka silahkan klik atau pilih menu >Jual Emas.
    Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas

  6. Pada halaman Jual Emas silahkan masukan jumlah emas yang ingin dijual di kolom yang tersedia. Bisa dalam nilai rupiahnya atau nilai gram. Jika ingin menjual semua, silahkan klik tombol >Jual Semua Emas Saya.
  7. Jika sudah masukan nominal yang ingin dijual, silahkan klik tombol >Jual Emas. Tunggu hingga halaman penjualan terbuka
  8. Pada halaman ringkasan penjualan, silahkan periksa lagi nominal yang ingin dijual dan jumlah emas nya, pastikan tidak salah memasukan nominal. Jika sudah yakin, silahkan tekan tombol >Kirim Kode Verifikasi.
  9. Pada halaman Verifikasi, silahkan pilih metode verifikasi yang diinginkan, pada contoh ini saya hanya memiliki pilihan verifikasi melalui SMS jadi langsung saja saya klik pilihan tersebut. Setelah dipilih, halaman verifikasi akan terbuka dan sistem akan mengirim kode verifikasi ke nomor HP yang terdaftar di akun Tokopedia. 
  10. Silahkan lihat kode verifikasi di SMS yang dikirim oleh Tokopedia. Masukan kode verifikasi tersebut di halaman verifikasi di aplikasi tokopedia. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa penjualan emas berhasil.
    Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas

  11. Pada tahap ini, penjualan emas anda sudah selesai namun uangnya masih berada di halaman Saldo Aktif, belum dikirim di rekening pribadi. Jika ingin langsung menggunakan uangnya untuk belanja di tokopedia, maka tidak perlu melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  12. Jika ingin sekalian menarik uangnya ke rekening bank silahkan klik tombol >Tarik Dana ke Rekening Bank. Sistem akan membuka halaman Saldo Aktif.
  13. Pada halaman Saldo Aktif silahkan klik tombol >Tarik Saldo.
  14. Pada halaman Tarik Saldo, pastikan anda membuka bagian Penghasilan (bukan Refund). Jika sudah terbuka silahkan >masukan nominal saldo yang ingin ditarik ke rekening bank.
  15. Selanjutnya silahkan pilih rekening tujuan, nomor rekening ini biasanya otomatis sudah muncul datanya diambil dari data rekening yang kita masukan di bagian profile akun Tokopedia. Pastikan nomor rekeningnya tidak salah ya. 
  16. Jika sudah yakin dengan nominalnya dan rekening bank yang dipilih silahkan klik tombol >Tarik Saldo. Halaman verifikasi akan terbuka.
    Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas

  17. Pada halaman metode verifikasi, silahkan pilih metode yang diinginkan, pada contoh ini saya diberi pilihan metode masukan PIN Tokopedia atau verifikasi lewat SMS, pada contoh ini saya pilih metode masukan PIN. Jika anda tidak ingin pakai metode PIN, silahkan pilih metode SMS.
  18. Jika berhasil halaman akan menunjukan notifikasi 'Penarikanmu sedang diproses'.
    Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas

Selesai. Pada tahap ini kita hanya perlu menunggu uang itu sampai di rekening bank. Di aplikasi memang tertulis maksimal 1x24 jam agar uang tersebut masuk ke rekening kita, tapi pada pengalaman saya prosesnya cukup cepat, hanya butuh 1 menit saja saldonya sudah muncul di rekening saya.

Baca juga: Cara Mengganti Alamat Pengiriman di Tokopedia

Bagaimana jika ingin langsung dipakai untuk belanja di Tokopedia?

Jika uangnya ingin langsung digunakan untuk belanja di tokopedia, pada langkah diatas silahkan ikuti langkahnya hanya sampai uang masuk ke Saldo Aktif. Jika uang hasil penjualan emas sudah muncul di Saldo aktif, maka bisa langsung digunakan untuk berbelanja.

Pada saat checkout, di pilihan pembayaran silahkan pilih sumber pembayaran dari Saldo tokopedia anda. Biasanya sistem akan meminta verifikasi, bisa berupa masukan PIN atau verifikasi SMS seperti biasa. Jika sudah berhasil verifikasi maka proses pembayaran akan segera diproses dan status pesanan akan berubah menjadi 'telah dibayar' seperti biasanya.

Bagi saya pribadi, saya memilih untuk tetap mengirimkan uangnya dulu ke rekening bank walaupun nantinya akan dipakai juga untuk belanja di Tokopedia. Setidaknya jika sudah berada di rekening bank, uangnya siap digunakan kapan saja dan tidak terbatas untuk transaksi di Tokopedia saja.

Jika uang sudah masuk rekening kita bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja dan bisa langsung dikirim kemana saja, tapi jika disimpan di Saldo tokopedia, uang tersebut hanya bisa digunakan untuk bertransaksi di tokopedia saja.

Namun kembali lagi ke preferensi pribadi, jika anda lebih nyaman menyimpannya di akun tokopedia, silahkan. Semoga tulisan ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser! 

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,27,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,38,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,246,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,34,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,46,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,264,Toko Online,45,Tutorial,293,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas
Cara Menjual Emas yang Ada di Akun Tokopedia Emas
Sering beli emas saat checkout di tokopedia tapi tidak tahu cara menjualnya?. Berikut ini Cara menjual emas yang ada di akun Tokopedia emas
https://1.bp.blogspot.com/-HpoY74HgNm8/YThUeu9gIWI/AAAAAAAAKHM/XOlQETHaSochXsz-gIk5W8JuNSIG5t1aACLcBGAsYHQ/w640-h356/Cara%2BMenjual%2BEmas%2Byang%2BAda%2Bdi%2BAkun%2BTokopedia%2BEmas%2B1.png
https://1.bp.blogspot.com/-HpoY74HgNm8/YThUeu9gIWI/AAAAAAAAKHM/XOlQETHaSochXsz-gIk5W8JuNSIG5t1aACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Cara%2BMenjual%2BEmas%2Byang%2BAda%2Bdi%2BAkun%2BTokopedia%2BEmas%2B1.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2021/09/cara-menjual-emas-yang-ada-di-akun-tokopedia-emas.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2021/09/cara-menjual-emas-yang-ada-di-akun-tokopedia-emas.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content