Beranda
Indihome
Internet
Tutorial
Cara Berhenti Langganan TV Indihome Tanpa Keluar Rumah
Cara Berhenti Langganan TV Indihome Tanpa Keluar Rumah

Berikut ini adalah cara saya berhenti langganan TV Indihome (Sebelumnya bernama Usee TV). Dengan cara ini saya stop atau berhenti menggunakan layanan Internet + TV menjadi layanan Internet saja. Lalu bagaimana cara saya mengajukan pemutusan layanan TV tanpa harus keluar rumah? Berapa lama proses yang dibutuhkan sampai paket baru aktif?

Cara berhenti langganan Indihome TV sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengajukan permintaan ke salah satu sosial media Indihome atau lewat aplikasi My Indihome. Anda harus memberikan detail akun Indihome anda kemudian diikuti dengan keluhan atau permintaan anda. Selannjutnya anda akan dibantu dan dipandu oleh Customer service yang ada sampai beres.

Secara teori memang mudah dan simple prosesnya, namun pada pengalaman saya kita sebagai konsumen benar - benar harus sabar dan selalu memberi jawaban jelas saat ditanya oleh setiap CS (Customer service) yang sedang melayani kita. Kenapa saya bilang "setiap CS" karena setiap percakapan saya dilayani oleh orang berbeda - beda.

Berapa biaya /per bulan yang saya keluarkan SEBELUM berhenti langganan Indihome TV?

Pada pemasangan awal, saya mengajukan paket Internet 20 Mbps + TV Indihome. Beberapa bulan kemudian paket internet saya upgrade 10 Mbps menjadi 30 Mbps + TV Indihome. Selanjutnya saya mendapatkan BONUS Loyalty 10 Mbps (gratis) sehingga Sebelum berhenti langganan Indihome TV saya berlangganan paket 2P, Internet 40 Mbps + TV Indihome.

Tagihan bulanan saya ( Paket 2P, Internet 40 Mbps (30 Mbps +10 Mbps bonus) + TV Indihome) sebesar:

  • Rp 420.000 (Belum PPN)
  • Rp 466.200 (Sudah PPN)

Alasan saya berhenti langganan TV Indihome

  • TV On Demand terlalu sering macet, kalau sekali - kali sih bisa dimaklum, tapi ini terlalu sering. Video nya bisa diputar tapi audio nya kadang tidak sinkron, tidak nyaman untuk ditonton. Kadang lancar, tapi seringnya macet.
  • Aplikasi YouTube kadang macet bahkan sering keluar sendiri. Sudah berkali - kali update aplikasi, reset STB, bersihkan cache, bersihkan memory, masalahnya muncul lagi beberapa hari kemudian.
  • Banyak fitur dan layanan lain yang tidak terpakai yang ada di Indihome TV. 80 persen dipakai untuk nonton live TV lokal yang bisa dengan mudah digantikan perannya oleh TV antena bisa.
  • Tidak bisa menonton LIVE pertandingan bola nasional dan pertandingan lainnya seperti badminton, Volly, balapan, dll seperti yang ada di TV antena. Harus beli paket tambahan kalau pakai TV Indihome.
  • Channel favorit keluarga saya (WakuWaku) sudah tidak tayang lagi karena dari negara asalnya memang sudah tutup channel. Bukan salah Indihome tapi tetap jadi pertimbangan.
  • Semua channel TV lokal sudah tersedia di layanan TV digital via antena dan gratis (hanya perlu beli STB 200 Ribu-an). Kualitas sudah HD, tidak jauh berbeda dengan kualitas Indihome TV dan bisa nonton gratis tayangan live premium seperti Liga Indonesia, Piala Dunia, Volly Nasional, Badminton Open, dll.

Cara Saya Berhenti Langganan TV Indihome

Saya sangat menyarankan anda untuk membaca artikel ini sampai akhir karena banyak sekali pertanyaan yang akan saya jawab seputar pindah paket Indihome dan khususnya seputar proses pemberhentian paket langganan Indihome TV yang saya telah lakukan.

Menghubungi salah satu sosial media atau kontak layanan Indihome.

Pada proses ini saya menggunakan media sosial Twitter untuk menghubungi CS Indihome (@IndiHomeCare). Jika tidak memiliki Twitter anda bisa menggunakan sosial media lainnya seperti Instagram, Facebook, dll. Anda juga bisa menggunakan Aplikasi My Indihome dan melakukan panggilan Telepon ke 147 atau email ke (customercare@telkom.co.id). Pilih salah satu.

Mengirim pesan (DM) ke akun Sosial media dengan detail seperti ini:

Cara Berhenti Langganan TV Indihome Tanpa Keluar Rumah

Sekali lagi saya ingatkan, saya menggunakan sosial media Twitter, jika anda ingin menggunakan sosial media lain atau telepon Indihome atau email silahkan, tidak ada bedanya. Ingat! Jika lewat sosial media, pastikan akun yang anda hubungi benar - benar akun resmi Indihome ya.

Saya kirim DM awalan ke Twitter IndihomeCare dengan format seperti dibawah ini. Kenapa? untuk menghemat percakapan, nanti juga anda pasti diminta data - data dibawah ini sebelum mereka melakukan tindakan apapun.

Nomor Internet : (ISI DENGAN NOMOR INTERNET ANDA)
Atas Nama : (NAMA LENGKAP ANDA)
No Hp Utama : (NOMOR HP ANDA)
No Hp Alternatif : (NOMOR HP LAIN, BEBAS)
Alamat : (ALAMAT ANDA ATAU ALAMAT PEMASANGAN)
Detail keluhan/permintaan : MOHON DI STOP LAYANAN TV DI PAKET SAYA. SAYA SUDAH TIDAK MEMAKAINYA. TERIMA KASIH.

Balas semua pertanyaan dari CS

Pada tahap ini CS akan membalas dan bertanya seputar permohonan anda, "apakah anda yakin?" "sayang loh paket nya", dll. Silahkan balas semua pertanyaan dengan lugas. Berikut isi percapakan saya dengan CS Indihome setelah mengajukan permintaan diatas.

CS INDIHOME (Chizu)

Halo, Kak Rindi.

Maaf atas keterlambatan responnya, mengenai berhenti layanan IndiHome TV atau migrasi paket, sebelumnya mohon verifikasi terlebih dahulu guna menjaga kerahasiaan data pelanggan:

Diinformasikan data berikut:

- Jumlah tagihan terakhir dengan status lunas tanpa biaya admin:

- Tanggal pembayaran terakhir dengan status lunas tanggal - bulan:

- Relasi dengan pemilik IndiHome:

Ditunggu konfirmasinya. -Chizu

SAYA

- Jumlah tagihan terakhir dengan status lunas tanpa biaya admin: Rp 466.200

- Tanggal pembayaran terakhir dengan status lunas tanggal - bulan: 05 Mar 2023 21:45 WIB

- Relasi dengan pemilik IndiHome: Saya sendiri

CS INDIHOME (Chizu)

Baik, Kak Rindi.

Data yang Kakak kirimkan sudah terverifikasi, selain itu mohon informasikan Relasi/hubungan dengan pemilik ? (Pemilik/Ibu/Ayah/Anak/Saudara/dll)

Apakah sudah di pikirkan dengan matang, untuk permintaan perubahan paket ini? Sayang sekali loh nantinya Kakak tidak bisa menikmati tayangan-tayangan kesukaan Kakak lagi.

Selain itu Chizu cek pada nomor internet (SENSOR) jaringan Kakak sudah FO (Fiber Optik), jadi permintaan bisa kami bantu.

Ditunggu konfirmasinya. -Chizu

SAYA

Data yang Kakak kirimkan sudah terverifikasi, selain itu mohon informasikan Relasi/hubungan dengan pemilik ?

PEMILIK

Apakah sudah di pikirkan dengan matang, untuk permintaan perubahan paket ini? Sayang sekali loh nantinya Kakak tidak bisa menikmati tayangan-tayangan kesukaan Kakak lagi.

SUDAH DIPIKIRKAN DENGAN MATANG

Selain itu Chizu cek pada nomor internet (SENSOR) jaringan Kakak sudah FO (Fiber Optik), jadi permintaan bisa kami bantu.

TERIMA KASIH. DITUNGGU KONFIRMASINYA.

CS INDIHOME (Riona)

Baik, Kak Rindi. Riona cek saat ini Kakak berlangganan paket 2P (Internet + IndiHome TV) kecepatan 30 Mbps dan mendapatkan loyalty upgrade speed ke 40 Mbpa tanpa dikenakan tambahan biaya. Jika Kakak ingin migrasi ke paket 1P (Internet only), program loyaltynya akan tercabut dan otomatis akan migrasi ke paket 1P (Internet Only) kecepatan 30 Mbps dengan harga Rp330.000,00/ bulan belum PPN 11%. Apakah Kakak berminat? -Riona

SAYA

Iya, berminat

CS INDIHOME (Orion)

Kak Rindi, Orion informasikan jika permintaannya sudah terealisasi bulan ini, maka tagihan bulan depan (April) dikenakan prorata terlebih dahulu dan akan kembali normal pada bulan selanjutnya (Mei). Apa permintaan bisa dilanjutkan? Terima kasih. -Orion

SAYA

YA

CS INDIHOME (Rehan)

Kak Rindi.

Bila nanti permintaannya sudah dibantu proses, maka akan ada petugas yang akan ke lokasi untuk pengambilan perangkat. Mohon nomor HP-nya selalu aktif guna mempermudah petugas melakukan konfirmasi. Jika Kakak tidak di lokasi maka boleh dititipkan. Apakah permintaannya bisa dilanjutkan? -Rehan

SAYA

Ya, silahkan lanjutkan

CS INDIHOME (Iskan)

Baik, Kak. Iskan informasikan juga, bahwa nomor HP yang akan dihubungi adalah nomor yang terdaftar pada database kami ya. Nomor HP (SENSOR) dan email (SENSOR). Apakah Kakak ingin merubah data multikontaknya? -Iskan

SAYA

keduanya sudah benar

CS INDIHOME (Druz)

Kak Rindi. Druz konfirmasi kembali hari ini 10-03-2023 ada permintaan migrasi paket dengan harga Rp330.000,00/bulan belum termasuk PPN 11% pada nomor IndiHome (SENSOR) dan CP aktif yang dapat dihubungi (SENSOR). Selanjutnya akan ada notifikasi Email/SMS yang berisi link untuk upload berkas tanda tangan digital dan foto KTP saja, yang wajib diisikan sebagai bukti permintaan (tidak perlu mengupload foto selfie dengan KTP). Jika tidak diisi selama 3x24 jam, permintaan tidak dapat diproses. Apakah data yang kami sampaikan sudah sesuai? - Druz

SAYA

Sudah sesuai

CS INDIHOME (Apin)

Halo, Kak Rindi. Permintaan migrasi paketnya Apin proses pada nomor referensi (SENSOR). Beberapa saat lagi akan dikirimkan link approval terkait permintaan modifikasi paket tersebut melalui email/WA/SMS. Silakan Klik Link tersebut dan lakukan checklist atau upload berkas. Tanpa mereply email/pesan. Waktu upload maksimal 3x24 jam, jika lebih dari waktu tersebut maka permintaan akan tercancel otomatis. Terima kasih. -Apin

SAYA

Terima kasih

CS INDIHOME (Toya)

Sama-sama, Kak Rindi. Berkenan menunggu prosesnya ya Kak. Terima kasih. -Toya


Tanda Tangan Virtual Kontrak Berlangganan

Pada tahap ini. silahkan periksa email masuk anda dan cari email dari Telkom yang berjudul "Upload Tanda Tangan Kontrak Berlangganan". Silahkan buka email tersebut kemudian buka link dengan tulisan "Link Upload".

  • Informasi Pembaharuan Kontrak: Silahkan baca dan klik tombol "Lanjutkan"
  • Verifikasi Data Pelanggan: Periksa data yang muncul kemudian klik "Lanjutkan"
  • Lihat Kontrak Renewal dan Modifikasi: Silahkan baca kontrak Renewal dan Kontrak Modifikasi yang muncul di layar kemudian ceklis bagian "Saya setuju" kemudian klik tombol "Selanjutnya".
  • Verifikasi Identitas: Silahkan upload foto identitas (KTP) dan tanda tangan (gunakan mouse) di kolom "Tanda Tangan". (seperti yang dijelaskan oleh CS, anda tidak perlu upload selfie memegang foto identitas). Jika sudah silahkan klik tombol "Selesai".Cara Berhenti Langganan TV Indihome Tanpa Keluar Rumah

Setelah proses diatas selesai, CS akan mengirim konfirmasi proses migrasi. Dan setelah ini saya sudah tidak perlu lagi membalas pesan konfirmasi dari CS Indihome karena tugas saya sebagai pemohon sudah selesai. Dibawah ini adalah chat terakhir dari CS Indihome yang berkaitan dengan perpindahan paket Indihome ini.

CS INDIHOME (Sita)

Halo, Kak Rindi. Sita cek untuk permintaan migrasi paket pada nomor layanan 131312133259, saat ini udah terealisasikan ya Kak.

Jika ada yang ingin ditanyakan kembali perihal layanan IndiHome, silakan menghubungi kami kembali ya. Have a great day :) #YouAreFirst -Sita.

Selesai. Setelah Pesan CS Indihome diatas, sudah tidak ada komunikasi lagi dengan CS Indihome, anda hanya perlu menunggu Email konfirmasi dengan judul "Selamat, Layanan IndiHome Telah Aktif".

Siapkan STB Indihome untuk diberikan kepada petugas Indihome

Seperti percakapan diatas, CS Indihome memberitahu bahwa akan ada petugas Indihome yang akan mengambil STB Indihome yang kita pakai (bukan modem Internet ya, tapi STB TV nya).

Seperti yang kita tahu, STB yang diberikan Indihome itu statusnya adalah dipinjamkan atau sewa, jadi jika kita berhenti menggunakan paket TV Indihome maka secara otomatis kita harus mengembalikan STB tersebut ke pihak Indihome.

Berapapun lama nya anda berlangganan, STB tetap harus dikembalikan jika sudah tidak berlangganan TV Indihome.

Berapa lama proses perubahan layanan paket Indihome ini?

Pada pengalaman saya, dari awal mengirim chat sampai paket baru aktif itu sekitar 5 hari. Jadi jika anda ingin segera berpindah paket, saya sarankan selalu balas chat dari CS Indihome dengan cepat dan juga lugas (jangan beri ruang untuk pertanyaan baru).

Jika proses perubahan dirasa lambat, segera ingatkan lagi CS Indihome dan minta proses dipercepat.

Apakah downgrade paket Indihome kena biaya?

Downgrade paket Indihome TIDAK dikenai biaya apapun. Sesuai pengalaman saya diatas, tidak ada permintaan dana apapun dari pihak Indihome ataupun Telkom setelah saya mengajukan perubahan paket yang digunakan.

Dibawah ini adalah isi kontrak tentang denda 1 juta rupiah:

PELANGGAN akan dikenakan Denda Pengakhiran sebesar Rp1.000.000,- sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, apabila: (i) PELANGGAN memutuskan untuk berhenti berlangganan Layanan IndiHome; atau (ii) Kontrak Berlangganan berakhir karena kesalahan PELANGGAN, dalam waktu 12 (dua belas) bulan pertama setelah Layanan IndiHome ber-Status Completed Non Aktif.

Dari penjelasan diatas, yang dikenai biaya denda adalah pemutusan Indihome yang berlangganan kurang dari satu tahun. Jadi jika anda sudah berlangganan lebih dari 1 tahun dan ingin menghentikan layanan Indihome, sesuai peraturan seharusnya tidak dikenai biaya apapun. Yang penting tagihan bulanannya sudah lunas.

Apa yang dimaksud dengan tagihan prorata?

Diatas mungkin anda juga telah melihat, CS Indihome memberitahu bahwa tagihan saya selanjutnya akan dikenai tagihan prorata karena perubahan paket saya berada di tengah waktu tagihan. Tagihan Indihome keluar setiap tanggal 5 setiap bulan, dan perubahan paket saya berada di tanggal 13 Maret.

Maka tagihan saya selanjutnya akan digabung antara paket lama dari tanggal 5 Februari - 12 Maret dan paket baru dimulai dari tanggal 13 Maret sampai tanggal 5 April. Jadi nominal total tagihan saya akan lebih murah dari paket lama dan lebih mahal dari paket baru. Ini yang disebut tagihan prorata.

Selanjutnya saya akan ditagih paket baru secara full.

Kenapa tagihan saya 30 Mbps lebih mahal dari pasang baru?

Kalau ini saya juga tidak tahu, padahal saya juga telah berlangganan bertahun - tahun (sampai dapat bonus loyalty). Tagihan saya diatas dengan kecepatan 30 Mbps sebesar Rp 330.000 /per bulan (sebelum PPN 11%). Sementara untuk pasang baru hanya dikenakan biaya 280.000 /per bulan dengan kecepatan yang sama.

Dulu pernah saya menanyakan tentang perbedaan harga ini, tapi CS Indihome tidak memberikan jawaban yang memuaskan, berputar - putar kesana - kemari dan setiap saya uji argumen nya, yang jawab orangnya beda - beda.

Daripada waktu saya habis sia - sia, lebih baik saya abaikan saja, yang penting saya bisa bayar. Urusan adil atau tidak, biarkan itu menjadi urusan Indihome saja. Mungkin kedepannya saya akan ungkit lagi ke Indihome tapi untuk sekarang saya ada urusan yang lebih penting.

Semoga tulisan cara berhenti langganan TV Indihome ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!