Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Berikut ini adalah cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express. Ini adalah panduan step by step atau langkah untuk anda yang baru memulai jualan di shopee dan mendapatkan pesanan pertama. Jika nanti ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Sebelum lanjut mengirim pesanan shopee dengan J&T atau JNT, tidak bosan kami ingatkan, PASTIKAN PEMBAYARAN TELAH TERKONFIRMASI di sistem Shopee. Jadi jika anda mendapat chat /pesan langsung dari pembeli namun anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran di sistem, lebih baik ditunggu dulu.

Setelah pembayaran benar - benar terkonfirmasi (biasanya akan muncul notifikasi di sistem shopee), barulah anda siap untuk memproses pesanan tersebut dari mulai menerima order sampai menerima pembayaran.

Standar packing yang benar

Sebelum mengirim pesanan shopee, Pastikan juga anda mengetahui standar packing produk yang benar, pastikan barang tetap dalam keadaan baik jika paket tidak sengaja terjatuh, atau bergerak - gerak saat berada didalam truk ekspedisi.

Jika anda menggunakan kardus, pastikan tidak ada ruang kosong dialam kardus. Jika ada ruang kosong didalam kardus, anda bisa penuhi dengan potongan kardus yang kecil - kecil atau lebih baik lagi jika menggunakan bubble wrap berlapis.

Jika anda khawatir barang rusak atau cacat diperjalanan, anda juga bisa menambahkan stiker /print tanda fragile (Barang pecah belah). Untuk gambarnya silahkan di google saja, "tanda fragile", atau "tanda barang pecah belah", dll.

Perhatikan juga batas waktu pengiriman, untuk amannya usahakan mengirim paket ke J&T dihari yang sama dengan waktu pemesanan. Atau paling telat keesokan harinya sudah masuk ekspedisi (JNT). Jika terlalu lama, toko anda akan mendapatkan skor /nilai yang kurang baik dari shopee.

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

  1. Buka dan login di aplikasi atau halaman website khusus penjual /seller di shopee (seller.shopee.co.id)
  2. Pada halaman utama seller shopee silahkan klik menu >Penjualan Saya atau bisa juga dengan membuka menu >Pengiriman Perlu Diproses
  3. Daftar pesanan yang harus anda proses /kirim akan terlihat di halaman ini, silahkan klik tombol /tulisan >Atur pengirimanCara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  4. Akan muncul popup menu agar anda memilih cara pengiriman ke kurir. Silahkan pilih, apakah anda ingin antar paket yang dipesan ke counter J&T terdekat, atau meminta kurir J&T menjemput paket kiriman anda. Pada langkah ini saya memilih mengantar sendiri ke counter J&T tersdekat.
  5. Setelah memilih metode pengantaran, silahkan klik tombol >Konfirmasi >Konfirmasi agar sistem dapat membuat kode booking.
  6. Setelah kode booking muncul silahkan klik tombol >Cetak ResiCara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  7. Halaman resi akan terbuka di tab yang baru, silahkan cetak atau print resi tersebut (untuk nanti ditempelkan di paket)Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T ExpressContoh resi yang bisa dicetak untuk ditempel di paket
  8. Jika perlu, anda bisa sertakan juga kwitansi pembelian dari toko anda
  9. Selanjutnya silahkan packing atau bungkus barang yang telah dipesan dengan baik. Perhatikan standar pengemasan yang benar, sesuaikan dengan jenis barang yang anda jual.
  10. Setelah barang selesai di packing silahkan >Tempelkan resi yang telah dicetak sebelumnya. Tempelkan dibagian atas paket agar mudah dilihat oleh kurir saat pengantaran.
  11. Pasikan packing aman dan rapi, kemudian silahkan antarkan paket ke kantor J&T terdekat.
  12. Silahkan berikan paket tersebut ke kasir dan jika perlu sampaikan juga bahwa ini pesanan shopee.
  13. Silahkan tunggu sampai anda mendapatkan tanda terima /nomor resi dari petugas /kasir J&T.
  14. Umumnya transaksi menggunakan J&T di shopee sudah tidak menggunakan uang tunai (cashless) jadi anda tidak perlu membayar ongkos kirim.
  15. Jika paket telah berada di tangan kurir dan anda telah menerima bukti pengiriman (resi) maka sebenarnya tugas anda sebagai penjual telah selesai.
Jika masih belum jelas, saya sarankan untuk menonton juga tutorial dalam versi video nya. Disana saya tunjukan proses packing, menempelkan resi, dan juga proses penyerahan ke ekspedisi. Videonya ada dibagian akhir tulisan ini. Bisa langsung di play dan juga bisa di putar di Youtube. Semoga membantu.

Tutorial Cara Mengirim Pesanan Shopee Versi Video (Youtube)

Jika anda ingin penjelasan dengan gambar bergerak (video) silahkan putar video dibawah ini, atau bisa juga buka di website atau aplikasi Youtube. Selamat menonton!

Selanjutnya bagaimana?

Silahkan periksa kembali halaman penjualan di akun shopee anda, pastikan status penjualannya telah berubah menjadi "Sudah Dikirim". Periksa update lokasi barang secara berkala, pastikan paket yang anda kirim sampai kepada pembeli.

Setelah barang diterima oleh pembeli dan transaksi dianggap selesai, maka saldo penjualan akan ditransfer ke akun shopee anda. Silahkan transfer atau cairkan uang tersebut ke akun rekening pribadi anda yang sebelumnya telah didaftarkan.

Tidak bisa print resi?

Banyak yang bertanya bagaimana kalau di rumah atau di tempatnya tidak ada printer atau tidak bisa print resi. Hal ini tidak menjadi masalah, jika tidak bisa print bisa diganti dengan menulis detail resi di kertas biasa lalu ditempel diatas paket seperti.

Agar memudahkan petugas atau admin JNT, usahakan untuk menuliskan secara lengkap alamat pembeli sesuai yang tertera di resi Tokopedia. Dan yang paling penting adalah nomor resi atau nomor booking yang tertera di resi Tokopedia wajib dituliskan dikertas tersebut.

Yang penting tulisannya bisa dibaca agar operator atau admin JNT bisa dengan mudah memasukan data / nomor booking ke sistem.

Ongkos Kirim

Shopee sudah mulai mengurangi transaksi langsung antara penjual dan ekspedisi (J&T). Seperti market place yang lain, sistem pengiriman di shopee sekarang menggunakan metode cashless. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi membayar ongkos kirim ke pihak ekspedisi.

Biaya ekspedisi akan langsung dipotong dari dana yang dikirim pembeli ke rekening shopee, kemudian langsung dibayarkan ke pihak ekspedisi. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi memikirkan biaya "nutupin" ongkos kirim. :)

Apakah boleh packing tanpa bubble wrap?

Sebenarnya, penggunaan bubble wrap itu tidak wajib, karena beberapa barang memang tahan banting sehingga penggunaan bubble wrap tidak diperlukan. Kecuali kalau memang barangnya sangat sensitif terhadap benturan atau tekanan seperti barang elektronik, baru penggunaan bubble wrap diwajibkan.

Pada video tutorial yang telah saya buat juga tidak menggunakan bubble wrap karena barang yang saya kirim berupa asesori HP yang terbuat dari bahan karet, sehingga kalaupun paket saya dilempar atau tidak sengaja terjatuh, tidak masalah. 

Yang jelas saya pastikan packingnya tetap aman dari cuaca ekstrim seperti hujan (air). Jadi saya packing paket tersebut dengan lakban di semua sisi, sehingga tidak akan ada air yang bisa masuk.

Semoga tulisan mengenai cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express ini bermanfaat. Jika ada kesulitan atau pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi penggun yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

216 komentar

  1. Mr. ORI
    Mr. ORI
    Rabu, April 13, 2022
    Bang, pengiriman gratis ongkir apakah bisa dilakukan dari JNT diseluruh indonesia? Atau harus di JNT yg sekota dgn domisili kita?
    Karena saya sering keluar kota
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 13, 2022
      Setau saya harus satu lokasi dengan toko (gudang) yang kita tulis di keterangan alamat toko. Kalau lagi di tempat berbeda ya dirubah dulu alamat toko nya, jadi tidak akan ada perbedaan di perhitungan ongkir nya.
  2. zhofran
    zhofran
    Sabtu, Februari 05, 2022
    Kak, kalau shopee untuk packing apakah bisa di ekspedisinya? Soalnya saya bingung beli bubble wrap dimana
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Februari 05, 2022
      Bisa saja pakai jasa ekspedisi tapi harus bayar untuk ongkos packing nya. Kalau disana gak ada yang jualan bubblew wrap ya beli online saja, banyak yang jual kok.
  3. Luki Jtr
    Luki Jtr
    Selasa, Januari 04, 2022
    Mau nanya min!
    Kalau berat barangnya saya lebihkan gpp kah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 04, 2022
      gpp, memang disarankan untuk dilebihkan sedikit untuk mengakomodir berat kardus/packing. Yang tidak boleh itu melebihkan dengan sengaja untuk mendapat keuntungan lebih misal barang yang seharusnya bisa 2kg (termasuk packing) ditulis 4kg atau bahkan dilebihkan lagi.
  4. Arzetta Estridia S
    Arzetta Estridia S
    Sabtu, Desember 11, 2021
    Makasih banyak info nya bang. tp ane mo nnya, nnti kan kl udah di atur pengiriman nnti muncul kode booking, nah trus klik cetak resi kan.nah nomor resi sama nomor booking itu sama ga si bang? kl no booking kan yg jp0307***. nah kl no resi nya beda lg apa gmn?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 11, 2021
      Di pengalaman saya sih nomor resi sama dengan nomor book. Ibaratnya itu booking nomor resi.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!