Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!

Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!
Image: Google Stadia
Industri game saat ini sedang menjadi primadona baik di kalangan produsen maupun investor. Para pemain besar di industri game sedang berfokus pada teknologi game berbasis cloud yang sepertinya akan menjadi arah baru industri game.

Game seperti Fortnite dan PUBG telah membuktikan bahwa perputaran uang di industri game saat ini sangat besar. Buktinya, game - game tersebut dapat mengadakan kompetisi dengan jumlah hadiah yang jauh lebih besar dari kompetisi olah raga tingkat dunia.

Baca juga: Cara Membeli Game di Steam Online dengan Kartu Jenius


Teknologi Game Berbasis Cloud (streaming)

Seperti yang kita ketahui untuk bermain game atau permainan dengan ratting AAA kita harus memiliki consol game atau komputer dengan spesifikasi tinggi. Namun berkat teknologi game berbasis cloud ini anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli consol game seperti XBOX dan Playstation ataupun komputer gaming.

Dengan teknologi ini, sistem yang menjalankan game tersebut berada di server penyedia layanan. Jadi anda hanya perlu melakukan streaming ke layanan tersebut untuk bermain game yang tersedia.

Anda hanya perlu menyediakan komputer atau laptop dengan spesifikasi standar untuk menampilkan game secara streaming. Anda bisa menggunakan controller ataupun keyboard & Mouse yang telah ada.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan smart TV di rumah untuk bermain game yang sama. Yang anda perlukan hanyalah koneksi internet untuk melakukan streaming game tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa perusahaan yang sudah menyediakan layanan game berbasis cloud ini.

GeForce Now

Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!
Beberapa bulan yang lalu mungkin anda hanya mendengar Google stadia, namun NVIDIA juga sebenarnya mengembangkan layanan yang sama. Dengan nama produk GeForce Now, para pengguna dapat bermain game yang sudah dibeli kapanpun dimanapun dengan layanan ini.

Jadi misalnya anda sudah membeli game Destiny di Steam, anda bisa langsung memainkannya dari layanan GeForce Now meskipun anda tidak memiliki komputer gaming yang memadai.

Namun selain berlangganan GeForce Now, untuk dapat bermain game di layanan ini anda juga harus mempunyai layanan NVIDIA Shield, layanan streaming TV dari Nvidia.

Nvidia memberikan 2 pilihan layanan, pilihan pertama itu gratis namun anda hanya bisa bermain selama 1 Jam /per hari. Pilihan kedua yaitu membayar biaya langganan $5 /bulan dan anda dapat bermain sampai 6 Jam /per hari.

Baca juga: Dituduh mengadakan giveaway palsu, tim Esports US ARMY disemprot Twitch

Playstation Now

Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!
Selanjutnya datang dari salah satu pemain besar di dunia game konsol, yaitu Playstation. Hadir dengan nama layanan Playstation Now, sepertinya ini akan menjadi penantang kuat di game berbasis cloud.

Pasalnya, Playstation telah mempunyai galeri game yang sangat banyak untuk dipilih. Apalagi, anda dapat bermain hampir seluruh game yang telah ada di Playstation 2, 3, 4. Dengan keunggulan jumlah game ini sepertinya Playstation Now akan lebih mudah untuk menjual layanan ini.

Dengan harga $10 /bulan atau $60 /tahun, anda sudah dapat menikmati layanan streaming game yang disediakan oleh Playstation dimana saja dan kapan saja.

Google Stadia

Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!
Google Stadia sepertinya menjadi pelopor dalam layanan game berbasis cloud ini. Google Stadia juga menjadi layanan yang pertama kali dijual secara terbuka, walaupun masih banyak yang harus diperbaiki.

Namun beberapa pengamat teknologi agak sedikit pesimis karena Google juga terkenal sering menutup layanan usahanya. Contohnya saja layanan Google Plus, walaupun sudah bertahun - tahun berjalan akhirnya ditutup.

Begitupun dengan layanan streaming game ini, dengan banyaknya pesaing - pesaing yang berat, tidak menutup kemungkinan layanan ini juga akan di 'suntik mati' jika tidak menunjukan perkembangan yang baik.

Baca juga: Cara Membuat Akun Steam Online Untuk Bermain Game

XBOX Project xCloud

Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!
Terakhir datang dari anak perusahaan Microsoft, XBOX. Dengan nama layanan Project xCloud, saat ini XBOX masih memberikan status "Preview" di layanan ini. sepertinya XBOX masih berada dalam tahap pengembangan untuk layanan game berbasis cloud ini.

Meskipun masih berstatus 'preview' layanan ini sudah dapat dicoba oleh beberapa pengguna baik di komputer maupun di smartphone.

Belum ada kabar tentang berapa harga layanan Project xCloud ini, namun sepertinya tidak akan jauh berbeda dari layanan lainnya yang bersifat langganan atau subscription bulanan atau tahunan.

Semoga tulisan mengenai teknologi game berbasis cloud ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Cara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!
Teknologi Game Berbasis Cloud Sudah dimulai!
Berkat teknologi game berbasis cloud ini anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli consol game seperti XBOX dan Playstation ataupun komputer gaming.
https://1.bp.blogspot.com/-uBiWrIuSaio/Xnv-FsH7oiI/AAAAAAAAILk/rrNW-rgS2WYhJ35cBEYl9YlnzTmBCp1vACLcBGAsYHQ/s640/Teknologi%2BGame%2BBerbasis%2BCloud%2BSudah%2Bdimulai%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uBiWrIuSaio/Xnv-FsH7oiI/AAAAAAAAILk/rrNW-rgS2WYhJ35cBEYl9YlnzTmBCp1vACLcBGAsYHQ/s72-c/Teknologi%2BGame%2BBerbasis%2BCloud%2BSudah%2Bdimulai%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/03/teknologi-game-berbasis-cloud.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/03/teknologi-game-berbasis-cloud.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content