Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
News
Review
Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Berikut adalah pembahasan mengenai spesifikasi Realme XT, smartphone terbaru dari Realme dengan layar Super AMOLED dan kamera 64 Mega Pixels. Didalam tulisan ini juga kita akan membahas atau review kekurangan dan kelebihan Realme XT ini. 

Semoga pembahasan lengkap mengenai spesifikasi realme XT dan review kekurangan kelebihannya dapat menjadi informasi tambahan bagi anda yang sedang mencari smartphone baru. Tidak hanya terbaik tetapi juga pastikan smartphone baru anda cocok dengan kebutuhan anda.

First Smartphone with 64 MP Camera

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
9216×6912 ultra detailed photo diambil dengan Realme XT 
Smartphone terbaru dari Realme ini juga disebut - sebut sebagai smartphone pertama yang menggunakan kamera 64 mega piksel. Seperti yang kita ketahui selain Realme, Xiaomi juga mengeluarkan smartphone terbaru dengan kamera 64 megapixels.

Seperti yang kita ketahui, iPhone 11 saja saat ini menggunakan kamera 12 Megapixels pada kamera utamanya. Namun tidak ada jaminan bahwa hasil potret kamera ditentukan hanya dengan berapa jumlah mega piksel yang digunakan. 

Banyak sekali faktor yang dapat memaksimalkan hasil foto diluar jumlah megapixels. iPhone 11 memang menggunakan kamera dengan 12 MP namun jika dilihat dari hasilnya, sepertinya Realme XT belum mampu menandingi hasil foto iPhone 11.

Super AMOLED Screen

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Realme XT | androidauthority.com
Satu hal yang menjadi highlight pada spesifikasi Realme XT ini ada pada bagian kualitas layar. Realme kali ini memberikan layar dengan kualitas Super AMOLED. Layar AMOLED juga saat ini digunakan pada smartphone SAMSUNG Galaxy S10. 

Karena pilihan layar AMOLED, Realme XT juga sekarang mendukung On-Screen Fingerprint Sensor. Seperti smartphone - smartphone flagship, anda dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menyentuh layar dengan jempol atau jari anda.

Dengan layar ini, Realme XT berada diatas rata - rata untuk kualitas layar. Dengan Super AMOLED mata anda akan dimanjakan dengan kualitas gambar yang lebih baik dan tentunya lebih nyaman dimata.

Dedicated Micro SD Slot

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Realme XT dengan Dedicated Micro SD Tray | GSMArena.com
Berbeda dengan beberapa smartphone yang ada saat ini, Spesifikasi Realme XT memiliki slot microSD yang terpisah (bukan hybrid) dari tray atau slot SIM 2. Dengan begitu kita dapat memasang 2 buah SIM Card beserta Micro SD pada waktu yang bersamaan.

SIM card tray pada smartphone Realme XT memiliki 3 slot atau ruang untuk masing - masing SIM 1 SIM 2 dan Micro SD. Sehingga kita tidak perlu lagi memilih untuk memasang Micro SD atau memasang SIM 2, karena keterbatasan slot.

Jadi bagi anda pengguna double SIM namun tetap ingin menggunakan memory eksternal (Micro SD) Realme XT bisa masuk kedalam daftar pertimbangan anda.

Spesifikasi Realme XT

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan


  • Network: GSM / HSPA / LTE
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • BODY: Plastic frame with Gorilla Glass 5
  • Display: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 6.4" inches
  • Resolution: 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
  • Protection: Corning Gorilla Glass 5
  • OS: Android 9.0 (Pie), planned upgrade to Android 10.0; ColorOS 6
  • Chipset: Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • GPU: Adreno 616
  • Memory: 64GB 4GB RAM, 64GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM (dedicated microSD up to 256 GB)
  • Main Camera: 64 MP (wide), 8MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth sensor)
  • Front Camer: 16 MP
  • COMMS: WLAN, Bluetooth 5.0, GPS, Radio, USB type-C
  • Sensors: Fingerprint (under-display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Battery: 4000 mAh, Fast charging 20W
  • Colors: Pearl White, Pearl Blue
Selain spesifikasi diatas, anda juga dapat menggunakan fitur Face unlock dan masih mendapatkan headphone jack atau colokan headset untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.

No NFC

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Hasil Foto dari Kamera Realme XT
Satu hal yang mungkin akan menjadi 'deal breaker' atau alasan untuk tidak membeli adalah ketersediaan fitur NFC. Sayangnya dalam spesifikasi Realme XT ini tidak terdapat fitur NFC yang saat ini sudah mulai banyak dimanfaatkan oleh berbagai macam industri.

Tahun lalu mungkin fitur NFC masih menjadi pilihan dan belum menjadi fitur utama yang harus ada dalam sebuah smartphone, namun berbeda dengan tahun ini.

Sekarang ini fitur NFC sudah banyak digunakan di berbagai macam kegiatan, khususnya sebagai pilihan media transaksi online yang lebih mudah dan instant. Fitur NFC di smartphone dapat menggantikan fungsi e-money untuk melakukan pembayaran instant.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi membawa - bawa kartu e-Money karena seluruh data dan transaksi dapat dilakukan langsung melalui smartphone anda via fitur NFC. Dan sayangnya fitur ini tidak ada di spesifikasi Realme XT.

Plastik

Sama seperti HP flagship dari Xiaomi (Redmi Note 8 Pro), Realme XT memilih menggunakan bahan plastik untuk material frame dan body yang digunakan. Walaupun pada penampilan terlihat seperti metal, sayangnya itu berasal hasil pengecatan yang bernuansa metal.

Walaupun terbuat dari bahan metal, kabar baiknya adalah seluruh body dari smartphone Realme XT ini dilindungi oleh Gorilla Glass 5 yang tentunya tahan terhadap benturan.

Selain itu, pemilihan bahan plastik juga pastinya akan menekan biaya produksi dan anda sebagai konsumen akan mendapatkan harga yang lebih masuk akal jika dibandingkan dengan material seperti metal atau besi.

Camera Bump

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan

Seperti yang terlihat pada desainnya, posisi kamera pada smartphone Realme XT ini berada di bagian sisi atau tepi body. Tidak ada masalah sebenarnya dari posisi kamera, namun penempatan frame kamera yang menonjol keluar body terasa sedikit mengganggu.

Jika anda menyimpan smartphone Realme XT ini diatas meja atau permukaan yang datar, frame kamera akan terlihat mengganjal. Dengan begitu, tidak seluruh bagian belakang HP menyentuh permukaan.

Sebenarnya tidak terlalu masalah jika terdapat tonjolan kecil untuk frame kamera, karena beberapa merek lain juga memilik 'benjolan' kamera tersebut. Tetapi khusus untuk HP Realme XT ini terlihat terlalu tinggi benjolannya.

Waterproof?

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Hasil foto macro Realme XT
Spesifikasi Realme XT juga tidak menyebutkan sertifikasi ketahanan didalam air. Maka dari itu sebaiknya anda hindari penggunaan smartphone dibawah guyuran hujan dan penggunaan didekat kolam renang pantai.

Jika anda tetap membutuhkan smartphone Realme XT ini didekat - dekat air, maka sebaiknya gunakan pelindung atau case. Pastikan pelindung tersebut terdapat bahan karet agar air yang menyentuh smartphone tidak langsung masuk kedalam body HP.

Walaupun beberapa smartphone yang tidak memiliki sertifikat tahan air dapat 'selamat' jika direndam sebentar didalam air, namun hal tersebut dapat dibuktikan ketika telah 'kejadian'.

LED Notification

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Hasil foto Realme XT (ultrawide)
Pada spesifikasi Realme XT juga disebutkan bahwa smartphone ini tidak memiliki lampu notifikasi (LED notification) pada bagian depan HP. Hal ini bisa menjadi kelebihan dan juga kelemahan untuk beberapa orang.

Jika anda tidak suka dengan lampu yang tiba - tiba muncul sebagai notifikasi maka hal ini bisa menjadi keuntungan bagi anda. Namun jika anda tetap membutuhkan sinyal notifikasi dari lampu LED saat HP anda dalam keadaan terkunci, maka anda perlu mempertimbangkan hal ini.

Limited Market

Sebelum kita membahas tentang harga dari smartphone ini, ada baiknya anda ketahui informasi yang kurang enak ini. Realme telah mengkonfirmasi bahwa smartphone type ini tidak akan dipasarkan secara global. Mereka akan memasarkan Realme XT ini hanya di beberapa negara saja.

Bila Indonesai tidak masuk kedalam daftar negara tujuan, siap - siap untuk mengeluarkan uang lebih karena harga barang yang berasal dari import langsung biasanya jauh lebih mahal dari harga normal.

Harga Realme XT

Spesifikasi Realme XT Kekurangan dan Kelebihan
Saat ini harga smartphone realme XT dengan spesifikasi terendah ada di Amazon India berada di kisaran Rs. 16400 atau sekitar 3,2 juta rupiah. Sedangkan untuk versi tertinggi berada di harga Rs. 19.400 atau sekitar 3,8 juta rupiah.

Harga diatas belum termasuk biaya pengiriman dari luar negeri dan (mungkin) pajak bea masuk barang elektronik. Di marketplace atau toko online lokal di Indonesia sebenarnya sudah ada yang sudah memajang Realme XT namun kebanyakan masih pre-order dengan harga yang masih belum stabil.

Bagaimana? masih berniat untuk mendapatkan smartphone dengan layar Super AMOLED ini? Siapkan dana dan juga bersabar ya.. Smartphone ini sepertinya akan termasuk kedalam barang langka di pasar Indonesia.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!