Beranda
Computer
Internet
Productivity
Tutorial
Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer
Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer

Berikut ini adalah cara daftar JobsDB lewat HP dan Komputer. Dengan cara ini anda dapat mengetahui cara membuat akun atau cara mendaftar di halaman website atau aplikasi JobsDB Indonesia.

Walaupun daftar jobsDB lewat HP sangat mudah, namun jika memungkinkan kami tetap menyarankan anda untuk melakukan pendaftaran melalui komputer. Walaupun hasil dan prosesnya sama saja, tetapi tampilan melalui komputer kami rasa lebih baik dan lebih mudah untuk dipahami. 

Jika anda memang tidak memiliki akses internet melalui komputer atau laptop, jangan khawatir, daftar jobsDB lewat HP pun tidak ada masalah dan hasilnya tidak ada yang berbeda dengan cara daftar jobsDB lewat komputer.

Sebelum melakukan pendaftaran, kami sarankan agar anda menyiapkan dokumen resume atau CV (Curriculum vitae) anda yang terbaru. Karena pada tahap melengkapi akun, anda akan diminta untuk mengunggah (upload) dokumen resume terbaru anda untuk digunakan sebagai dokumen lamaran melalui sistem JobsDB.

Cara Daftar JobsDB Lewat HP

  1. Buka aplikasi PlayStore (Android) atau AppStore (iOS)
  2. Cari dan Install aplikasi JobsDB
  3. Buka aplikasi JobsDB
  4. klik tombol >Get started (Mulai)
  5. Pilih Negara tempat anda ingin mencari pekerjaan
  6. Klik tulisan >Sign up to JobsDB. Halaman pendaftaran akun akan terbuka
  7. Masukan Nama Depan, Nama Belakang, alamat email, kemudian password yang ingin anda gunakan untuk akun JobsDB anda (Disarankan untuk menggunakan password yang berbeda dengan password email anda)
  8. Klik tombol >Sign up
    Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer
  9. Silahakn pilih kota tempat anda ingin mencari kerja, untuk awalan disarankan untuk memilih "Dimana saja (Anywhere)" kemudian klik tombol >Continue
  10. Pada halaman selanjutnya anda dapat memasukan kisaran gaji yang anda cari, anda juga dapat melewati bagian ini dan mengaturnya nanti. Klik tombol >Continue
  11. Klik tombol >Go to feed (jika ada)
  12. Selesai. anda akan melihat daftar lowongan pekerjaan yang sedang aktif.
Setelah anda menyelesaikan langkah diatas, maka anda sudah mengetahui cara daftar jobsDB lewat HP. Namun sebelum mencari - cari pekerjaan yang cocok untuk anda, kami sarankan agar anda melengkapi profil anda sebagai pelamar terlebih dahulu.

Untuk melengkapi profil anda sebagai pelamar di akun jobsDB silahkan ikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini:

Melengkapi akun saat daftar JobsDB lewat HP

  1. Pada halaman utama aplikasi JobsDB silahkan klik menu profil di bagian kanan-bawah layar (ditandai dengan icon orang)
  2. Popup untuk melengkapi profil akan muncul kemudian silahkan klik tombol >Update Profile (Jika popup tidak muncul silahkan klik tulisan >Manage my profile). Halaman pengaturan profile lanjutan akan terbuka
    Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer
  3. Silahkan isi kolom - kolom yang masih kosong seperti tempat tinggal, pendidikan terakhir, nomor telepon, dll.
  4. Pada kolom karir atau pengalaman kerja silahkan anda masukan pengalaman kerja anda lengkap dengan posisi, tahun dan nama perusahaan tempat anda bekerja (Jika anda belum pernah bekerja silahkan pilih "Baru di dunia kerja").
  5. Jika sudah terisi silahkan klik tombol >Simpan (Save).
  6. Masih di bagian profile, silahkan lengkapi kolom - kolom yang kosong selanjutnya seperti daftar riwayat pendidikan, skill atau kemampuan tambahan anda, juga bahasa yang anda kuasai seperti Indonesia, Inggris, Arab, Mandarin, dll.
  7. Pada halaman profil juga anda dapat memasukan data sertifikat apa saja yang pernah anda dapatkan, juga anda dapat memperbarui dokumen resume atau CV anda dengan cara melakukan upload /unggah pada halaman profil ini.
    Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer
  8. Selesai. Setiap perubahan yang anda buat jangan lupa untuk menekan tombol Simpan /Save.

Selesi! Jika anda telah melengkapi data - data di akun JobsDB anda, maka anda dianggap sudah siap untuk mencari lowongan pekerjaan dan anda juga dapat mengajukan lamaran langsung melalui akun JobsDB anda dengan menekan tombol >Lamar sekaran (Apply now).

Cara Daftar JobsDB Lewat Komputer

  1. Buka halaman website jobsdb.com melalui browser (Chrome, Firefox, Safari, dll)
  2. Jika anda baru membuka website jobsDB anda akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin digunakan didalam website (Silahkan pilih Bahasa Inggris (English) atau Bahasa Indonesia)
  3. Pada bagian kanan-atas halaman cari dan klik tombol >Daftar (Sign up). Halaman pendaftaran awal akan terbuka.
    Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer
  4. Silahkan masukan Nama Depan, Nama Belakan, Email, dan Kata sandi atau password yang ingin digunakan untuk akun JobsDB anda. Disarankan untuk tidak menggunakan password yang sama dengan password email anda.
  5. Klik tombol >Buat Profile (Create profile). Halaman Informasi lanjutan akan terbuka.
  6. Silahkan isi kolom - kolom di halaman informasi lanjutan seperti berapa lama pengalaman kerja, posisi terakhir dan nama perusahaan tempat anda bekerja (jika anda baru lulus atau belum pernah bekerja, silahkan pilih 'Baru di dunia kerja' dan lanjut ke kolom berikutnya).
  7. Dilanjutkan dengan mengisi kolom pendidikan terakhir, kewarganegaraan, tempat tinggal dan nomor telepon anda.
  8. Jika anda memiliki resume yang siap untuk di unggah /upload silahkan klik tulisan "Unggah resume" kemudian pilih file resume anda (jika resume anda belum siap, lewati langkah ini).
  9. Jika tidak ada lagi yang ingin dirubah silahkan klik tombol >Lanjutkan. Halaman konfirmasi bahwa Profil Anda sudah siap akan muncul 
  10. Pilih pengaturan privasi antara Standar dan Terbatas, disarankan anda tetap memilih pengaturan Standar agar perusahaan lain lebih mudah untuk mencari dan menghubungi anda
  11. Klik tombol >Cari Pekerjaan
    Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer

Pada saat ini anda telah berhasil mempraktekan cara daftar jobsDB, namun kami sarankan anda tidak dulu mencari pekerjaan sebelum melengkapi profil di akun JobsDB anda. Untuk melengkapi akun jobsDB anda silahkan ikuti langkah - langkah atua tutorial melengkapi akun JobsDB dibawah ini.

Melengkapi Profil Akun JobsDB lewat Komputer

  1. Pada halaman utama JobsDB silahkan buka atau klik tab >MY JOBSDB. menu personalisasi akun anda akan muncul 
  2. Kemudian buka bagian >Profil. Halaman detail profil utama anda akan terbuka
  3. Silahkan lengkapi setiap kolom data diri yang ada pada halaman profil ini seperti kisaran gaji yang diinginkan, pengalaman kerja (jika ada), riwayat pendidikan, dan keterampilan lain (jika ada).
  4. Dilanjutkan dengan mengisi bahasa yang dikuasai seperti Indonesia, Inggris, Mandarin, Arab, dll.
    Cara Daftar JobsDB Lewat HP dan Komputer
  5. Jika anda mempunyai sertifikat - sertifikat pendukung silahkan tuliskan pada kolom sertifikat
  6. Sangat disarankan untuk anda membuat resume atau CV (curriculum vitae) untuk diupload /unggah di kolom resume. Resume ini nantinya akan otomatis dikirim sebagai dokumen pendamping jika anda melamar kerja melalui halaman jobsDB ini.
  7. Selesai. Akun anda sudah siap untuk melamar kerja melalui akun jobsDB secara langsung.

Setelah anda melengkapi profil akun anda JobsDB anda lewat komputer, anda dapat langsung mencari - cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan anda. Jika sudah menemukan lowongan pekerjaan yang anda minati, anda juga dapat langsung mengirimkan lamaran secara online melalui halaman JobsBD dengan menekan tombol >Lamar Sekarang (Apply now).

Aktif mencari dan tetap berhati - hati

Pastikan anda juga tetap aktif mencari pekerjaan melalui berbagai macam media, tidak hanya bergantung pada halaman jobsDB saja. Ingat JobsDB hanya satu dari berbagai macam media tempat anda mencari kerja.

Pastikan juga anda aktif mencari lowongan pekerjaan di berbagai grup atau forum online agar anda memiliki banyak referensi dan juga pilihan yang paling cocok untuk keahlian anda. 

Tetap berhati - hati terhadap berbagai macam penawaran atau penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan. Ingat, perusahaan yang resmi dan kredible tidak akan memungut atau meminta anda untuk membayar satu rupiah pun pada setiap proses seleksi.

Semoga tulisan mengenai cara daftar jobsDB lewat HP dan komputer ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!