Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
News
Review
Xiaomi
Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Forest Green) | mi.com
Berikut ini adalah spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro beserta dengan pembahasan lengkapnya. Apa saja kekurangan dan kelebihan smartphone flagship dari Xiaomi ini? Berapa harga dari HP Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini?

Xiaomi saat ini sudah menjadi pemain penting dalam pasar smartphone di dunia, termasuk di Indonesia. Saat ini brand Xiaomi sudah menepati posisi 5 besar dalam pangsa pasar smartphone di dunia dan menempati posisi 3 besar di Indonesia

Dengan produk - produk yang terkenal dengan spesifikasi yang mumpuni tetapi tetap dengan harga yang sangat masuk akal, Xiaomi sudah mengeluarkan berbagai macam seri smartphone. Dan seri Redmi Note adalah salah satu type yang selalu ditunggu - tunggu.

Dark Mode Ready

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Mineral Grey)
Saat ini banyak sekali aplikasi dan smartphone yang berlomba - lomba untuk menyediakan fitur dark mode atau mode gelap. Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro juga tidak ketinggalan, dengan firmware dan OS terbaru anda bisa mengaktifkan fitur dark mode ini langsung dari pengaturan HP.

Apple juga saat ini telah menyediakan fitur dark mode di update iOS terbarunya. Walaupun belum semua aplikasi mendukung fitur dark mode ini, tetapi seiring berjalannya waktu akan semakin banyak aplikasi yang mendukung fitur dark mode ini.

Headphone Jack

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini juga masih menyediakan port headphone jack atau colokan headset. Pada beberapa type smartphone Xiaomi ada juga yang sudah menghilangkan port headset atau earphone, namun pada tidak pada Redmi Note 8 Pro ini.

Headphone jack memang saat ini sudah menjadi pilihan, bukan kewajiban lagi. Namun bukan berarti anda tidak bisa menggunakan headphone kabel, anda tetap dapat menggunakan headphone dengan kabel menggunakan converter yang dihubungkan ke port charger.

Menggunakan headset atau headphone dengan kabel saat ini memang terlihat merepotkan, tetapi sebenarnya koneksi dengan menggunakan kabel masih menjadi pilihan utama bagi beberapa pengguna. 

Terutama bagi para pengguna yang tidak ingin mengalami delay karena koneksi wireless yang pastinya lebih lambat dalam pengiriman data jika dibandingkan dengan menggunakan kabel.

NFC Available

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
Satu fitur yang saat ini sudah menjadi kewajiban pada sebuah smartphone adalah fitur NFC (Near-field Communication) dan anda akan mendapatkan fitur ini di smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Fitur NFC sudah mulai banyak digunakan khususnya di bidang keuangan. Saat ini sudah mulai banyak transaksi yang mendukung pembayaran melalui koneksi NFC. Mulai dari Pembayaran instant di supermarket sampai pembayaran tiket transportasi seperti kereta dan bus.

Dengan fitur NFC juga anda dapat melakukan pengecekan saldo e-Money bahkan anda juga dapat melakukan pengisian saldo e-Money dengan fitur NFC ini.

IR Blaster available

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
IR Blaster (Infrared Blaster) atau biasa kita sebut sinyal infra merah, terdapat juga di smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Dengan IR Blaster anda dapat menjadikan smartphone sebagai pengganti remote TV, remote AC, Proyektor dan perangkat - perangkat lainnya dengan koneksi Infra Merah.

Terlebih lagi, Selain smartphone Xiaomi juga memproduksi berbagai macam alat atau teknologi yang biasa kita gunakan sehari - hari seperti kipas angin, televisi, bahkan proyektor. Dengan begitu, jika anda mempunyai berbagai macam produk dari Xiaomi, anda juga dapat mengoperasikannya dengan smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini.

Fitur atau teknologi IR Blaster ini sebenarnya bukan teknologi baru, fitur ini juga telah ada di seri Redmi Note awal - awal seperti Redmi Note 3 Pro dan type - type lainnya. Namun tidak semua smartphone Xiaomi juga memiliki fitur IR Blaster ini, hal ini juga berkaitan dengan biaya produksi ya dan pastinya mempengaruhi harga jual.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Network: GSM / HSPA / LTE
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • BODY: Plastic with Gorilla Glass 5
  • Display: IPS LCD capacitive touchscreen, 6.53" inches
  • Resolution: 1080 x 2340 pixels FHD+, 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
  • Protection: Corning Gorilla Glass 5
  • OS: Android 9.0 (Pie) MIUI 10
  • Chipset: Mediatek Helio G90T (12nm)
  • CPU: Octa-core Helio G90T (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: ARM Mali G76 MC4
  • Memory: 64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM (microSD up to 256 GB)
  • Main Camera: 64 MP (wide), 8MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth sensor)
  • Front Camer: 20 MP
  • COMMS: WLAN, Bluetooth 5.0, GPS,, NFC, IR, Radio, USB type-C
  • Sensors: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Battery: 4500 mAh, Fast charging 18W
  • Colors: Pearl White, Forest Green, Mineral Grey

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
Dengan berbagai macam fitur yang telah disebutkan diatas, tentunya smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini tetap mempunyai kekurangan. Salah satunya adalah bahan atau material body yang digunakan pada smartphone ini masing menggunakan bahan plastik.

Memang terlihat seperti metal tetapi itu berasal dari pemberian warna yang seakan - akan seperti metal nan mewah. Namun walaupun plastik, body HP ini tetap mendapat perlindungan dari Gorilla Glass 5.

Pada bagian kamera, smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini memang memiliki banyak fitur. Namun hasil dari tangkapan kameranya dipastikan bukan yang terbaik di kelasnya. Tetapi tetap saja diatas rata - rata ya.

Satu lagi kekurangannya yaitu dari penggunaan ayar yang masih bertahan dengan LCD, belum AMOLED. Saat ini sudah mulai banyak smartphone yang menggunakan layar AMOLED seperti Apple dan Samsung di flagshipnya.

Namun sekali lagi, memang susah ya menyediakan smartphone dengan segala keunggulan namun tetap ramah di kantong.

Harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro - Wort the money?
Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Pearl White)
Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini sudah dapat anda beli di marketplace atau toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi, tergantung pada spesifikasi.

Untuk harga termurahnya saat ini berada di kisaran 3,6 juta rupiah dan harga termahalnya yaitu di kisaran 5,3 juta rupiah. Tentunya harga - harga tersebut juga tergantung dari kapasitas memori atau bahkan jenis warna yang dipilih.

Tertarik untuk membelinya? Apakah anda punya rekomendasi smartphone lain di kisaran harga yang sama dengan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini?

Semoga tulisan mengenai Spesifikasi dan pembahasan smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!