Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step

Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Sebelum kita lanjut ke langkah membuat toko online di tokopedia, kita akan mengenal sekilas tentang portal toko online yang satu ini, kenapa harus di tokopedia? Apa kelebihan dan kekurangannya? Bagaimana proses transaksinya?

Tokopedia adalah sebuah website portal toko online asli Indonesia yang sampai saat ini telah membuktikan bahwa mereka adalah salah satu situs jual beli papan atas yang ada di Indonesia. 

Pada awal - awal pengoperasian juga Tokopedia mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100 juta dollar dari SoftBank (Investor dibalik kesuksesan Alibaba) dan Sequoia Capital (Investor dibalik kesuksesan Apple dan Google), investasi ini membuktikan bahwa tokopedia memiliki potensi yang sangat besar dari segi bisnis dan juga pengembangan.

Selain memudahkan pembeli dalam mencari barang secara online, marketplace seperti Tokopedia juga memudahkan penjual dalam memasarkan produk - produknya. Tidak sedikit penjual - penjual yang sudah meraup sukses dari adanya fasilitas buka toko online di Tokopedia ini.

Keuntungan membuka toko online di Tokopedia

Gratis Rekening bersama dari Tokopedia

Pembeli dan penjual tidak akan saling curiga dan takut ditipu karena Tokopedia menyediakan rekening bersama (RekBer) sehingga seluruh transaksi harus melalui pihak tokopedia terlebih dahulu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan antara pembeli dan penjual.

Verifikasi Pembayaran Otomatis

Seluruh pembayaran yang telah dilakukan oleh pembeli untuk sebuah barang akan diverifikasi oleh pihak tokopedia yang bekerjasama dengan seluruh Bank yang ada di Indonesia, kita tidak perlu ribet lagi untuk melakukan pengecekan apakah pembayarannya sudah masuk atau belum.

Terhubung ke berbagai jasa pengiriman (Kurir /Logistik)

Saat ini Tokopedia telah bekerjasama dengan beberapa agen pengiriman ternama di Indonesia Seperti J&T, SiCepat, POS Indonesia, JNE, Tiki, dll sehingga memberikan pilihan bagi pembeli dan penjual dalam pemilihan kurir favorit dan juga terdekat berdasarkan lokasi yang paling memungkinkan.

Sekarang juga pengiriman bisa menggunakan jasa ojek online seperti GRAB dan GoJek jadi barang yang dipesan akan diterima dengan cepat dalam hitungan jam, bukan lagi hitungan hari.

Harga Jelas

Penjual dimungkinkan untuk menentukan harga yang benar – benar pas dan tidak bisa di nego, kalaupun ada sistem paket dan borongan (grosir) penjual dapat mengaturnya pada daftar harga sehingga tidak perlu lagi berdiskusi mengenai harga karena semua sudah tertera baik untuk pembeli satuan ataupun pembeli dengan jumlah yang banyak.

Kecuali yang dijual memang barang - barang tertentu seperti barang bekas, biasanya penjual dan pembeli melakukan negosiasi sebelum melakukan transaksi secara resmi.

Jutaan pengunjung = jutaan calon pembeli

Dalam satu bulan ratusan ribu UKM yang terdaftar di Tokopedia dapat mengirimkan bkepada pelanggan di seluruh Indonesia dan sepertinya jumlah ini akan semakin meningkat seiring terkenalnya Tokopedia di Indonesia melalui iklan di media cetak dan elektronik.

Tidak ada Komisi Penjualan

Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa para penjual takut membuka toko online, adanya potongan penjualan (komisi) yang diterapkan oleh sebuah portal jual beli, namun tidak demikian dengan Tokopedia, Tokopedia tidak akan memotong atau meminta komisi dari penjualan yang berhasil anda lakukan, seluruh keuntungan transaksi akan kembali sepenuhnya kedalam rekening kita.

Kecuali jika anda sebagai penjual mengikuti program khusus yang disediakan oleh Tokopedia seperti akun Power Merchant atau Official Store. Biasanya akun - akun tersebut membayar biaya layanan yang disediakan oleh Tokopedia.

Step by Step membuat toko online di Tokopedia

#1 Buka aplikasi/website Tokopedia

Pertama kita harus membuka aplikasi atau website Tokopedia, pastikan alamat yang anda buka adalah www.tokopedia.com bukan yang lain. Jika anda belum memiliki akun Tokopedia silahkan cari dan klik tombol >Daftar. Jika anda sudah memiliki akun tokopedia silahkan >Login seperti biasa.

#2 Isi Formulir Pendaftaran

Bagi anda yang sudah memiliki akun di tokopedia silahkan lewati langkah ini. Jika anda belum memiliki akun tokopedia silahkan lanjutkan proses pendaftaran dengan mengisi beberapa kolom mengenai data diri anda.

#3 Pengajuan buka toko online di Tokopedia

Ada 2 cara untuk melakukan pembukaan toko online di tokopedia. Cara pertama, silahkan ketik pada kolom pencarian "Buka Toko Gratis" kemudian klik enter. Akan muncul satu pilihan toko, klik toko dengan nama "Buka Toko Gratis" tersebut.

Cara Kedua, silahkan buka menu >Akun kemudian buka tab >Akun Toko. Silahkan klik tombol >Buka Toko Gratis. Jika belum, anda akan diminta melakukan konfirmasi nomor handphone baik melalui SMS ataupun WhatsApp .
Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step

#Nama akun dan Nama Toko

Setelah melakukan verifikasi nomor handphone anda akan diminta untuk memasukan nama anda sesuai KTP dan Nama Toko.

Pastikan nama yang anda masukan sesuai KTP agar nantinya lebih mudah saat melakukan penarikan dana dari Tokopedia ke rekening pribadi. Pikirkan juga secara matang nama toko yang akan digunakan, karena nama toko /domain tidak bisa dirubah.

Silahkan catat nama domain toko anda karena domain tersebut dapat anda gunakan untuk membuka toko online anda secara langsung tanpa harus mencarinya di Tokopedia. Istilahnya itu disebut direct link, jika orang laing membuka link tersebut maka akan langsung menuju toko online anda di Tokopedia.

Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Daftarkan nama toko yang diinginkan, contoh seperti ini "Jaya Makmur Grosir" atau "Andi Asesoris", dll

Jika ada, anda akan diminta untuk mengisi survey singkat mengenai pengetahuan anda tentang berjualan secara online. Silahkan isi dengan jujur agar pihak tokopedia memberikan anda layanan yang tepat.

Masukkan Alamat Toko

Jika anda memiliki toko fisik silahkan masukan alamatnya, jika anda tidak memiliki toko fisik silahkan masukan alamat rumah atau tempat anda menyimpan barang. 

Isikan alamat secara lengkap dengan desa dan RT/RW, bahkan jika ada ciri khusus alamt toko anda bisa dituliskan juga agar memudahkan kurir. 

Alamat ini juga akan berguna untuk penghitungan ongkos kirim dan alamat penjemputan barang oleh kurir (jika tidak diantar sendiri ke pihak ekspedisi).

Setelah langkah ini sebenarnya toko anda sudah jadi dan siap diisi oleh produk - produk yang anda jual. 
Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
masukan alamat toko /alamat rumah tempat barang disimpan

Pilihan Kurir

Karena tidak semua kurir dapat melayani daerah yang sama, sebelum memilih kurir pastikan terlebih dahulu bahwa kita telah memasukan alamat toko /lokasi pengiriman dengan benar. 

Jika ingin mengatur pilihan kurir silahkan buka di pengaturan toko atau buka alamat website berikut ini: https://seller.tokopedia.com/settings/shipment dan pilih kurir mana saja yang ingin anda gunakan.

Bila telah memilih lokasi pengiriman, dengan otomoatis sistem akan memunculkan kurir (Jasa Ekspedisi) yang benar – benar tersedia pada kota pengirim. Setelah kita mengetahui kurir mana saja yang tersedia di daerah kita, selanjutnya kita tinggal memilih jenis pengiriman dari masing – masing kurir seperti, Paket Kilat, Reguler, Khusis, dll.

Verifikasi email

Selain verifikasi nomor handphone biasanya kita juga dapat melakukan konfirmasi melalui email. 

Untuk melakukan verifikasi kita harus membuka email dari Tokopedia yang masuk ke email terdaftar dan bila telah terverifikasi (biasanya dengan klik tombol verifikasi yang ada di email dari tokopedia) maka kita telah resmi mempunyai akun untuk login sebagai penjual /pemilik toko di website tokopedia.

Setelah berhasil melakukan pendaftaran sebagai penjual, ada baiknya kita mengenal antarmuka dari halaman utama untuk penjual di Tokopedia. Setelah melakukan verifikasi alangkah baiknya juga kita langsung melengkapi data mengenai toko kita seperti detail produk, gambar, kontak, alamat fisik toko/rumah, dll.

Semoga artikel mengenai cara mudah buka toko online di Tokopedia ini bermanfaat. Apabila ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Menarik Lainnya dari RindiTech.com:
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,24,Design,6,Facebook,24,Finance,40,Formula 1,4,Games,31,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,242,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,30,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,242,Toko Online,40,Tutorial,270,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
Cara Mudah Buka Toko Online di Tokopedia.com, step by step
https://1.bp.blogspot.com/-QUQxJGUFijM/XtioSXdUqUI/AAAAAAAAIe8/4pLUJGpVKVoM6A22vBATKcm0MV2L6RQOgCLcBGAsYHQ/s640/Cara%2BMudah%2BBuka%2BToko%2BOnline%2Bdi%2BTokopedia.com%252C%2Bstep%2Bby%2Bstep%2B10.png
https://1.bp.blogspot.com/-QUQxJGUFijM/XtioSXdUqUI/AAAAAAAAIe8/4pLUJGpVKVoM6A22vBATKcm0MV2L6RQOgCLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BMudah%2BBuka%2BToko%2BOnline%2Bdi%2BTokopedia.com%252C%2Bstep%2Bby%2Bstep%2B10.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2015/04/cara-mudah-buka-toko-online-di.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2015/04/cara-mudah-buka-toko-online-di.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content