Beranda
Tips 'n Trick
Toko Online
Tutorial
Cara Menghubungi Kontak Customer Service Tokopedia (Pengalaman)
Cara Menghubungi Kontak Customer Service Tokopedia (Pengalaman)

Berikut ini adalah cara agar dapat langsung menghubungi kontak customer service Tokopedia. Dengan cara ini kita akan terhubung langsung dengan CS (customer service) Tokopedia, bukan dengan pembalas otomatis apalagi robot.

Bagaimana cara mengirim pesan atau menghubungi kontak customer service tokopedia? Apakah ada syarat untuk dapat menghubungi CS Tokopedia secara langsung (bukan robot)?. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapat balasan?

Sebelum lanjut ke tutorial atau langkah - langkah menghubungi kontak CS Tokopedia, ada yang perlu diperhatikan. Sebelum bertanya kepada CS Tokopedia Saya sangat menyarankan agar Anda mencoba untuk mencari jawabannya dulu dari mesin pencari seperti Google atau bertanya kepada orang yang Anda anggap kompeten.

Kenapa? Karena Selain Anda mendapatkan Jawaban secara instant, Anda juga tidak perlu lagi untuk menjelaskan kronologi atau masalah Anda dari awal sampai akhir. Namun Jika memang Anda tidak menemukan jawaban yang Anda inginkan, silahkan lanjutkan membaca :)

Jika Anda tidak menemukan jawaban yang diinginkan dari hasil pencarian sendiri, seperti googling, dan ingin langsung menghubungi CS Tokopedia, silahkan lanjutkan membaca :)... dan praktekan

Jenis - jenis Fasilitas tanya-jawab yand disediakan oleh Tokopedia:

Ada beberapa jenis fasilitas atau tempat untuk bertanya kepada pihak Tokopedia, ada yang langsung dibalas dengan CS (orang) ada berupa artikel berikut penjelasannya, ada juga chat yang dibalas otomatis oleh sebuah program (robot). Berikut jenis - jenisnya:

  • Pusat Bantuan
  • Pusat Resolusi
  • Chat dengan Toped Bot
  • Live Chat
  • Media Sosial

Sebenarnya ada banyak cara agar kita dapat menghubungi atau mengirim pesan ke customer service (orang) Tokopedia. Dibawah ini adalah cara termudah yang dapat dipraktekan menurut tim rinditech, dan terbukti ampuh tentunya :)  

Tutorial dibawah ini dipraktekan menggunakan tampilan komputer, jadi akan ada sedikit perbedaan letak jika anda menggunakan aplikasi di HP. Namun langkah dan prinsipnya semua sama.

Cara Menghubungi Kontak Customer Service Tokopedia

Dalam tutorial atau langkah - langkah didalam artikel ini kami mencontohkan dengan pengalaman pribadi tim rinditech yang telah melakukan pembelian dan dijanjikan mendapatkan cashback, namun tidak kunjung ditransfer (cashback-nya).

  1. Login ke Akun Tokopedia seperti biasa
  2. Kemudian Pilih Pusat Bantuan (kanan-atas layar). Anda akan dialihkan ke Halaman BantuanCara Menghubungi Kontak Customer Service Tokopedia (Pengalaman)
  3. Silahkan pilih transaksi / Topik yang anda ingin tanyakan. Anda akan dialihkan ke halaman pesan. (pada contoh ini kami memilih bagian: Promosi)
  4. Pilih pertanyaan yang sesuai /mendekati pertanyaan yang Anda ingin tanyakan. (pada contoh ini kami memilih sub-pertanyaan: "Mengapa saya belum menerima cashback dari transaksi digital saya?")
  5. Baca pembahasan masalah & solusi yang ada dibagian pertanyaan tersebut. Jika masih belum menemukan jawabannya silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya
  6. Klik tombol Hubungi Kami pada bagian bawah /akhir halamanCara Menghubungi Kontak Customer Service Tokopedia (Pengalaman)
  7. Silahkan Pilih transaksi yang berhubungan dengan pertanyaan anda (Jika ada)
  8. Tuliskan dengan jelas pertanyaan anda pada kolom Detail Kendala. Tuliskan kondisi anda dan pertanyaan sejelas mungkin agar CS langsung mengerti dan tidak balik bertanya
  9. Lampirkan foto /screenshot /video sebagai bukti tambahan (Jika ada) 
  10. Kirim. Selesai!Cara Menghubungi Kontak Customer Service Tokopedia (Pengalaman)

Setelah kita klik tombol kirim, pesan akan otomatis dikirim ke Customer Service yang sedang bertugas. Anda akan menerima email konfirmasi bahwa Anda telah mengirim pesan kepada CS Tokopedia.

Bagaimana hasilnya setelah menghubungi CS Tokopedia?

Berdasarkan pengalaman kami pelayanan CS Tokopedia cukup memuaskan, tidak lebih dari 2-3 kali berbalas pesan biasanya masalah sudah teratasi (case closed /tutup tiket). Mungkin juga permasalahan /pertanyaan kami masih termasuk level yang mudah, karena itu cepat diselesaikan.

Walaupun tidak membalas secara instant, namun balasan dari CS Tokopedia menurut kami sudah dalam kategori cepat, karena dalam beberapa pengalaman kami, CS membalas masih dalam hitungan Jam. Tidak pernah lewat dari 1 hari.

Semoga artikel mengenai cara untuk menghubungi kontak customer service tokopedia berdasarkan pengalaman kami dapat membantu. Apabila ada pertanyaan silahkan simpan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!