Review dan Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake Prosesor

Berikut ini review dan juga spesifikasi lengkap Laptop atau Notebook Xiaomi Mi Air 13 dengan prosesor Kaby Lake.  Notebook Xiaomi dengan Prosesor generasi ke-7 dari Intel (Core i5), Grafis Nvidia MX150 dan juga fingerprint scanner. Berapa harga dari Notebook Xiaomi ini? Bagaimana spesifikasi lengkapnya? Seperti apa desain dan performanya?

Xiaomi saat ini lebih terkenal dengan produk smartphonenya yang mempunyai spek menengah-atas namun dengan harga yang masih masuk diakal bila dibandingkan dengan merek lain yang sejenis. Mulai dari seri Mi sampai Redmi dengan berbagai pilihan harga yang tentunya sangat memanjakan calon pembeli apalagi pembeli dengan budget yang miring.

Ternyata selain smartphone Xiaomi juga mempunyai produk – produk lainnya yang sepertinya tidak kalah sensasional seperti produk smartphone nya. Mulai dari Xiaomi Smart TV sampai pada Laptop atau Notebook yang juga menyasar kalangan pengguna yang melek akan kualitas namun tetap dengan harga yang tidak menguras dompet.

Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake adalah Laptop atau notebook terbaru keluaran Xiaomi yang seperti biasa, sangat menggoda, jika dilihat sepintas saja dari disain fisik laptop ini sudah terbayang spesifikasi dan kelas premiumnya.


Review dan Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake Prosesor
TechAdvisor

Disain dan Material Notebook Xiaomi Mi Air 13

Dengan ketebalan yang hanya 14.7mm dan berat pun hanya 1.28kg Notebook ini benar – benar sangat bisa untuk diajak bepergian atau mobile apalagi dengan penyimpanan tipe SSD yang sangat tahan dalam menghadapi guncangan.

Pada bagian disain, Notebook Xiaomi Mi Air 13 ini tidak jauh berbeda dengan disain pendahulunya yang telah dirilis lebih awal, Mi Air 12 pada awal tahun 2017, dibalut warna silver pada hampir seluruh bagiannya, notebook ini terlihat begitu solid dan kokoh, disain simple yang diusung menambah kesan elegan pada kesan pertama.

Pada Bagian layar terlihat logo Xiaomi (Mi) tersemat pada area tengah-bawah, logo ini masih tergolong kecil dan simple bila dibandingkan dengan ukuran logo yang ada di beberapa type notebook produksi lain seperti ASUS.

Pada bagian disain nampaknya xiaomi ini sering disebut menyerupai konsep disain notebook buatan Apple (Mac Book). Terlepas dari meniru design notebook Apple ataupun tidak, terlihat sekali bahwa Xiaomi juga tingak ingin mengesampingkan tampilan fisik.

Fingerprint, Mousepad & Keyboard Notebook Mi Air 13

Pada bagian Mouse pad atau Touchpad terlihat begitu bersih dan luas namun ada tambahan fingerprint scanner pada bagian kanan-atas seukuran tombol home (seperti yang ada pada) smartphone.

Tidak seperti penempatan pada umumnya, designer Xiaomi justru menempatkan scanner atau pembaca sidik jari ini tepat didalam area mousepad, yang biasanya pada merk lain ditempatkan diluar area mousepad atau yang paling mendekati adalah diantara tombol klik kiri-kanan.

Fitur fingerprint ini dapat memudahkan pengguna dalam melakukan login secara otomatis, jadi tidak perlu lagi mengetikan password setiap akan login.

Bagian Keyboard juga menampilkan gaya minimalis dengan tombol arah atas-bawah yang di desain kecil seperti pada beberapa notebook yang mempunyai layar mini, yaitu satu tombol normal yang di bagi menjadi dua.

Pada bagian keyboard juga dilengkapi dengan lampu latar atau backlight yang pada umumnya berfungsi untuk membantu pengguna dalam kondisi kurang cahaya sehingga tombol – tombol yang ada kurang begitu terlihat jelas, dengan menggunakan backlight semua tombol akan tetap terlihat sehingga mengurangi kesalahan ketik.

Berdasarkan pantauan rinditech.com warna dari lampu backlight ini tidak terlalu berwarna seperti pada keyboard gaming, Xiaomi hanya memberikan 1 warna yaitu putih.
Review dan Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake Prosesor

Ukuran & Resolusi Layar Xiaomi Mi Air 13

Dengan ukuran layar seluas 13.3 Inch dan mempunyai resolusi Full HD sebesar 1080x1920 Notebook ini dapat menyajikan layar dengan kualitas warna yang sangat baik, namun ada catatan seperti pada laptop umumnya yaitu pada bahan layar yang mengkilat (glossy) terkadang memantulkan cahaya yang terkadang mengganggu pandangan dari pengguna.

Spesifikasi dan Performa Xiaomi Mi Air 13

Prosesor

Perbedaan yang paling mencolok dari pendahulunya nyaitu pada bagian prosesor. Untuk Prosesor yang dipasang pada Notebook Xiaomi Mi Air 13 ini adalah prosesor Intel Core i5-7200U, prosesor generasi ke-7 yang dijuluki dengan nama Kaby Lake. Dengan dual-core chip 2.5GHz dan dapat ditingkatkan menjadi 3.1GHz dengan Turbo Boost.

Memori (RAM)

Pada bagian RAM atau Memori Notebook ini dibekali RAM 8 GB dan masih dapat di upgrade menjadi 16 GB tentunya akan memudahkan kita sebagai pengguna untuk melakukan berbagai macam kegiatan dalam waktu yang bersamaan (multitasking). Dengan RAM sebesar itu kita juga dapat membuka aplikasi atau game yang tergolong ‘mid-end’ walaupun ada beberapa yang memang membutuhkan RAM yang lebih besar tetapi itupun hanya untuk game yang mempunyai julukan ‘dewa’.

Seperti pada Notebook HP Envy 13,, Xiaomi juga memasang kartu grafis dari Nvidia, yaitu Nvidia GeForce MX150 yang dimana ini adalah peningkatan yang signifikan dari yang semula dibekali Nvidia 940MX pada Mi Air 12.

Menurut hasil uji GFXBench dengan Nvidia GeForce MX150 Mi Air 13 mempunyai frame rate dua kali lebih tinggi dari pada generasi sebelumnya, hal ini menandakan bahwa kita sebagai pengguna akan mempunyai kualitas gambar yang lebih halus pada game – game kelas berat.

Media Penyimpanan SSD 256 GB

Media penyimpanan yang dimiliki oleh Mi Air 13 ini menggunakan SSD (Solid-state Drive) dengan kapasitas 256 GB, walaupun terbilang kecil dalam segi kapasitas namun dari segi kualitas SSD ini sangat dapat diandalkan, selain tahan terhadap guncangan, SSD juga diklaim dapat bertahan (tidak rusak) apabila notebook mengalami power-cut atau dimatikan secara paksa entah itu cabut baterai ataupun mati listrik.

Berbeda dengan HDD (Hard disk Drive) yang sangat rentan akan guncangan apalagi power-cut seperti yang telah dijelaskan diatas.
Review dan Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake Prosesor

Minus Port SD Card reader

Selain Wi-Fi, Notebook ini juga dibekali dengan Bluetooth 4.1 yang tentunya memberikan berbagai macam pilihan untuk menghubungkan perangkat, namun hal yang perlu diperhatikan adalah.. Notebook Xiaomi yang satu ini tidak dibekali dengan Port SD card reader, hal ini sangat disayangkan terlebih lagi port ini masih sering digunakan oleh beberapa orang atau beberapa profesi pekerjaan seperti fotografer.

Baterai Xiaomi Mi Air 13 2017

Pada bagian baterai, Notebook Mi Air 13 ini mempunyai baterai dengan kapasitas 5400mAh. Dengan kapasitas sebesar ini pihak Xiaomi mengklaim bahwa Notebook ini dapat beroperasi aktif selama Sembilan jam 30 menit. Pernyataan itupun sepertinya benar karena setelah dilakukan percobaan dengan memutar secara marathon video dengan kualitas 720p, notebook bertahan di angka Sembilan jam 12 menit. Hanya terpaut sedikit dan sepertinya perbedaan itu masih dapat diterima.

Charger port USB-C (iPhone)

Ada yang berbeda dari adapter atau charger pada Notebook Xiaomi Mi Air 13 ini, tidak seperti laptop pada umumnya, laptop ini menggunakan port USB-C sebagai penghubung antara unit laptop dan colokan charger. Charger port (USB-C) ini sering kita lihat pada port charger yang ada pada smartphone iPhone buatan Apple.

Review dan Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake Prosesor

Walaupun begitu, memapuan dari charger USB-C ini tidak main – main, pada percobaan, laptop dapat terisi hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit. Ukuran yang cukup fantastis untuk sebuah notebook dengan kapasitas baterai sebesar 5400 mAh.

Harga Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake

Untuk di pasaran Internasional seperti di toko online Amazon dan juga Ebay, kami menemukan harga USD 819 dengan EUR 617. Di  pasaran lokal harga dari Laptop atau Notebook Xiaomi Mi Air 13 yang tim rinditech.com dapatkan dari beberapa toko online yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak adalah sebagai berikut:

Rp. 11.750.000
Rp. 12.000.000
Rp. 12.299.000
Rp. 12.350.000
Rp. 12.499.000
Rp. 12.980.000, dll.

Harga (jika dibulatkan) mulai dari Rp. 11.500.000 (sebelas juta lima ratus) sampai Rp. 13.500.000 (tiga belas juta lima ratus) dan biasanya harga pada lapak atau penjual yang sama dapat berubah mengikuti jumlah permintaan yang ada.

Operating System Windows 10 (mungkin) Bahasa China

Jangan kaget apabila setelah membeli teman – teman mendapatkan Notebook Xiaomi Air 13 ini dengan Windows 10 namun berbahasa China, karena memang resmi nya Notebook ini diluncurkan menggunakan bahasa China pada operating sistemnya, secara gitu, notebook ini diproduksi dan dirilis awalnya di Negara tirai bamboo sana, alias Tiongkok, alias China.

Apalagi bila importirnya atau distributor membeli notebook ini pada awal – awal peluncuran, pasti mendapatkan OS berbahasa China.

Untuk mengakalinya, teman – teman bisa langsung melakukan install ulang OS berbahasa Inggris atau Indonesia, atau teman – teman juga bisa meminta penjual untuk melakukan install ulang OS sebelum dikirim atau sebelum dibawa pulang. :)

Spesifikasi Lengkap Notebook Xiaomi Mi Air 13

Berikut spesifikasi lengkap dari Notebook Xiaomi Mi Air 13 yang kami dapatkan:

  • Dimensi: 310 x 211 x 14.8 mm
  • Berat: 1.28kg
  • Layar: Glossy 13.3-inch (1920 x 1080) 166ppi IPS LCD
  • Prosesor: 2.5GHz Intel Core i5-7200U (3.1GHz boost) 2 cores, 4 threads
  • OS: Windows 10 Home 64-bit (Chinese)
  • Kartu Grafis: Nvidia GeForce MX 150
  • RAM: 8GB LPDDR4
  • HDD (SSD): 256GB SSD
  • Connection: 802.11b/g/n/ac Wi-Fi , Bluetooth 4.1
  • Port: 1x USB-C 3.1 +2x USB 3.0 +HDMI +3.5mm Headset jack
  • Audio: Stereo speakers
  • Kamera: 1Mp webcam
  • Microphone: Single mic
  • Scanner: Fingerprint scanner
  • Baterai: 5400 mAh 40Wh lithium-ion
  • Keyboard: US tiled keyboard with backlight

Review dan Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13 Kaby Lake Prosesor

Kesimpulan Review Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13

Diingatkan kembali bahwa laptop atau notebook Xiaomi Mi Air 13 ini tidak memiliki slot untuk membaca SD card, Operating System (mungkin) berbahasa China, Port Charger menggunakan USB-C, yang bisa menjadi pertimbangan teman – teman apakah memang layak dan sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Selebihnya notebook keluaran Xiaomi ini sangat menggoda terutama bagi para pengguna yang melek spek namun juga ingin tetap terlihat elegan dan mewah. Selain itu, dengan spesifikasi dan fitur yang sama di notebook dengan merek lain harga yang ditawarkan Xiaomi sangatlah kompetitif bahkan cenderung ‘meledek’ kompetitor nya karena produk – produk Xiaomi selalu mendapat julukan (worth it). hehe

Cari Brand lain?

Bila teman – teman ingin mencari spesifikasi yang sama namun di merek atau di brand lain bisa melihat review dari notebook keluaran HP yaitu HP Envy 13 yang disebut sangat mirip dengan Notebook Xiaomi Mi Air 13 ini.

Semoga artikel mengenai spesifikasi dan review notebook Xiaomi Mi Air 13 ini dapat membantu teman – teman yang sedang mencari referensi dan juga data penting sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli atau tidak. Selebihnya bila ada yang ingin didiskusikan atau ditanyakan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Insyaallah akan kami bantu semaksimal mungkin :) Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait Lainnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »