Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)

Berikut ini adalah cara agar smartphone Xiaomi kita dapat mengendaikan Televisi seperti sebuah remote TV. Selain itu, cara ini juga dapat diterapkan atau di setting untuk mengendalikan AC, Proyektor, DVD player, Kamera, Kipas Angin,dll.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menjadikan smartphone Xiaomi kita menjadi remote TV. Untuk AC, Proyektor, Kamera, dll cara menghubungkan dan prinsip kerjanya sama dengan pengoperasian TV, yang berbeda hanya media yang dioperasikannya saja.

Car ini Dapat diterapkan atau di setting pada banyak type smartphone Xiaomi (tidak hanya di Xiaomi Redmi Note 3), asalkan telah memiiki sensor Infra Red (IR) didalamnya. Sensor Infra Red tidak dapat dipasang secara manual seperti halnya sebuah aplikasi, sensor ini bersifat fisik, jadi sebelum menghubungkan Smartphone Xiaomi anda dengan Televisi, pastikan dahulu bahwa smartphone anda mempunyai fitur Infra Red.

Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)

Kami mempraktekan cara ini pada Samsung LED TV & SHARP LED TV langsung berhasil pada percobaan pertama.

Bila telah dipastikan smartphone Xiaomi anda telah memiki fitur Infra Red maka kita dapat melanjutkan ke langkah – langkah dibawah ini:

#1. Pastikan TV dalam keadaan Stand By

Pastikan TV anda dalam keadaan standby terhubung dengan listrik. Pada praktek kami posisi TV dalam keadaan menyala (Power ON).

#2. Buka aplikasi Mi Remote

Buka aplikasi Mi Remote yang (biasanya) telah terinstall di Smartphone Xiaomi. Bila belum tersedia, bisa install dulu dari Play Store (cari dengan kata kunci “Mi Remote”).

Pic: sarawakbloggers.net

#3.  Pilih "Add Remote"

Pilih tambah perangkat (Add Remote) atau klik simbol tambah /plus pada pojok kiri atas. Bila belum mendaftarkan perangkat apapun biasanya pilihan menambahkan perangkat ada pada bagian tengah-bawah layar.
Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)

#4. Pilih Jenis Perangat (TV, AC, Kamera, dll)

Pilih perangkat yang ingin dihubungkan, karena kita akan mempraktekannya dengan TV maka kita pilih Televisi (TV) ditandai dengan ikon televisi.

Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)

#5 Pilih Merek /Brand

Pilih merek /brand televisi yang digunakan atau yang akan dikendalikan melalui smartphone anda, Samsung, Sharp, LG, dll. Bila tida menemukan brand yang diinginkan cobalah pilih pilihan >Others.

#6 Test Button /Cek tombol

Pada penghubungan pertama anda akan diminta untuk melakukan ‘test button’ atau melakukan pengetesan tombol – tombol yang nantinya akan tersedia di layar smartphone. Arahkan kepala smartphone ke layar televisi kemudian klik tombol yang muncul didalam layar smartphone.

Bila televisi anda merespon (mati /turn off) maka pilih YES di pilihan yang muncul setelah menekan tombol percobaan. Lanjutkan mengetest tombol lainnya sampai selesai.

Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)

#7 Tambahkan Televisi (Paired)

Tambahkan Televisi ke daftar perangkat yang telah dihubungkan. Beri nama perangkat sesuai keinginan contohnya seperti “Televisi ruang tengah” atau “Televisi kamar”.

Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)

#8 Enjoy!

Setelah menambahan televisi maka anda sudah dapat mengoperasikan Televisi melalui smartphone Xiaomi. Selanjutnya anda tidak perlu menambahkan lagi televisi dari awal, cukup buka aplikasi Mi Remote dan pilih perangkat yang akan dioperasikan (tidak perlu lagi melakukan percobaan tombol dan lain – lain).

Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman yang sedang mencari cara menghubungkan smartphone Xiaomi Redmi Note 3 dengan perangkat lain (televisi). Perlu diingatkan lagi bahwa cara ini dapat diterapkan pada smartphone type lainnya juga, asalkan telah terpasang Infra Red.

Mengatasi Icon Televisi yang hilang di Mi Remote

Pertanyaan sama yang didapatkan setelah membaca postingan ini adalah, "kok icon tv nya ga ada ya di mi remote?". untuk mengatasinya anda bisa melakukan langkah - langkah dibawah ini:
  1. Ganti lokasi ke Hong Kong
  2. Hapus Chace Mi Remote
  3. Buka Kembali (restart) Mi Remote. Selesai
Cara ini kami dapat dari salah satu komentar yang ada pada artikel ini, ucapan terima kasih kepada agan "Coret - Coret" yang telah berbagi trik untuk memunculkan icon tv kembali. berikut screenshot komentar (sharing) nya.



Bila anda mengalami kesulitan dalam mempraktekan cara ini bisa langsung berdiskusi di kolom komentar dibawah, Insyaalla kita bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Terkait:

42 Responses to "Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV (Redmi Note 3)"

  1. Punya saya sudah sya coBa coba di tV sharp.. Tpii knapa di merk lain tdak bisa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena beda merk pastinya beda pengaturan. kamu harus menambahkan perangkat baru "add remote" bila ingin berfungsi di merk lainnya. mudah kok, tinggal klik simbol plus (+) di pojok kiri atas setelah mi remote terbuka. semoga membantu

      Delete
  2. tv nya harus LED ya ? soal nya tv saya sharp yg merk lama yg blm LED

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus LED. generasi sebelumnya juga masih bisa kok

      Delete
  3. Klo merek tv nya tidak terdaftar gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake merk yg sama type atau jenisnya gan. klo ttep gabisa berarti memang belum terdaftar

      Delete
  4. Ini buat xiaomi buat type apa gan? Apa buat semua type xiaomi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat semua type yg mempunyai infra red gan

      Delete
  5. saya sudah connect & berhasil melakukan nya dari tv LG LED, tetapi cuman mematikan tombol powernya saja, tombol yang lainnya tidak bisa berfunsi. mohon penjelasan nya trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah pada langkah pengetesan tombol dilakukan sampai selesai? atau hanya salmapi tombol power saja? klo sudah bisa menonaktifkan TV berarti tombol lainnya juga harusnya berfungsi. coba ulangi lagi langkahnya, paling ada langkah yg terlewat. selamat mencoba kembali

      Delete
  6. percobaan udah selesai tapi pas di menu remote kok ga bisa di pencet apa"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah pada bagian percobaan tombol - tombolnya berfungsi? coba ulangi lagi prosesnya dari awal. semoga membantu,

      Delete
  7. Saya sudah berhasil coba setelah saya hapus saya coba lagi kok ikon gambar tv nya cuma buat ac box dvd dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lakukan restart hp gan, pastikan juga hpnya terhubung k internet (walaupun sebenarnya aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet). bila belum berhasil coba update aplikasi ke versi terbaru d playstore. selamat mencoba lg,

      Delete
  8. Info gan ,pas pertama kali download apk nya berjalan mulus ,tapi setelah 2 harinya kok remot buat TV tiba² ilang yah? Respon gan
    Trimss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti solusi di atas gan. Coba lakukan restart hp gan, pastikan juga hpnya terhubung k internet (walaupun sebenarnya aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet). bila belum berhasil coba update aplikasi ke versi terbaru d playstore. selamat mencoba lg,

      Delete
  9. Kenapa mi remote saya... Tidak muncul icon tv... Hanya muncul icon bos. Kipas. Dan icon yang lain. Sedangkan tadi icon tv ada tp hilang sndiri.
    Bagaimana cara muncullah icon tv tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lakukan restart hp gan, pastikan juga hpnya terhubung k internet (walaupun sebenarnya aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet). bila belum berhasil coba update aplikasi ke versi terbaru d playstore. selamat mencoba lg, sama seperti solusi di atas gan..

      Delete
    2. Sudah saya coba restart ...udah saya downloads ulang namun hasil tetap sama icon tv tdk muncul.

      Delete
    3. coba pake aplikasi remote lain gan yg tersedia di playsotre. atau update os ke MIUI versi terbaru

      Delete
    4. Sama nih, saya juga icon tv tidak ada

      Delete
  10. gan saya udah coba restart hp juga udah update versi mi remote via playstore tp icon tv tetep gg muncul solusi gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake aplikasi remote lain gan yg tersedia di playsotre. atau update os ke MIUI versi terbaru

      Delete
  11. Replies
    1. coba cek d spesifikasi nya gan, klo tersedia infra red berarti bisa

      Delete
  12. Kalo menu tvnya tiba" hilang di mi remote itu gimna, udh ada solusinya blm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusi pertama yg bisa dilakukan adalah update aplikasi via playstore kemudian update rom ke versi terbaru. bila belum berhasil bisa mengganti aplikasi mi remote dengan aplikasi remote lain yg ada di playstore. semoga membantu.

      Delete
  13. Sepertinya xiaomi telah menghapus pilihan untuk perangkat jadi remote tv,,,sudah ane tes di berbagai perangkat tenyata pilihan tv tetep gak ada,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga seperti itu gan, tp punya ane sampai sekarang baik2 aja. mudah2an ini cuman kesalahan sistem dan segera diperbaiki

      Delete
  14. gan menu tv di mi remote ane ko hilang ya,pdhal tdinya ada,dan bisa digunakan di tv ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg senasip gan. semoga saja ini cuman kesalahan dr sistem dan segera diperbaiki.solusi pertama yg bisa dilakukan adalah update aplikasi via playstore kemudian update rom ke versi terbaru. bila belum berhasil bisa mengganti aplikasi mi remote dengan aplikasi remote lain yg ada di playstore. semoga membantu.

      Delete
  15. Gan kok yang ane ga ada menu TV nya ya? Cuma ada Mi TV dll, yang TV doang ga ada. Kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nte ga sendiri gan, ada juga yg ngalamin hal sama. solusi pertama yg bisa dilakukan adalah update aplikasi via playstore kemudian update rom ke versi terbaru. bila belum berhasil bisa mengganti aplikasi mi remote dengan aplikasi remote lain yg ada di playstore. semoga membantu.

      Delete
  16. kenapa di hp saya tidak ada pilihan tv gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sedang ada masalah gan, khususnya aplikasi mi remote. solusi pertama yg bisa dilakukan adalah update aplikasi via playstore kemudian update rom ke versi terbaru. bila belum berhasil bisa mengganti aplikasi mi remote dengan aplikasi remote lain yg ada di playstore. semoga membantu.

      Delete
  17. Kayaknya habis upgrade miui 8 jadi ilang pilihan TV nya, belom ada solusi nih buat tetap pake mi remote?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. klo sudah cinta sm xiaomi susah ye gan. padahal aplikasi lain juga sama bahkan ada yg lebih bagus kynya. klo sudah ada solusi akan segera diposting gan

      Delete
    2. Solved gan, ganti lokasi jadi hongkong, hapus chance mi remote, buka mi remote..
      Sukses..

      Delete
    3. mantap! wah..keduluan nih..haha
      thanks gan sharing nya, kita angkat ke postingan ya.

      Delete
  18. Saya punya home theater merk ewako,,
    Di Mi remote merk ewako gak ada mohon solusinya,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak ada berarti belum terdaftar pak. solusinya bisa dengan mengganti mi remote dengan aplikasi remote lain yang ada di playstore

      Delete