Bahaya Bluetooth Aktif Terus Bagi Keamanan Data

Pembahasan mengenai bahaya bluetooth aktif terus pun mulai naik kembali seiring naiknya pamor earphone atau headset bluetooth akhir - akhir ini. Hampir semua brand smartphone dan accessories memperkenalkan produk earphone wireless nya masing - masing yang menggunakan koneksi bluetooth.

Bahaya Bluetooth Aktif Terus Bagi Keamanan Data
 Ilustrasi Menggunakan Earphone Bluetooth | MakeUseOf
Anda sering menggunakan Bluetooth untuk earphone atau headset? Selalu diaktifkan karena karena tidak mau ribet dengan ON-OFF pengaturan bluetooth?. Hati - hati ada bahaya bluetooth aktif terus bagi keamanan data pribadi di HP atau Smartphone anda.

Cukup sinyal internet saja yang diatur "always on", pada bluetooth tidak dianjurkan.

Banyak sekali kasus pencurian data pribadi atau kejahatan online seiring meningkatnya jumlah penggunaan internet di kalangan pengguna smartphone. 

Namun karena kebutuhan akan koneksi internet saat ini tidak bisa tergantikan, maka resiko itupun masih layak untuk diambil. Dengan catatan, diwaktu yang sama kita harus terus waspada dan berhati - hati dengan modus - modus paru penipuan melalui internet.

Bagi Kesehatan?

Saat ini kita fokus dulu di keamanan ya, untuk efek atau bahaya bluetooth aktif terus untuk kesehatan akan dibahas pada artikel yang berbeda. Sebagai rujukan silahkan baca beberapa artikel dari berbagai macam sumber mengenai efek radiasi bluetooth bagi kesehatan yang telah di kumpulkan oleh Google pada link dibawah ini:

DEF CON Conference 

Saat konferensi tahunan DEF CON yang diikuti oleh para pegiat keamanan, termasuk hacker, ada salah satu saran paling umum yang diberikan kepada peserta konferensi di Las Vegas tahun ini. Para peserta harus memastikan Bluetooth dinonaktifkan di ponsel masing - masing.

Hal ini bukan untuk menakut - nakuti, tetapi bahaya bluetooth aktif terus itu memang ada. Bahkan, pada DEF CON tahun ini para ahli dan peneliti memamerkan kemampuan untuk menggunakan Bluetooth untuk mengidentifikasi celah keamanan. 

Celah keamanan dan bahaya bluetooth aktif sudah terbukti dapat dimanfaatkan oleh para termasuk para peretas /hacker. Jika celah keamanan tersebut ditemukan, para peretas dapat mengambil kendali perangkat tersebut.

Contohnya jika seseorang sedang mendengarkan musik melalui koneksi bluetooth dari HP dan dapat diintervensi oleh peretas. Maka peretas tersebut dapat memutar musik atau suara yang 'berbahaya' bagi orang yang sedang mendengarkan musik tersebut.

Efeknya akan sangat berbahaya, apalagi jika anda sedang mendengarkan musik melalui speaker denga volume yang tinggi. Tiba - tiba musik tersebut berubah menjadi suara - suara yang dapat merusak telinga orang - orang yang mendengarkan.

Intervensi data

Kekhawatiran terkait Bluetooth lainnya, meski lebih sederhana, masih bermasalah. Awal pekan ini peneliti mengumumkan cacat yang memungkinkan peretas untuk mencegat dan mengubah data yang dikirim melalui Bluetooth.
"Penyerang (hacker) dapat mendengarkan, mengaktifkan, atau mengubah konten atau data dari komunikasi Bluetooth terdekat. Bahkan masih bisa mengakses perangkat yang sebelumnya telah dipasangkan (paired)" jelas para peneliti di acara DEF CON.
Bahkan sudah banyak yang memanfaatkan kelemahan ini. Seperti yang dilaporkan New York Times dan kantor berita lainnya, banyak toko sekarang menggunakan sinyal bluetooth untuk melacak lokasi pembeli hingga ke data yang lebih detail.

Pada dasarnya, membiarkan Bluetooth aktif terus di telepon Anda akan membuka kemungkinan peretasan, penyalahgunaan, dan pelanggaran privasi yang anda miliki. Solusi sederhananya adalah dengan tidak mengaktifkannya. 

Jika Anda memang perlu menggunakannya, pastikan untuk menonaktifkannya segera setelah Anda selesai menggunakannya.

Earphone Bluetooth 

Masih ingat dibenak kita saat iPhone dihujat karena mereka meniadakan 'colokan headset' atau audio jack yang selama ini menjadi standar sebuah smartphone dimanapun dengan harga berapapun. Namun seiring berjalannya waktu, brand pesaing iPhone pun seperti Samsung mulai mengikuti tend baru ini.

Pembahasan mengenai bahaya bluetooth aktif terus pun mulai naik kembali seiring naiknya pamor earphone atau headset bluetooth akhir - akhir ini. Hampir semua brand smartphone dan accessories memperkenalkan produk earphone wireless nya masing - masing yang menggunakan koneksi bluetooth.

Dengan naiknya pamor earphone bluetooth maka penggunaan koneksi tanpa kabel (wireless) dengan bluetooth mulai meningkat lagi.

Bahaya Bluetooth Aktif Terus Bagi Keamanan Data

Tidak hanya dengan earphone atau headset, koneksi bluetooth pun sekarang sudah merambah perangkat lain. Speaker mobil, jam tangan pintar (smartwatch) dan bahkan sampai pemanggang roti pun sekarang dapat terhubung dengan smartphone melalui sambungan bluetooth.

Semakin banyak perangkat maka akan semakin terlihat bagaimana bluetooth ini bekerja dan juga dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sistem koneksi bluetooth telah berkali-kali menjadi bahan perhatian di kalangan pegiat keamanan privasi.

Koneksi bluetooth sangat rentan terhadap eksploitasi yang dapat dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Meskipun sebagian besar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cara - cara yang sederhana tetap saja kemungkinan bahaya itu ada.

Ribet di awal

Tindakan pencegahan seperti selalu menonaktifkan sinyal bluetooth setelah digunakan, mungkin terasa seperti tugas yang tidak ada akhirnya.

Tetapi setiap ke'ribet'an yang ada dan dilakukan secara konsisten sangat berarti jika dibandingkan dengan diretas atau privasi Anda diganggu secara sistematis oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Semoga tulisan mengenai bahaya bluetooth aktif terus bagi keamanan data ini bermanfaat. Jika anda memiliki saran atau pendapat pribadi silahkan simpan di kolom komentar dibawah :) Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Android,34,Apple,27,Apps,15,ASUS,15,Automotive,5,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,22,Finance,8,Games,12,Google,19,HTML,5,Instagram,10,Internet,50,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,176,OPPO,1,Productivity,9,Review,37,Samsung,17,Security,32,Social Media,52,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,143,Toko Online,23,Tutorial,169,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,28,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Bahaya Bluetooth Aktif Terus Bagi Keamanan Data
Bahaya Bluetooth Aktif Terus Bagi Keamanan Data
Pembahasan mengenai bahaya bluetooth aktif terus pun mulai naik kembali seiring naiknya pamor earphone atau headset bluetooth akhir - akhir ini. Hampir semua brand smartphone dan accessories memperkenalkan produk earphone wireless nya masing - masing yang menggunakan koneksi bluetooth.
https://1.bp.blogspot.com/-dknHbDnPNaQ/XWYzGxPMuiI/AAAAAAAAGvo/9w4LTUgb0-goZy7622qzPet4SECseESewCLcBGAs/s640/Bahaya%2BBluetooth%2BAktif%2BTerus.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dknHbDnPNaQ/XWYzGxPMuiI/AAAAAAAAGvo/9w4LTUgb0-goZy7622qzPet4SECseESewCLcBGAs/s72-c/Bahaya%2BBluetooth%2BAktif%2BTerus.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/08/bahaya-bluetooth-aktif-terus.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/08/bahaya-bluetooth-aktif-terus.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy