Cara Buka WhatsApp di Komputer (dengan dan tanpa install)

Berikut ini adalah cara membuka atau mengoperasikan aplikasi WhatsApp  di komputer tanpa harus install dan juga dengan cara install. Disini juga kita akan mengetahui cara install aplikasi whatsapp di komputer dan juga cara mengoperasikannya seperti cara logout whatsapp dari komputer /website, melihat story, chat, notifikasi, dll.

Mengetik pesan yang panjang ataupun melakukan percakapan di banyak group whatsApp memang tetap bisa dilakukan menggunakan smartphone atau HP. Tapi bila hal tersebut dilakukan menggunakan keyboard komputer dan juga melihat melalui layar yang lebih lebar akan sangat membantu.

Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh tim RindiTech.com ,mengetik menggunakan keyboard komputer terasa lebih ringan dan membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat bila dibandingkan dengan mengetik melalui keyboard yang ada di layar smartphone. Apalagi bila kegiatan utama kita adalah didepan komputer, akan sangat menggangu apabila kita selalu berpindah – pindah gadget dari komputer ke laptop atau sebaliknya secara berulang – ulang.

Menggunakan WhatsApp di komputer dapat dilakukan baik oleh pengguna OS (Operating System) Windows (Microsoft) ataupun OS X (Apple).


Syarat Utama Untuk Membuka WhatsApp di Komputer:

Untuk menggunakan fitur WhatsApp Desktop ini smartphone anda harus menggunakan OS berikut ini:

  • Android
  • iOS 8.1 atau lebih baru
  • Windows Phone 8.0 dan 8.1
  • Nokia S60, Nokia S40 EVO
  • Blackberry dan Blackberry 10

Aplikasi WhatsApp di komputer, baik yang menggunakan browser maupun install di komputer, sama – sama bersifat mirror atau hanya duplikasi dari apa yang ada di aplikasi whatsapp di smartphone kita, jadi smartphone yang kita gunakan harus tetap terhubung dengan internet bila kita ingin mengoperasikannya melalui komputer (walaupun komputer kita memiliki koneksi internet sendiri).

Ada 2 cara untuk mengoperasikan whatsApp di komputer:


  1. Via WhatsApp Web (menggunakan browser)
  2. Via Computer Installation (menggunakan aplikasi yang harus di install di computer)

Cara 1 Memasang WhatsApp di Komputer (via WhatsApp Web)


  1. Gunakan Browser Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Edge, kemudian buka alamat berikut: https://web.whatsapp.com.
  2. Anda akan melihat QR Code yang harus di scan oleh aplikasi whatsapp yang ada di smartphone anda. Tepat dibawahnya terdapat cara untuk membuka kamera melalui aplikasi whatsapp seperti contoh untuk Android: Buka WhatsApp >Menu >WhatsApp web atau untuk smartphone iPhone: Buka WhatsApp >Settings >WhatsApp web.
  3. Selesai!. Setelah proses scan QR code selesai maka layar di komputer akan segera membuka halaman utama whatsApp yang telah terhubung dengan akun anda. Selamat mencoba!

Cara Buka WhatsApp di Komputer (dengan dan tanpa install)

Cara memasang WhatsApp di computer (via Computer Installation)


  1. Download file whatsApp untuk di install dari halaman resmi berikut ini: whatsapp.com/download . Minimal OS untuk Mac ( OS X 10.9 atau lebih baru) dan untuk Windows (Windows 8 atau lebih baru).
  2. Pengguna Mac perlu melakukan unzip file yang telah di download kemudian pindahkan WhatsApp ke folder aplikasi.
  3. Pengguna Windows perlu melakukan install dengan menjalankan (buka) file EXE kemudian ikuti langkah – langkah yang muncul sampai file terinstall sempurna.
  4. Setelah proses install selesai, buka aplikasi, kemudian anda akan diminta untuk melakukan scan QR code. Seperti cara sebelumnya, anda akan menemukan cara untuk membuka kamera via whatsapp untuk melakukan scan QR code dari bagian Menu /Settings kemudian buka pilihan WhatsApp web.
  5. Done!. Apabila proses scan QR code selesai maka layar di komputer akan segera membuka halaman utama whatsApp yang telah terhubung dengan akun anda. Selamat!

Setelah berhasil melakukan scan QR code maka anda sepenuhnya dapat mengoperasikan akun WhatsApp anda yang ada di smartphone melalui komputer. Anda dapat mengirim dan menerima pesan (chat), mengirim emotikon, menerima dan mengirim foto, pesan suara, melihat kontak dan juga menerima notifikasi melalui komputer anda.

Tentang Keamanan (Penting!)

Setelah anda melakukan login akun whatsapp via computer maka siapapun yang menggunakan komputer anda dan membuka aplikasi atau browser yang terhubung dengan whatsApp anda, orang tersebut akan dapat mengakses akun whatsApp anda. Hal ini dapat dihindari dengan cara melakukan logout ketika anda selesai mengoperasikan whatsApp melalui komputer. Caranya sangat mudah, klik tombol Menu (symbol tiga titik) di whatsApp komputer kemudian pilih Logout. Selesai!

Bagaimana Jika Kita Lupa Melakukan Logout dari komputer?

Jika anda lupa melakukan logout setelah anda mengoperasikan whatsApp dari komputer dan tidak dapat mengakses komputer yang sama dengan segera, maka anda dapat melakukan logout dari whatsApp yang ada di smartphone, cukup dengan membuka bagian >Menu/Setting >WhatsApp web Kemudian pilih >Logout atau keluar dari semua komputer yang ada di daftar (Log out from all computers).

Ada Masalah dalam peneralan WhatsApp di komputer?

Apabila anda masih mengalami masalah atau error dari cara – cara diatas, silahkan tinggalkan pesan anda di kolom komentar seperti biasa, insyaallah akan kami pandu semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk standar minimal sistem operasi yang digunakan oleh komputer minimal menggunakan Windows 8 atau lebih baru, untuk pengguna Windows. Juga OS X 10.9 untuk pengguna Mac OS.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!.

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »