Hati – hati dengan Website yang Mempunyai Akhiran Ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Pernah mendapat pesan atau pemberitahuan anda memenangkan hadiah kemudian diminta untuk mengunjungi sebuah website yang mempunyai alamat (domain) berakhiran “.tk .ga .ml .cf .gq”? atau mendapat informasi tentang isu yang sedang hangat di televise di alamat website berakhiran .tk atau lainnya (yang ada di list)? atau bahkan anda sedang berencana untuk membuat sebuah website dengan akhiran – akhiran tersebut (.tk .ga .ml .cf .gq)? Waspadalah karena bisa saja anda yang dirugikan oleh reputasi domain – domain tersebut.

Alamat website atau dalam bahasa teknologinya yaitu domain adalah hal yang sangat penting dalam dunia maya (internet) karena itu semacam pintu gerbang atau alamat rumah, tempat tinggal pemilik website /blog tersebut di jagat internet yang begitu luas. Itulah kenapa banyak dari perusahaan atau orang – orang rela untuk mengeluarkan uang sampai ribuan dolar hanya untuk sebuah nama domain yang mereka inginkan.


Bahkan ada beberapa kasus yang mengharuskan beberapa pihak menyelesaikan hal yang berkaitan dengan kepemilikan domain di pengadilan. Contohnya upaya perusahaan teknologi Yahoo! yang berusaha untuk mendapatkan nama domain flicker.com sampai ke pengadilan. Baca: InilahAlasannya Mengapa Yahoo Bersikeras Ingin Membeli Domain Flicker.com

Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Alasan kenapa kita harus berhati – hati dengan alamat website yang mempunyai akhiran .tk .ga .ml .cf .gq



Domain – domain tersebut GRATIS!


Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Orang – orang pada umumnya pasti ingin mendapat keuntungan yang sebesar – besarnya dengan modal yang sekecil – kecilnya. Alasan itu juga pasti melatarbelakangi pengguna domain gratisan tersebut, dari pada mengeluarkan uang untuk membeli sebuah domain, lebih baik menggunakan domain gratisan dahulu, toh kalaupun tidak berhasil mereka tidak rugi sewa domain.

Apalagi untuk sebuah website undian penipuan, para penipu mestinya menggunakan cara yang paling mudah dan cepat untuk mendapatkan uang dari para calon korbannya, dan bisa dibayangkan bila si-penipu tersebut mempunyai modal Rp. 1.000.000,- maka bila dipakai untuk membeli domain, tidak akan sampai 10 domain bisa dibeli. Namun bila harga domain tersebut gratis, maka mereka akan leluasa bergonta – ganti alamat website tanpa ada batas penggunaan.

Bagi para blogger, domain TLD (Top Level Domain) seperti ini pastinya sangat dicari apalagi untuk tujuan jangka pendek (spamming, backlink, dll), namun bila tujuannya untuk jangka panjang kami pikir menggunakan domain semacam ini sangat beresiko.

100% Positif Penipuan!


Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

 
Pada artikel mengenai list/daftar website undian palsu +cara melaporkannya yang ada di rinditech.com, 100% atau semua laporan yang masuk mengenai alamat website yang berakhiran .tk .ga .ml .cf .gq selalu positif penipuan, artinya bila ada sepuluh pertanyaan dari para pembaca mengenai keaslian sebuah website yang berakhiran dengan domain – domain tersebut, maka ke-sepuluh website tersebut adalah website penipuan. Baca: List/Daftar Website Undian Palsu + Cara Melaporkannya

Dipakai Untuk Ajang Coba – coba atau Eksperimen


Di beberapa Negara berkembang seperti India dan Indonesia, mahasiswa yang baru belajar dan mengenal dunia Internet pada umumnya masih memiliki dana yang minim untuk membuat website sendiri, apalagi menggunakan domain berbayar, solusi mudahnya mereka pasti menggunakan jasa – jasa penyedia domain yang gratis, dan akhirnya mereka menggunakan domain – domain tersebut sebagai website pertama atau ujicoba mereka, sebelum nantinya mereka serius dan beralih ke website berbayar. Maka tidak heran bahwa sebagian besar website – website tersebut hanya memiliki sedikit konten atau tidak sedikit juga yang ditinggal begitu saja.

Reputasi Buruk di Mesin Pencari (Google, Bing, Yahoo, dll)


Harga menentukan kualitas. Perlu diketahui bahwa setiap ekstensi domain mempunyai harga yang berbeda – beda, seperti ekstensi .net selalu lebih murah harganya bila dibandingkan dengan domain berekstensi  .com dan sejalan dengan harga tersebut, domain yang memiliki ekstensi .com mempunyai kemungkinan lebih besar muncul di halaman pertama (page one) mesin pencarian seperti Google ataupun Bing (Microsoft) dibandingkan dengan website yang memiliki akhiran .net dan domain gratisan (.tk .ga .ml .cf .gq) tentunya mempunyai prioritas paling buncit untuk masalah popularitas (positif).

Bukan tidak mungkin domain gratisan memiliki posisi yang bagus di mesin pencari, namun dibutuhkan usaha ekstra untuk membuat itu terwujud, kalau tidak memiliki ilmu SEO (Search Engine Optimization) maka lebih baik pertimbangkan untuk menggunakan ekstensi lain yang lebih umum.

Berkaitan dengan reputasi yang buruk, sebagian besar website undian penipuan tidak memiliki posisi yang bagus di mesin pencari kecuali bagi orang – orang yang memang mengerti dalam hal optimisasi di mesin pencari.

Bagaimana di Negara – Negara lain?


Hati – hati dengan Website yang mempunyai akhiran ini (.tk .ga .ml .cf .gq)

Walaupun kami tidak dapat menyebutkan angka, namun website – website yang mempunyai akhiran .tk .ga .ml .cf .gq dan berbahasa Indonesia sebagian besar tidak mempunyai reputasi yang cukup baik, apalagi bila berbicara tentang website – website penipuan. Lalu bagaimana di Negara lain?

Setelah melakukan pencarian di dunia maya mengenai domain – domain tersebut (.tk .ga .ml .cf .gq) ternyata ada beberapa website yang mempunyai konten – konten yang positif dan bermanfaat dan menggunakan ekstensi – ekstensi tersebut (.tk .ga .ml .cf .gq).

Namun di beberapa forum Tanya jawab seperti di quora.com dan opini – opini dari beberapa pakar blogging dan internet tetap menyarankan agar kita ‘menjauhi’ ekstensi – ekstensi seperti itu (.tk .ga .ml .cf .gq) dengan alasan yang hampir sama seperti yang ada pada artikel ini. Baca: Ciri Website Palsu + Cara Melaporkannya

Terlepas dari pentingnya alamat website (domain) ternyata ada beberapa penyedia jasa domain yang mengambil cara yang berbeda, alih – alih menyewakan domain, beberapa penyedia domain malah menggratiskan domain bagi penggunanya. Meskipun tidak ada yang salah dari menggratiskan penggunaan domain tersebut namun kebijakan tersebut menimbulkan beberapa efek yang sekarang dirasakan oleh hampir semua bagian yang berhubungan dengan penggunaan domain.

Tidak semua blog atau website yang mempunyai akhiran – akhiran tersebut berbahaya atau berisi konten yang negatif, ada juga website atau blog yang menggunakan akhiran – akhiran tersebut diisi dengan konten yang positif atau bermanfaat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan penjelasan yang lebih bagi anda yang sedang mencari tahu tentang domain atau ekstensi – ekstensi yang disebutkan diatas (.tk .ga .ml .cf .gq). Bila ada pertanyaan atau pengalaman mengenai pembahasan domain ini, anda dapat meninggalkan pesan pada kolom komentar dibawah. Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

Write comments
June 8, 2017 at 9:02 AM delete

terimakasih buat infonya..sekarang sedang marak pesan berantai masuk grup wa/bbm buat klik itu link domain gratisan yg abal-abal

Reply
avatar
June 11, 2017 at 7:07 PM delete

Sama - sama Mba Lada, Yup! benar sekali, pasti akan banyak website penipuan yang menggunakan domain - domain gratis tersebut. Tetap waspada dan selalu ingatkan orang disekitar,

Reply
avatar
June 28, 2017 at 10:54 AM delete

Apakah resmi atau tdk website www.android5th.tk. ?

Reply
avatar
June 29, 2017 at 12:12 PM delete

link nya sudah tidak dapat diakses, kemungkinan besar itu tidak resmi atau penipuan. jangan mudah percaya

Reply
avatar
August 3, 2017 at 5:37 PM delete

Ya lebih hati-hati aja intinya dalam menanggapi setiap hal. Tetapi tidak semua domain gratis dari freenom itu reputasinya buruk. Kemungkinan memang belum mampu membeli TLD com,net. be positive ^_^

Reply
avatar
August 4, 2017 at 8:10 AM delete

Yup! Setuju banget gan Sam, seperti yang telah ditulis diatas, walaupun domain - domain tersebut gratisan ternyata tidak semuanya berisi hal - hal negatif, ada juga beberapa admin yang mengisinya dengan konten - konten yang positif.

Selebihnya berada pada kontrol masing - masing netter (netizen) harus selalu waspada dan tidak mudah terbujuk iming - iming yang menggiurkan. Terima kasih gan Sam sudah memberikan pendapatnya disini :)

Reply
avatar
August 13, 2017 at 12:45 PM delete

Kalau ini resmi apa nggak?

www.timbbmcentre.tk

Reply
avatar
August 13, 2017 at 11:26 PM delete

wah, saya malah baru saja buat website dengan akhiran .tk

Reply
avatar
August 15, 2017 at 2:31 AM delete

yang itu termasuk kedalam website penipuan pak Wahyu, dari ciri - ciri nya sudah terindikasi banyak sekali yang meragukan. terus berhati - hati dan jangan mudah percaya.

Reply
avatar
August 15, 2017 at 2:35 AM delete

sebenarnya tidak masalah gan, yang penting kan konten yang ada didalam website tersebut. kalau agan konsisten memberikan hal - hal yang positif didalam website milik agan, pembaca pun pasti akan tahu bahwa website agan berisi konten yang bermanfaat. :)

Reply
avatar
September 24, 2017 at 5:29 PM delete

klo xyz gimana ya>
domainku udah kadung pake ini
murah sih soalnya, hehe

Reply
avatar
September 24, 2017 at 7:12 PM delete

kalau sudah terlanjur ya teruskan aja gan. lagian domain kan cuman alamat, kalau agan punya konten bagus ya reputasi xyz agan juga bagus.
tapi kalau ada rejeki lebih sih lebih baik nanti pas habis masa sewa domain dipindahkan ke domain yang umum seperti .com .id dll. semoga membantu gan :)

Reply
avatar