Beranda
Finance
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Lengkap Cek Saldo e Money di HP, ATM, dan Minimarket
Cara Lengkap Cek Saldo e Money di HP, ATM, dan Minimarket

Berikut ini adalah cara lengkap untuk cek saldo e money di Handphone, mesin ATM dan juga melalui minimarket - minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart. Semua cara akan dibahas didalam artikel ini dengan lengkap dan jelas.

Lalu bagaimana cara cek saldo e money di hp iphone dan Android? lalu apakah sama dengan cara cek saldo e money via internet?

Akan sangat repot jika kita tidak mengatur saldo yang ada di kartu e money. Bayangkan saja jika kita sedang sibuk berbelanja lalu saat di kasir saldo di kartu e money kita tidak cukup untuk membayar seluruh belanjaan

Lalu jika kita sedang bepergian dan harus masuk jalan toll tidak sadar bahwa saldo yang ada di kartu e money tidak cukup. Buka hanya merepotkan tapi akan mengganggu pengendara lain dibelakang kita.

Sekarang ini semakin banyak perusahaan yang menerima transaksi via kartu e money. Maka dari itu, disarankan kita dapat mengetahui sisa saldo yang ada di kartu e money kita. Silahkan pilih salah satu cara dibawah ini yang nyaman Anda ikuti.

Untuk cara periksa atau cek saldo e money di HP atau smartphone ada dua cara. Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang didapat dari AppStore atau PlayStore. Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Internet Banking sesuai bank kartu e money.

Keduanya sudah kami coba dan dua - duanya tidak ada masalah dan berhasil pada percobaan pertama. Silahkan pilih salah satu saja diantara 2 cara dibawah ini.

Cara 1 Menggunakan Aplikasi Khusus Cek Saldo

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk memeriksa atau cek saldo e money di HP. Kebetulan saat mencoba cara ini kami menggunakan aplikasi bernama "Cek Saldo". Aplikasinya ringan dan mudah digunakan. Namun jika Anda ingin mencoba aplikasi lain tidak masalah, karena fungsinya hampir semua sama.

  1. Buka aplikasi PlayStore /AppStore di HP Anda
  2. Cari Aplikasi bernama "Electronic Money Card Balance" (optional)Cara Lengkap Cek Saldo e Money di HP, ATM, dan Minimarket
  3. Download dan Install aplikasi tersebut
  4. Aktifkan fitur NFC di HP Anda
  5. Buka aplikasi Cek Saldo yang telah terinstall
  6. Tempelkan kartu e Money di area NFC Scanner di HP Anda. Tunggu beberapa detik sampai saldo e Money Anda muncul di aplikasi cek saldo di layar Anda. 
  7. Selesai! 

Lokasi NFC Scanner umumnya terletak di bagian belakang handphone, namun ada juga yang terletak di bagian depan-atas HP. Coba saja kedua bagian tersebut.

Cara 2 Cek dengan Aplikasi Internet Banking

Umumnya aplikasi Internet Banking hanya dapat membaca atau memeriksa saldo e money di kartu dengan bank yang sama. Misalnya jika Anda menggunakan aplikasi internet banking Mandiri maka Anda hanya bisa memeriksa atau cek saldo e money di kartu Mandiri saja.

Jika Anda menggunakan aplikasi internet banking BCA maka Anda hanya bisa memeriksa kartu e money yang dikeluarkan oleh bank BCA saja. Tidak bisa memeriksa kartu e money yang dikeluarkan oleh bank lain. Namun jika Anda masih penasaran memeriksa kartu e money bank lain, silahkan saja dicoba sendiri.

  1. Aktifkan fitur NFC di handphone Anda
  2. Buka dan login di aplikasi Internet Banking 
  3. Pilih menu e-moneyCara Lengkap Cek Saldo e Money di HP, ATM, dan Minimarket
  4. pilih menu >Liha/Perbarui Saldo atau >Cek/Periksa Saldo
  5. Tempelkan kartu e money di bagian NFC Scanner.
  6. Tetap tempelkan kartu e money dan tunggu beberapa detik sampai detail kartu Anda muncul dan juga saldo yang ada di kartu muncul di layar HP Anda.

Lokasi scanner umumnya di area belakang HP atau didepan-atas dekat kamera depan. Jika tidak yakin lokasinya yang mana, dicoba saja dua - duanya.

Cara 3 Cek via mesin ATM

Sebelum melakukan cek saldo e money di ATM pastikan dulu mesin ATM yang digunakan sudah memiliki fitur scanner e money. Biasanya ditandai dengan logo e money seukuran kartu ATM berwarna kuning. 

Cara ini juga tidak memerlukan kartu ATM bank tersebut, hanya perlu kartu e money yang ingin diperiksa atau update saldonya. Namun jika Anda ingin mengisi sekalian mengisi saldo maka kartu ATM bank tersebut harus ada.

Dibawah ini kami contohkan dengan kartu dan mesin ATM Bank Mandiri:

  1. Tekan tombol >ACCEPT pada keypad di mesin ATM
  2. Pilih menu >MANDIRI E MONEY
  3. Pilih menu >INFORMASI SALDO
  4. Tempelkan kartu e money Anda di tempat scan e money seperti yang telah disebutkan di paragraf sebelumnya.Cara Lengkap Cek Saldo e Money di HP, ATM, dan Minimarket
  5. Tunggu hingga saldo kartu e money Anda muncul di layar ATM. Selesai!

Anda juga dapat melakukan update saldo e money dengan cara ini, Anda hanya perlu memilih menu UPDATE SALDO di menu yang ada. 

Cara 4 Cek Saldo e Money di Minimarket Terdekat

Silahkan datangi minimarket terdekat dengan lokasi Anda seperti Indomaret atau Alfamart yang ada di lokasi Anda. Jangan lupa juga untuk membawa kartu e money yang ingin anda periksa atau cek saldo nya, karena kartu harus di scan agar saldo yang ada di kartu e money diketahui.

Pada cara yang satu ini sebenarnya tidak sulit namun seperti halnya cara cek saldo e money di mesin ATM, kita harus pergi keluar rumah. Namun hanya itu saja sebenarnya yang merepotkan, setelah sampai di minimarket Anda hanya perlu meminta kasir untuk mengeceknya untuk Anda.

Tidak ada step by step di cara ini karena cara ini bergantung kepada kemampuan kita secara verbal untuk menyampaikan maksud kita datang ke minimarket tersebut. hehe

Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari tahu cara lengkap cek saldo e money di HP, ATM, dan Minimarket. Jika ada pertanyaan atau pendapat yang berhubungan dengan pembahasan ini silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa.


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!