Cara Menggunakan Voucher Internet wifi.id Telkom Speedy

Berikut ini adalah cara untuk menghubungkan (konek /connect) internet ke hotspot wifi.id atau wifi yang disediakan oleh Telkom Indonesia yang dikunci atau di password. Cara ini dapat dilakukan dari handphone (smartphone) ataupun dari laptop. Cara ini hanya dapat dilakukan apabila kita telah membeli paket internet atau voucher (Speedy Instant Card) di konter-konter yang tersedia karena didalam kartu speedy tersebut terdapat user name dan password yang akan digunakan untuk melakukan login.

Artikel ini dibuat berdasarkan kisah nyata tim RindiTech yang ingin mencoba dahsyatnya kecepatan internet yang disediakan oleh pihak Telkom di spot – spot atau lokasi yang memang telah ditentukan. Karena antusiasnya, setelah membeli paket internet yang Rp. 5000 /hari kami langsung menyalakan laptop kemudian mengaktifkan wifi.

Namun kami bingung saat mencari dimana kami harus memasukan username + password nya karena saat menghubungkan koneksi ke wifi.id itu langsung terhubung, namun masalah muncul ketika ada tanda seru berwarna kuning yang menandakan bahwa koneksi belum dapat dipakai meskipun telah terhubung. Setelah melakukan meditasi sebentar plus googling lewat internet dari handphone, akhirnya kami menemukan caranya dan ternyata sangat mudah dan praktis.

Dimana bisa mendapat voucher internet Speedy?

Sebenarnya tidak perlu mendapatkan kartu internet secara fisik karena yang kita butuhan hanyalah username dan password jadi kita juga bisa membeli username +password tersebut secara online dengan menggunakan pulsa regular yang kita miliki. Namun pada umumnya kita bisa mendapatkan (membeli) kartu atau username +password tersebut di kantor – kantor Telkom atau di outlet (konter) yang disediakan oleh pihak Telkom di tempat – tempat umum (ramai).

Membeli Voucher Internet Speedy dengan Pulsa

Cara mendapatkan username +password atau voucher dengan pulsa telepon regular sangat mudah. Anda hanya perlu mengirim SMS dengan format: NET(spasi)JENISPAKET Kirim ke: 98108 berikut contoh bila kita ingin membeli voucher dengan harga Rp. 5000

Format SMS: NET 5000
Kirim ke: 98109

Maka setelah pulsa anda terpotong sebesar 5000 rupiah, anda akan mendapatkan username + password untuk digunakan di wifi CORNER yang tersedia.

Dimana kita bisa menggunakan Voucher (Speedy Instant Card) ini?

Pada umumnya kita bisa menggunakan voucher internet yang telah kita beli ini di area hotspot yang disebar oleh phak Telkom Speedy. Yang sudah pasti ada yaitu di sekitaran kantor – kantor Telkom di setiap daerah. Sekarang sudah tersebar banyak di area  - area ramai seperti taman kota, sekolah, kampus, mall, dan lokasi – lokasi lain yang telah dipasang atau bekerja sama dengan pihak Telkom.

Untuk daftar lengkapnya kita bisa mengakses website wifi.id dan melakukan pencarian dimana saja kita dapat mendapatkan sinyal internet (hotspot). Untuk pastinya, nyalakan saja wifi dari handphone anda, apabila disana tersedia wifi.id maka disana pula anda dapat menggunakan voucher yang telah anda beli.

Cara Menghubungkan Laptop atau smartphone ke hotspot Wifi id

#1 Nyalakan Laptop atau smartphone

Tidak perlu dijelaskan ya..

#2 Aktifkan WiFi

Pastikan fitur wifi di perangkat anda aktif dan dapat menerima sinyal internet

#3 Cari dan Hubungkan dengan hotspot wifi.id

Lakukan pencarian sinyal hotspot di lokasi anda, hubungkan dengan hotspot bernama wifi.id (sebenarnya ada beberapa nama lainnya yang disediakan oleh pihak Telkom agar dapat terhubung namun pada umumnya bernama wifi.id). pada tahap ini perangkat anda sudah terhubung dengan internet nya Telkom namun masih belum dapat digunakan karena anda belum memasukan username + password. Ditandai dengan tanda seru berwarna kuning bila di laptop.

#4 Buka browser apa saja (Chrome, Firefox, Opera, Safari, dll)

Setelah terhubung, buka browser apa saja yang tersedia di perangkat anda. Bisa dengan Google Chrome, Safari (iOS),  Firefox, Opera, Safari, Windows Explorer, atau browser bawaan pun bisa bila anda menggunakan smartphone.

#5 Buka alamat website wifi.id atau alamat website apa saja

Buka alamat website apa saja, misalnya google.com . Kemudian browser akan otomatis melakukan pengalihan alamat website yang dituju (redirect) kepada halaman login wifi.id. ibaratnya ini adalah sebuah pancingan saja untuk membuka halaman login.

#6 Masukan Username + password

Ketik username + password yang anda dapatkan setelah membeli voucher baik dari sms bila membeli secara online ataupun dari kartu atau voucher fisik (jangan lupa gosok bagian hologramnya untuk mendapatkan password.

Enjoy!
Selesai. Setelah proses memasukan username + password, anda sudah terhubung dengan internet yang disediakan oleh pihak Telkom. Anda dapat menikmati internet bebas tanpa batas kuota seharian (tergantung paket yang dibeli).

Kecepatan wifi.id

Dari pantauan tim RindiTech, kecepatan internet dari hotspot wifi id ini tidak terlalu mengecewakan, pada beberapa kali percobaan tes kecepatan (speed test) kami mendapatkan sekitar 7-12 Mbps untuk download dan upload. Namun hasil ini mungkin berbeda untuk setiap wilayah atau daerah.

Namun kecepatan itu juga tidak mutlak, karena pada saat pengguna hotspot ini bertambah di tempat yang sama, kecepatan yang ada berkurang dan sangat terasa penurunannya. Namun secara keseluruhan kualitas internetnya bisa diandalkan karena tidak pernah sampai nge-lag atau istilahnya lemot apalagi error.
Kecepatan diatas dilakukan hanya pada hari itu saja, jadi bisa saja hari – hari sebelumnya atau setelahnya itu lebih rendah ataupun lebih tinggi kecepatannya.

Selamat Mencoba!
Semoga teman – teman dapat mengerti dan berhasil mempraktikan cara menghubungkan atau meng konek kan wifi ke hotspot wifi id milik nya Telkom diatas, bila ada kendala atau masih bingung teman – teman dapat bertanya di kolom komentar seperti biasa. Jangan lupan untuk tetap menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Terkait:
Cara UNREG Semua Layanan yang Menguras Pulsa
Cara Mudah Mendapatkan Pulsa Darurat Smartfren

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »